China adalah salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Sebab, di wilayah ini anda akan disuguhi dengan banyak destinasi wisata menarik yang akan membuat anda betah menghabiskan waktu berlama-lama karena tempat wisatanya yang beragam.

Selain dikenal karena objek wisatanya, oleh-oleh khas China juga banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung kesini. Ada banyak souvenir khas yang bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga maupun kolega. Lalu, apa saja buah tangan dari China yang wajib untuk anda bawa pulang? Berikut simak rekomendasinya.

1. Sutra China

Chinese Silk
Image Credit: Instagram ake_thweep

Jika anda merupakan penggemar dari kain kain khas yang ada di berbagai daerah dan negara, maka ketika berlibur ke China jangan lewatkan untuk membeli kain sutra. Hal ini dikarenakan kais tersebut memang banyak diincar oleh turis asing dan pelancong yang datang berkunjung. Meskipun harganya lumayan mahal, kain ini tetap banyak peminatnya.

Umumnya, kain sutra tersebut akan dijual dalam bentuk aksesoris, tas maupun sarung bantal yang unik dan berwarna warni. Bagi anda yang ingin mencarinya, menemukan kain ini di China bukanlah hal yang sulit. Sebab, hampir semua tempat wisata menjualnya. Untuk harganya sendiri mulai dari 180 ribu rupiah.

2. Batu Giok

Batu Giok
Image Credit: Instagram Danisa Jewelry

Oleh-oleh berikutnya yang bisa anda bawa pulang adalah batu giok. Giok merupakan benda kebanggaan bagi bangsa China. Selain digunakan sebagai perhiasan, masyarakat sekitar juga menganggap ini sebagai zat yang membawa keberuntungan. Batu giok sendiri juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan penyakit jantung dan mengusir roh jahat.

Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan batu tersebut yakni di seluruh toko souvenir yang ada di China. Harganya pun bervariasi, anda bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Beberapa perhiasan yang umumnya terdapat batu giok adalah kalung, gelang dan juga anting anting.

3. Lukisan China

Lukisan China
Image Credit: Instagram Sherry Fung

Di China sendiri, lukisan memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Dunia lukis yang ada di negara ini tentu saja mengalami perkembangan yang terbilang signifikan. Namun, apabila anda bingung membeli oleh-oleh khas, tidak ada salahnya untuk membawa pulang salah satu lukisan yang dijual disini.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Beijing Buat Liburan

Lukisan khas tersebut biasanya akan memiliki ciri khasnya masing masing. Anda pun bisa mendapatkannya di area pasar antic Panjiayuan yang berada di Beijing. Lukisan ini tentu saja menjadi cinderamata yang pas untuk diberikan kepada kolega atau atasan. Anda bisa memilih berbagai tema lukisan yang tersedia, salah satu yang popular adalah tema pemandangan pantai China yang mengagumkan.

4. Guiling Gao

Guiling Gao
Image Credit: Facebook Bee’s House 蜂巢

Buah tangan berikutnya yang tidak boleh anda lupakan adalah Guling Gao. Jika anda ingin memberikan buah tangan berupa makanan yang enak, guiling gao adalah pilihan yang tepat. Apabila anda mengunjungi Guangzhou, maka makanan ini akan mudah untuk anda temukan.

Guiling gao merupakan jelly yang terbuat dari bahan yakni kura kura. Untuk itu, banyak orang yang meyakini jika jelly ini sangat bagus untuk kesehatan. Kuliner yang bisa dengan mudah anda temukan di area Guangzhou ini masih memiliki harga yang terbilang terjangkau. Anda pun bisa membawanya pulang sebagai buah tangan.

5. Kipas Khas

Kipas Khas
Image Credit: Instagram David Setiawan

Souvenir lain yang bisa anda bawa pulan adalah kipas. Kipas kertas merupakan jenis buah tangan yang popular di China. Sebab, benda yang artistic ini memiliki cara pembuatan yang terbilang masih sangat tradisional. Mulai dari motifnya yang dilukis dengan menggunakan tangan.

Tidak heran apabila ukirannya akan terasa special dan berbeda dari satu dengan yang lain. Anda bisa menemukan kipas kertas khas China ini di tempat tempat ikonik. Sebut saja seperti Jiu Jiao Chang Lu, Nanjing, Duolun Road, dan juga lapangan Tiananmen. Untuk harganya sendiri masih cukup terjangkau yakni mulai dari 40 ribuan saja.

6. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci
Image Credit: Twitter j i m e o w

Gantungan kunci juga menjadi oleh-oleh khas China yang banyak diburu oleh wisatawan. Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak dan dibagikan kepada teman kantor atau sahabat. Selain itu, cara membawanya yang mudah dan tidak memakan tempat akan membuat banyak pelancong lebih menyukainya.

Untuk motifnya sendiri pun beragam, mulai dari desain unik berupa gambar binatang panda, tembok besar China hingga toko toko pewayangan dari negara Tirai Bambu. Bagi anda yang ingin membelinya, souvenir ini pun juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan uang kurang dari 50 ribu rupiah, anda pun bisa membawa pulang oleh-oleh unik ini.

7. Kaos

Kaos China
Image Credit: Facebook CLOT

Kaos memang menjadi souvenir wajib yang harus dibeli ketika berada di China. Anda pun akan sangat mudah menemukan toko saat Anda sudah tiba di Asia Timur yang menjual kaos kaos bertuliskan tentang kota atau daerah yang ada di China. Buah tangan berupa baju ini biasanya akan memiliki motf yakni berupa gambar maupun tulisan. Anda bisa dengan mudah menemukannya di pusat perbelanjaan Lou Hu ataupun Shenzhen.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Tianjin Buat Liburan

8. Sumpit

Sumpit
Image Credit: Twitter Mags Berita Kesehatan

Oleh-oleh yang lain adalah sumpit. Peralatan makan ini memang banyak anda jumpai ketika bersantap hidangan di restoran negara tirai bambu. Namun, anda juga bisa mencari buah tangan yang terbilang sangat unik. Hal ini karena sumpit tersebut dilukis dengan menggunakan tulisan ikonik maupun gambar gambar tertentu.

Bagi anda yang tertarik untuk membelinya, anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya. Sebab, hampir semua toko souvenir yang ada menjual buah tangan ini. Anda pun bisa membelinya dengan harga yang murah dan ramah di kantong. Sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh.

9. Topeng Tradisional

Topeng Tradisional
Image Credit: Facebook China Xinhua News

Selanjutnya, oleh-oleh khas China yang unik adalah topeng tradisional. Topeng ini banyak diincar oleh para turis yang sedang berlibur ke negara ini. Biasanya topeng tersebut akan digunakan oleh penari yang bermain di teater. Disini, anda pun akan bisa menemukan jenis topeng yang beragam dan berwarna warni. Anda pun bisa menjadikannya sebagai pajangan di rumah.

10. Simpul China

Simpul China
Image Credit: Twitter Harian Inhua Online

Simpul China adalah salah satu oleh-oleh yang paling bagus untuk dibawa pulang. Selain tidak memakan tempat, buah tangan ini memang sangat khas dan mungkin tidak bisa anda jumpai di negara lain. Anda bisa menggantungkannya di pintu rumah apabila membeli dengan ukuran yang besar.

Namun, jika anda mencari ukuran yang kecil juga banyak tersedia. Biasanya untuk ukuran yang kecil ini bisa digantungkan di tas atau kaca dalam mobil anda. Anda pun bisa menemukannya dengan mudah di took-toko souvenir yang ada di China. Harganya pun cukup bervariasi tergantung bentuk dan ukuran.

11. Obat Herbal China

Obat Herbal China
Image Credit: Twitter Fitri Al-Hamid

Jika pergi ke China, anda juga bisa membeli obat herbal secara langsung. Disini, anda bisa membelinya di toko herbal yang terpercaya untuk menghindari produk yang palsu. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat obat herbal ini pun terdiri dari bahan pilihan. Sehingga anda tidak perlu meragukan lagi akan kualitasnya.

12. Seafood Kering Hainan

Seafood Kering Hainan
Image Credit: Facebook YL Marine Bazaar

Apabila anda berkunjung ke Hainan, seafood kering bisa menjadi oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Ada beberapa makanan khas china yang bisa anda temukan, mulai dari cumi cumi kering, kerrang kering, gurita kering hingga snakehead kering. Anda pun bisa membelinya dengan harga yang murah dan terjangkau.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di China Buat Liburan

13. Kerajinan Keramik

Kerajinan Keramik
Image Credit: Facebook Arts & Crafts

Kerajinan keramik juga menjadi rekomendasi oleh-oleh berikutnya yang bisa anda bawa pulang. Motif dan desain dari keramik khas China ini memang sangat apik dan unik. Anda pun bisa memilih yang sesuai dengan karakter anda. Bahkan terdapat warna warna beragam yang bisa anda pilih.

14. Kaligrafi China

Kaligrafi China
Image Credit: Facebook 潘高興

Negara China memang dikenal memiliki huruf yang berbeda dengan alfabet biasa. Untuk itu, kaligrafi disini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang. Souvenir berupa karya seni yang begitu indah tersebut dapat anda jadikan pajangan atau hiasan dinding untuk hunian anda.

15. Teh China

Teh China
Image Credit: Twitter Moh Ke Ipoh!

Salah satu minuman yang bisa anda bawa pulang ketika berwisata ke negeri tirai bamboo adalah teh china. Teh yang dijual disini memang memiliki berbagai macam khasiat. Diantaranya adalah mampu untuk menurunkan berat badan, menurunkan lemak darah hingga melancarkan BAB. Anda pun bisa membelinya di toko toko souvenir maupun toko herbal yang ada di negara ini.

Membawa oleh-oleh memang adalah sesuatu yang wajib anda lakukan ketika berlibur di negara yang indah ini. Sebab, buah tangan khas tersebut jarang anda temui di negara lain. Sehingga tidak ada salahnya untuk memiliki kenang-kenangan dari negara China tersebut. Apabila anda tidak ingin membawa pulang makanan yang cepat basi, oleh-oleh berupa kerajinan tangan khas China dapat menjadi pilihan.