Berkesempatan liburan ke Luar Negeri, anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk kulineran. Sama halnya jika anda sedang liburan di Pakistan yang memiliki banyak wisata yang menakjubkan. Negara yang kondang dengan masyarakat ramah ini ternyata juga memiliki banyak makanan khas Pakistan yang bisa anda cicipi.

Negara yang termasuk bagian dari India ini menawarkan banyak kuliner yang menggoyang lidah. Salah satu ciri khasnya yakni penggunaan rempah yang kaya. Rasanya juga tidak akan membuat anda kecewa, terutama kuliner tradisionalnya. Untuk menikmati kuliner di Pakistan, anda bisa mencoba beberapa rekomendasi makanan khas dalam ulasan berikut.

1. Halwa Poori

Halwa Poori
Image Credit: Instagram routesandfroots

Halwa Poori adalah panganan yang terdiri dari halwa dan juga roti poori. Rotinya s dibuat dari adonan yang bulat juga tipis, tetapi mudah untuk dilipat. Sementara halwa merupakan kudapan manis yang dibuat dari tepung semolina. Tepung Semolina sendiri biasanya akan digunakan untuk membuat couscous ataupun pasta dan dari gandum durum.

Perpaduan rasa manis serta gurih yang dihasilkan membuat Halwa Poori banyak penggemarnya. Dalam pembuatan halwa juga ditambahkan dengan sirup gula, putih telur serta wijen. Tidak jarang Halwa Poori juga disandingkan dengan kari kacang arab. Makanan ini sangat cocok disantap saat sarapan.

2. Chicken Karahi

Chicken Karahi
Image Credit: Instagram desi_pakwan_pk

Olahan ayam memang tidak pernah gagal untuk membuat lidah dan perut siapapun termanjakan. Di Pakistan, bisa mencoba nikmatnya Chicken Karahi yang akan membuat anda ketagihan. Ayam dengan bumbu pedas khas ini dimasak menggunakan karahi seperti namanya. Karahi adalah wajan yang bentuknya bulat tetapi agak dalam.

Membutuhkan waktu cukup panjang untuk memasaknya yakni sekitar satu jam. Wajar saja jika bumbunya meresap sampai kedalam dagingnya. Biasanya akan disajikan dengan naan ataupun nasi hangat. Selain daging ayam, ada juga yang memasak kuliner khas Pakistan ini dengan menggunakan daging kambing ataupun daging domba.

3. Haleem

Haleem
Image Credit: Instagram Haleemghar

Haleem wajib anda coba jika anda di Pakistan, karena olahan semur daging ini begitu populer di Timur Tengah. Bahan utama untuk membuatnya yakni gandum, jelai, daging juga kacang kacangan. Barulah semua bahan akan ditambahkan dengan rempah khas. Proses memasaknya sampai 5 jam dan biasanya dinikmati saat makan siang maupun sarapan.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Islamabad Pakistan Buat Liburan

4. Sajji

Sajji
Image Credit: Twitter Rogue AviatorX

Sajji merupakan kudapan yang berasal dari Balochistan yang juga terkenal di seluruh negara. Selain bisa ditemukan di Balochistan, anda juga bisa mencicipinya di daerah lainnya. Hidangan yang dibuat dari daging ayam atau domba ini memiliki rasa yang jempolan. Makanan ini berbentuk ayam atau domba utuh tanpa kaki juga kepala.

Di dalam dagingnya diisi dengan dengan nasi dan telah dimarinasi dengan garam serta saus khusus. Sausnya dibuat dari pepaya hijau, barulah nanti daging ditusuk dengan besi panjang. Proses memasaknya dengan cara dipanggang menggunakan arang. Aromanya begitu menggugah, anda bisa mencoba Saji dengan naan yang menjadi jenis roti andalan.

5. Seekh Kebab

Seekh Kebab
Image Credit: Twitter Cocinista

Melanjutkan perjalanan rasa anda, Seekh Kebab bisa menjadi menu berikutnya. Makanan dari daging sapi kemudian ditusuk dengan besi dan dipanggang ini begitu kondang. Daging sapi tentu sudah diberi bumbu agar rasanya makin nikmat. Kebab asal pakistan tidak dibungkus, melainkan langsung dipanggang dan bisa dinikmati dengan nasi.

6. Chicken Jalfrezi

Chicken Jalfrezi
Image Credit: Facebook Zouq Restaurant & Take Away

Makanan khas Pakistan yang juga berbahan dasar ayam yakni Chicken Jalfrezi. Dimasak dengan teknik masak China membuat rasanya akan membuat anda ketagihan. Daging ayam, cabai hijau, paprika dan juga bawang merah akan digoreng lebih dahulu. Barulah dimasak hingga mengental dan bisa dinikmati dengan roti maupun dengan nasi hangat.

7. Chana Chaat

Chana Chaat
Image Credit: Facebook Swasthi’s Recipes

Jika ke Pakistan tidak lengkap tanpa mencicipi nikmatnya Channa Chat. Channa sendiri berarti kacang arab yang menjadi camilan paling kondang. Hidangan istimewa ini menggabungkan kacang arab dengan berbagai sayuran. Tidak ketinggalan saus khas yang memberikan sedikit rasa pahit. Perpaduan rasa pada Chana Chaat sangat unik dan membuat penasaran.

8. Nihari

Nihari
Image Credit: Facebook U.S. Central Command – Urdu

Pakistan juga kondang dengan olahan daging yang dimasak dalam waktu lama, kemudian disajikan saat masih panas. Nihari menjadi salah satu kuliner khas Pakistan yang dibuat dari daging domba, sapi ataupun kambing. Makanan berkuah kaya rempah ini memiliki rasa nikmat yang juga bisa menyembuhkan flu atau demam.

9. Kheer

Kheer
Image Credit: Facebook CookingSurfing.com

Selain makanan berat, anda juga bisa mencicipi makanan penutup yang nikmat saat berada di Pakistan. Kheer menjadi hidangan penutup kondang yang dibuat dari beras, susu dan gula. Puding beras khas ini juga dikombinasikan dengan banyak jenis kacang mulai dari kacang mete, almond sampai pistachio. Rasanya yang manis dan gurih akan langsung memikat lidah anda.

10. Halva Puri

Halva Puri
Image Credit: Instagram Food Surfin

Puri merupakan adonan yang ditambahkan dengan garam kemudian dibentuk bulat. Untuk memasaknya akan digoreng dengan minyak sedikit. Teksturnya yang lembut dan ringan akan sangat pas disandingkan dengan halva. Halva sendiri dibuat dari putih telur, gula juga biji wijen. Perpaduan rasa manis dan gurihnya membuat siapapun ingin mencicipinya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Pakistan Buat Liburan

11. Samosa

Samosa pakistan
Image Credit: Facebook meTube.id 

Mencicipi kuliner khas juga tidak boleh melewatkan nikmatnya Samosa. Camilan yang bentuknya segitiga ini diisi dengan irisan cabai hijau, kentang rebus dan juga herbal cincang. Beberapa juga menambahkan daging dalam kuliner khas Pakistan ini. Setelah itu Samosa akan digoreng, begitu anda menggigitnya, anda rasanya tidak ingin berhenti.

12. Aloo Paratha

Aloo Paratha
Image Credit: Twitter Food of Pakistan

Paratha merupakan adonan yang bentuknya bulat tipis kemudian akan digoreng pada minyak panas. Sementara aloo paratha yakni paratha yang berisikan kentang dan bawang yang ditambahkan dengan bumbu masala. Tekstur yang garis dengan isian yang gurih membuat aloo Paratha memiliki banyak penggemar. Disajikan saat sarapan dan juga banyak dijual di jalanan.

13. Kabuli Pulao

Kabuli Pulao
Image Credit: Instagram bint_kamill

Kabuli Pulao sebenarnya bukanlah asli dari Pakistan, tetapi khas Afghanistan dan cukup terkenal di Asia Selatan. Namun bukan berarti anda tidak bisa menemukannya disini. Nasi yang dimasak dengan rempah kemudian ditambahkan daging sapi atau kambing ini memang nikmat. Bisa anda jadikan alternatif saat ingin mencicipi makanan yang berbeda dari lainnya.

14. Bubur Zafran

Bubur Zafran
Image Credit: Facebook Muhammad Zafran Erdogan Maulana

Menggunakan bahan yang unik, membuat Bubur Zafran juga harus anda coba saat sedang di Pakistan. Bahan yang digunakan yakni bunga khusus yang saat ini juga sudah langka. Kemudian ditambahkan dengan kacang serta kari hingga menjadi adonan bubur. Aroma harum dari bunganya dan berpadu dengan bahan lain memberikan kesan rasa yang unik.

15. Tikka

Tikka
Image Credit: Indianexpress.com

Dibuat dari daging ayam, Tikka juga tidak kalah nikmat dengan makanan lainnya. Daging ayam akan diberikan bumbu tertentu dan kemudian di panggang. Sekilas Tikka mirip dengan sate, hanya saja bumbu yang digunakan tentu berbeda. Setelah Tikka matang selanjutnya anda bisa menyandingkan dengan nasi ataupun naan yang menjadi makanan khas Pakistan.

16. Aloo Keema

Aloo Keema
Image Credit: Instagram jinooskitchen

Hidangan sederhana ini selalu menjadi panganan andalan di setiap rumah. Perpaduan dari daging kambing cincang dengan kentang yang membuat siapapun jatuh hati. Selain daging kambing bisa juga menggunakan daging ayam. Bisa dinikmati dengan nasi hangat yang menggugah. Aloo Keema juga menggunakan bumbu khusus yang membuatnya terlihat lebih menarik.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Islamabad Pakistan Buat Liburan

17. Lamb Tikka

Lamb Tikka
Image Credit: Instagram The Clay Oven

Tidak hanya menggunakan bahan berupa daging ayam, masyarakat Pakistan juga banyak menggunakan daging kambing untuk olahannya. Lamb Tikka misalnya yang menjadi kuliner khas Pakistan banyak diburu. Proses pengolahannya tidak main main sehingga aroma kambingnya menghilang. Lamb Tikka bisa dinikmati dengan naan atau nasi sesuai dengan selera.

18. Khajla

Khajla
Image Credit: Instagram Streetfoodwithsanju

Saat bulan Ramadhan, anda akan sangat mudah menemukan makanan unik ini. Dibuat dari bahan utama berupa bihun kemudian diproses dengan cara dipanggang, membuat rasa Khajla sangat nikmat. Rasa gurih di setiap gigitan membuatnya selalu dicari pecinta kuliner. Terdapat rasa manis yang membuatnya cocok sebagai menu untuk berbuka puasa.

19. Tandoori Cutlet

Tandoori Cutlet
Image Credit: Idntimes.com

Bahan ayam juga kentang seakan jarang ditinggalkan oleh masyarakat Pakistan. Hal ini terlihat dari jenis makanan dengan kedua bahan yang cukup panjang. Begitu juga dengan Tandoori Cutlet yang dibuat dari daging ayam cincang serta kentang. Tidak hanya membuat kenyang, kandungan gizi dalam makanan hits di Pakistan ini juga baik untuk kesehatan.

20. Naan Kurma Keju

Naan Kurma Keju
Image Credit: Cookpad.com

Wisata kuliner anda akan semakin lengkap dengan mencicipi Naan Kurma Keju. Makanan ini banyak yang dimasak masih dengan cara tradisional, sehingga cita rasanya tidak pernah luntur. Bentuk rotinya lebih tebal dan ditambahkan dengan kurma serta keju yang membuat rasanya luar biasa. Naan sendiri sebenarnya bisa dinikmati dengan jenis bahan lainnya.

Liburan ke Pakistan tidak hanya bisa dihabiskan dengan menjelajah wisatanya. Tetapi anda juga bisa sekalian mencoba makanan khas Pakistan yang terkenal nikmat. Rasa rempahnya yang kaya dan juga menggunakan jenis daging yang beragam membuatnya lebih unik. Pastikan anda mencicipi beberapa, dengan begitu liburan anda di negara ini akan semakin tidak terlupakan.