Taiwan yang masuk dalam kawasan Asia Timur termasuk negara yang memiliki wisata mengagumkan. Anda akan dibuat terpana dengan keindahan wisata yang ditawarkan. Tempat wisata di Taiwan bisa dikatakan otentik dan belum tentu bisa anda temukan di tempat lain. Apalagi Taiwan juga termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Belum lagi infrastruktur yang mutakhir menjadikan pengunjung semakin dimanjakan ketika liburan di negara ini. Termasuk dalam jajaran negara yang memiliki kunjungan wisatawan dunia padat dan juga ramah bagi wisatawan muslim. Bagi anda yang ingin liburan ke Taiwan, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang paling hits berikut.

1. Yangmingshan National Park

Yangmingshan National Park
Image Credit: Google Maps 宋淑慧

Taman Nasional Yangmingshan menjadi tujuan liburan yang seru, terutama ketika memasuki musim gugur dan musim semi. Karena pada musim semi, anda bisa menikmati keindahan bunga sakura yang sedang bermekaran. Jika anda ingin menyaksikannya, anda bisa datang pada Februari sampai Maret. Dan saat musim gugur panoramanya tidak kalah indah.

Anda bisa menyaksikan tanaman yang mulai menguning, hal ini memberikan suasana hangat yang memukau. Aktivitas yang bisa anda lakukan juga beragam, mulai dari mendaki atau hiking sampai dengan berburu foto cantik. Anda juga bisa menikmati pesona objek wisata di Taiwan ini dengan berendam air hangat, ada pemandian air panas dan dingin dengan pesona yang luar biasa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beitou, Taiwan

2. Taipei Story House

Taipei Story House
Image Credit: Google Maps 敏郎

Taipei Story House merupakan rumah yang lokasinya di dalam Museum Taipei Expo Park. Bangunan bersejarah ini dibangun di tahun 1913 sampai 1914 oleh Chen Chao Cun. Dahulu dimanfaatkan untuk menjamu para tamu dan saat ini sudah berubah menjadi museum. Yuan Shan Mansion memiliki bangunan yang unik, yakni menggunakan batu bata yang cantik.

Bentuk tangganya mirip dengan yang digunakan pada pagoda. Bangunannya yang unik menjadikan banguanan cantik ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mengambil foto cantik. Di dalam anda bisa menemukan beberapa koleksi, saat ini sudah menjadi museum teh yang cantik. Beberapa sejarah lainnya juga bisa anda temukan saat berkunjung ke mansion ini.

Harga Tiket: NT$ 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Zhongshan N Rd, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan.

3. Remains Of The 13 Level

Remains Of The 13 Level
Image Credit: Google Maps Song-yang Tong

Situs bersejarah yang juga menarik untuk anda kunjungi berikutnya yakni Remains Of The 13 Level. Dikenal dengan The Potala Palace of Mountain Mines yang saat ini tersisa bangunannya. Sempat juga dijadikan sebagai pabrik peleburan tambang Sinandong yang dibangun pada 1933 ketika zaman kolonial Jepang.

Kendati demikian keindahannya masih tersisa dari sisa bangunan yang ada. Berbeda dengan namanya, anda justru akan menemukan 18 tingkatan menurun yang menghadap ke arah laut. Dikelilingi dengan pegunungan hijau yang megah, anda bisa mengambil beberapa foto di beberapa sudutnya. Tempat wisata ini bisa anda jadikan sebagai alternatif.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, New Taipei City, Ruifang District.
BACA:  11 Oleh-Oleh Khas Taiwan yang Paling Diburu Wisatawan

4. Museum Istana Nasional

Museum Istana Nasional
Image Credit: Google Maps 陳枻昌

Jika anda ingin mengetahui sejarah Taiwan lebih dalam, maka anda harus mengunjungi Museum Istana Nasional. Koleksi yang ditawarkan di dalamnya sangat beragam dan dari berbagai dinasti. Mulai dari Dinasti Yuan, Song dan Qing yang berupa artefak. Bangunan museumnya sendiri dibuat seperti istana dan menawarkan tour audio dengan banyak bahasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Zhi Shan Rd, Shilin District, Taipei City, Taiwan.

5. Taman Nasional Taroko

Taman Nasional Taroko
Image Credit: Google Maps 潘嬿婷

Didirikan pada 1980, indera anda akan dimanjakan dengan keindahan Taman Nasional Taroko. Pemandangan alam sekitarnya masih sangat terjaga dan anda bisa melakukan banyak aktivitas. Mulai dari rafting, menikmati panorama Tunnel of Nine Turns, menjejak reruntuhan Tupido Tribe Trail dan lainnya. Tempat wisata di Taiwan ini tak boleh dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Hualien County, Xiulin Township.

6. Taipei 101

Taipei 101
Image Credit: Instagram 伊春武

Taipei 101 menjadi destinasi yang tidak boleh anda hapus dari daftar liburan anda di Taiwan. Menjadi gedung paling tinggi dengan ketinggian sekitar 508 dan sangat megah. Dinamakan dengan Taipei 101 karena memiliki 101 lantai dan nama sebenarnya Taipei International Finance. Arsitektur yang ada pada bangunan tinggi ini sangat cantik dan indah.

Memadukan pagoda pagoda tiongkok dengan gaya modern yang mempesona. Anda bisa naik ke menaranya untuk menikmati Taiwan dari atas ketinggian. Pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Apalagi lift yang digunakan merupakan yang paling cepat yakni 63 km/ jam. Selain itu anda juga bisa mengunjungi beberapa butik dan restorannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Taipei City, Xinyi District, Section 5, Xinyi Rd.

7. Sun Moon Lake

Sun Moon Lake
Image Credit: Instagram 珮錡徐

Setelah mengunjungi bangunan paling tinggi di Taiwan, anda juga harus mampir di tempat wisata berikutnya. Sun Moon Lake yang termasuk danau paling luas dengan panorama yang menyejukkan mata. Anda akan menikmati panorama pegunungan yang mengelilingi, bentangan danau tenang dan langit yang terasa begitu luas.

Pemandangan yang paling diburu oleh wisatawan yakni saat matahari terbit juga terbenam. Cahaya kekuningan yang hadir menambah kesan romantisnya. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik seperti naik sepeda, cable car ataupun ropeway. Pastikan anda membawa kamera anda saat sedang berada di danau cantik di Taiwan ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yuchi Township, Kab. Nantou, Republik Tiongkok.

8. Kaohsiung City Lotus Lake

Kaohsiung City Lotus Lake
Image Credit: Instagram 1388 W

Danau yang tidak kalah cantik bisa anda temukan di kawasan Kaohsiung Utara, tepatnya di distrik Zuoying. Distrik satu ini menjadi bagian dari sejarah yang dahulunya dijadikan tempat pelarian komunitas besar. Tempat wisata di Taiwan ini memiliki panorama yang akan membuat anda jatuh hati. Dikelilingi oleh jalur jalan kaki sepanjang 3 km.

BACA:  10 Pantai Cantik di Taiwan yang Terkenal

Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tujuan karena suasananya yang lebih sepi. Belum lagi anda juga akan menemukan beberapa candi yang dekat dengan area danau. Dari ujung barat anda akan menemukan dua Pagoda Harimau Naga yang menawan. Terdapat juga jembatan di tengah Danau yang cocok untuk menjadi tempat mengambil foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Zuoying, Kota Kaohsiung, Republik Tiongkok.

9. Taman Nasional Yushan

Taman Nasional Yushan
Image Credit: Google Maps 許詩銘

Taiwan memang memiliki beberapa taman nasional yang juga menarik untuk dikunjungi. Taman Nasional Yushan misalnya yang memiliki dua area untuk Zona Lindung dan rekreasi. Anda bisa menemukan kuil Dewa Gunung, jalur hiking lengkap dengan hutan cemaranya. Anda juga bisa mendaki menuju Puncak Gunung Yushan yang termasuk tujuan populer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Nantou County.

10. Kincir Ria Miramar

Kincir Ria Miramar
Image Credit: Google Maps abner huang

Destinasi wisata di Asia Timur berikutnya yang siap memanjakan anda yakni Miramar Entertainment Park. Banyak juga yang mengenalnya dengan Kincir Ria Miramar karena memang ada kincir angin yang begitu megah. Anda bisa menaiki bianglala ini untuk sekalian menikmati keindahan dari ketinggian. Paling pas bekunjung saat malam hari, city lightnya begitu cantik.

Harga Tiket: NT$ 0,14; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jingye 3rd Rd, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan.

11. Gondola Maokong

Gondola Maokong
Image Credit: Instagram Marlon R. Ramirez

Ingin mencoba aktivitas liburan yang menantang dan seru? Anda bisa mengunjungi Maokong dan mencoba Gondolanya. Maokong sendiri dikenal sebagai tempat paling pas untuk menikmati teh nikmat. Dengan Gondola anda bisa terhubung dengan Kebun Binatang Taipei dan juga Maokong. Perjalanan ini sangat seru sekaligus menantang adrenalin.

Kendaraan meluncur sepanjang 4,03 km dengan 6 stasiun yang bisa dijadikan tempat pemberhentian. Dari atas, anda bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Terdapat dua kabin, untuk reguler berisi 8 orang dan khusus untuk 5 orang. Meskipun sempat ditutup, saat ini sudah dibuka kembali dan anda jangan sampai melewatkan untuk mencoba wahana seru ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Wenshan, Kota Taipei, Taiwan.

12. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi
Image Credit: Google Maps 廖珮妤

Seperti namanya, kampung wisata ini memang lingkungan yang penuh warna warni cantik. Pertama kali digagas oleh Huang Yung Fu yang merupakan mantan tentara. Menurutnya desa bekas militer ini sangat membosankan, sehingga dia mulai melukisnya. Tujuan wisata di Kota Taichung ini akan memberikan pengalaman yang seru dan pemandangan indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Taichung City, Nantun District.

13. Shifen Waterfall

Shifen Waterfall
Image Credit: Google Maps Lea Huang

Bagi anda yang menyukai air terjun, maka anda tidak boleh melewatkan Shifen Waterfall. Air terjun ini lokasinya tidak jauh dari Kota Taipei dengan pesona yang luar biasa. Airnya begitu jernih dengan gunung menjulang, bongkahan batu besar dan lembah yang menghiasinya. Suasananya yang tenang menjadikan Shifen Waterfall tujuan untuk menghempas penat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, New Taipei City, Pingxi District.

14. Longshan Temple

Longshan Temple
Image Credit: Google Maps Aaron Aaron Sün

Wisata budaya juga menjadi hal yang menarik dilakukan di Taiwan, anda bisa mengunjungi Longshan Temple. Kuil cantik termasuk yang paling tua dan dibangun dari 1738. Walaupun sudah tahu, tetapi bangunannya sampai saat ini masih sangat cantik. Penduduk sekitar memang sangat menjaga tempat wisata satu ini.

BACA:  15 Makanan Khas Taiwan yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guangzhou St, Wanhua District, Taipei City, Taiwan.

15. Dajia Riverside Park

Dajia Riverside Park
Image Credit: Google Maps Edward Lee

Ketika berada di Distrik Zhongshan jangan sampai melewatkan Dajia Riverside Park. Anda akan menemukan berbagai bunga cantik yang berwarna warni. Lokasinya memang di tepi Sungai Dajia dan cocok sebagai tempat bersantai. Anda bisa bersepeda ataupun berburu foto yang kekinian. Pertunjukkan air mancur dengan tinggi 70 meter juga sayang dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Taipei City, Zhongshan District.

16. Fo Guang Shan Buddhist Museum

Fo Guang Shan Buddhist Museum
Image Credit: Google Maps 蔡委錄

Museum Buddha yang istimewa dan juga selalu menarik wisatawan yakni Museum Buddha Fo Guang Shan. Museum cantik ini memiliki pagoda di kanan kirinya. Tidak ketinggalan patung Buddha yang berdiri megah dari kejauhan tampak begitu cantik. Anda bisa menemukan banyak koleksi menarik di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tongling Rd, Dashu District, Kaohsiung City, Taiwan.

17. Penghu

Penghu
Image Credit: Google Maps Betty Avon

Penghu merupakan salah satu tempat wisata di Taiwan yang menjadi surga bagi anda yang mencintai wisata bahari. Karena anda bisa menemukan banyak pantai pantai yang menawan. Selain itu anda juga bisa sekalian kulineran untuk mencicipi aneka seafoodnya. Biasanya Penghu akan ramai ketika musim panas tiba dan selalu jadi jujugan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magong City, Penghu County, Republic of China.

18. Kenting National Park

Kenting National Park
Image Credit: Google Maps 陳秀蘭

Menginjakkan kaki di Kenting National Park akan memberikan pemandangan berbeda. Anda bisa menemukan beberapa pantai yang indah dengan pemandangan sekitar yang masih terjaga. Beberapa pantai yang bisa dikunjungi mulai Nanwan Beach, Baisha Beach, Sail Rock dan Kenting Beach. Lokasinya juga terbilang berdekatan dan mudah untuk anda jangkau.

Harga Tiket: NT$ 450; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pingtung County, Taiwan.

19. Shilin Night Market

Shilin Night Market
Image Credit: Google Maps Henry Wu

Destinasi wisata Taiwan ini juga berupa pasar malam yang menjadi surganya kuliner. Shilin Night Market menjadi salah satunya yang kondang dengan banyak penjual. Selain mencicipi aneka kuliner, anda juga bisa membeli souvenir untuk keluarga di rumah. Beberapa hiburan mulai dari karaoke, bioskop sampai arcade bisa anda temukan di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jihe Rd, Shilin District, Taipei City, Taiwan.

20. Kaohsiung Night Market

Kaohsiung Night Market
Image Credit: Google Maps 誠品法律黃韡誠律師

Perjalanan menjelajah Taiwan akan semakin terasa lengkap jika berkunjung Kaohsiung Night Market. Pasar malam ini menawarkan banyak street food yang wajib anda coba. Salah satu yang paling kondang yakni Tahu Taiwannya yang nikmat. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk mencicipi berbagai kudapan khas negara ini, sehingga jangan sampai anda tidak singgah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaisyuan 4th Rd, Qianzhen District, Kaohsiung City, Taiwan.

Liburan ke Taiwan anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata menarik di masing masing Distrik. Mulai dari bangunan yang memiliki arsitektur cantik sampai dengan wisata kuliner yang patut untuk coba. Jangan lupakan wisata bahari dan pegunungan yang sayang dilewatkan. Destinasi wisata di negara ini juga masing-masing memiliki keunikan tersendiri.