Berkunjung ke Sri Lanka, anda bisa dengan mudah menemukan tempat tempat wisata yang indah. Mulai dari tempat ibadah dengan arsitektur unik sampai dengan pantai pantai yang menawan. Menariknya anda juga tidak akan sulit menemukan kuliner yang memiliki rasa nikmat. Makanan khas Sri Lanka terkenal dengan kaya rempah dan rasa yang lezat.

Cita rasa makanan Sri Lanka mirip dengan makanan India serta Indonesia yang dikombinasikan menjadi satu. Sehingga bagi anda yang liburan di negara kepulauan ini, anda tidak akan kesulitan beradaptasi dengan makanannya. Mengunjungi wisata Sri Lanka tidak akan lengkap jika tidak kulineran, dan berikut beberapa panganan yang wajib anda cicipi.

1. Idiyappam

Idiyappam
Image Credit: Instagram longing treats

Idiyappam adalah kuliner kuno yang biasanya menjadi makanan utama pada pagi atau sore hari. Dalam penyajiannya akan ditambahkan dengan kari kentang maupun kari ayam. Tidak sedikit juga yang menggunakan daging domba untuk membuat kari ini. Untuk Idiyappamnya sendiri dibuat dari tepung beras dan bentuknya seperti mie yang tipis.

Adonan akan dicetak dengan alat khusus sehingga hasilnya seperti benang mie yang lembut. Cara membuatnya dengan cara dikukus dan kemudian dinikmati dengan kari. Ditambahkan juga dengan lentil atau kacang kacangan, tidak lupa pasta sambal kelapa parut. Perpaduan rasa gurih dan nikmat membuat banyak yang ketagihan dengan Idiyappam.

Nama makanan khas Sri lanka ini berasal dari bahasa Tamil, idi berarti dipecah dan Appam yang berarti pancake. Asalnya memang berasal dari India Selatan, tetapi rasanya menjadi lebih kaya jika disandingkan dengan sambol dan juga kari. Sebenarnya tidak hanya bisa dinikmati saat pagi atau sore saja, anda bisa mengkonsumsinya kapan saja.

2. Parippu

Parippu
Image Credit: Twitter Joaro (Jo)

Makanan yang berikutnya dan juga populer yakni Parippu. Keberadaannya banyak yang menyukainya dan membuat masyarakat Sri Lanka berbeda pendapat. Parippu sendiri merupakan kari dari sayuran yang memiliki rasa pedas dan tekstur yang kental. Bahan yang digunakan untuk membuatnya terdiri dari lentil yang dimasak dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga nantinya akan mendapatkan tekstur yang lembut. barulah ditambahkan dengan berbagai rempah serta santan agar rasanya makin nikmat. Makanan khas ini sebenarnya bisa dimodifikasi sesuai dengan selera. tetapi resep intinya tidak pernah ditinggalkan agar ciri khas rasanya tidak sampai hilang dan cocok untuk yang suka kari sayuran.

BACA:  10 Pantai Cantik di Sri Lanka yang Terkenal

3. Lamprais

Lamprais
Image Credit: Facebook Srilankarondreis.com

Hidangan berikutnya termasuk hidangan kompleks dan cocok untuk anda yang sedang sangat lapar. Karena menggunakan nasi dari beras butiran pendek dan kemudian dimasak dengan kaldu. Ditambahkan juga dengan kari dari tiga daging, termasuk babi. Namun ada juga yang menggantinya dengan daging yang lain seperti ayam.

Setelah itu ditambahkan dengan seeni sambol atau sambal bawang bombay, acar terong atau wambatu moju serta blanchan atau pasta udang. Beberapa juga menambahkan bola daging goreng serta terong yang dimasak gulai. Semua bahan akan dibungkus dengan daun pisang dan kemudian akan dipanggang pada oven sampai semuanya matang.

Dalam menikmatinya juga bisa disandingkan dengan telur rebus. Ada juga yang membuat makanan khas Sri Lanka dengan tambahan sayuran atau kari ikan. Banyak yang meyakini jika Lamprais berasal dari kalangan Dutch Burghers. Atau kelompok etnis yang merupakan keturunan Portugis, Belanda dan juga Sri Lanka. Soal rasa anda tidak perlu khawatir, jempolan.

4. Kottu

Kottu
Image Credit: Twitter Lieze Neven

Saat kulineran di Sri Lanka, anda juga tidak boleh melewatkan mencicipi Kottu. Makanan nikmat satu ini dicintai oleh masyarakat lokal sekaligus para wisatawan. Menjadi elemen yang penting dari kudapan di negara ini dan bisa disandingkan dengan banyak makanan. Mulai dari daging yang nikmat, roti flatbread, sayuran segar sampai dengan rempah rempah.

Sebenarnya makanan yang memiliki banyak penggemar ini dibuat dari sisa bahan makanan. Kemudian ditumis hingga menghasilkan hidangan baru yang rasanya membuat lidah bergoyang. Kottu dibuat dari banyak bahan mulai dari sayuran juga daging. Roti yang biasanya dijadikan pilihan yakni Roti Poli dan dirasa paling pas untuk menikmati Kottu.

Dalam proses memasak makanan khas Sri Lanka ini akan dimasak terpisah pada wajan panas. Awalnya rempah rempah, kemudian ditambahkan dengan bawang putih, cabe, jahe dan juga daun pandan. Kemudian barulah sayuran seperti wortel, bawang prei dan irisan roti ditambahkan. Jenis daging yang bisa ditambahkan bisa ayam dan juga daging sapi.

5. Polos

Polos
Image Credit: Twitter Taj Lands End

Sri Lanka memang terkenal dengan cita rasanya yang nikmat. Ada banyak olahan kari yang bisa anda temukan saat berada di Asia Selatan. Tetapi yang terkenal yakni Polos, olahan kari yang menggunakan nangka muda. Sama halnya di Indonesia, nangka di sana juga dinikmati dalam beberapa tingkat kematangan. Dan nangka untuk polos adalah nangka muda yang belum matang.

Makanan khas ini akan diproses dengan merebus nangka yang telah dipotong dengan rempah rempah. Perpaduan rasa pedas, asam dan penggunaan bumbu yang melimpah membuatnya banyak diburu. Apalagi nangka muda juga memiliki tekstur seperti daging. Menjadikan Polos pilihan untuk mereka yang memang vegetarian.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Kolombo Sri Lanka Buat Liburan

6. Fish Ambul Thiyal

Fish Ambul Thiyal
Image Credit: Instagram Home Cooked By Nadz

Tidak hanya menggunakan bahan berupa sayuran atau daging, Sri Lanka juga memiliki kudapan dari bahan ikan. Sebagai negara yang lokasinya dekat dengan Samudra Hindia, wajar jika banyak produk laut yang dimilikinya. Dan Fish Ambul Thiyal menjadi bukti jika makanan dari Sri Lanka juga menggunakan bahan seafood yang bisa dimasak bumbu kari.

Kari ikan asam ini biasanya akan menggunakan ikan yang besar juga keras. Sehingga banyak memilih tuna sebagai bahan utama dari kuliner khas Sri Lanka ini. Ikan yang telah dibersihkan akan dipotong menjadi kubus. Setelah itu ditumis dan ditambahkan dengan berbagai macam rempah dari kunyit, lada hitam, bawang putih sampai dengan kayu manis.

Tidak ketinggalan daun kari dan daun pandan agar aromanya lebih wangi. Dalam membuat kari ikan asam tidak boleh meninggalkan goraka kering atau asam gelugur. Fish Ambul Thiyal sendiri termasuk kari kering yang tidak ada kuahnya. Proses memasaknya cukup panjang dan membuat ikan terlihat seperti rendang yang terbungkus rempah rempah.

7. Kukul Mas Kari

Kukul Mas Kari
Image Credit: Twitter Ayubowan The Lankan Kitchen

Kukul Mas Kari adalah olahan kari yang dibuat dari bahan dasar ayam. Makanan ini banyak dibuat di rumah rumah penduduk dan juga bisa dimodifikasi sesuai selera. Dalam membuat makanan khas ini tentu tidak akan meninggalkan aneka rempah rempah. Dibuat berkuah dan ditambahkan santan membuat rasanya nikmat, biasanya dihidangkan dengan roti atau nasi hangat.

8. Sambol

Sambol
Image Credit: Instagram Janitha Perera

Sambol merupakan makanan khas yang begitu terkenal dan hampir semua makanan di Sri Lanka disandingkan dengan hidangan sampingan ini. Sambol dibuat dari kelapa parut yang ditambahkan dengan tuna, ikan maldives dan beberapa rempah rempah. Ditambahkan juga dengan jeruk nipis agar lebih segar. Semua bahan akan dicampurkan dan langsung disajikan.

9. Watalappan

Watalappan
Image Credit: Twitter Nad

Selain makanan berat, makanan khas Sri Lanka juga berupa kudapan penutup yang rasanya tidak udah diragukan. Watalappan biasanya akan hadir pada acara acara khusus dan termasuk kuliner yang begitu populer. Rasanya tidak lengkap jika anda tidak mencicipinya saat berkunjung. Makanan penutup custard mewah ini memiliki rasa yang manis.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sri Lanka yang Paling Diburu Wisatawan

Dibuat dari bahan santan, gula merah, telur dan juga beberapa rempah seperti kapulaga, cengkeh dan juga pala. Kemudian semua bahan akan dikukus dalam waktu sekitar 45 menit ata satu jam. Di bagian atasnya akan disiram dengan karamel gula aren. Teksturnya yang lembut dan juga rasa yang manis, membuat Watalappan menjadi dessert yang sayang dilewatkan.

10. Pittu

Pittu
Image Credit: Twitter Sri Lanka Global

Melihat tampilan makanan khas Sri Lanka ini, anda akan ingat akan makanan khas Indonesia kue putu bambu. Pittu dibuat dari beras dan juga kelapa yang kemudian dimasak dengan cara dibakar ataupun dikukus. Yang membuatnya berbeda, cara menyantapnya dengan gjee atau gula pasir. Dan uniknya juga ditambahkan dengan sambal serta kari kambing.

Pittu ada di daerah Kerala di India yang kemudian juga menyebar sampai Sri Lanka. Pittu yang dibuat secara tradisional biasanya akan dijadikan sebagai makanan sarapan. Tetapi saat ini bisa dijumpai untuk makan malam ataupun makan siang. Sangat pas jika disantap di pinggir pantai Sri Langka, dalam kondisi yang hangat dengan tambahan santan hangat, kari daging yang pedas.

11. Telur Gerbong

Telur Gerbong
Image Credit: Twitter Nad

Untuk membuat kulineran anda di Sri Lanka semakin lengkap, anda tidak boleh melewatkan nikmatnya Telur Gerbong. Hidangan ini dibuat dari adonan tepung beras yang sudah difermentasi. Tampilannya memang mirip dengan telur, tetapi dibuat dari bahan berbeda. Biasanya makanan khas Sri Lanka akan dinikmati bersama sambol pedas.

Kuliner tidak hanya akan memanjakan perut, tetapi juga akan membuat anda mengenal ciri khas masing masing negara. Di Sri Lanka Kari menjadi panganan yang wajib untuk dicicipi dan dibuat dengan mengkreasikan bahan beragam. Tetapi anda juga bisa menemukan penganan manis untuk penutup. Makanan khas Sri Lanka akan membuat liburan semakin lengkap.