Keindahan setiap negara memang menarik untuk dijelajahi. Begitu juga dengan Sri Lanka yang banyak dilirik sebagai tujuan liburan dari berbagai penjuru dunia. Negara yang termasuk dari Asia Selatan ini memang menawarkan kekayaan budaya serta destinasi wisata religi yang kondang yang dapat memberi liburan yang menyenangkan.

Termasuk negara yang multikultural, banyak rumah ibadah yang juga dijadikan sebagai tujuan wisata. Selain itu ada juga pulau pulau kecil yang menawarkan pesisir pantai yang indah. Lokasinya juga dengan Maldives dengan pesona wisata alam yang tidak kalah indah. Jika anda berkesempatan untuk singgah di Sri Lanka, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik berikut.

1. Taman Nasional Yala

Taman Nasional Yala sril langka
Image Credit: Google Maps Murali Kumar 

Taman Nasional memang selalu menarik untuk dikunjungi, terutama bagi anda yang memang menyukai satwa. Di Sri Lanka anda bisa menemukan Taman Nasional Yala yang menjadi rumah bagi burung serta satwa liar. Jika beruntung anda bisa bertemu dengan gajah yang sedang mandi di sungai, biasanya mereka akan berkelompok.

Selain bertemu dengan para satwa, anda juga bisa menikmati keindahan hutan yang begitu lebat. Beberapa turis juga memiliki untuk berkemah sembari barbeque di kawasan taman Nasional Yala ini. Jangan sampai tidak membawa kamera, karena anda bisa sekalian mencoba fotografi satwa liar. Apalagi untuk menjangkau wisata menawan ini juga mudah.

Harga Tiket: 7,379.92 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hambantota, Sri Lanka.

2. Sigiriya Rocks

Sigiriya Rocks
Image Credit: Google Maps Kaveen J

Menghabiskan liburan di Sri Lanka, jangan sampai tidak singgah ke Sigiriya Rocks. Tempat wisata di Sri Lanka termasuk yang paling populer dan juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai bagian dari keajaiban dunia yang kedelapan. Di masa lalu monumen batu ini merupakan kompleks istana dan juga benteng kuno.

Menyimpan banyak arkeologi yang penting, menjadikan Sigiriya Rocks ini tidak boleh dilewatkan. Lokasinya yang berada di ketinggian 370 mdpl juga menawarkan pemandangan yang indah. Anda juga bisa menikmati kompleks bentang yang saat ini masih ada yang tersisa. Tidak ketinggalan keindahan Dinding cerminnya yang tidak kalah indah.

Harga Tiket: 6,088.46 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Entrance Walkway, Sigiriya, Sri Lanka.

3. Masjid Jami Ul – Alfar

Masjid Jami Ul – Alfar
Image Credit: Google Maps Julian Popov

Seperti yang disinggung sebelumnya, tempat wisata di negara ini juga meliputi tempat ibadah. Seperti Masjid Jami Ul Alfar yang memiliki arsitektur begitu menawan. Lokasinya berada di tengah kota Pati yang juga dikenal dengan Red Mosque. Anda bisa melihat menara tinggi dengan dinding bata merah putih yang begitu cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 2nd Cross Street, Colombo 01100, Sri Lanka.
BACA:  10 Pantai Cantik di Sri Lanka yang Terkenal

4. Puncak Adam

Puncak Adam
Image Credit: Google Maps Mohamed Asam 

Gunung yang memiliki ketinggian 2243 mdpl ini dianggap suci dengan formasi batuan di atasnya. Batuan ini memiliki arti begitu penting untuk banyak pemeluk agama, karena batunya memiliki jejak layaknya tapak kaki. Apapun keyakinannya, banyak yang sengaja untuk singgah objek wisata di Asia Selatan ini. Pemandangan sekitarnya juga siap membuat jatuh hati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratnapura, Sabaragamuwa, Sri Lanka.

5. Dambulla Cave Temple

Dambulla Cave Temple
Image Credit: Google Maps sivananthan prakash

Objek wisata berikutnya yang juga luar biasa yakni Dambulla Cave Temple yang masuk dalam warisan budaya UNESCO. Terdapat prasasti pra Kristen yang berada di bawah langkan tepatnya di pusat gua. Anda juga bisa menemukan kompleks kuil batu kerajaan yang indah. Setidaknya terdapat 5 gua yang bisa anda telusuri dengan isian yang berbeda beda.

Harga Tiket: 1500 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandy – Jaffna Hwy, Dambulla, Sri Lanka.

6. Air Terjun Hulugangga Ella

Air Terjun Hulugangga Ella
Image Credit: Google Maps amaranath bandara

Selain bangunan yang bersejarah, anda juga bisa menemukan wisata alam yang memukau. Air Terjun Hulugangga Ella menjadi yang tidak boleh dilewatkan dan menjadi tujuan yang populer. Begitu tiba, anda akan disambut dengan air yang jatuh dari ketinggian yang menawan. Ketinggian tebingnya sekitar 75 meter dan airnya langsung dari pegunungan Knuckles.s

Melebar dari tebingnya, air yang turun memiliki debit yang sangat deras. Bebatuan besar tampak berserak di bagian bawahnya, dengan panorama hijau yang menyejukkan. Anda seakan akan sedang berada di negeri dongeng melihat kemegahannya. Di bawahnya mengalir sungai yang juga menjadi pesona tersendiri untuk objek wisata alam ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Katugastota – Madawala – Bambarella Rd, Huluganga, Sri Lanka.

7. Gunung Lavinia

mount Lavinia
Image Credit: Google Maps sulanja las

Jika anda ingin mengunjungi tempat yang romantis, maka Gunung Lavinia jawabannya. Kehidupan malam di Gunung Lavinia memang begitu semarak. Anda bisa menikmati keindahan langit Kolombo lengkap dengan hidangan laut yang bisa anda cicipi. Selain itu fasilitas di sekitarnya juga sangat memadai dengan pantai pantai indah yang mengelilinginya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mount Lavinia Beach, Dehiwala-Mount Lavinia 10370, Sri Lanka.

8. Ambuluwawa Environmental Conservation

Ambuluwawa Environmental Conservation
Image Credit: Google Maps Лайф Онлайн

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang tidak pernah membosankan. Di Sri Lanka anda bisa singgah di Ambuluwawa Environmental Conservation yang memiliki menara unik. Dari atas menara ini, anda bisa menikmati keindahan Kandy dari atas ketinggian. Bentuk menaranya juga sangat unik, tangganya berkelok dengan warna putih yang ikonik.

Menara besar ini juga terlihat mirip dengan Stupa Buddha dengan gaya Kovil Hindu, Gereja Kristen dan juga Masjid Muslim. Memiliki ketinggian sekitar 48 meter, butuh keberanian untuk bisa menjangkau puncaknya. Tetapi selama anda mendaki satu per satu tangga, perlahan anda akan melihat keindahan pesonanya. Destinasi wisata di Sri Lanka ini masih menjadi spot andalan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ambuluwaawa ICC Road, Sri Lanka.

9. Air Terjun Ravana

Air Terjun Ravana
Image Credit: Google Maps thilina muthukumarana

Saat musim panas tiba, Air Terjun Ravana akan ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat lokal. Dengan aliran yang deras dan air yang segar, tentu menghabiskan liburan di sini akan sangat menyenangkan. Pemandangan yang ada juga sangat luar biasa, dan termasuk dalam bagian dari Suaka Margasatwa Ravana Ella yang begitu terjaga.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Kolombo Sri Lanka Buat Liburan

Selain bisa menikmati air terjunnya, anda juga bisa menemukan kompleks gua yang menyimpan banyak legenda lokal. Gua gua yang ada lokasinya cukup strategis sehingga mudah untuk anda singgahi sekalian. Pemandangan hijau dan udara sejuk bisa anda rasakan karena banyaknya pohon di kawasan Air Terjun Ravana ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wellawaya-Ella-Kumbalwela Hwy, Ella, Sri Lanka.

10. Japanese Peace Pagoda

Japanese Peace Pagoda
Image Credit: Twitter Jamyang Tsering Namgyal

Tidak jauh dari pusat kota Galle, anda akan menemukan destinasi wisata yang tidak kalah menawan. Pagoda Perdamaian Jepang ini merupakan sebuah kuil dengan bentuk mirip dengan lonceng dan menjamin ketenangan pengunjungnya. Anda harus menaiki beberapa anak tangga, sebelum anda melihat pagoda yang indah dengan panorama sekitar yang menawan.

Harga Tiket: 10,590.59 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jungle Beach Rd, Unawatuna, Sri Lanka.

11. Pettigala Kand

Pettigala Kand
Image Credit: Google Maps Traveler Always

Ada beberapa destinasi di Sri Lanka yang menantang anda untuk mendaki. Pettigala atau Pethiyagala merupakan gunung dengan ketinggian 760 meter. Pettigala Kand cocok untuk anda yang gemar berpetualang di alam bebas. Anda akan memasuki kawasan hutan, pendakian menantang dan dihadiahi dengan panorama indah begitu sampai puncak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandy District, Sri Lanka.

12. Nine Arches Bridge

Nine Arches Bridge
Image Credit: Twitter Infrastructure

Jika anda mencari tempat wisata berupa spot untuk fotografi, maka anda harus singgah di Nine Arches Bridge. Jembatan satu ini terkenal dengan arsitekturnya yang keren. Waktu terbaik untuk berkunjung ketika pagi hari, anda bisa menikmati ladang teh dengan udara yang sejuk. Apabila ingin melihat kereta yang melintas, bisa datang di waktu sekitar 06.15 atau 06.45.

Harga Tiket: 7,103.20 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandy District, Sri Lanka.

13. Teluk Arugam

Teluk Arugam
Image Credit: Google Maps rafael pedro

Di Sri Lanka anda juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah. Silahkan saja berkunjung ke Teluk Arugam yang banyak dikunjungi wisatawan. Menjadi jujugan bagi wisatawan yang ingin selancar karena ombaknya terbilang tinggi. Selain itu memang menjadi spot selancar terbaik di Sri Lanka yang tidak boleh dilewatkan.

Selain untuk selancar, suasananya yang tenang juga akan menghempas segala penat anda. Pantai indah dengan pasir putih yang lembut memang selalu menjadi panorama yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya wisata bahari saja, tempat ini juga memiliki kuil bersejarah ataupun Taman Nasional Kumana yang bisa anda jadikan alternatif.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batticaloa, Sri Lanka.

14. Mirissa

Mirissa
Image Credit: Google Maps Asiri Maduranga

Suasana pantai tropis juga bisa anda temukan di Mirissa. Pantai dengan deretan pohon kelapa yang berjajar dan pasir yang keemasan akan menyambut anda. termasuk pelabuhan nelayan paling besar, anda bisa bertemu dengan ikan paus maupun lumba lumba. Panorama matahari terbenamnya tidak ada duanya dan juga ada banyak resort mewah di kawasan Mirissa.

BACA:  11 Makanan Khas Sri Lanka yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mirissa, Sri Lanka.

15. Pantai Gayambokka

Pantai Gayambokka
Image Credit: Google Maps Vladimir Balaz

Objek wisata di Sri Lanka yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar liburan anda berikutnya Pantai Gayambokka. Lautnya yang biru dan bersih cocok untuk anda yang ingin berenang. Pasirnya berwarna keemasan dan pohon palem berjajar membuat suasananya makin asri. Anda juga bisa dengan mudah menemukan pedagang ataupun penginapan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tangalle, Sri Lanka.

16. Nuwara Eliya

Nuwara Eliya
Image Credit: Google Maps Divya Mahalingam

Pemandangan kebun teh yang indah bisa anda dapatkan jika singgah di Nuwara Eliya. Tempat yang begitu sempurna untuk bersantai dengan suasana yang tenang. Perbukitan hijau dengan kereta api seperti yang berada di film. Di Kawasan Nuwara Eliya anda juga bisa menemukan destinasi menarik lain seperti taman ataupun air terjun yang megah.

Harga Tiket: 300 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nuwara Eliya, Sri Lanka.

17. Hikkaduwa

Hikkaduwa
Image Credit: Google Maps Adel Asanty

Cagar alam yang berada di Sri Lanka memang masih banyak, dan di bagian selatan anda bisa singgah di Hikkaduwa. Berbagai jenis biota laut bisa anda temukan di Hikkaduwa. Bukan hanya itu, tempat ini juga memiliki pemandangan terumbu karang yang luar biasa. Liburan di sini pasti tidak akan membuat anda bosan.

Harga Tiket: 348.21 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hikkaduwa, Sri Lanka.

18. Trincomalee

Trincomalee
Image Credit: Google Maps The Sailor

Sri Lanka memang diberkati dengan pantai pantai indah yang siap membuat liburan berkesan. Jika singgah di Trincomalee, anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa. Bukan itu saja anda juga bisa mencoba banyak olahraga air. Tidak ketinggalan beberapa kuil maupun pemakaman perang yang juga menjadi tujuan wisata kondang.

Harga Tiket: 50 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trincomalee, Sri Lanka.

19. Bathrakali Amman Temple

Bathrakali Amman Temple
Image Credit: Google Maps Magalan siva

Kuil hindu Bathrakali Amman Temple memiliki arsitektur yang unik dan juga berwarna warni. Keberadaan kuil ini didedikasikan untuk Dewi Bhadrakali. Arsitekturnya yang unik dengan warna yang cerah membuat destinasi bersejarah ini banyak dikunjungi wisatawan. Terutama ketika festival tahunan Mahotsavam yang mengundang wisatawan datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 24 New Moor St, Trincomalee, Sri Lanka.

20. Galle

Galle
Image Credit: Google Maps The Sailor

Tidak lengkap rasanya jika singgah di Sri Lanka tapi melewatkan Galle. Anda akan diajak untuk menyusuri abad ke 16 dan anda bisa menemukan Benteng Galle. Menjadi tujuan yang paling kondang terutama ketika matahari terbenam. Anda juga bisa menemukan jajaran cafe serta bangunan bangunan indah. Galle akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Harga Tiket: 1,400 LKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galle, Sri Lanka.

Ada banyak destinasi wisata di Sri Lanka yang menawarkan pemandangan indah juga alam yang masih terjaga. Anda juga bisa menemukan bangunan dengan arsitektur yang sangat unik. Budaya yang ditawarkan juga begitu kental, bisa terlihat dari bangunan wisata yang ada. Tempat wisata di negara ini juga terdiri dari pantai pantai yang begitu cantik.