Nama Phuket tidaklah asing di telinga para wisatawan terutama wisatawan dari Indonesia. Phuket merupakan salah satu pulau yang berada di Thailand yang populer dengan banyak pantainya yang mempesona. Selain pantai, beragam objek wisata menarik lainnya juga banyak yang bisa dikunjungi. Terdapat deretan pulau kecil yang cantik, berbagai tempat wisata buatan, dan lainnya.

Tiket pesawat dengan harga yang cukup terjangkau ditambah dengan beragam tempat wisata yang recommended untuk dijelajahi di Phuket menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Kegiatan hopping island pun bisa dilakukan disana. Bulan Desember-Maret adalah waktu terbaik yang bisa dipilih oleh para wisatawan apabila memiliki rencana untuk berlibur ke Phuket.

Di bulan-bulan tersebut, matahari bersinar di sepanjang hari, air laut relatif lebih tenang, langit selalu cerah dan jarang terjadi hujan. Di Phuket sendiri, awal tahun merupakan high-season sehingga tidak mengherankan jika di bulan-bulan tersebut banyak wisatawan yang datang untuk berlibur disana. Jika ingin suasana yang lebih sepi, liburan di kota ini bulan April maupun Mei masih bisa dipertimbangkan. Berikut daftar tempat wisata yang menarik di Phuket, Thailand.

1. Phuket Weekend Market

Phuket Weekend Market
Image Credit: Twitter Phuket 101

Di Phuket terdapat pasar wisata yang hanya dibuka ketika akhir pekan atau weekend saja. Pasar ini tidak pernah sepi pengunjung karena disana banyak dijual berbagai macam oleh-oleh khas dari Thailand mulai dari aksesoris yang memiliki desain unik dan menarik, pakaian, dan masih banyak lagi. Kawasan ini dikenal sebagai surganya tempat kuliner dan belanja.

Oleh karena itu, para wisatawan tidak hanya bisa berwisata belanja saja melainkan juga berwisata kuliner. Makanan dan minuman yang dijual disana beraneka ragam, bahkan para wisatawan akan banyak menemukan makanan dan minuman khas Thailand yang belum pernah dicoba sebelumnya. Untuk harganya sendiri tergolong terjangkau dan ramah di kantong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thalang Rd, Tambon Talat Yai, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

2. Wat Chalong

Wat Chalong
Image Credit: Google Maps Kin Hung Chan

Kuil ini dulu bernama Wat Chaiyathararam dan termasuk Wat yang paling besar di Phuket. Budaya Thailand bisa dipelajari ketika berkunjung ke kuil ini. Struktur bangunannya terlihat megah dengan adanya chedi atau stupa dengan tinggi 60 meter yang berfungsi sebagai pelindung dari bagian-bagian pada tulang Budha.

Perjalanan sejarah kehidupan Budha tergambarkan melalui beragam lukisan indah pada langit-langit dan dindingnya. Setiap lantainya penuh dengan patung emas yang merupakan hasil sumbangan dari sejumlah pihak. Kuil Wat Chalong memiliki tiga lantai, salah satu lantainya dinamakan The Grand Pagoda yang di dalamnya berisikan lukisan sejarah kisah hidup Budha.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chao Fah Tawan Tok Rd, Chalong, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

3. Fantasea

Fantasea
Image Credit: Google Maps Md. Abu Bakar Siddique

Tempat wisata bertemakan cultural theme park ini adalah satu-satunya tujuan night time di Phuket yang menawarkan suasana pertunjukan seru berupa opening ceremony, live music, dan lain sebagainya. Saat masuk ke lokasi, para wisatawan akan disambut dengan Similan Entertainment Center dan Tiger Adventure Safari berisikan Hanuman’s Lai.

Disana para wisatawan akan melihat kreasi 12 tema hutan buatan yang keren. Para wisatawan juga bisa menikmati segmen pertunjukan seperti Circle of Life yang mengisahkan petualangan Pangeran, The Awakening yang mengisahkan kembalinya Gajah Iyara dan Pangeran Kamala dari wujud batu, hingga Mystical Kinnaree yang mirip cerita legenda Jaka Tarub.

Harga Tiket: 1.653,79 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kamala, Kathu District, Phuket, Thailand.

4. Patong Beach

Patong Beach
Image Credit: Twitter @checkintimeru

Pantai ini merupakan pelopor pantai di Phuket yang dilakukan pengembangan untuk dijadikan destinasi wisata baik untuk wisatawan lokal maupun internasional. Sekitar 3km dari pantai terdapat pusat wisata yang menyediakan berbagai fasilitas seperti layanan untuk tempat belanja, tempat wisata, spa, restoran, hingga beragam pilihan akomodasi.

Di pantai Patong ini para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga air yang seru seperti wind surfing, parasailing, hingga jet ski. Setelah puas melakukan kegiatan di pantai, para wisatawan bisa lanjut untuk berwisata kuliner di sepanjang pantai. Terdapat berbagai restoran dan café yang menyajikan beragam jenis makanan khas Thailand.

Harga Tiket: 1.802,65 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patong, Kathu District, Phuket, Thailand.

5. Pantai Kata

Pantai Kata
Image Credit: Google Maps V Seven sunday

Jika para wisatawan ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang, Pantai Kata adalah jawabannya. Meskipun sepi, namun pemandangan yang disuguhkan pantai ini pun tidak kalah indahnya dengan pantai lain yang ramai pengunjung. Di sepanjang Pantai Kata banyak terdapat penjual jajanan sehingga menikmati suasana pantai bisa sambil berwisata kuliner.

Pantai Kata dikenal ramah sebagai wisata keluarga sehingga restoran yang ada di sekitar pantai tidak pernah sepi pengunjung. Akan tetapi, suasananya tidak seramai pantai lainnya karena pantai ini jauh dari keramaian kehidupan malam. Waktu terbaik untuk melakukan kegiatan berselancar disana adalah mulai bulan Mei sampai Oktober.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karon, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

6. Siam Niramit

Siam Niramit
Image Credit: Google Maps tina webber

Para wisatawan bisa menikmati pertunjukan seni dan drama teaterikal dengan mengunjungi Siam Niramit ini. Tempat wisata bertemakan show di Phuket ini dikemas dengan sangat apik mulai dari kostum para pemainnya, tatanan panggung, spesial effect, sampai segerombolan gajah yang turut meramaikan acara pertunjukan di Siam Niramit.

Pertunjukan yang disajikan di Siam Niramit dibagi menjadi tiga sesi. Salah satu sesinya berupa pertunjukan yang mengisahkan kerjasama perdagangan antara China dan Thailand, sejarah Thailand, hingga pernikahan sepasang manusia dari kedua negara tersebut yang menghasilkan etnis campuran.

Harga Tiket: 1.252,95 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chalermprakiat Ratchakan Thi 9 Road, Tambon Ko Kaeo, Phuket, Thailand.

7. Pantai Nai Harn

Pantai Ha narn
Image Credit: Google Maps Dan Morris

Pantai Hai Narn adalah salah satu pantai cantik yang ada di Phuket dengan kualitas air laut yang jernih dan belum tercemar. Lokasi pantai terletak di sekitar lagoon inland dan hutan tropis dengan suhu rata-rata airnya sekitar 29 derajat celcius. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang di tepi pantai maupun snorkeling.

Harga Tiket: 1.010,90 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rawai, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

8. Karon View Point

Karon View Point
Image Credit: Google Maps LoveEat LoveTravel

Tempat ini merupakan bangunan tinggi yang menyuguhkan panorama Pantai Karon, Pantai Kata, dan Pantai Patong dari ketinggian. Karon View Point termasuk gardu pandang yang kerap dikunjungi para wisatawan. Untuk bisa menikmati paket wisata lengkap dengan kunjungan ke Karon View Point, para wisatawan bisa memilih tipe City Tour pada paket tur.

Harga Tiket: 683,18 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karon, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

9. Big Buddha

Big Buddha
Image Credit: Google Maps Alexandra Ábri-Kun

Sesuai namanya, Big Buddha berupa patung Buddha dengan tinggi 45 meter yang dibangun di atas bukit Nakkerd kurang lebih 400 meter di atas permukaan laut. Tempat ini termasuk salah satu dari viewpoints di Phuket yang menyajikan pemandangan terbaik semua pulau seperti Teluk Chalong, Pantai Karon, Kata Town, hingga Phuket Town.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karon, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

10. Phi Phi Island

Phi Phi Island
Image Credit: Google Maps Héctor Angulo

Pulau Phi Phi Island adalah pulau wisata terpopuler di Phuket. Dari kota, lokasi pulau ini berada dalam jarak kurang lebih 40km. Popularitas Phi Phi Island semakin tinggi karena pernah menjadi lokasi syuting film berjudul The Beach dengan pemeran utamanya Leonardo Di Caprio. Pulau ini ditutup sementara karena jumlah pengunjungnya selalu membludak setiap hari.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phi Phi Island, Krabi, Phuket, Thailand.

11. Phuket Old Town

Phuket Old Town
Image Credit: Google Maps Marc Abraldes

Wisatawan penggemar city tour wajib mengunjungi Phuket Old Town karena tempat ini merupakan distrik Sino-Portugis yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kota kuliner. Karena merupakan kota kuliner, maka tidak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung dari berbagai negara. Beragam kuliner khas Thailand bisa ditemukan disana.

Selain sebagai kota kuliner, Phuket Old Town juga menjadi spot foto populer karena ruko-ruko di kawasan tersebut dihiasi dengan mural yang berwarna-warni. Menariknya lagi, setiap malam pemandangan Phuket Old Town semakin cantik dengan kelap-kelip lampu LED yang gemerlap.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Old Phuket Town, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

12. Promthep Cape

Promthep Cape
Image Credit: Google Maps Wojtek Załęski

Panorama Phuket dapat dinikmati dengan leluasa dari tempat ini. Lokasi Promthep Cape terletak di atas ketinggian dan di sekitarnya terdapat patung gajah dengan ukuran yang beragam. Tempat ini merupakan landmark Phuket dan sekaligus digunakan sebagai tempat ibadah untuk penduduk setempat.

Harga Tiket: 868,16 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rawai, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

13. Bangla Road

banglang Road
Image Credit: Japantimes.co.jp

Di Phuket terdapat pusat kehidupan malam yang terletak di ruas jalan pada kawasan Pantai Patong. Di kawasan ini banyak tersedia berbagai jenis penginapan mulai dari kelas backpacker hingga hotel bintang lima. Para wisatawan yang senang dengan pesta malam hari dengan atmosfer yang ramai dan heboh, Bangla Road wajib untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patong, Kathu District, Phuket, Thailand.

14. Phuket Trick Eye Museum

Phuket Trick Eye Museum
Image Credit: Instagram H.K 

Trick Eye Museum menyajikan beragam spot foto menarik dan unik yang cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi berfoto. Keunikan spot-spot foto yang ada di museum ini adalah latar belakangnya penuh dengan tipuan mata, imajinasi, serta ilusi optik. Lukisannya digambar dengan metode tertentu sehingga menciptakan ilusi seperti nyata.

Harga Tiket: 250 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Moo4 T.Wichit, A, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

15. The UpsideDown House of Phuket

The UpsideDown House of Phuket
Image Credit: Hotels.com

Tempat wisata unik lainnya adalah The UpsideDown House of Phuket. Keunikan tempat ini ada pada bangunan beserta seluruh isi di dalam bangunan yang serba terbalik. Tersedia juga permainan A Maze Garden disana yang akan mengajak para wisatawan untuk mencari sebuah jalan keluar dari taman.

Harga Tiket: 188,40 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chalermprakiat Ratchakan Thi 9 Road, Ratsada, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.

Beberapa tempat wisata yang ada di Phuket tersebut semuanya recommended untuk dikunjungi. Phuket sendiri memiliki beragam tempat yang menarik, mulai dari tempat pertunjukan, pantai, wisata kuliner, destinasi unik dan kekinian, dan lain sebagainya.