Sri Lanka dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak pantai eksotik. Tidak heran jika kemudian banyak turis yang datang ke sana hanya untuk melalukan tour pantai. Letak Sri Lanka yang masih di kawasan asia tenggara membuatnya memiliki iklim yang tidak banyak berbeda dibandingkan Indonesia. Iklim tropisnya membuat destinasi ini cocok untuk wisata pantai.

Dikutip dari beberapa sumber, dapat diketahui bahwa pantai yang ada di Sri Lanka sangatlah hits. Bahkan beberapa diantara mereka masuk dalam jajaran pantai paling cantik di dunia. Langitnya yang biru, airnya yang jernih, dan pasirnya yang putih menjadi karakter dari beberapa wisata di Sri Lanka. Daripada penasaran, yuk cari tahu daftar wisata pantai yang populer.

1. Mirissa Beach

Mirissa
Image Credit: Google Maps Asiri Maduranga

Mirissa beach wajib masuk dalam daftar pantai yang perlu anda kunjungi saat berada di Sri Lanka. Anda akan melihat bagaimana indahnya destinasi ini secara langsung. Warga lokal pun sangat mengidolakan pantai ini sebagai destinasi wisatanya. Selain panoramanya yang memuai, pantai tersebut semakin terkenal karena termasuk pelabuhan perikanan terbesar di negara tersebut.

Jika anda posisinya berada di pusat ibukota, maka rte yang anda tempuh tidak akan sulit. Petunjuk arah ada dimana mana sehingga tidak akan membuat wisatawan salah jalan. Sesampainya di spot wisata, pastikan anda menyempatkan waktu untuk duduk di tepi pantai dibawah pohon palem, sambil bersantai bersama dengan keluarga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mirissa, Sri Lanka.

2. Arugam Bay

Teluk Arugam
Image Credit: Google Maps rafael pedro

Para pecinta selancar pasti sudah tidak asing dengan nama Arugam Bay. Spot yang satu ini dikenal sebagai tempat selancar terbaik di dunia. Bahkan banyak sekali peselancar profesional yang mengembangkan skillnya di pantai ini. Selain ombak yang memadai, suasana di pantai pun terasa nyaman dan cocok untuk berlibur. Di sekeliling Arugam Bay juga terdapat banyak sekali resort.

Anda bisa menginap disana selama beberapa hari dan mendapatkan lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan Hawainya Sri Lanka. Bagi anda yang tidak terlalu suka teriknya matahari, maka anda tidak perlu khawatir. Di setiap sisi bibir pantai sudah ada deretan pepohonan yang membuat suasananya menjadi lebih teduh. Anda bisa duduk di bawah pohon agar tidak tersengat sinar matahari.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Sri Lanka Buat Liburan

Selain memuat kawasan pantai lebih dingin, jajaran pepohonan itu membuat tampilan pantai menjadi lebih hidup. Warna hijau membuat mata menjadi lebih adem mengingat warna pasir yang putih dan pantai yang biru kerap menyilakan. Perpaduan warna kawasan pantai ini terlihat sangat cantik jika dilihat dari udara. Tidak heran jika destinasi pantai ini cukup hits di kalangan turis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batticaloa, Sri Lanka.

3. Unawatuna Beach

Unawatuna Beach
Image Credit: Google Maps The Roshan

Jika Arugam Bay adalah hawainya Sri Lanka, maka Unawatuna Beach mendapat julukan surga dunia. Pemandangan di sana terlihat menyerupai sebuah lukisan, dengan langit yang biru cerah, air yang jernih, dan pasir yang putih. Di bawah air pun banyak sekali ditemukan terumbu karang yang ukurannya sangat besar. Selain itu, pepohonan di sekeliling pantai, banyak yang menjorok ke air sehingga lebih eksotis.

Apabila datang ke unawatuna, pastikan anda bermalam selama dua sampai tiga haru. Fasilitas resort di Unawatuna Beach sangatlah lengkap sehingga dapat mengakomodasi setiap kebutuhan tamu. Bahkan kabarnya, resort di Unawatuna ini dikenal sebagai resort terbaik di Sri Lanka. Namun sebelum benar benar berangkat, anda perlu mengecek ulang ketersediaan kamarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Unawatuna, Sri Lanka.

4. Bentota Beach

Bentota Beach
Image Credit: Google Maps JAMie

Resort pantai selanjutnya yang tidak kalah menarik jika dijadikan destinasi wisata keluarga adalah bentota beach. Untuk sampai kesana, anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam. Alasan itulah yang membuat wisata pantai Sri Lanka ini tidak pernah sepi dari serbuan turis. Sesampainya disana, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau topi.

Hal itu penting, karena anda pasti akan menjelajah setiap sisi pantai dengan berjalan kaki. Sepertinya hal tersebut sudah menjadi ritual rutin para turis, mengingat setiap sisi pantai menyuguhkan pemandangan yang sayang jika dilewatkan. Air laut yang jernih dan pasir pantai yang putih adalah kombinasi epik yang dapat memanjakan wisatawan.

Dibalik warna pasirnya yang putih, ternyata tekstur pasir bentota beach juga terasa sangat halus. Alasan itulah yang membuat wisatawan betah melepas alas kaki dan berkeliling sepanjang garis pantai. Anda pun bisa menjajal aktivitas tersebut untuk mengisi waktu. sempatkan pula mengambil beberapa foto sebagai kenang kenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bentota, Sri Lanka.

5. Hikkaduwa Beach

Hikkaduwa Beach
Image Credit: Google Maps D’ Nk

Pantai yang ada di Asia Selatan ini tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai yang lain adalah Hikkaduwa beach. Banyak sekali turis yang menunggu momen sunset bersama dengan pasangannya. Sambil menunggu waktu matahari tenggelam, anda juga dapat mengisi waktu dengan berselancar. Ombak yang ada di sana tidak kalah besar dengan pantai Arugam Bay.

Selain ombaknya yang dahsyat, Hikkaduwa Beach juga terkenal atas kawasan pinggir pantainya yang adem. Keberadaan pohon palem dan berbagai tanaman lain telah berubah menjadi kanopi. anda bisa beristirahat di balik kanopi tersebut untuk menyelonjorkan kaki. Meskipun waktu kunjungan anda di Sri Lanka tidak lama, namun sempatkanlah waktu untuk ke Hikkaduwa.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sri Lanka yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hikkaduwa, Sri Lanka.

6. Negombo Beach

Negombo Beach
Image Credit: Google Maps Dinesh Arumendo

Wisata pantai Sri Lanka yang perlu anda kunjungi adalah Negombo Beach. Spot tersebut buka 24 jam, sehingga anda sebagai turis bisa mengatur jam kedatangan dengan lebih mudah. Namun sejauh ini, berkunjung di pagi dan sore hari adalah yang paling recomended. Di waktu tersebut, matahari tidak terlalu terik sehingga anda bisa bermain di pantai dengan nyaman.

Meskipun popularitasnya belum setinggi Arugam Bay dan Mirrisa, namun Negombo beach tidak boleh anda remehkan begitu saja. mereka memiliki penampakan alam yang indah dan tidak mudah dilupakan. airnya jernih sehingga membuat apa saja merasa penasaran untuk masuk ke dalamnya. jika anda datang bersama anak anak, maka jangan lupa untuk terus mengawasinya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Negombo, Sri Lanka.

7. Mount Lavinia Beach

Mount Lavinia Beach
Image Credit: Google Maps Nanshad Daruwalla

Mount Lavinia Beach adalah sebelah spot wisata yang bisa diakses semua orang. Anda yang turis asing tidak perlu takut, karena tidak ada persyaratan khusus yang membedakan antara penduduk lokal dan mancanegara. Kawasan ini cukup ramai sebagaimana destinasi wisata pantai Sri Lanka yang lain. Kendati demikian, keramaian itu tidak menyebabkan masalah besar dan malah membuat liburan semakin seru.

Begitu turun dari mobil, anda akan langsung disambut oleh angina pantai. Rasnaya sejuk namun sensasinya sedikit lembab. Pilihan makanan di sekitar pantai pun cukup beragam sehingga anda tidak perlu membawa makanan dan minuman dari hotel. Anda hanya perlu bersantai di tepi pantai dan menjajal aktivitas menarik lainnya agar liburan menjadi lebih seru.

Selama di Mount Lavinia, anda bisa melakukan banyak hal, seperti bermain pasir, berenang, dan juga bermain peran. Destinasi ini juga buka 24 jam, sehingga anda bebas masuk jam berapa saja. Namun akan lebih baik jika anda masuk sebelum jam empat sore. Langkah itu diambil agar makanan yang dihasilkan bisa habis dengan cepat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mount Lavinia Beach, Dehiwala-Mount Lavinia, Sri Lanka.
BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Kolombo Sri Lanka Buat Liburan

9. Mihiro Penna Beach

Mihiro Penna Beach
Image Credit: Google Maps Ciaran Sanders

Mihiro Penna Beach adalah wisata pantai Sri Lanka yang sangat memukau. Pesonanya sudah dikenal oleh para turis sehingga banyak sekali yang mencoba datang ke Mihiro Penna. Setelah turun dari mobil, anda bisa langsung melihat indahnya hamparan laut yang luas. jika anda datang bersama dengan anak, sempatkan waktu untuk bermain pasir dan membangun istana.

Meskipun sederhana, aktivitas semacam itu bisa meningkatkan kualitas hubungan antara anda dan sang buah hati. Jika cuacanya mendukung, ajaklah anak anda untuk menelusuri pantai mulai dari ujung hingga ujung. Kegiatan semacam itu cukup menyenangkan, karena tanpa mereka sadari, mereka sudah ikut berolahraga dengan cara berlari dan berjalan.

Tips tersebut cocok dilakukan jika anak anda adalah tipe bocah yang tidak pernah lepas dari gadget. Daripada membiarkannya bermain game di tepi pantai, lebih baik ajak saja mereka melakukan aktivitas lain yang memaksa tubuh untuk bergerak. Dengan begitu, setidaknya ada hari dimana mereka bisa menikmati liburan keluarga di spot wisata pantai Sri Lanka ini dengan sepenuh hati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mihiripenna, Sri Lanka.

10. Polhena Beach

Polhena Beach
Image Credit: Google Maps Shanuka Fernando

Pantai terakhir yang masuk dalam daftar ini adalah Polhena Beach. Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai tersebut. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah bermain pasir, jogging, dan berenang. Namun perlu diingat bahwa teriknya matahari bisa menyebabkan kulit anda menjadi terbakar. Oleh karena itu, gunakan outfit yang pas saat hendak menuju Polhena.

Melihat jam bukanya yang panjang, anda tidak perlu terburu buru saat menikmati keindahan pantai tersebut. Anda bisa menggelar karpet atau alas dan menikmati pemandangan yang cerah. Anda tidak perlu terlalu menyesali apapun yang sudah terjadi. Jika misalnya bumbu yang digunakan kurang pas, maka kita semua wajib menghasniskanya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Polhena, Sri Lanka.

Dari daftar wisata pantai Sri Lanka ini, dapat disimpulkan bahwa mayoritas wisatawan menyukai pantai yang bersih dengan air yang jernih. Jam operasionalnya pun 24 jam sehingga anda bisa datang kapan saja. Namun sayangnya, datang di waktu dini hari atau terlalu malam juga pastinya kurang nyaman. Namun lama kelamaan, anda terlihat professional.