Kolombo merupakan kota paling besar di pesisir barat Sri Lanka. Karena menjadi kota paling besar, anda tentu bisa menemukan banyak hal menarik di kota ini. Mulai dari mengagumi arsitektur yang menawan, galeri hingga pusat pusat keramaian yang lainnya. Anda juga bisa menjejaki sejarah dalam tempat wisata di Kolombo.

Anda juga bisa berbaur dengan masyarakat sekitar dan melihat Sri Lanka lebih dekat melalui kota cantik ini. Ketika anda singgah di Sri Lanka jangan sampai anda melewatkan keindahan dari Kolombo. Ada banyak daya tarik yang anda telusuri dari kota paling besar ini. Dan berikut beberapa destinasi menarik yang bisa anda kunjungi.

1. Seema Malaka Temple

Seema Malaka Temple
Image Credit: Google Maps Izvan Salim

Rasanya tidak lengkap jika ke Kolombo tanpa mengunjungi kuil kuilnya. Bisa dikatakan jika kuil yang ada di kota paling besar ini ada banyak dan juga menarik. Salah satunya yang tidak boleh dilewatkan yakni Seema Malaka Temple. Singgah ke tempat ibadah Buddha ini, anda akan diajak untuk menikmati bangunannya yang begitu unik.

Bukan hanya itu, Kuil yang ada di kota ini juga memiliki sejarah yang menarik. Fungsinya memang tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, tetapi juga istirahat serta wisata. Bangunan yang sudah dibangun dari abad ke 19 ini sangat unik. Lokasinya di tengah danau Beira dengan pemandangan sekitar yang menyejukkan mata.

Di dalam tempat wisata ini, anda akan menemukan sejumlah patung Buddha yang berjajar di sepanjang lorong. Anda juga bisa menemukan museum yang memiliki banyak koleksi menarik. Selain menikmati keindahan arsitektur dan dalamnya, anda juga bisa sekalian berburu spot foto yang cantik selama di Seema Malaka Temple ini.

Harga Tiket: 300 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sir James Pieris Mawatha, Colombo, Sri Lanka.

2. Beira Lake

Beira Lake
Image Credit: Twitter @srilankan_views

Selain mengunjungi kuil Buddhanya, anda juga bisa sekalian singgah di Beira Lake. Danau yang berada di tengah kota ini menawarkan pesona yang tidak kalah indah. Tenangnya air membingkai gedung gedung tinggi yang berada di sekelilingnya. Suasananya yang tenang sangat cocok untuk anda ingin liburan sembari menenangkan diri.

Menjelajahi Beira Lake bisa dilakukan dengan menaiki perahu angsa. Kegiatan ini paling menyenangkan jika dilakukan dengan orang orang tersayang. Atau bisa juga anda menyeberangi jembatan untuk sampai di Pulau Kekasih. Menariknya, singgah di Danau indah ini anda juga bisa kulineran dengan mengunjungi restoran terapungnya.

BACA:  10 Pantai Cantik di Sri Lanka yang Terkenal
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Colombo, Sri Lanka.

3. Museum Nasional Kolombo

Museum Nasional Kolombo
Image Credit: Google Maps Ashis Rai

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak sebuah kota atau negara, Museum menjadi tujuan yang menarik. Di Kolombo, anda bisa singgah di Museum Nasional Kolombo. Destinasi sejarah ini termasuk yang kondang dan banyak dijadikan tujuan wisata. Anda akan diajak menelusuri lorong waktu sejarah Sri Lanka dari masa ke masa.

Dari bangunan saja sudah menarik dan merupakan bangunan peninggalan kolonial. Warnanya putih dan sangat ikonik dengan Patung Buddha dari abad ke 9 yang akan menyambut anda di pintu gerbang. Anda akan menemukan banyak koleksi menarik saat singgah di museum cantik ini.

Mulai dari koleksi pusaka sejarah, karya seni yang menawan, perhiasaan antik, singgasana, mahkota dari Raja Kandy sampai dengan persenjataan. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan perihal zaman kuno Sri Lanka dan juga raja maupun ratunya. Anda juga bisa mengabadikan beberapa momen selama singgah di Museum Nasional Kolombo ini.

Harga Tiket: 300 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sir Marcus Fernando Mawatha, Colombo, Sri Lanka.

4. Masjid Jami Ul Alfar

Masjid Jami Ul Alfar
Image Credit: Google Maps Julian Popov

Membahas tentang Kolombo, anda tidak bisa melewatkan Masjid Ikonik yang ada di Asia Selatan. Sri Lanka sendiri memang termasuk negara yang multilateral, ada banyak tempat beribadat berbeda yang bisa anda temukan. Masjid Jami Al Alfar dikenal juga dengan masjid merah. Objek wisata di Kolombo ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Hal ini karena keunikan arsitekturnya dan juga memiliki warna merah. Dibangun pada 1909 an, dindingnya dibuat dari batu merah dan putih yang membuatnya terlihat seperti permen. Disandingkan dengan menara tinggi yang membuat destinasi ini semakin cantik dan megah. Jangan sampai melewatkan mengambil foto di beberapa sudutnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 2nd Cross Street, Colombo, Sri Lanka.

5. Viharamahadevi Park

Viharamahadevi Park
Image Credit: Google Maps Thanunjeyan Yohenthiran

Bersantai di taman yang indah juga bukanlah ide yang buruk saat anda sedang di Kolombo. Taman yang bisa anda kunjungi salah satunya Viharamahadevi Park yang juga termasuk taman paling besar di kota ini. Sebelumnya dinamakan dengan Victoria Viharamahadevi Park dan lokasinya berada persis di depan gedung bali kota Kolombo.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sri Lanka yang Paling Diburu Wisatawan

Taman yang luas dan besar ini memiliki udara sejuk yang sangat pas untuk anda bersantai. Mengajak anak anak juga sangat pas, karena terdapat area bermain khusus anak anak. Selain itu anda juga bisa menemukan kebun binatang mini. Tidak ketinggalan air mancur yang akan semakin mempercantik objek wisata ini.

Harga Tiket: 20 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Colombo, Sri Lanka.

6. Sri Ponnambalam Vanesar Kovil

Sri Ponnambalam Vanesar Kovil
Image Credit: Google Maps Gowshan Nandakumar

Seperti yang sempat disebut sebelumnya, di Kolombo ada beberapa kuil menarik yang bisa anda singgahi. Sri Ponnambalam Vanesar Kovil termasuk kuil yang memiliki bangunan estetik dan bisa anda jadikan pilihan tujuan liburan. Arsitekturnya yang cantik menjadi daya tarik utama dari kuil yang wajib dikunjungi ini.

Apalagi suasananya juga sangat tenang, anda bisa merasakan kedamaian saat singgah. Waktu paling disarankan berkunjung yakni saat Bulan Desember sampai dengan Januari. Karena pada saat itu, anda berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukkan gajah. Sebagai tempat yang bersejarah, tempat ini tidak boleh anda lewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimath Ramanathan Mawatha, Colombo, Sri Lanka.

7. Mount Lavinia Beach

Mount Lavinia Beach
Image Credit: Google Maps Mount Lavinia Beach

Selain bangunan indah dan juga taman, di Kolombo anda juga bisa menemukan pantai yang tidak kalah cantik. Mount Lavinia Beach merupakan pantai cantik di kawasan Sri Langka yang menjadi favorit baik wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Anda akan menemukan panorama yang menakjubkan, selain itu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik.

Mulai dari berjalan jalan santai, berenang ataupun berjemur bisa anda lakukan. Keindahan pantainya berkali lipat makin cantik saat matahari terbenam atau terbit. Kerap kali dijadikan sebagai lokasi Rainbow Kite Festival, Mount Lavinia Beach akan membuat liburan anda di Kolombo makin seru. Suasananya yang tenang menjadikan destinasi ini tidak pernah sepi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mount Lavinia Beach, Dehiwala-Mount Lavinia, Sri Lanka.

8. Pettah Floating Market

Pettah Floating Market
Image Credit: Google Maps Jayashan Chathuranga

Seperti namanya, anda juga bisa menemukan pasar terapung saat berada di Kolombo. Bagi anda yang ingin merasakan berbelanja dengan cara berbeda, Pettah Floating Market adalah tujuan yang tepat. Kapal kapal nampak berlalu lalang dengan aktivitas jual beli yang menarik. Apalagi anda juga bisa mendapatkan banyak barang yang dijual.

Seperti kerajinan tangan yang merupakan kreatifitas dari masyarakat Kolombo. Daya tariknya bukan hanya karena pasarnya yang unik, tetapi juga menjadi pusat untuk membeli berbagai produk lokal masyarakat. Menjadi kesempatan bagus untuk anda yang ingin berburu oleh oleh. anda bisa juga sekalian hunting foto saat berada tempat wisata di Kolombo ini.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Sri Lanka Buat Liburan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: W E Bastian Mawatha, Colombo, Sri Lanka.

9. Galle Face Green

Galle Face Green
Image Credit: Google Maps Nilupul Kawinda

Galle Face Green menjadi destinasi yang harus masuk dalam daftar liburan anda selama di Kolombo. Menjadi destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan atau masyarakat lokal. Dahulu dimanfaatkan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara olahraga. Dan saat ini sudah diubah menjadi taman urban yang lokasinya tepat di tengah kota.

Langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, menjadikan Galle Face Green sebagai tujuan berpiknik atau bersantai yang kondang. Areanya dipenuhi dengan rumput hijau yang bisa dijadikan tempat menggelar tikar. Jika ingin bersentuhan dengan pasir ataupun airnya, anda harus menaiki beberapa anak tangga. Destinasi wisata di Kolombo ini memang sangat unik.

Waktu yang paling favorit dan lonjakan pengunjung biasanya terjadi saat sore hari. Karena pada saat itu anda bisa sekalian menikmati indahnya matahari tenggelam. Anda juga bisa melihat masyarakat Kolombo lebih dekat saat di Galle Face Green. Semakin menyenangkan, anda juga bisa sekalian menikmati kuliner jalanan yang dijajakan di kawasan wisata hits ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Colombo Galle Main Rd, Colombo, Sri Lanka.

10. Dutch Hospital Shopping Precinct

Dutch Hospital Shopping Precinct
Image Credit: Facebook Dutch Hospital Shopping Precinct

Jika anda berada di pusat kota Gaul Fort, maka anda tidak boleh sampai tidak singgah di Dutch Hospital Shopping Precinct. Liburan tanpa shopping dan kulineran memang tidak lengkap. Dan destinasi satu ini akan menjadi tujuan yang pas untuk belanja sekaligus kulineran. Kompleks era kolonial ini memiliki bangunan unik dan sarat akan sejarah.

Saat ini memang telah direnovasi dan menjadi tempat wisata yang hits. Menjadi tempat tempat ritel sekaligus bersantap yang paling terkenal dan terbaik di kota. Sebelumnya sempat difungsikan sebagai rumah sakit juga kantor polisi. Namun kini menjadi daerah dengan restoran serta butik butik yang siap memanjakan perut dan nafsu belanja anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hospital St, Colombo, Sri Lanka.

Liburan ke Sri Lanka memang sangat menyenangkan, karena ada banyak objek wisata yang anda singgahi. Seperti Kolombo yang ternyata menyimpan banyak destinasi yang menarik. Menawarkan wisata sejarah, belanja, kulineran sampai dengan wisata alam. Tempat wisata di Kolombo juga menyimpan keunikan tersendiri yang akan membuat liburan semakin berkesan.