Memasuki musim liburan, maka kini sudah banyak orang-orang yang menyusun wish list tempat wisata di Sri Lanka yang diinginkan. Salah satu tempat atau negara yang bisa menjadi tujuan destinasi menarik adalah dengan mengunjungi Sri Lanka. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab negara ini terkenal dengan berbagai macam kawasan wisata yang menarik dan pastinya dengan oleh-olehnya.

Perlu diketahui, ada banyak sekali buah tangan Sri Lanka yang wajib untuk anda cicipi dan bawa pulang saat berkunjung ke sana. Berbagai macam produk tersebut mulai dari makanan, pakaian, hingga perhiasan juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagi anda yang penasaran dengan berbagai oleh-oleh khas dari Sri Lanka bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Pittu

Pittu
Image Credit: Twitter Sri Lanka Global

Oleh-oleh pertama yang harus anda beli pada saat mengunjungi Sri Lanka adalah Pittu. Jadi yang dinamakan dengan Pittu adalah salah satu makanan khas Sri Lanka yang terbuat dari beras dan kelapa. Jika disamakan dengan indonesia, Pittu ini lebih mirip dengan makan Putu Ayu. Namun segi yang membedakan dari makanan ini adalah penyajiannya.

Dimana untuk oleh-oleh Pittu yang berasal dari negara ini dihidangkan dengan sambal dan juga kari domba. Uniknya lagi, Pittu ini juga bisa dinikmati dengan gula dan juga minyak samin yang umumnya disebut dengan Ghee. Tips sebelum anda membeli Pittu ini sebagai oleh-oleh, maka sebaiknya untuk membeli sebelum berangkat ke Bandara, sebab makan ini tidak tahan lama.

2. Hopper

Hopper
Image Credit: Twitter Male Indonesia

Hopper adalah makanan tradisional Sri Lanka dan banyak di minati oleh masyarakat sekitar. Umumnya makanan ini akan disajikan sebagai camilan atau pendamping. Untuk penyajiannya sendiri, umumnya untuk Hopper akan disajikan dengan Appa yang berupa telur mata sapi dan kuah kari.

Appa ini di buat dari fermentasi tepung beras yang sudah di campur dengan santan. Bila di lihat sekilas, maka makanan ini akan nampak seperti serabi. Namuna hal yang membedakannya adalah rasaya, dimana Appa akan memiliki cita rasa yang hambar. Dan biasanya penduduk Sri Lanka sendiri menggunakan Appa sebagai menu makanan pengganti nasi.

BACA:  10 Pantai Cantik di Sri Lanka yang Terkenal

3. Permata dan Perhiasan

Permata
Image Credit: Twitter Aan

Pasti hampir semua wanita senang dengan berbagai macam koleksi permata dan perhiasan. Jangan salah pada saat anda tengah mengadakan darmawisata ke negara ini, maka salah satu oleh-oleh yang bisa anda beli adalah permata dan juga perhiasan. Ada banyak pilihan dan warna yang ditawarkan untuk cinderamata Sri Lanka ini, mulai dari anting, kalung, hingga gelang kaki.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Jangan khawatir, sebab di Negara Sri Lanka sendrii terkenal dengantambang batu permata yang terkemuka. Salah satu tambang yang sudah mendunia adalah Moonstone. Bila anda tertarik untuk memberi buah tangan berupa permata dan perhiasan jangan khawatir jauh, sebab hampir di setiap sudut kota memiliki toko yang menawarkan produk tersebut.

4. Teh Ceylon

Teh Ceylon
Image Credit: Twitter Tourism Sri Lanka

Bagi pecinta teh juga jangan khawatir, sebab dengan mengunjungi Sri Lanka anda bisa membeli produk nikmat tersebut dengan mudah. Salah satu produk teh yang banyak diminati adalah Ceylon yang memiliki rasa segar. Selain memiliki rasa nikmat, Teh Ceylon ini juga tergolong oleh-oleh Asia Selatan yang awet serta menawarkan harga yang tergolong terjangkau.

Salah satu merk Teh Calyon yang banyak diminati oleh penduduk Sri Lanka adalah Dilmah. Karena dilihat dari segi rasa, maka teh ini sangat nikmat, terlebih jika disajikan pada saat pagi atau sore hari di udara yang dingin. Untuk pembeliannya sendiri, anda hanya cukup dengan datang ke pasar atau toko souvenir terdekat.

5. Kayu Manis

Kayu Manis
Image Credit: Twitter ded1

Pada dasarnya hampir sama dengan Negara India, diman untuk Sri Lanka ini juga terkenal dengan pusat penghasil rempah-rempah yang nikmat. Salah satu jenis rempah yang banyak di minati dan khas dari negara tersebut adalah Kayu Manis. Bahkan kerennya lagi kayu manis yang menjadi oleh-oleh ini memiliki cita rasa yang bisa dikatakan sangat pekat, sehingga nikmat pada olahan masakan anda.

Perlu di garis bawahi juga, bahwa pada dasarnya Sri Lanka termasuk dalam kawasan penghasil kayu manis terbesar di dunia. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang datang ke sini untuk membeli oleh-oleh khasnya berupa Kayu Manis. bisanya selain untuk bumbu dapur, Kayu Manis ini juga cocok untuk wedang atau minuman hangat bersama rempah.

6. Kain Sari dan Sarung

Kain Sari dan Sarung
Image Credit: Twitter Deshanee Dress Point

Jangan salah, anda yang datang untuk berwisata ke Sri Lanka juga bisa membeli buah tangan kepada orang rumah berupa kain. Biasanya kain yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sri Lanka berupa sari dan juga sarung. Pada lokasi wisata pantai Sri Lanka anda bisa menjumpai berbagai macam sari dan sarung dengan segala motif menarik dan beraneka ragam.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Sri Lanka Buat Liburan

Bahan yang digunakan pada sari tersebut juga bermacam-macam. Mulai dari yang biasa hingga berbahan sutera dan motif batik. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan juga beraneka ragam, mulia dari yang murah hingga mahal. Biasanya akan tergantung antara kualitas kain yang digunakan.

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh tersebut, bisa langsung datang ke barefood dan juga Selyn Fair Trade. Di sana anda bisa memilih berbagai macam kain sari dan sarung berbagai macam harga, corak, dan juga jenis bahannya untuk oleh-oleh Sri Lanka. Jangan khawatir, di sana ada orang yang berpengalaman dan mampu memastikan kualitas kain yang anda pilih.

7. Topeng Kayu

Topeng Kayu
Image Credit: Twitter Vintage4Moms Werbung

Tidak hanya ranah makanan, perhiasan, dan juga kain, apabila anda datang ke kawasan wisata Sri Lanka, anda juga bisa melihat banyak orang yang bekerhja menjadi pengrajin benda. Hal ini lantaran salah satu produk khas yang patut untuk dijadikan oleh-oleh adalah topeng kayu.

Kerajinan topeng kayu yang berasal dari negara ini ada banyak keunikan. Dimana mada bisa memiliki topeng dengan penawaran berbagai macam warna. Pilihan warna yang ada dalam topeng ini antara lain adalah biru, merah, dan juga kuning. Dimana untuk setiap warna memiliki makna yang berbeda-beda.

Disatu sisi anda jangan salah sangka terlebih dahulu terkait warna yang diberikan. Dimana selain karena adanya makna yang berbeda-beda dari setiap penggunaan warna yang diberikan. Topeng yang keren ini juga di ukir dengan berbagai macam motif tertentu yang menawan. Sehingga akan memberi kesan estetik jika dijadikan hiasan dinding.

8. Patung Gajah

Patung Gajah
Image Credit: Facebook Dream-zy gallery

Bila mendengar kata gajah pati yang ada di benak anda pasti Negara Thailand. Namuan jangan salah, nyatanya hewan yang memiliki badan besar dan belalai panjang ini juga mencari sa;ah satu ciri atau ikon Negara Sri Lanka. Sehingga tidak jarang, banyak sekali pengrajin yang membuat patung gajah untuk di jadikan oleh-oleh Sri Lanka bagi para pengunjung yang datang.

Jangan membayangkan patung gajah yang dibuat untuk oleh-oleh ini memiliki ukuran yang besar. Namun faktanya patung yang di maksud untuk oleh-oleh ini memiliki struktur yang mini dan umumnya dimanfaatkan untuk hiasan rak lemari atau dinding. Dan untuk harga yang ditawarkan sendiri masih tergolong terjangkau meskipun kualitasnya sangat bagus.

BACA:  11 Makanan Khas Sri Lanka yang Terkenal & Wajib Dicoba

9. Ukiran Batu Bulan

Ukiran Batu Bulan
Image Credit: Twitter abagfulloftravel

Perlu diketahui, bahwasannya salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat Sri Lanka adalah Budha. Sehingga tidak jarang banyak masyarakat yang memilih untuk menjalani profesi sebagai tukang ukir. Karena juga tidak sedikit orang yang bekerja menjadi seorang ukir, maka anda bisa menjumpai ukiran batu bulan yang di jual untuk cinderamata bagi wisatawan.

Motif yang ada dalam ukiran batu bulan ini juga sangat khas. Bahkan ukiran yang keren ini juga menyimpan makna yang sangat mendalam dan hanya bisa ditemukan di Sri Lanka saja. Maka dari itu, tidak jarang banyak yang menjadikan ukiran Batu Bulan untuk dijadikan buah tangan menarik guna hiasan ruang tamu.

10. Aneka Rempah-Rempah

Aneka Rempah-Rempah
Image Credit: Twitter EDB Sri Lanka

Sudah menjadi rahasia umum, jika berbagai macam olahan makanan hingga minuman dari Sri Lanka telah menggunakan rempah-rempah. Sehingga tidak heran jika negara ini dijuluki dengan negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. untuk mendapatkan berbagai macam rempah-rempah yang lengkap ini, anda bisa langsung mengunjungi pasar yang disebut dengan Pettah.

Jangan khawatir, anda juga bisa membeli berbagai macam rempah khas tersebut dengan langsung datang ke toko terdekat. Biasanya oleh-oleh yang dibeli oleh para wisatawan tersebut akan diberikan kepada sanak saudara, teman dekat, atau bahkan untuk koleksi pajangan hiasan dapur.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan di atas, bahwasannya Negara Sri Lanka terkenal memiliki banyak sekali oleh-oleh khas, mulai dari kuliner, kain, hiasan, hingga aneka perhiasan.