2China atau yang saat ini memiliki nama Tiongkok menjadi negara yang paling besar ketiga di dunia. Dengan luas sekitar 9,69 juta km persegi, negara di bagian Asia Timur ini juga memiliki penduduk yang paling padat di dunia. Wilayahnya yang luas membuatnya memiliki geografis yang beragam. Sehingga ada banyak tempat wisata menarik di China yang bisa dipilih.

Tempat tempat yang ditawarkan oleh China sangat unik dan tentunya berbeda dengan negara lainnya. Anda bisa mengunjungi wisata sejarah, wisata alam sampai dengan wisata modernnya. Bagi anda yang berencana untuk berlibur ke negeri Tirai Bambu ini, anda bisa mengintip beberapa referensi tempat wisata berikut.

1. Tentara Terakota

Tentara Terakota
Image Credit: Google Maps Roy Loh

Memulai perjalanan anda di negara terpadat ini, anda bisa menjadikan Tentara Terakota atau Terracotta Army sebagai tujuan wisata anda. Bagi anda penggemar film Jet Lee tentu tidak asing dengan tempat menarik ini. Saat anda tiba di Tentara Terakota, justru anda akan dibuat tercengang. Anda akan menemukan patung tentara juga kuda dengan jumlah 1300.

Menariknya ukurannya disesuaikan dengan ukuran yang asli. Diperkirakan masyarakat yang membuatnya di masa kaisar Shih Huang, kaisar pertama China. Motif patung dan juga gayanya berbeda beda. Keberadaan situs tidak sengaja ditemukan petani lokal dan dibangun kisaran tahun 210 SM – 209 SM. Kemegahannya pasti akan membuat anda terkagum kagum.

Harga Tiket: RMB 0,13; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lintong District, Xi’An, Shaanxi, Tiongkok.

2. The Great Wall of China

The Great Wall of China
Image Credit: Google Maps Enf Militar

Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia, The Great Wall of China menjadi objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Dibangun saat dinasti Ming, tembok China juga termsuk yang paling panjang. Panjangnya mencapai sekitar 8850 km. Mengunjungi Tembok China pada saat siang hari, anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Dan ketika malam hari, akan ada lampu lampu yang menghiasi situs yang luar biasa ini. Untuk sampai di Tembok China, anda harus melakukan trekking dengan waktu 1 jam. Hanya saja di beberapa bagian anda bisa menggunakan kereta gantung. Mengunjungi salah satu keajaiban dunia ini, pasti akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: RMB 40; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huairou District, Tiongkok.

3. Forbidden City atau Kota Terlarang

Forbidden City atau Kota Terlarang
Image Credit: Google Maps Bakeel Obyan

Tempat wisata yang kondang dan jangan sampai dilewatkan adalah Forbidden City. Wisata sejarah ini sudah ada sejak jaman Dinasti Ming, bahkan sudah diresmikan dalam situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1987. Lokasinya yang berada di tengah tengah kota Beijing membuat para wisatawan dari berbagai penjuru bisa mudah menjangkaunya.

Dinamakan dengan Kota Terlarang karena memang selama 500 tahun hanya bisa dimasuki oleh orang tertentu. Destinasi hits ini sudah menjadi sebuah museum dan juga telah dibuka untuk umum. Istana ini dikelilingi tembok setinggi 8 meter ini sangat menakjubkan. Anda juga bisa menemukan dua patung singa yang menjadi simbol penjaga istana.

Harga Tiket: RMB 60; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Beijing.

4. Disneyland Hongkong

Disneyland Hongkong
Image Credit: Google Maps Hari Y

Destinasi yang juga selalu jadi jujugan adalah Disneyland Hongkong yang merupakan rumah Mickey Mouse dan teman teman. Taman bermain yang kondang ini menawarkan banyak wahana yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Yang selalu dinantikan tentu saja parade semua karakter Disney. Saat malam datang juga bisa menyaksikan megahnya festival kembang api.

Harga Tiket: RMB 512; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lantau Island, Hong Kong.

5. Jingshan Park

Jingshan Park
Image Credit: Google Maps Yevgeniy Portnov

Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Forbidden City membuat anda bisa sekalian mengunjunginya. Jingshan Park sendiri adalah taman kekaisaran dari dinasti Yuan, Ming dan Qin. Anda bisa menikmati keindahan taman dengan banyak bunga, pepohonan rindang juga rerumputan luas. Luas dari tempat wisata menarik ini sendiri sekitar 23 hektar.

Anda akan menikmati keindahan perbukitan lengkap dengan pavilion pada puncaknya. Ketika anda berada di puncak, anda juga bisa menikmati pesona kota Beijing. Bahkan dari sini, anda juga bisa menikmati Forbidden City yang indah. Jingshan Park adalah wisata yang sangat pas untuk anda yang gemar mengambil foto foto cantik.

Harga Tiket: RMB 60; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jingshan W St, 景山 Xicheng District, Beijing, Tiongkok.

6. Chimelong Safari Park Guangzhou

Chimelong Safari Park Guangzhou
Image Credit: Google Maps 汤轲

China juga terkenal dengan panda pandanya yang begitu menggemaskan. Di kebun binatang kebanggaan inilah nantinya anda bisa bertemu sekitar panda. Selain itu juga bisa bertemu sekitar 20 ribu satwa dari 500 spesies. Dengan mengunjungi Chimelong Safari Park Guangzhou anda pasti akan mendapatkan pengalaman berbeda, karena bisa sekalian memberi makan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Guangdong Province, Guangzhou, Panyu District.

7. Gunung Pelangi Zhangye Danxia

Gunung Pelangi Zhangye Danxia
Image Credit: Google Maps JENNY JH

Objek wisata di China yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Gunung Pelangi Zhangye Danxia. Seperti namanya, anda memang akan menemukan pegunungan dengan paduan warna yang indah. Seakan akan pegunungan yang terbentang merupakan kue lapis warna warni. Zhangye Danxia tampak seperti lukisan yang mengagumkan.

Warna warna yang muncul tersebut dikarenakan adanya mineral serta bebatuan yang sudah terbentuk lebih 24 juta tahun. Karena selama jutaan tahun pencampuran mineral ini berhasil menghasilkan warna yang luar biasa. Formasi bebatuan yang warna warni ini bahkan hanya ada satu di dunia, sehingga jangan sampai melewatkan destinasi yang menawan ini.

Harga Tiket: RMB 95; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gansu, Tiongkok.

8. Gua Mogao

Gua Mogao
Image Credit: Google Maps The Travel Hacking Life

Selain bangunan bersejarah, anda juga bisa menemukan gua yang begitu populer di China. Gua Mogao berbeda dengan gua pada umumnya karena anda akan menemukan seni Buddha yang begitu menarik juga cantik. Sebelumnya dibangun untuk menyimpan kitab suci juga berbagai karya seni. Sudah ada sejak 366 Masehi, Gua Mogao akan membuat anda takjub.

Harga Tiket: RMB 2,22; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dunhuang, Jiuquan, Gansu, Tiongkok.

9. Pegunungan Huangshan

Pegunungan Huangshan
Image Credit: Google Maps Shiva

Berikutnya Anda bisa menjadikan Pegunungan Huangshan sebagai tujuan. Destinasi alam satu ini menawarkan pesona yang luar biasa. Anda akan menyaksikan tebing batu, pepohonan pinus serta tulisan dinding batu yang dipercaya sudah ada sejak 1500 tahun lalu. Pesona ini akan berkali lipat semakin cantik saat sunset tiba.

Harga Tiket: RMB 230; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huayuan County, Xiangxi Tujia and Miao Autonomous Prefecture, Tiongkok.

10. Guangzhou Ocean World

Guangzhou Ocean World
Image Credit: Google Maps Beth Chang

Tempat wisata modern satu ini akan membawa anda untuk bertemu berbagai spesies satwa juga biota laut. Sudah menggunakan teknologi yang canggih, berbagai atraksi akan membuat terkesan. Ada banyak zona yang bisa anda jelajahi salah satunya yang menarik adalah Mermaid Show. Ada juga pertunjukkan dari para penyelam yang memberi makan satwa laut pemburu.

Harga Tiket: RMB 0,067; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Guangdong Province, Guangzhou, Yuexiu District.

11. Jiuzhaigou

Jiuzhaigou
Image Credit: Google Maps Avtar Chan

Pemandangan menawan bisa anda temukan di Jiuzhaigou yang merupakan lembah dengan banyak air terjun. Terdapat juga pegunungan karst yang telah ditutup salju atau danau danau biru dengan air yang jernih. Lembah cantik ini juga menjadi habitat panda raksasa. Namun kemungkinan untuk bertemu mereka sangat sedikit.

Harga Tiket: RMB 100; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngawa Tibetan and Qiang Autonomous Prefecture, Sichuan Tiongkok

12. Gunung Baiyun

Gunung Baiyun
Image Credit: Google Maps Savoir Aimer

Dikenal juga dengan nama White Cloud Mountain berada di utara Guangzhou. Pemandangan yang disuguhkan Gunung Baiyun akan membuat anda kagum. Karena tempat wisata alam China ini dikelilingi perairan juga perbukitan. Anda juga bisa singgah di Kebun Yuntai yang penuh dengan bunga. Gunung Baiyun tidak akan membuat anda kecewa dengan keindahannya.

Harga Tiket: RMB 0,27; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baiyun Blvd S, Baiyun, Guangzhou, Guangdong Province, Tiongkok.

13. Coiling Dragon Cliff Skywalk

Coiling Dragon Cliff Skywalk
Image Credit: Twitter Sublime China

Diresmikan sekitar tahun 2016 silam, nama Coiling Dragon Cliff Skywalk begitu naik daun. Termasuk dalam wisata yang ekstrim, tetapi banyak juga penasaran akan pesonanya. Skywalk yang berdiri di atas ketinggian 1.403 meter ini berada di pinggir tebing yang curam. Kemudian jembatannya terbuat dari kaca yang panjangnya sekitar 100 meter.

Lebar dari destinasi wisata ini hanya sekitar 1,6 meter saja. Dengan begitu pergerakan para pengunjung akan lebih terbatas. Sangat cocok untuk anda yang gemar dengan wisata menantang adrenalin. Begitu melintas di jembatan kaca, anda bisa melihat pesona yang luar biasa karena kacanya transparan, sekelilingnya juga sangat mempesona.

Harga Tiket: RMB 0,11; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huanglongdong Neighborhood Committee, Zhangjiajie, Hunan, Tiongkok.

14. Huanglong

Huanglong
Image Credit: Google Maps Angelo Padovesi

Mengunjungi Huanglong anda bisa menikmati gunung dengan kolam renang mineral yang alami. Di atasnya juga membentuk danau yang membuat Huanglong banyak dikunjungi wisatawan. Panorama perairan Huanglong yang berwarna warni akan membuat siapapun jatuh hati. Juga menjadi habitat panda raksasa yang saat ini menjadi spesies terancam punah.

Harga Tiket: RMB 170; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pingsong Rd, Songpan County, Ngawa Tibetan and Qiang Autonomous Prefecture, Sichuan, Tiongkok.

15. Yangshuo

Yangshuo
Image Credit: Google Maps Ring Ho

Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi Yangshuo. Anda bisa menyusuri sungai indah dengan menggunakan rakit. Pemandangan alamnya juga sangat indah dengan suasana yang begitu asri. Gunung gunung batunya membuat pemandangan Yangshuo layaknya lukisan yang berubah menjadi nyata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guilin, Guangxi, Tiongkok.

16. Lhasa

Lhasa
Image Credit: Google Maps Amber

Tempat wisata di China yang juga harus anda singgahi, minimal sekali seumur hidup. Karena Lhasa merupakan kota paling tinggi di dunia dan kota penting di Tibet. Mengunjungi Lhasa anda bisa mengenal budaya masyarakat sekitar. Belum lagi pemandangan yang disuguhkan juga akan membuat anda tak ingin segera pulang.

Harga Tiket: RMB 1.28; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tibet, Tiongkok.

17. Shanghai

Shanghai
Image Credit: Google Maps Varna Apartments

Shanghai menjadi kota yang begitu sibuk di China, tetapi menarik untuk dikunjungi. Terutama pemandangannya di malam hari yang penuh dengan limpahan kerlap kerlip lampu. Memberikan kesan mewah juga modernitas yang begitu tinggi. Pastikan untuk menyempatkan jalan jalan di malam hari saat sedang di Shanghai.

Harga Tiket: RMB 499; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guangdong, Tiongkok.

18. Beijing

Beijing
Image Credit: Google Maps Abdoul Aziz Ndiaye

Sebagai ibukota China rasanya juga tidak lengkap jika tidak singgah di Beijing. Sebagai kota yang paling populer baik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Anda bisa menemukan destinasi wisata modern hingga museum museum yang bisa dikunjungi. Gemerlap Kota Beijing sebagai tujuan berwisata akan membuat liburan yang lengkap.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beijing, Tiongkok.

19. Kunming

Kunming
Image Credit: Google Maps Jacky Firmansyah

Menjadi pusat industri, transportasi dan juga budaya membuat Kunming selalu jadi tujuan. Iklimnya yang ringan membuat anda bisa berkunjung sepanjang tahun. Selain memiliki pesona yang indah, anda juga bisa menjelajahi etnis minoritas di China. Kota ini menjadi kota yang tepat untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang China.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yunnan, Tiongkok.

20. Street Food Guangzhou

Street Food Guangzhou
Image Credit: Google Maps Kariūki Musa

Selain wisata alam dan situs bersejarah, anda juga bisa menikmati kulineran dengan mengunjungi Street Food yang ada di Guangzhou. Karena kuliner yang disuguhkan merupakan makanan daerah. Apalagi kota Guangzhou juga terkenal dengan pusat kuliner. Ada banyak pedagang kaki lima yang bisa anda temukan di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guangdong, Tiongkok.

Dari deretan destinasi yang ada, anda bisa menjadikan China sebagai tujuan liburan. Apalagi bisa dikatakan wisatanya begitu lengkap, anda bisa menemukan wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata kuliner. Apabila memang ingin ke China, ada baiknya untuk merencanakan liburan dengan baik. Mengingat ada banyak destinasi juga informasi yang perlu digali.