Pakistan merupakan negara yang kental dengan wisata sejarah, religi, serta alamnya. Itulah kenapa wilayah dengan julukan Negeri Seribu Cahaya tersebut sering dipilih sebagai tujuan liburan oleh wisatawan dari luar negeri. Dimana salah satu daerah yang patut untuk anda kunjungi selama di Pakistan adalah Islamabad.

Daerah yang mempunyai arti kota Islam ini sengaja dibangun secara khusus untuk menjadi ibu kota Pakistan, karena ibu kota sebelumnya yaitu Karachi dirasa sudah terlalu padat. Jadi jangan heran apabila Islamabad ini memang masih sangat hijau dan luas, dengan banyak objek wisata yang bisa disambangi. Berikut deretan tempat wisata menarik di Islamabad Pakistan yang harus masuk daftar kunjungan anda.

1. Faisal Mosque

Faisal Mosque
Image Credit: Twitter Travel Pakistan

Pakistan memang terkenal memiliki sejumlah wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Faisal Mosque yang terletak di Islamabad, di ujung selatan dari Pegunungan Himalaya atau lebih tepatnya berada di kaki bukit Margalla. Tempat ibadah umat muslim yang dibangun megah tersebut merupakan masjid terbesar di Pakistan, bahkan menjadi yang terbesar ketiga di dunia.

Tidak heran apabila wisatawan lokal maupun internasional selalu menyempatkan diri untuk melihat Faisal Mosque dari dekat saat tengah berada di Islamabad. Desain dari masjid ini sendiri terinspirasi dari tenda suku Badui yang merupakan suku di gurun pasir Jazirah Arab, kemudian dipadukan dengan garis kontemporer.

Sehingga salah satu ciri khas dari Faisal Mosque yaitu bentuk kubahnya yang berbentuk segitiga serba lancip, mirip tenda suku Badui. Yang mana pembanguan masjidnya dimulai pada tahun 1976 dengan biaya sekitar USD 120, yang diperoleh dari bantuan Raja Faisal. Raja Faisal dari Arab Saudi memang sempat berkunjung ke Pakistan sekitar tahun 1966, ia juga menginisiasi pembangunan masjid di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shah Faisal Ave, E-8, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

2. Fatima Jinnah Park

Fatima Jinnah Park
Image Credit: Twitter Salma Zainab

Tempat menarik di Islamabad berikutnya yaitu Fatima Jinnah Park. Taman dengan luas 1 blok atau setara dengan ukuran 2km x 2km ini, merupakan destinasi yang cocok dituju apabila anda ingin berjalan jalan santai menikmati pemandangan kota. Apalagi tamannya sangat luas, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila pengunjung sedang ramai.

Letaknya sendiri ada di pusat kota, jadi sangat mudah dicapai. Sesampainya di lokasi taman, anda akan disambut dengan pemandangan hijau nan asri yang masih sangat terjaga kebersihannya. Ketika menengok ke kanan dan kiri, anda bisa menemukan banyaknya rerumputan dan pepohonan hijau tumbuh dengan subuh di area Fatima Jinnah Park.

BACA:  20 Makanan Khas Pakistan yang Terkenal & Wajib Dicoba

Karena suasana yang menyegarkan ini, biasanya taman di pusat kota tersebut juga sering dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging di sore hari. Bahkan para wisatawan biasanya terlihat asyik mengambil berbagai potret sebagai kenang kenangan, karena pemandangannya yang memanjakan mata membuat taman ini cocok sebagai spot foto Instagramable.

Harga Tiket: 4,383.75 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

3. Pakistan Monument

Pakistan Monument
Image Credit: Google Maps Rana Taimoor Ali

Pakistan Monument menjadi salah satu destinasi menarik di Islamabad yang sayang sekali untuk dilewatkan. Karena bisa dibilang bahwa monumen sekaligus museum ini merupakan ikon wisata dari ibukota ini. Sehingga wisatawan dari luar daerah umumnya selalu memasukkannya ke daftar kunjungan saat berada di Islamabad.

Pakistan Monument sendiri terletak di area Perbukitan Shakar Parian, yang kompleksnya mempunyai luas sekitar 2,8 hektar. Karena berada di dataran tinggi dan monumennya juga dibuat demikian, Pakistan Monument bisa terlihat dari seluruh kawasan metropolitan Islamabad-Rawalpindi.

Tampak bahwa monumen tersebut mempunyai struktur layaknya sebuah kelopak bunga yang sedang mekar. Bangunannya sendiri dibuat dari granit, dengan dinding bagian dalam kelopak yang bertuliskan garis besar Benteng Lahore, Perlintasan Khyber, Masjid Badshahi, dan Minar-e-Pakistan. Karena menyimpan banyak sejarah Pakistan, anda yang menyukai wisata bersejarah dianjurkan datang ke sini.

Harga Tiket: 46.95 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shakarparian Hills، Srinagar Hwy, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

4. Bird Aviary

Bird Aviary
Image Credit: Google Maps Omer Liaqat

Ingin melihat spesies burung langka di habitat aslinya ? Datang saja ke Bird Aviary yang ada di Islamabad. Bird Aviary ini bisa dibilang sebagai kandang burung terbesar di kota tersebut. Karena di sana mampu menampung lebih dari seribu spesies burung berbeda, dan menyediakan lingkungan alami yang aman bagi para burung.

Beberapa spesies yang bisa anda temukan antara lain burung crane atau burung jenjang, merpati, angsa, bebek, merak, bangau, beo, dan masih banyak lagi spesies lainnya. Apabila ingin melihat lingkungan pada burung dengan lebih jelas, anda bisa pergi ke menara pengamatan yang sengaja disiapkan di lokasi wisata.

Harga Tiket: 10 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Enclave Ave, Sector A Siwerah, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

5. Daman-e-Koh

Daman-e-Koh
Image Credit: Twitter Developing Pakistan

Saat tengah berada di Islamabad, pastikan anda tidak melewatkan Daman-e-Koh. Karena keseruan yang ditawarkan di sini dijamin membuat liburan anda semakin berkesan. Daman-e-Koh sendiri merupakan sebuah titik pandang dan taman puncak bukit yang ada di tengah Perbukitan Margalla.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Pakistan Buat Liburan

Destinasi yang berada pada ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut ini adalah tujuan yang populer baik bagi penduduk sekitar maupun wisatawan dari luar daerah. Karena panorama keindahan seluruh Kota Islamabad bisa anda saksikan dengan nyaman dari atas Daman-e-Koh. Selain itu, di sini juga terdapat restoran terkenal bisa anda sambangi sembari menikmati pemandangan sekitar.

Harga Tiket: 14,028 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daman -e- Koh Rd, E-7, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

6. Lake View Park

Lake View Park
Image Credit: Google Maps AdeeL RiaZ

Lake View Park merupakan salah satu dari beragam tempat wisata di Islamabad yang bisa dibilang mempunyai semua keseruan dari sebuah objek wisata. Karena kompleks taman yang dibangun di tepi Rawal Lake tersebut terlihat sangat terawat dengan hamparan bunga yang menghiasinya.

Selain itu tersedia banyak sekali fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung, sehingga membuat siapapun betah berlama lama di sini. Mulai dari fasilitas memancing, tempat piknik, berperahu, area duduk di tepi danau, fasilitas olahraga, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika Lake View Park termasuk tempat menarik di Pakistan, Asia Selatan, yang tidak boleh dilewatkan.

Harga Tiket: 369,24 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

7. Lok Virsa Museum

Lok Virsa Museum
Image Credit: Twitter Brown Repunzel

Lok Virsa Museum merupakan museum sejarah dan budaya yang ada di Islamabad. Anda yang menyukai wisata sejarah sebaiknya sempatkan diri untuk mampir ke sini. Apalagi museum tersebut sudah dibuka sejak tahun 1974, dan telah menjadi institut otonom pada tahun 2002 silam.

Lok Virsa Museum sendiri mampu menampung sekitar 300 pengunjung dengan bangunannya yang terdiri atas beberapa, ditambah bagian outdoor yang cukup luas. Biasa disebut sebagai museum untuk rakyat Pakistan, anda bisa menemukan warisan budaya orang Pakistan di sana. Mulai dari sejarah sampai tradisi hidup dari berbagai kelompok etnis di Pakistan.

Harga Tiket: 500 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Garden Avenue، Shakarparian Rd, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

8. Khanpur Dam

Khanpur Dam
Image Credit: Twitter Pakistan

Objek wisata menarik di Islamabad berikutnya yang populer di kalangan wisatawan yaitu Khanpur Dam atau Bendungan Khanpur. Bendungan yang terletak di Sungai Haro ini memasok air minum untuk daerah Islamabad dan Rawalpindi. Bahkan air irigasi yang mengalir ke banyak daerah pertanian dan industri di sekitar kota juga berasal dari bendungan tersebut.

Bendungan Khanpur sendiri selesai dibangun pada tahun 1983, dengan masa konstruksinya yang berlangsung selama kurang lebih 15 tahun. Dan yang menjadi daya tarik dari Khanpur Dam hingga membuatnya populer di kalangan pelancong adalah air bendungan yang berwarna biru hijau. Terlebih ada banyak fasilitas wisata yang ditawarkan di sini, seperti ski jet sampai naik perahu.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pakistan yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: 2.000 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Haripur, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

9. Margalla Hills National Park

Margalla Hills National Park
Image Credit: Google Maps Azhar Masood

Margalla Hills National Park yang berada dekat dengan perbatasan utara Distrik Haripur merupakan sebuah taman nasional yang didirikan sejak tahun 1980. Taman dengan luas sekitar 17.386 hektar ini menjadi taman nasional terbesar ketiga di dunia, sehingga sangat sayang apabila anda melewatkannya.

Terlebih Taman Nasional Margalla Hills ini menjadi rumah bagi sekitar 600 spesies tumbuhan, 402 varietas burung, 38 mamalia, dan 27 spesies reptil. Selain itu ada banyak objek wisata populer yang menjadi bagian dari taman nasional tersebut. Seperti Daman-e-Koh, Lake View Park, Monal Restaurant, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

10. Bukit Murree

Bukit Murree
Image Credit: Google Maps Abdul Azeem Soomro

Bukit Murree tentunya wajib menjadi salah satu destinasi wisata di Islamabad yang dikunjungi saat liburan. Bukit ini terletak sekitar 46 kilometer di utara pusat ibu Kota Islamabad. Dimana Murree sendiri dikenal sebagai kota resort musim dingin yang populer, dan selalu berhasil menarik lebih dari satu juta wisatawan setiap tahunnya.

Karena di bagian Pakistan inilah anda bisa menikmati salju dengan cara yang menyenangkan, sambil menyaksikan keindahan kota dari ketinggian. Apabila anda berkunjung saat musim semi, Bukit Murree pun tetap tidak kalah cantik. Karena panorama alam hijau yang memukau siap memanjakan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rawalpindi District of Punjab, Pakistan.

11. Pir Sohawa

Pir Sohawa
Image Credit: Twitter Salma Zainab

Pir Sohawa merupakan destinasi wisata yang hampir serupa dengan Daman-e-Koh. Lokasinya pun ada di sekitar Bukit Margalla di Islamabad, Pakistan. Sehingga ada banyak petualangan menyusuri jalan pendakian gunung yang dapat anda lewati untuk mencapai tempat tempat tersebut. Dimana terdapat trail 1 sampai 6 yang bisa dipilih sebagai jalur hiking.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pir Sohawa, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

Dengan banyaknya tempat wisata populer di Islamabad Pakistan yang ditawarkan, tidak heran apabila ibu Kota negara di Timur Tengah ini sering dipilih sebagai tujuan liburan baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Adapun deretan objek wisata di atas wajib untuk anda masukkan ke dalam daftar list kunjungan. Sudah siap menjelajah sederet tempat menarik di Islamabad?