Pakistan merupakan salah satu negara yang berada di Asia yang dikenal memiliki hidangan khas yang enak. Selain karena wisata kulinernya yang melegenda, beragam oleh-oleh khas Pakistan juga banyak diburu oleh wisatawan. Untuk itu, bukan hal yang asing jika banyak pelancong yang membawa buah tangan khas dari negara ini.

Berbelanja buah tangan di Pakistan memang akan membuat anda lupa diri. Sebab, mulai dari camilan, makanan khas hingga berbagai pernak Pernik souvenir yang ada di negara ini memang sangatlah menggoda. Namun, bagi anda yang masih bingung ingin membeli oleh-oleh yang seperti apa, berikut ini intip beberapa rekomendasinya.

1. Kismis

Kismis Pakistan
Image Credit: Twitter Jannatun Husna

Siapa yang tidak kenal dengan kismis? Makanan yang bisa anda temui sebagai topping kue ini bisa dengan mudah anda temukan di Pakistan. Kismis sendiri merupakan makanan yang terbuat dari anggur yang telah dikeringkan. Masyarakat sendiri pun termasuk gemar mengonsumsi kudapan satu ini.

Oleh karena itu, jika anda ingin membelinya sangat mudah untuk anda jumpai toko toko yang menjual makanan ini. Sehingga anda pun bisa menjadikan kismis sebagai salah satu oleh-oleh yang dapat anda berikan kepada keluarga dan kerabat yang ada di rumah. Makanan khas ini pun memiliki harga yang masih ramah di kantong. Anda pun bisa membelinya dalam jumlah yang banyak.

2. Coklat

Coklat
Image Credit: Winnetnews.com

Apabila anda memiliki anak kecil di rumah, membawa oleh-oleh berupa coklat ternyata dapat menjadi pilihan yang pas. Anda pun bisa memilih kudapan ini yang dijual di toko oleh-oleh Pakistan. Dengan memiliki rasa yang manis, tentu saja akan menjadi makanan yang disukai oleh kerabat di rumah.

Ada beberapa merek coklat terkenal yang bisa anda jumpai saat berada di Pakistan. Kemasannya yang mudah dibawa kemana mana ini juga yang membuat sebagian pelancong memilih buah tangan satu ini. Untuk itu, bagi anda yang masih bingung membawa pulang oleh-oleh apa, mungkin coklat dapat menjadi pilihan yang tepat.

3. Perhiasan

Perhiasan
Image Credit: Twitter Jannatun Husna

Sewaktu berada di Pakistan, anda juga bisa untuk membawa pulang yakni perhiasan. Buah tangan satu ini dapat menjadi pilihan apabila anda malas membawa oleh-oleh dalam ukuran yang besar. Perhiasan dapat menjadi pilihan yang menarik, namun juga tetap cocok untuk dijadikan buah tangan.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Pakistan Buat Liburan

Ada beberapa perhiasan yang bisa anda bawa pulang, antara lain seperti bros, cincin, gelang hingga kalung. Ketika berada di negara ini, anda juga akan dengan mudah untuk menemukan toko perhiasan yang ada di sekitar jalanan. Untuk soal harga, anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol.

4. Piring Pajangan

Piring Pajangan
Image Credit: Twitter Jannatun Husna

Ingin memberikan oleh-oleh khas Pakistan yang unik? Tentu saja anda pun bisa memberikan piring pajangan. Hal ini dikarenakan Pakistan memang dikenal memiliki cukup banyak pengrajin di bidang piring pajangan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila di toko souvenir, anda pun akan banyak menemukan piring pajangan.

Untuk soal harga yang ditawarkan pada piring pajangan ini juga tidak terlalu mahal. Sebab, hal tersebut tergantung dari jenis piring yang ingin untuk anda pilih. Untuk pilihannya sendiri pun cukup banyak. Anda bisa memilihnya sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan selera anda. Setelah memilihnya, anda pun bisa membawa pulang untuk kerabat dekat yang ada di rumah.

Biasanya, oleh-oleh ini akan dilukis dengan menggunakan lukisan yakni berupa objek yang ada di Pakistan. Hal ini tentunya akan membuat lukisan yang ada di piring pajangan tersebut akan nampak sangat khas dan tentunya sangat sulit apabila anda mencarinya di tempat lain. Apabila anda ingin membelinya, mintalah petugas untuk membungkusnya dengan rapi agar tidak pecah.

5. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding
Image Credit: Twitter @kolaksusupisang

Selain pajangan irig, ada pula oleh-oleh lain yang bisa untuk anda bawa pulang. Diantaranya adalah hiasan dinding yang sangat khas dan mungkin anda juga tidak bisa untuk menjumpainya di tempat yang lain. Apabila anda merupakan salah satu pecinta seni, benda satu ini memang sangat wajib untuk dikoleksi.

Oleh karena itu, ketika berada di Pakistan tidak ada salahnya untuk berburu berbagai macam hiasan dinding yang ada di negara ini. anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan hiasan dinding ini di toko toko souvenir negara ini karena memang banyak yang menjualnya. Hiasan dinding ini juga menjadi oleh-oleh yang cantik untuk anda berikan kepada kerabat.

6. Parfum

Parfum
Image Credit: Twitter @AfridiShafiQ10

Oleh-oleh khas Pakistan lain yang tidak kalah menarik adalah parfum. Negara yang terletak di Asia Selatan ini memang dikenal sebagai salah satu negara dengan penghasil parfum. Untuk itu, anda pun tidak jarang akan banyak menjumpai toko toko yang ada di sekitar menjual benda yang wangi ini. ada banyak sekali jenis aroma parfum yang bisa untuk anda pilih.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Islamabad Pakistan Buat Liburan

Hal ini dikarenakan banyak pabrik parfum yang memang berdiri di Pakistan. Anda bisa memilih mulai dari aroma yang feminim, musk hingga aroma fruity sesuai dengan selera dan keinginan anda. Apabila anda sedang berkunjung, tentu saja tidak ada salahnya untuk membeli parfum ini sebagai salah satu bentuk oleh-oleh yang bisa anda berikan untuk keluarga terdekat.

Selain itu, harga beli untuk parfum yang dijual di Pakistan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan parfum yang anda beli di negara lain. Untuk itu, anda pun bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membeli parfum harga murah di negara aslinya. Selain itu, parfum juga memiliki ukuran yang tidak berat untuk dibawa bawa.

7. Dompet

Dompet
Image Credit: Instagram binattar_ba

Jenis oleh-oleh lain yang bisa anda bawa pulang adalah dompet. Pakistan memang dikenal sebagai negara yang mempunyai corak maupun motif dompet yang indah. Bahkan tidak jarang jika dompet yang anda temui di Pakistan ini memang dikenal di negara lain karena memang memiliki motif yang sangat indah.

Selain itu, anda pun akan diberikan banyak pilihan dari warna dan corak yang dimiliki oleh dompet tersebut. Sehingga, anda pun bisa memilih sesuai dengan selera anda. Apabila anda ingin membawa oleh-oleh yang simpel, namun tetap unik dan menarik, dompet ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

8. Tas

Tas
Image Credit: Twitter Shop Online

Pakistan juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai jenis tas yang unik. Dapat dikatakan jika sebenarnya jenis tas yang dijual di negara ini memang hampir mirip dengan tas tas yang dijual di banyak negara yang lain. Akan tetapi, corak yang dimiliki oleh tas yang ada di Pakistan inilah yang berbeda dan terbilang cukup cantik.

Apabila anda membelinya di luar Pakistan, tentu saja harga tas tersebut akan melambung sangat tinggi. Itulah mengapa ketika anda berkesempatan untuk bisa datang dan mampir ke negara ini, tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh berupa tas yang cantik ini. sebab, harga yang ditawarkan pun akan terbilang cukup terjangkau.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Islamabad Pakistan Buat Liburan

Selain itu, anda pun bisa menghadiahkannya kepada orang terkasih di rumah, baik untuk keluarga maupun sanak saudara di rumah. Memberikan oleh-oleh khas Pakistan berupa tas juga bisa menjadi salah satu bentuk alternatif yang diminati oleh banyak wisatawan karena mudah untuk membawanya.

9. Kain Khas Pakistan

Kain Khas Pakistan
Image Credit: Indonesian.alibaba.com

Apabila anda merasa keberatan jika harus membeli baju khas dari Pakistan dalam bentuk oleh-oleh, maka sebaiknya anda pun bisa membawa pulang kainnya saja. Kain khas dari Pakistan ini memang memiliki banyak corak dan warna yang berbeda. Selain itu, kain sendiri juga jauh lebih mudah untuk dibawa dibandingkan dengan bajunya.

Sehingga tidak mengherankan banyak wisatawan yang cenderung untuk membeli oleh-oleh berupa kain ketika datang ke negara satu ini. anda pun bisa dengan mudah untuk menjumpai toko toko yang menjual kain ini di pasar maupun toko souvenir yang ada di pinggir jalan. Untuk soal harga, anda juga tidak perlu merogoh kantong yang terlalu besar.

10. Baju Khas Pakistan

Baju Khas Pakistan
Image Credit: Instagram gayel_onlineshop

Akan tetapi, jika anda memang ingin memiliki salah satu baju khas dari Pakistan, maka tidak ada salahnya untuk membelinya. Bentuk dari baju Pakistan ini merupakan percampuran dari budaya India dan Timur Tengah. Sehingga anda pun akan bisa mendapatkan pakaian yang terlihat lebih glamour dibandingkan dengan biasanya. Kainnya yang berwarna cerah, juga menjadi salah satu keunikan tersendiri.

Berbelanja oleh-oleh khas ketika berada di Pakistan memang menjadi salah satu kebutuhan. Hal ini dikarenakan banyak benda benda unik yang bisa anda bawa pulang dan berikan kepada keluarga terdekat. Bagi anda yang masih bingung dalam membawa pulang buah tangan Pakistan, deretan rekomendasi yang telah disebutkan diatas dapat anda jadikan pilihan. Tentunya, anda pun akan bisa membawa pulang buah tangan sesuai selera.