Macau yang berada di sebelah barat daya Hongkong membuatnya juga memiliki destinasi yang menarik. Karena lokasinya yang dekat dengan Hongkong menjadikan wisatawan yang ke Hongkong juga akan mampir ke kota ini. Selain destinasi wisata, Macau ternyata juga menawarkan banyak makanan khas yang menarik untuk anda coba saat sedang singgah.

Kota yang memiliki paduan desain China dan Portugis ini memang menjadi tujuan yang menarik. konon katanya hidangan yang disajikan banyak yang cocok di lidah masyarakat Indonesia. Bahan bahan yang digunakan untuk kulinernya terbilang unik dan juga memiliki ciri khas rasa tersendiri. berikut beberapa rekomendasi yang bisa anda cicipi.

1. Bacalhau

Bacalhau
Image Credit: Instagram Claudia – VIAJAR PELO MUNDO!

Ketika plesiran di kota tertentu, rasanya memang tidak lengkap jika tidak mencicipi kudapannya. Di Macau anda bisa mencicipi kuliner yang dikenal dengan Bacalhau. Bacalhau terbuat dari bahan dasar daging ikan kod yang masih segar. daging yang telah dibersihkan akan terlebih dahulu digiling sampai halus. Sebelum kemudian ditambahkan tepung juga bahan khusus.

Barulah adonan makanan khas ini dibentuk lonjong lonjong. Cara memasaknya dengan cara digoreng dan dikenal sebagai camilan yang nikmat. Cemilan ringan ini sangat nikmat apabila disantap dalam kondisi masih hangat. Termasuk peninggalan dari kuliner Portugis, jangan sampai anda melewatkan untuk mencicipinya saat sedang di Macau.

Sampai saat ini Bacalhau termasuk panganan yang masih hits dan banyak dicari. Bacalhau juga nikmat jika disandingkan dengan saus sebagai cocolan. Bacalhau yang berada disini tentu akan berbeda dengan yang ada di Portugis. Ada banyak restoran restoran yang menawarkan menu ini, sehingga anda tidak akan kesulitan jika ingin mencobanya.

2. Shrimp Roe Noodles

Shrimp Roe Noodles
Image Credit: Twitter MGTO Indonesia

Rasanya tidak akan lengkap jika ke Macau tidak mencicipi hidangan mienya. Shrimp Roe Noodles merupakan olahan mie dengan tambahan telur udang di bagian atasnya. Soal rasa tentu tidak akan membuat anda kecewa. Teksturnya yang kenyal dan juga padat, dengan rasa gurih yang akan membuat anda ketagihan untuk mencobanya.

Kuliner khas Macau ini cukup kondang dan banyak yang memburunya. Walaupun secara tampilan tampak tidak jauh berbeda dengan mie goreng pada umumnya. Namun telur udang yang menjadi tamburannyalah yang menambah cita rasa. Menemukan kuliner hits disini bukanlah hal yang sulit, ada banyak restoran terkenal yang menyediakannya.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Wuhan Buat Liburan

3. Bubur Kepiting

Bubur Kepiting Macau
Image Credit: Facebook Alice Sia

Pecinta seafood jangan sampai anda melewatkan kuliner yang menggugah di Macau ini. Terutama jika anda suka makanan sari laut, maka Bubur Kepiting menjadi pilihan yang tepat. Bubur kepiting khas Macau terkenal dengan rasanya yang jempolan. Semangkuk bubur hangat akan disajikan dengan daging kepiting yang lembut, siap membuat anda ketagihan.

Sebenarnya tidak hanya menemukan daging kepiting saja, tetapi juga isian yang membuat rasanya makin kaya. Makanan khas Macau ini tidak menggunakan kepiting laut, melainkan kepiting yang berada di air tawar. Meskipun demikian, rasa yang disuguhkan tidak akan membuat anda menyesal mencobanya. Paling nikmat disantap saat masih dalam kondisi hangat.

Rasanya yang gurih dengan daging kepiting yang lumer di mulut memang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencicipi kuliner nikmat ini, anda tidak akan susah mencarinya. Karena ada banyak sekali tempat makan di kota ini yang menjadikan Bubur Kepiting sebagai menu andalannya. Cocok dikonsumsi saat sedang musim hujan dengan harga yang juga ramah kantong.

4. Egg Tart

Egg Tart
Image Credit: Twitter Golden Rama Tours

Seperti di Hongkong, di Macau juga memiliki kudapan egg tart yang begitu kondang. Sama halnya dengan Bacalhau, Egg Tart juga menjadi kuliner peninggalan Portugis. Macau memang sempat menjadi daerah jajahan Portugis, sehingga kulinernya juga dipengaruhi beberapa. Di kota ini anda bisa menikmati olahan yang menggunakan resep asli dari Portugis.

Makanan khas ini masuk dalam jajaran pastry dengan bentuk mirip mangkuk kecil, sekilas mirip pie susu. Di bagian tengahnya berisikan custard telur dan dibagian atasnya kemudian disiram dengan karamel. Perpaduan rasa manis dan gurihnya memang akan membuat siapapun ingin terus menikmatinya.

Belum lagi untuk mencicipi nikmatnya juga tidak sulit, anda hanya perlu mengunjungi restoran atau toko terdekat. Karena memang tersedia hampir di semua distrik yang berada di Macau. Rasanya akan semakin nikmat jika dinikmati dalam kondisi masih hangat. Custardnya akan meleleh dengan pastry renyah yang jadi perpaduan pada di mulut.

Tidak hanya bisa dinikmati secara langsung, anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Proses memasaknya yang dioven membuatnya bisa tahan lama. Anda bisa mengunjungi Lord’s Stow Garden Cafe untuk membeli kuliner khas ini. Karena di cafe yang sudah berdiri dari 1993, digemari oleh masyarakat sekitar dan turis.

5. Pork Chop Bun

Pork Chop Bun
Image Credit: Twitter melanie

Kuliner andalan di Macau berikut mungkin tidak disarankan untuk anda yang muslim. Sekilas Pork Chop Bun mirip dengan hotdog ataupun burger, potongan daging ditambahkan dengan laporan roti. Dan daging yang digunakan tentu saja daging babi. Racikan bumbu ataupun roti yang digunakan sangat khas dan setiap penjual akan memiliki resep pribadi.

BACA:  19 Makanan Khas China yang Terkenal & Wajib Dicoba

Roti isi daging babi ini memang tidak bisa digantikan dengan jenis yang lainnya. Rasanya akan sangat nikmat jika anda menyantap dalam kondisi yang masih hangat. Perpaduan roti yang lembut dengan daging bumbu, akan memanjakan lidah anda. Tai Le Koi Kei menjadi kedai kondang yang menyediakan makanan khas dengan rasa yang tidak bisa dilewatkan.

6. Almond Biscuits

Almond Biscuits
Image Credit: Twitter Vinita Bhatia

Almond Biscuits juga menjadi kudapan di Macau yang sayang untuk diabaikan begitu saja. Makanan ringan ini biasanya disajikan sebagai teman untuk menikmati secangkir teh. Rasanya yang khas yakni perpaduan gurih juga manis membuatnya banyak diburu oleh wisatawan atau masyarakat lokal. Apalagi kue kering ini lebih tebal berbeda dengan lainnya.

Selain itu teksturnya juga lebih empuk tetapi juga bisa bertahan lama. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Anda juga bisa dengan mudah menemukan kudapan yang terkenal ini. Almond Biscuits menjadi makanan andalan Macau yang harus anda coba, apalagi ditemani dengan teh khas setempat.

7. Minchi atau Minchee

Minchi atau Minchee
Image Credit: Twitter Discover Macau

Minchee menjadi makanan khas Macau berikutnya yang dibuat dari daging babi. Dimana daging babi akan dipotong dadu kemudian ditambahkan dengan kentang dan dioseng. Bumbu yang digunakan merupakan bumbu khusus dan memiliki rasa yang nikmat. Disajikan dengan sayur seperti kacang panjang, nasi hangat juga telur ceplok setengah matang.

8. Dimsum

Dimsum
Image Credit: Twitter BradJill

Sama halnya dengan Hongkong, Dimsum juga menjadi kuliner andalan yang banyak penggemarnya. Hidangan ini banyak dibuat oleh etnis Tionghoa dengan bentuk dan juga rasa yang kaya. Bisa dijadikan makanan pendamping maupun makanan utama. Paling nikmat jika dinikmati dalam kondisi yang masih hangat.

Bahan yang digunakan sangat beragam, mulai dari daging sapi , daging ayam juga seafood ataupun sayuran. Kemudian dikukus juga bisa digoreng, rasanya juga makin kaya dengan saus saus yang disajikan. Jika anda ingin yang tidak menggunakan daging babi, maka cari saja yang berlogo halal. Untuk mencicipi nikmatnya Dimsum juga bukanlah hal yang sulit.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas China yang Paling Diburu Wisatawan

9. Serradura

Serradura
Image Credit: Twitter Jaya Prima Tours

Jika diterjemahkan dari bahasa Portugis, Serradura memiliki arti serbuk gergaji. Tetapi sebenarnya, makanan yang bisa anda temukan di Macau ini sebenarnya merupakan sajian dessert yang kondang. Dibuat dari krim kocok dengan tambahan susu kental manis dan juga biskuit marie yang dihancurkan. Ada banyak penjual yang bisa anda tuju untuk mencicipinya.

10. Street Food Skewer

Street Food Skewer
Image Credit: Facebook Arpee Hezeta Talavera

Membahas kuliner khas Macau, tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian mencicipi street foodnya. Sate yang berada disini tentu berbeda dengan yang anda temukan di tanah air. Kudapan ini biasanya akan anda temukan di malam hari. ada banyak jenis sate yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Mulai dari daging ayam, babi, seafood juga bakso daging.

Tidak sedikit yang juga menawarkan sate dengan paduan kuah kaldu yang rasanya kaya. Selain itu juga bisa langsung dicocol dengan saus kari kuning maupun saus cabai. Ada juga yang menambahkan sayuran pendamping yang membuat rasanya makin nikmat. Menemukan kudapan ini bisa di pinggir jalan di area Senado Square.

11. Seafood Rice

Seafood Rice
Image Credit: Twitter MGTO Indonesia

Untuk menutup perjalanan menjelajah nikmatnya kuliner di Macau, anda bisa mencicipi nikmatnya Seafood Rice. Nasi hangat ditambahkan dengan banyak seafood, dari udang, cumi sampai dengan kerang. Kemudian akan ditambahkan dengan siram kuah khusus. Makanan ini merupakan resep Portugis yang telah disesuaikan dengan lidah Asia.

Kulineran di sebuah negara atau kota memang akan menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Begitu juga ketika anda berada di Macau, kota ini menawarkan banyak makanan khas yang menggoyang lidah. Tentu bagi anda yang muslim harus menemukan makanan halal yang tidak mengandung babi, terdapat juga tanda halal yang bisa anda jadikan petunjuk.