Berlibur ke luar negeri menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa anda pilih. Ada banyak negara dengan kearifan lokal dan sejarah yang kental untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang bisa anda pilih adalah Taiwan. Negara ini memiliki wisata yang patut diacungi jempol dengan suasana baru. Ketika mengunjungi negara ini, maka jangan lewatkan mampir ke Tainan.

Destinasi di kota nini memiliki ciri khas tersendiri dengan berbalut sejarah. Tidak heran banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini untuk mengenal lebih jauh. Selain itu, ada beragam tempat wisata menarik di Tainan Taiwan buat liburan seperti taman nasional, museum, bahkan night market.

1. Tainan Flower Night Market

Tainan Flower Night Market
Image Credit: Google Maps Chia Wei VLOG

Berbicara tentang destinasi wisata di suatu negara, maka kurang lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Begitu juga saat berada di Tainan, Taiwan, anda harus mencoba destinasi night market ini. Pasar malam ini merupakan market yang paling terbesar di kawasan kota Tainan. Bagi anda yang suka berburu kuliner, tentu mengunjungi kawasan wisata ini menjadi hal yang wajib.

Ada banyak kesempatan yang bisa anda pilih untuk mencicipi jajanan khas Taiwan dengan cita rasa otentik. Pasar yang dibangun tahun 1999 ini memang terbilang cukup muda jia dibandingkan dengan pasar lainnya. Meskipun begitu, pasar ini menyediakan berbagai macam kuliner lengkap dari makanan dan minuman tradisional maupun modern.

Tidak berhenti sampai di situ saja, lokasi Tainan Flower Night Market ini terbilang cukup strategis. Untuk mengaksesnya tidak terlalu sulit dan bisa ditemukan dengan mudah. Bisa dikatakan Taiwan memiliki banyak pasar malam yang terkenal, tetapi night market ini menjadi salah satu yang paling banyak diincar bagi para wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Section 3, Hai’an Rd, North District, Tainan City, Taiwan.

2. Taijiang National Park

Taijiang National Park
Image Credit: Google Maps Yen Jen Chen

Tainan memang menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik. Bahkan beberapa di antaranya menyuguhkan pemandangan yang tidak terlukkan. Salah satu spot yang bisa anda kunjungi untuk mencari view terbaik adalah Taijiang National Park. Ini termasuk destinasi yang cukup baru karena dibuka pada tahun 2009 lalu.

Meskipun begitu, kawasan wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Banyak sekali wisatawan yang bergantian untuk datang berkunjung ke wisata ini. Wisatawan berkunjung ke wisata ini untuk mencari suasana baru yang unik. Lokasi Taijiang National Park menawarkan suasana alami dengan berbagai satwa liar dan tumbuhan beragam.

BACA:  11 Oleh-Oleh Khas Taiwan yang Paling Diburu Wisatawan

Anda bisa mengelilingi taman nasional ini dengan cara unik. Tidak dengan berjalan kaki maupun kendaraan bermotor. Pasalnya, anda bisa mengunjungi tempat wisata menarik dui Tainan Taiwan buat liburan dengan cara menyewa perahu. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan pengalaman baru saat berlibur ke Taiwan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sicao Blvd, Annan District, Tainan City, Taiwan.

3. Kastil Kuno Anping

Kastil Kuno Anping
Image Credit: Google Maps 黃莫名

Kastil Kuno Anping menjadi salah satu tempat bersejarah di Tainan buat liburan yang menyenangkan. Kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang datang. Bisa dikatakan, kota Tainan kental dengan sejarah yang menaunginya. Alhasil, destinasi ini menarik untuk dikunjungi saat berada di Tainan.

Kastil Kuno Anping sudah berdiri sejak tahun 1624, dengan bantuan perusahaan hindia belanda pada saat itu. Bisa dikatakan, pembangunan dari kastil ini cukup menarik karena dilakukan oleh pihak negara lain. Namun dibalik itu semua, ada banyak kisah menarik yang bisa anda gali saat mengunjungi kastil kuno ini.

Salah satu rumor yang beredar adalah batu untuk pembangunannya diangkut dari Pulau Jawa. Selain memiliki nama yang ikonik dari Taiwan, ada juga penyebutan lainnya yaitu Fort Zeelandia dan Port Orange. Kini, kawasan kastil ini beralih fungsi menjadi museum dengan koleksi yang cukup beragam dari masa penguasaan Belanda di Taiwan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guosheng Rd, Anping District, Tainan City, Taiwan.

4. Kuil Kongtzu Tainan

Kuil Kongtzu Tainan
Image Credit: Google Maps Taichi Wang

Destinasi wisata ini berasal dari kuil yang dibangun pada tahun 1665. Sering kali wisata ini dijadikan destinasi religi bagi masyarakat Taiwan dan juga macna negara. Setiap harinya, jluo ini akan sangat ramai dan meriah karena banyaknya pengunjung yang datang. Pasalnya lokasinya cukup strategis yang dekat dengan penginapan, akses transportasi dan masih banyak lagi.

Kuil dengan ajaran konfusius di Taiwan ini disebut sebut menjadi sekolah pertama yang ada di negara satu ini. Pasalnya, Kuil Kongtzu menjadi pusat penyebaran berbagai macam ajaran pendidikan ke seluruh tanah Tiongkok. Dengan kata lain, kawasan ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nanmen Rd, West Central District, Tainan City, Taiwan.

5. Chimei Museum

Chimei Museum
Image Credit: Google Maps Irene Ho

Bagi anda yang menyukai kegiatan menjelajahi museum, maka destinasi ini menjadi pilihan yang terbaik. Chimei Museum menjadi destinasi unik karena berbeda dengan museum lainnya di Asia Timur. Biasanya museum dikelola pihak pemerintah daerah maupun pusat. Hal yang berbeda, museum ini dikelola secara pribadi oleh perusahaan swasta yang cukup terkenal di Taiwan.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Chiayi Taiwan Buat Liburan

Sejak dibangin pada tahgun 1992, museum ini menajdi salah satu list dari objek wisata di Tainan buat liburan. Koleksi museum ini sangat beragam, mulai dari musik tradisional, dan berbagai peninggalan lainnya. Tapi satu hal yang paling ikonik dari kawasan ini adalah koleksi alat musik geseknya yang menjadi violin terbesar di dunia.

Harga Tiket: TWD 150; Map: Cek Lokasi
Alamat: Section 2, Wenhua Rd, Rende District, Tainan City, Taiwan.

6. Museum Nasional Sastra Taiwan

Museum Nasional Sastra Taiwan
Image Credit: Google Maps Joyce Liou

Jika ingin mengetahui berbagai sejarah literatur Taiwan, ada baiknya mengunjungi museum yang satu ini. Yang paling menarik, museum ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis untuk memasuki kawasan museum. Buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore dan tutup di hari Senin. Jadi, mengunjungi pada saat akhir pekan, bukan menjadi ide yang buruk.

Museum ini digunakan untuk melestarikan dan memamerkan artefak sastra dari Taiwan. Bisa dikatakan, museum ini dibuat untuk mengisi kesenjangan tentang bagaimana institusi Republik Tiongkok menangani sastra Taiwan dalam bidang penyelidikan akademis dan wacana populer. Tainan menjadi kota yang dipilih karena historisnya sebagai pusat budaya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Zhongzheng Rd, West Central District, Tainan City, Taiwan.

7. Eternal Golden Castle

Eternal Golden Castle
Image Credit: Google Maps Chen I Wang

Eternal Golden Castle atau lebih dikenal sebagai Baterai Erkunshen adalah sebuah kastil pertahanan di Distrik Anping, Tainan. Lokasi ini sering kali menjadi destinasi pilihan bagi para wisatawan karena arsitektur banguannya. Dibangun pada tahun 1874, dulunya kastil ini berguna untuk menjaga pantai dan mempertahankan pulau dari Jepang.

Karena lokasi ini cukup bersejarah, ada banyak cerita mengenai militer dari aksi perang Sino-Perancis tahun 1884. Selain itu, ada juga kisah mengenai penyerangan kapal perang Jepang yang menyerang benteng ini. Bisa dikatakan, kawasan ini menjadi saksi bisu dari perjuangan Taiwan melawan jajahan. Jadi, kastil ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guangzhou Rd, Anping District, Tainan City, Taiwan.

8. Wanpi World Safari Zoo

Wanpi World Safari Zoo
Image Credit: Google Maps Sheng-Kai Lin

Kebun Binatang Safari Dunia Wanpi merupakan sebuah kebun binatang di Tainan cocok sebagai tempat liburan. Pada awalnya, kebun binatang ini didirikan pada tahun 1994 untuk tujuan konservasi, penelitian, pendidikan, pariwisata, dan sekaligus hiburan. Karena itulah, wisatawan dari luar kota maupun mancanegara tidak akan melewatkan lokasi ini.

Atraksi yang tersedia ada lebih dari 300 hewan yang dipelihara di kebun binatang ini. Beberapa koleksi diantaranya yaitu reptil amfibi terbesar di dunia dengan lebih dari 200 spesies. Ini juga memberikan pengetahuan kepada pengunjung dari beberapa hewan yang terancam punah, sehingga sangat menarik untuk jelajahi.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kaohsiung Taiwan Buat Liburan
Harga Tiket: TWD 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Xuejia District, Tainan City, Taiwan.

9. Anping Tree House

Anping Tree House
Image Credit: Google Maps 黃光廷

Rumah Pohon Anping merupakan bekas gudang di Distrik Anping, Tainan yang memiliki daya tarik cukup unik. Nama rumah pohon mengacu pada akar dan cabang beringin yang hidup menutupi seluruh bagian bangunan. Jika dilihat dari segi arsitekturnya, pengunjung bisa melihat skyway di atasnya bagi pengunjung untuk bergerak.

Kawasan ini ditutupi oleh akar yang lebat sebagai atapnya, sehingga mendapat sebutan Tree House. Jika ingin melihat keunikan dari Treehouse ini, maka anda bisa mengaksesnya dengan bus dari Stasiun Kereta Api Taiwan. Dijamin, ini menjadi tempat wisata menarik di Tainan buat liburan yang memorable.

Harga Tiket: TWD 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gubao St, Anping District, Tainan City, Taiwan.

10. Sicao Green Tunnel

Sicao Green Tunnel
Image Credit: Google Maps Chiu HsinYu

Terowongan hijau Tainan memiliki keunikan dari jalur air hijau yang indah dikelilingi oleh pertumbuhan berlebih. Orang akan berpikir bahwa kawasan ini adalah salah satu keajaiban negeri yang masih alami, tetapi sebenarnya tidak. Lahan basah Sicao sebenarnya adalah kawasan lindung seluas 515 hektar untuk melindungi habitat dan satwa liar dari taman industri dan pabrik terdekat.

Yang paling menarik, daerah ini memiliki sejarah cukup panjang mulai dari tempat tinggal Aborigin Taiwan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kawasan ini menjadi pusat ekonomi yang dihuni oleh nelayan keturunan Belanda, Cina, Fujian, Jepang, dan sekarang adalah ROC. Karena itulah wisatawan banyak tertarik untuk berkunjung ke Sicao Green Tunnel.

Harga Tiket: TWD 200; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dazhong Rd, Annan District, Tainan City, Taiwan.

11. Jingzaijiao Tile-paved Salt Fields

Jingzaijiao Tile-paved Salt Fields
Image Credit: Google Maps 台南北門井仔腳瓦盤鹽田

Anda juga bisa menemukan ladang garam yang berada di Distrik Beimen, Tainan. Lokasi ini bisa menjadi tempat menarik di Tainan buat liburan. Hamparan kolam garam bisa anda saksikan dengan jelas ketika mengunjungi kawasan ini. Menjadi kawasan yang ikonik, sebab lapangan ini adalah ladang garam tertua di Taiwan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beimen District, Tainan City, Taiwan.

Secara keseluruhan, kawasan objek wisata di Tainan Taiwan sebagian besar didominasi dengan destinasi sejarah. Budayanya yang kental juga menjadi saksi jika Taiwan memiliki keunikan tersendiri sebagai salah satu negara di kawasan Asia. Tidak heran jika anda bisa menemukan banyak tempat wisata menarik di Tainan buat liburan.