Mongolia terkenal sebagai salah satu negara teraman di dunia. Sehingga jika ingin berlibur ke luar negeri, cukup banyak orang yang memilih negara tersebut sebagai tujuan destinasi. Apalagi negara yang memiliki julukan Tanah Langit Biru Abadi ini hampir tidak berawan sepanjang tahun. Yang membuat perjalanan wisata di sana tentunya menjadi lebih seru.

Setelah puas rekreasi dan melakukan eksplorasi di Mongolia, jangan lupa sempatkan diri untuk membeli oleh-oleh daerah setempat. Oleh-oleh khas dari Mongolia sendiri termasuk cukup mudah ditemui, anda bisa mencarinya di pasar maupun di pusat oleh-oleh. Berikut daftar yang oleh-oleh yang paling diburu wisatawan sejauh ini.

1. Pajangan Kayu

Pajangan Kayu
Image Credit: Facebook Jason Saperstein

Meskipun pajangan kayu bisa ditemukan di mana saja, anda jangan salah. Karena Mongolia terkenal sebagai negara dengan kerajinan pajangan kayu yang sangat unik. Dimana pajangan kayu yang ditawarkan di sini memang begitu khas dan berbeda. Anda mungkin tidak bisa menemukan daerah lain yang menawarkan pajangan sama.

Sehingga oleh-oleh khas dari Mongolia berupa pajangan kayu tentu sangat eksklusif. Selain dapat anda bawa pulang untuk diberikan kepada sanak saudara atau teman, anda juga bisa memanfaatkannya secara pribadi sebagai pajangan di rumah. Menariknya, ada banyak sekali bentuk yang dapat dibuat sebagai pajangan.

Jadi anda bisa memilih pajangan kayu sesuai dengan selera masing masing. Anda pun tidak perlu khawatir apabila hendak membeli dalam jumlah banyak. Pasalnya kayu yang digunakan sebagai bahan baku memiliki bobot yang cukup ringan. Alhasil tidak akan membuat barang bawaan menjadi berat selama perjalanan pulang.

2. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci
Image Credit: Twitter Geordie Exile

Oleh-oleh berikutnya yang bisa dibawa pulang yaitu gantungan kunci. Bahkan gantungan kunci memang umumnya menjadi cinderamata wajib ketika anda datang ke sebuah daerah. Ukurannya yang kecil dan ringan membuat barang ini memang menjadi favorit bagi wisatawan. Sebab membawa dalam jumlah banyak pun tidak akan memberatkan ketika dimasukkan dalam tas.

Harganya yang relatif murah juga menjadi kelebihan tersendiri. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk membeli gantungan kunci dengan jumlah yang banyak. Sehingga anda bisa menggunakannya sendiri, serta memberikannya untuk saudara, teman, sampai kolega di kantor.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Korea Utara yang Paling Diburu Wisatawan

Terlebih ada banyak sekali pilihan bentuk gantungan kunci khas yang dapat dibeli. Akan tetapi salah satu bentuk yang paling digemari wisatawan yaitu gantungan kunci berbentuk boneka Mongolia. Bisa dibilang bahwa benda tersebut memang sangat ikonik, anda bisa menemukannya hampir di setiap tempat di Mongolia.

3. Boneka Mongolia

Boneka Mongolia
Image Credit: Twitter Muhammad Hanafi

Selain dalam bentuk gantungan kunci, anda juga bisa langsung membeli oleh-oleh berupa boneka Mongolia. Oleh-oleh ini juga tidak kalah menjadi favorit wisatawan. Karena bonekanya memang mempunyai bentuk yang menarik dan sangat lucu. Umumnya boneka dibuat dari paduan kayu dan kain, kemudian terdapat model pakaian tradisional khas Mongolia yang disematkan di sana.

Tidak heran apabila boneka ini pun menjadi salah satu yang banyak dipilih sebagai oleh-oleh. Karena baju tradisional pada boneka akan menunjukkan daerah tempatnya berasal. Apalagi boneka ini mempunyai ukuran yang kecil, membuat anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk bagasi.

Dengan ukuran tersebut, membawa buah tangan berupa boneka ini juga tidak sulit. Karena anda tidak perlu menyediakan tas tambahan yang banyak dan kerepotan sepanjang jalan. Nantinya boneka bisa dimanfaatkan untuk pajangan di dalam kamar atau ruang tamu, sebagai kenang kenangan anda pernah berkunjung ke Mongolia.

4. Kerajinan Tangan Mongolia

Kerajinan Tangan Mongolia
Image Credit: Twitter kholida zia husnah

Seperti yang diketahui, Mongolia memang terkenal sebagai negara dengan kerajinan tangan yang unik. Jadi bukan hanya pajangan kayu saja yang bisa anda temukan di sini. Tapi ada banyak bentuk kerajinan tangan lainnya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Mongolia. Dan anda bisa memilih salah satu bentuknya sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Mulai dari liontin berbentuk kuda kuda naga kuning sampai vas bunga, ada banyak sekali bentuk kerajinan tangan yang bisa anda temukan di Mongolia. Apalagi warna dan motif vas bunga yang tersedia di sini begitu beragam juga sangat unik. Menjadikannya cocok sebagai cinderamata yang akan mengingatkan anda terhadap keindahan Mongolia.

Anda tidak perlu khawatir ketika memilih vas bunga sebagai oleh-oleh. Karena para pedagang di sini sudah menyiapkan bungkus yang sesuai apabila anda ingin menjadikannya sebagai buah tangan. Sehingga selama perjalanan vas bunga akan tetap aman. Akan tetapi, sebaiknya anda membeli dalam jumlah yang cukup agar tidak kerepotan selama perjalanan.

5. Magnet Kulkas

Magnet Kulkas
Image Credit: Etsy.com

Buah tangan lainnya yang bisa anda pilih yaitu magnet kulkas. Benda ini bisa menjadi cinderamata sederhana namun berkesan untuk mengingatkan anda dengan Mongolia. Pasalnya magnet kulkas yang dijual di pusat oleh-oleh biasanya menampilkan berbagai bentuk ikonik yang terdapat di negara tersebut.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Mongolia Buat Liburan

Jadi ketika anda memberikannya sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat, sudah tergambar jelas bahwa magnet kulkas ini berasal dari Mongolia tanpa anda memberitahu mereka. Wisatawan sendiri menyukai magnet kulkas sebagai oleh-oleh lantaran bentuknya yang kecil, sehingga bisa dibeli dalam jumlah yang banyak tanpa membuat tas menjadi penuh.

6. Topi Wol

Topi Wol
Image Credit: Facebook Jane Stein

Mongolia merupakan salah satu negara dengan hujan salju terdingin yang ada di Asia Timur. Jadi jangan heran apabila anda bisa menemukan banyak topi wol yang diperjualbelikan di sana. Terutama pada musim dingin, anda dapat menemukan banyak topi wol yang juga dijual di berbagai tempat termasuk pusat oleh-oleh.

Selain itu, Mongolia juga didukung dengan jumlah populasi ternaknya yang begitu banyak. Bahkan populasi ternak tersebut tercatat lebih banyak dibandingkan populasi masyarakat setempat. Dimana hewan yang paling banyak diternak adalah domba, sehingga banyak ditemukan topi wol berkualitas dari bulu domba asli di sini.

7. Mantel

Mantel
Image Credit: Facebook محجبات ليليا

Selain topi wol, bulu domba juga banyak dimanfaatkan untuk membuat mantel. Sehingga anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Mongolia yang menarik. Apalagi mantel produksi negara di Asia bagian timur ini dikenal memiliki kualitas yang sangat bagus. Jadi sangat cocok apabila diberikan kepada orang orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat.

Meskipun kualitasnya sangat bagus, anda tidak perlu khawatir mengenai harga. Karena harga yang ditawarkan untuk satu buah mantel di sana termasuk cukup terjangkau. Itu karena mereka mempunyai bahan baku pembuatannya yang begitu melimpah. Sehingga anda tidak perlu merogoh kocek dalam dan bisa menghemat budget selama berwisata di Mongolia.

8. Asinan Bawang Putih

Asinan Bawang Putih
Image Credit: Topijelajah.com

Tidak hanya cinderamata, oleh-oleh berupa camilan juga layak dijadikan pilihan. Seperti asinan bawang putih ini yang sangat cocok dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Jika biasanya anda hanya mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur untuk menambah cita rasa makanan, maka jangan sampai melewatkan membeli jajanan ini ketika berada di Mongolia.

Karena makanan tersebut memang sangat unik, bahkan mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Di samping itu, asinan bawang putih mempunyai masa simpan yang cukup lama. Sehingga anda tidak perlu khawatir makanan akan rusak meskipun melewati perjalanan yang cukup panjang.

BACA:  11 Makanan Khas Korea Utara yang Terkenal & Wajib Dicoba

9. Hiasan Tembaga

Hiasan Tembaga
Image Credit: Facebook Khairol Aizat

Tembaga merupakan salah satu komoditas utama yang dimiliki oleh Mongolia. Sehingga ada banyak sekali penambang tembaga yang ada di negara tersebut. Yang mana hasil tambangnya banyak dimanfaatkan untuk menciptakan berbagai jenis benda. Salah satunya yaitu hiasan tembaga yang acap kali dipilih sebagai buah tangan dari negara ini.

Karena hiasan tembaga dapat meningkatkan keindahan interior rumah lantaran tampilannya yang indah. Adapun beberapa bentuk hiasan tembaga yang umum ditemukan yaitu berupa pajangan rumah. Anda bisa menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan memajangnya di ruang tamu. Supaya hiasan tidak rusak di perjalanan, jangan lupa lakukan beberapa tindakan khusus dalam pengemasan.

10. Perhiasan

Perhiasan Mongolia
Image Credit: Facebook Solarmusic Mongolia

Selain hiasan tembaga, perhiasan berupa perak juga bisa menjadi oleh-oleh yang eksklusif. Anda dapat membelinya untuk diberikan kepada orang orang tercinta dan terdekat. Tentunya tidak hanya mengingatkan terhadap Mongolia, buah tangan tersebut akan memperat hubungan anda dengan si penerima cinderamata.

Apalagi perhiasan yang terbuat dari perak ini ada banyak sekali ragamnya. Sebab perak adalah salah satu yang menjadi komoditas utama di negara ini. Jadi anda bisa menemukan perhiasan perak berupa kalung, gelang, cincin, bros, dan lain sebagainya. Karena ada banyak, silahkan pilih sesuai dengan selera masing masing.

Itu dia deretan oleh-oleh khas dari Mongolia yang bisa anda bawa pulang setelah puas berwisata di negara tersebut. Daftar yang diberikan adalah yang paling difavoritkan oleh wisatawan. Itu karena banyak tersedia di pusat oleh-oleh sehingga mudah ditemukan, dan ukuran serta bentuknya cukup ringan untuk dibawa pulang. Tertarik untuk membeli salah satunya ketika berkunjung ke Mongolia?