Batu Lawang, Objek Wisata Alam Paling Hits di Cirebon

Batu Lawang Cirebon

Lokasi: Cupang, Kec. Gempol, Kab. Cirebon.
MapCek Lokasi

Cirebon punya banyak cerita. Kenangan dari banyak orang terpatri di kota dengan beribu keindahan ini. Sering kali kita disuguhi alam yang masih terasa keasriannya, terjaga kebersihannya, dan terpancar keindahannya. Cirebon juga masih menyembunyikan eksotisme alam yang belum terekspos penuh. Sekalipun begitu, Cirebon tetap menunjukkan keindahannya.

Salah satu keindahan dari Cirebon yaitu Batu Lawang. Batu Lawang memercikkan keindahan terbaik dari alam ketika Anda menginjakkan kaki di Cirebon. Meskipun jarang dikunjungi orang, Batu Lawang tetap menjadi pilihan favorit ketika mengunjungi Cirebon. Harta tersembunyi alam satu ini seakan melindungi dirinya sendiri agar tetap terjaga keeksotisannya.

Batu Lawang menyediakan fasilitas yang memadai untuk wisatawan, sekalipun tempat wisata ini tersembunyi dan jauh dari perkotaan. Warga sekitar ikut menjaga fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas dan keamanan di Batu Lawang ini.

Tempat wisata dari Cirebon ini juga memiliki cerita tersendiri dari sisi lain. Cerita ini mengenai pahatan alami di batu hitam yang tampak seperti gerbang. Jika, dilihat lagi bentuk gerbang ini seakan dapat terbuka sewaktu-waktu. Banyak orang percaya bahwa Batu Lawang menjadi gerbang menuju dimensi lain yang tidak dapat dilewati manusia biasa.

Lokasi & Harga Tiket Batu Lawang

Lokasi & Harga Tiket Batu Lawang

Image Credit: Ayobandung.com

Batu Lawang terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Letaknya jauh dari jalan besar sehingga seperti disembunyikan dari keramaian. Letaknya yang tersembunyi ini membuat banyak pengunjung menjuluki tempat wisata ini sebagai harta tersembunyi. Karena memang keindahan di Batu Lawang yang sangat bagus.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalan pantura Paliman menuju arah Prapatan Majalengka. Dari Prapatan Majalengka, ambillah belokan ke kiri ke arah Rajagaluh, Dari Rajagaluh luruh terus sekitar kurang lebih 1 kilometer. Lalu, belok ke kiri melewati jembatan kemudian lurus terus melewati persawahan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jalan terus sampai Anda menemui Balai Desa Cupang. Jadikan Balai Desa Cupang sebagai patokan jalan selanjutnya. Batu Lawang dekat dengan Balai Desa Cupang. Agar tidak tersesar Anda bisa bertanya ke penduduk lokal. Tanyakan ke mana arah Batu Lawang. Penduduk lokal sangat ramah terhadap wisatawan.

Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan menghirup udara segar di Batu Lawang. Dengan segala keeksistsannya, tiket masuk Batu Lawang hanya seharga 7 ribu rupiah. Tambahan biaya lain sebesar 5 ribu rupiah untuk parkir. Biaya yang sangat murah untuk sebuah tempat wisata yang cantik.

Penamaan & Cerita di Balik Keindahan Batu Lawang

Penamaan & Cerita di Balik Keindahan Batu Lawang

Image Credit: Disbudparporakabcirebon.blogspot.com

Batu Lawang dinamakan karena bentuknya secara visual seperti sebuah gerbang. Batu Lawang berarti Batu Pintu yang terinspirasi dari tebing menjulang dengan pahatan alami seperti gerbang. Pahatan alami ini seperti gerbang yang akan terbuka. Pahatan itu terbentuk alami di batu hitam lahar di Batu Lawang.

Batu Lawang memiliki cerita yang menarik. Cerita ini dimulai dari kisah penyebaran Agama Islam oleh Walisongo. Gunung Jaya, letak dari Batu Lawang dulunya pernah dilewati oleh Sunan Bonang dan Sunan Gunung Jati yang kala itu akan melakukan dakwah di sekitarnya menuju ke selatan.

Sunan Gunung Jati bersama Sunan Bonang beristirahat sejenak di Gunung Jaya. Disusullah rombongan oleh Nyi Mas GAndasari yang meminta Sunan Gunung Jati menyembuhkannya dari sebuah penyakit. Penyakit dari Nyi Mas GAndasari adalah setiap bersuami, suaminya akan meninggal. Persoalan ini diserahkan Sunan Gunung Jati ke Sunan Bonang.

Sunan Bonang mengeluarkan seekor ular welang dari tubuh Nyi Mas Gandasari. Setelah itu, dikuburkan ular welang tersebut dan diperingati dengan sebuah “pernikahan batin”. Ular welang tersebut kemudian dikenal sebagai Pangeran Welang itu dikuburkan bersama dengan tongkat Sunan Bonang.

BACA:  Karaha Bodas Tasikmalaya, Kawah Putih Unik yang Memukau

Nyi Mas Gandasari kemudian menjadi salah satu panglima perang dari Sunan Gunung Jati. Tak ada satu pun laki – laki yang dapat mengalahkan kesaktiannya. Suatu waktu diselenggarakan sayembara pencarian jodoh, Nyi Mas GAndasari dikalahkan oleh Syekh Magelung Sakti (Pangeran Soka) yang kemudian mereka dinikahkan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Batu Lawang

Kegiatan Menarik Dilakukan di Batu Lawang

Image Credit: Cirebonradio.com

1. Sumur Kejayaan

Anda harus mencoba ini ketika berkunjung ke Batu Lawang. Cobalah naik ke puncak Batu Lawang. Tingginya sekitar 700 meter. Di puncaknya, ada sebuah sumur kering. Sumur kering ini dinamakan Sumur Kejayaan. Konon, jika Anda menemui air dari Sumur Kejayaan maka seluruh keinginan Anda akan terwujud.

2. Lukisan Alam

Batu Lawang memiliki tebing-tebing yang menjalar dengan panjang. Tebing-tebing ini memiliki ketinggian 23 – 30 meter. Lebarnya sekitar 50 meter dan memiliki jenis batuan andesit. Beberapa tebing memiliki lukisan alam yang berbeda satu sama lain. Tebing-tebing di Batu Lawang sangat eksotis dengan motif jalur melingkar.

3. Panjat Tebing

Tebing-tebing di Batu Lawang memiliki keunikan dan tantangannya tersendiri. Bentuknya yang tak sama satu lain menjadi sebuah tantangan bagi penikmat panjat tebing. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) membuat empat jalur pemanjatan sejak tahun 1993 di tebing-tebing Batu Lawang.

4. Umur Batu Lawang

Batu Lawang berdiri di tanah seluas 2,5 hektar dan memiliki satu bukit dengan batu yang kokoh. Batu yang terlihat berwarna hitam lekat ini merupakan lava yang semulanya adalah magma dari perut bumi dengan umur 5,3 – 2,5 juta tahun yang lalu. Magma ini menembus ke atas dan membentuk batuan hitam dengan lukisan alam yang indah.

Spot Favorit di Batu Lawang Cirebon

Spot Favorit di Batu Lawang Cirebon

Image Credit: Pikiran-rakyat.co

Tempat wisata ini menjadi destinasi favorit wisatawan saat akhir pekan. Di hari minggu, pengunjung bisa terhitung kurang lebih ada 600 orang. Jadi, sangat ramai ketika Anda berkunjung di hari minggu. Untuk di hari sabtu, ada 200 orang yang mengunjungi Batu Lawang. Pengunjung sangat puas dengan keeksotisan yang disuguhkan Batu Lawang.

BACA:  Pondok Zidane, Destinasi Wisata Keluarga & Outbound di Depok

Batu Lawang memiliki objek yang menjadi favorit pengunjung. Ketiga objek di Batu Lawang ini instagramable dan dapat membuat feed Instagram Anda lebih cantik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang terjalin asri. Kecantikan yang tidak akan Anda lupakan.

1. Bukit Batu Pintu

Anda akan terkagum saat melihat batu besar di Batu Lawang. Batu ini terpahat alami sehingga tampak seperti sebuah pintu. Pintu yang tampak seperti bisa terbuka sewaktu-waktu.

2. Panjat Tebing

Seperti sebelumnya, di sini ada lahan panjat tebing. Panjat tebing di sini menjadi favorit pemanjat tebing pemula untuk latihan. Anda dapat mencoba pengalaman yang menarik dari ini.

3. ATV

Anda bisa menikmati alam dengan mengendarai ATV. Batu Lawang sangat luas dan Anda bisa mencoba pengalaman mengelilinginya dengan berkendari ATV. Anda bisa menghirup udara segar dengan lega.

Itulah Batu Lawang yang terletak di Cirebon. Anda bisa membawa keluarga Anda ke tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya. Sementara Anda bisa rehat dari hiruk pikuk perkotaan saat berlibur ke Batu Lawang. Jaga kesehatan dan keselamatan selama berada di tempat wisata, ya.