Hal yang membuat liburan asyik sebenarnya tidak hanya bisa mengunjungi destinasi wisatanya. Tetapi juga bisa sekalian mencicipi aneka kuliner yang pastinya akan berbeda dengan negara negara lainnya. Masing-masing negara akan memiliki ciri khas sendiri dalam makanannya. Seperti beberapa makanan khas Korea Utara yang juga memiliki rasa yang berbeda.

Walaupun terkenal sebagai negara yang tertutup, bukan berarti tidak bisa liburan ke Korea Utara. Ada beberapa tempat yang memang bisa dikunjungi juga kuliner yang bisa dicicipi. Bahkan kuliner dari negara ini unik dan ada yang lebih ekstrim dibanding negara tetangga. Dan berikut beberapa kuliner kondang di Korea Utara yang bisa anda cicipi.

1. Yubuchobap atau Tofubab

Yubuchobap atau Tofubab
Image Credit: Twitter Fenfen

Untuk memulai perjalanan rasa anda di Korea Utara, anda bisa mencicipi nikmatnya Yubu Chobap. Beberapa juga menyebutkan dengan Tofubab karena bahan utama makanan ini adalah tofu atau tahu. Sementara bap memiliki arti nasi, sehingga bisa dibayangkan jika makanan ini merupakan perpaduan antara nasi dan juga tofu.

Tofu akan diisikan dengan olahan nasi yang sudah ditambahkan dengan cabai juga daging. Sekilas makanan ini mirip dengan kimbab di Korsel dan juga inari sushi dari Jepang. Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, anda juga tidak perlu khawatir akan rasanya yang lezat. Makanan khas ini juga tidak sulit untuk menemukannya.

Banyak yang menjual makanan nikmat ini di pinggir jalan dengan harga yang ramah kantong. Bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin ngemil kenyang tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk makan. Karena memiliki rasa nikmat juga harga yang bersahabat, tidak heran jika Yubu Chobap menjadi salah satu makanan yang begitu digemari oleh masyarakat setempat.

2. Dan Gogiguk

Dan Gogiguk
Image Credit: Facebook Fun Korea

Masyarakat Korea Utara juga tidak jauh berbeda dengan Korea Selatan yang menyukai olahan berkuah atau sup. Dan Gogigui menjadi makanan berkuah yang juga terkenal dan bisa anda coba. Apalagi makanan ini termasuk makanan ekstrem karena dagingnya menggunakan daging anjing. Sup daging anjing ini juga dianggap bisa menambah stamina pria dewasa.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Pyongyang Buat Liburan

Untuk memasaknya makanan ini akan direbus dengan tambahan bahan lainnya. Jangan lupakan bumbu khasnya berupa pasta cabai atau gochujang, doenjang, bunga dandelion, daun bawang dan juga daun perilla. Rasanya akan makin nikmat dengan tambahan bubuk mint Korea yang dikenal dengan Agastache Rugosa.

Konon katanya sudah sejak lama masyarakat Korea Utara mengkonsumsi makanan ini. Apabila anda penasaran tidak ada salahnya untuk mencobanya. Sebenarnya makanan ekstrem ini juga bisa ditemukan di Korea Selatan. Hanya saja tidak terlalu terkenal karena dianggap sebagai makanan yang begitu ekstrim.

3. Raeungmyeon

Raeungmyeon
Image Credit: Twitter Hima Bahasa Korea Unas

Beberapa bagian dari Asia Timur memang menyukai olahan yang berbahan mie. Di Korea Utara anda bisa menemukan makanan bernama Raeungmyeon. Makanan khas ini merupakan mie dingin yang sangat nikmat disajikan saat musim panas. Mie dingin ini dibuat dari mie soba dengan tekstur yang lembut juga lebih tipis.

Sebenarnya anda juga bisa menemukan makanan dari mie ini di Korea Selatan. Saat disajikan mienya terlihat hitam karena dari gandum hitam. Kemudian disajikan bersama air kaldu dingin, tampilan kaldunya juga bening. Sajian mie dingin akan semakin nikmat dengan tambahan topping. Bisa ditambahkan dengan bunga kol, ayam, lobak hingga telur.

Tidak sedikit juga yang menyajikan makanan ini dengan tambahan daging agar lebih nikmat. Untuk membuat rasanya makin nikmat, anda bisa menambahkan saus pedas. Perlu anda ketahui jika di Korea Utara pengantin baru wajib mengkonsumsinya. Konon akan membuat hubungan pernikahan awet muda, dan jika menolak akan dianggap tidak sopan.

4. Injo Gogi Bap

Injo Gogi Bap
Image Credit: Facebook Alibaba Tours Nhật Hàn

Kuliner yang tidak kalah unik dan bisa anda coba berikutnya yakni Injo Gogi Bap. Perlu anda ketahui jika makanan ini dibuat dari makanan sisa kemudian digulung menjadi satu. Tampilannya mirip dengan sosis karena warnanya yang kehitaman, mirip dengan ketan hitam. Walaupun dari makanan sisa, tentu dipilih makanan yang kondisinya masih bagus,

Dalam penyajian makanan khas Korea Utara ini akan ditambahkan dengan saus pedas atau kari. Di balik Injo Gogi Bap ada cerita yang menarik karena di tahun 1990an Korut mengalami bencana kelaparan. Mengingat mereka gemar mengkonsumsi daging, akhirnya masyarakat berinisiatif untuk membuat daging sendiri.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mongolia yang Paling Diburu Wisatawan

Bahan digunakan yakni nasi yang ditambahkan dengan kedelai yang telah diolah menjadi pasta dan minyak. Kemudian ditambahkan juga dengan saus cabai. Dan perlu anda ketahui jika kuliner Injo Gogi Bap hanya bisa anda temukan di Korea Utara. Termasuk hidangan favorit dan juga dijual dengan harga yang ramah kantong.

5. Sinseollo atau Yeol Gaja

Sinseollo atau Yeol Gaja
Image Credit: Twitter OMO Korea

Sinseollo merupakan makanan dari Korea Utara yang mewah. Hot pot ini akan berisikan dengan berbagai jenis sayuran seperti jamur dan sayur lainnya. Kemudian ditambahkan dengan jeonyue atau perkedel ikan dan juga bakso. Rasanya makin nikmat karena dimasak dengan menggunakan kaldu yang begitu kaya rasa. Dan anda hanya bisa menemukannya di Pyongyang saja,

Sinseollo paling nikmat dinikmati secara bersama sama, karena porsinya yang cukup besar. yang membuat rasanya khas, memasaknya langsung di atas api batu bara. Harga yang dibanderol untuk Hot Pot Korut ini memang cukup mahal dan menguras kantong. Wajar jika hanya kalangan kelas atas yang bisa mencicipi nikmatnya Sinseollo.

6. Aneka Daging

Aneka Daging
Image Credit: Facebook Resep pilihan

Seperti yang disinggung sebelumnya masyarakat Korut juga gemar mengkonsumsi daging. Sehingga anda akan menemukan makanan berupa olahan daging yang khas. Perlu anda ketahui jika masyarakat tidak bisa menikmati daging setiap saat. Sehingga biasanya akan makan daging ketika para pemimpin terdahulu sedang berulang tahun.

Pada saat itu akan mendapatkan jatah daging dari pemerintah. Dagingnya bisa berupa daging kambing, daging kelinci ataupun daging babi. Perlu anda ketahui jika anda tidak akan menemukan daging sapi di sana. Karena pemerintah memang melarang untuk mengkonsumsi daging sapi besar besaran. Yang diijinkan untuk daging sapi sangat sedikit dan intensitasnya jarang.

7. Kimchi

Kimchi
Image Credit: Twitter Okezone

Di Korea Utara anda juga akan menemukan kimchi yang memang sudah menjadi makanan pokok kedua negara Korea. Kimchi di negara ini banyak dibuat dari kol dibandingkan dari lobak. Tidak jauh berbeda, kemudian bahan akan ditambahkan pada sayuran dan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Makanan ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas.

8. Bughan Barbeque

Bughan Barbeque
Image Credit: Lumpiasayur.home.blog

Walaupun Barbeque bisa anda temukan di negara lain, tetapi Budgan Barbeque merupakan kuliner asli dari Korea Utara. Karena memang barbeque ini akan berbeda dengan yang lainnya, perbedaannya pada alat panggang yang digunakan. Alat panggang khusus ini bahkan sudah digunakan secara turun temurun dan memang bentuknya berbeda.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Korea Utara yang Paling Diburu Wisatawan

Bahan yang digunakan untuk membuat kuliner ini dari daging sapi. Daging sapi kemudian akan ditusukkan pada batang besi yang panjang dan kuat. Barulah akan langsung dipanggang di atas bara api. Rasanya yang nikmat membuatnya banyak digemari oleh masyarakat. sangat pas dinikmati ketika berkumpul dengan keluarga, dan termasuk makanan langka.

9. Seafood Pesisir Korea Utara

Seafood Pesisir Korea Utara
Image Credit: Facebook KrustyKrab by MakcikKetam

Rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak sekalian mencicipi kuliner khas Korea Utara satu ini. Makanan hasil laut ini tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, tetapi gizinya juga banyak. Sebagai negara yang tertutup dari publik, seafood menjadi makanan pokok di negara ini. Karena memang untuk mengkonsumsi daging ada pembatasan khusus.

Seafood ini banyak ditemukan di daerah pesisir dan dimasak dengan berbagai menu. Hidangan paling favorit yakni ikan kod, gurita, salmon mentah juga ikan pollock Alaska. Selain disajikan mentah, beberapa juga dimasak dalam menu yang unik. Maka dari itu jika berkesempatan untuk singgah di Korea Utara, anda harus mencicipi hidangan lautnya.

10. Dubu Bab

Dubu Bab
Image Credit: Facebook Aneka Street Food

Selain Injo Gogi Bap, anda juga bisa menemukan Dubu Bap yang menjadi kreativitas menghadapi bencana kelaparan. Dubu memiliki arti sebagai tahu dan bap adalah nasi. Bahan utama makanan ini dari tahu, tepatnya di bagian kulitnya saja. Kemudian ditambahkan dengan nasi putih. Sajian Dubu Bap menjadi favorit anak-anak di Korea Utara.

11. Juk

Juk
Image Credit: Twitter KTO Jakarta

Juk merupakan makanan khas Korea Utara yang dibuat dari jagung kemudian dimasak menjadi bubur. Menjadi menu sarapan atau camilan dengan rasa yang lebih gurih dan khas. Tidak hanya bubur jagung, biasanya juga mengkonsumsi telur rebus maupun yogurt untuk sarapan. Masakan sederhana ini bisa anda coba ketika sedang berada di negara ini.

Sebagai negara yang paling tertutup, Korea Utara ternyata memiliki kuliner yang juga menarik untuk dicicipi. Beberapa bahkan terbilang ekstrim dan membuat orang berpikir berkali kali untuk mencobanya. Selain itu beberapa kuliner juga ada yang hampir sama dengan Korea Selatan. Tidak ada salahnya untuk mencicipinya jika berkesempatan ke Korea Utara.