China tidak hanya terkenal dengan The Great Wall yang mereka miliki, namun juga terkenal atas keindahan pantai yang memukau. Salah satu wilayah yang memiliki deretan pantai keren adalah Taiwan. Sangat disayangkan jika anda melewatkan destinasi ini saat sednag berlibur ke sana. Pemandangan lautnya sangat indah dan banyak bagian yang terlihat estetik dan eksotis.

Selain pemandangannya, pantai-pantai di Taiwan memiliki kenampakan alam yang berbeda beda. Beberapa pantai di negara ini, ada yang berpasir putih, berbatu, hingga berlembah dan berada di skeitar perbukitan. Seluruh pemandangan itu sangat menarik dan cocok untuk dijelajahi satu per satu. Dengan begitu, perjalanan anda di Taiwan akan terasa lebih berkesan.

1. Yehliu Geopark

Yehliu Geopark
Image Credit: Google Maps Steve Chua

Destinasi pantai pertama yang wajib anda kunjungi saat berlibur di Taiwan adalah Yehliu Geopark. Destinasi yang satu ini berada di kawasan pesisir panta New Taipei City. Ciri khas yang mereka miliki adalah berupa pemandangan batu karang yang beragam ukuran dan berbagai bentuk. Pantai Yehliu menjadi spesial karena tidak semua pantai memiliki pemandangan seperti ini.

Anda bisa menemukan batu karang dengan bentuk menyerupai sarang lebah, jahe, cendawan, es krim, bahkan gorilla. Masih di spot yang sama, banyak sekali fosil yang bisa anda temukan. Adapun fosil yang diaksud adalah jasad mati dari rumput laut dan binatang. Karena adanya proses alam, penampakan batuan karang di Yehliu terus berubah. Namun justru hal inilah yang membuat mereka semakin istimewa.

Harga Tiket: NT$ 80; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota New Taipei, Republik Tiongkok.

2. Kenting National Park

Kenting National Park
Image Credit: Google Maps 彭國俊

Taiwan memiliki banyak sekali taman nasional yang lokasinya tersebar di setiap penjuru kota. Salah satu diantara mereka yang menjadi favorit para wisatawan adalah Kenting National Park. Bagi anda yang tertarik, datanglah ke kawasan selatan Taiwan, lebih tepatnya di Provinsi Pingtung Hengchun Town. Pantai ini masuk dalam kawasan konservasi sehingga sangat terawat.

Keindahan lautnya sangat dijaga agar wisatawan yang datang merasa terpukau. Namun perlu diingat bahwa banyak peraturan yang harus dipatuhi saat berada di sana. Salah satunya berkaitan dengan maslaah menjaga kebersihan. Anda tidak boleh membuang sampah sembarangan, bahkan ada juga larangan berkemah dan BBQ.

Para pengunjung hanya diperbolehkan untuk berkeliling pantai dan mengambil foto sebagai kenang kenangan. Meskipun tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan, namun menghabiskan waktu di Kenting National park adalah pilihan yang tepat saat berada di Taiwan. Kapan lagi anda bisa melihat kawasan konservasi yang dijaga oleh pihak otoritas Taiwan dengan baik.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kaohsiung Taiwan Buat Liburan
Harga Tiket: NT$ 450; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pingtung County, Taiwan.

3. Fulong Beach

Fulong Beach
Image Credit: Google Maps 許煥杰

Pantai ketiga yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Fulong beach. Lokasi dari destinasi ini berada di wilayah Taiwan utara dan selalu menjadi andalan turis saat musim panas. Lain halnya dengan kenting national park, pengunjung di pantai ini bisa bermain di sekitar pantai dengan lebih leluasa. Ombak pantainya pun tidak terlalu deras sehingga aman untuk pengunjung.

Sebagai tempat wisata, Fulong beach juga dikenal sebagai spot perlombaan tingkat internasional yang dikenal dengan nama “sculpture art”. Para seniman dari berbagai negara selalu datang kesana untuk membuat karya seni yang terbuat dari pasir. Agar hasilnya tidak mudah rusak, pasir yang digunakan telah dicampur dengan lem agar bisa bertahan lama dan dapat dinikmati wisatawan.

Harga Tiket: NT$ 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gongliao District, Kota New Taipei, Taiwan.

4. Laomei Green Reef

Laomei Green Reef
Image Credit: Google Maps Zephyr

Jika anda bosan dengan pemandangan pantai yang tepiannya berupa pasir, maka Laomei Green Reef adalah spot yang pas untuk dikunjungi. Salah satu alasan mengapa kawasan ini disebut dengan nama green reef adalah bebatuan di sekitar pantai yang berwarna hijau. Waktu terbaik untuk datang ke laomei adalah saat sore hari. Udara yang pas akan membuat anda merasa lebih nyaman.

Kawasan ini hanya boleh dikunjungi hanya untuk melihat lihat saja. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya yang lumayan besar. Selain itu, pinggiran pantai cantik ini berupa batuan sehingga semakin berbahaya. Anda juga tidak boleh menginjak bebatuan yang berwarna hijau karena sangat licin akibat lumut.

Harga Tiket: NT$ 24; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shimen District, New Taipei City, Taiwan.

5. Pantai Sizihwan

Pantai Sizihwan
Image Credit: Google Maps YEH皮皮

Karena setiap tahunnya selalu dikunjungi banyak wisatawan, Taiwan terus berbenah untuk meningkatkan keindahan kawasan wisata yang mereka miliki. Salah satu pantai yang telah direnovasi adalah Pantai Sizihwan. Jika anda hendak datang ke sana, maka datanglah ke Asia Timur. Spot tersebut memiliki pemandangan yang memukau sehingga wajib dikunjungi saat ke Taiwan.

Pantai Sizihwan memiliki pasir berwarna putih dengan beberapa bagian yang telah di paving. Dengan begitu, wisatawan bisa bersantai di pantai ini dengan lebih nyaman. Salah satu waktu yang membuat destinasi ini sangat ramai adalah di sore hari. Pengunjung yang datang selalu menunggu sunset karena kabarnya sangat indah dan memanjakan mata.

BACA:  11 Oleh-Oleh Khas Taiwan yang Paling Diburu Wisatawan

Apabila anda datang di musim panas, maka anda bisa melihat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh warga lokal. Wisatawan bisa datang ke Pantai Cantik di Taiwan ini dan ikut bergabung bersama mereka. Uniknya lagi, di sekitar pantai yaitu di kawasan bukitnya terdapat sebuah museum yang menyimpan dokumen dan artefak berharga milik Taiwan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Gushan, Kota Kaohsiung, Republik Tiongkok.

6. Pantai Dawan

Pantai Dawan
Image Credit: Google Maps 快樂錐子

Perjalanan anda di taiwan tidak akan lengkap jika tidak mampir ke patnai dawan. Pantai yang satu ini dulunya hanya dibuka untuk wisatawan yang menginap di Hotel Chateau. Namun saat ini, destinasi pantai ini telah dibuka untuk umum sehingga siapa saja boleh masuk dan menikmati keindahannya. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, sehingga cocok untuk anda yang backpacker-an ke Taiwan.

Kegiatan yang paling banyak dilakukan pengunjung di Pantai Dawan adalah cocok untuk berjalan jalan dan berjemur. Meskipun masuk dalam kawasan hotel, spot tersebut tidak terlalu ramai sehingga cocok untuk bersantai dan melepaskan penat. Apabila anda ingin liburan yang lebih eksklusif, tidak ada salahnya jika anda menginap sekalian di Hotel Chateau yang persis ada di tepi pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Kab. Pingtung, Hengchun Township.

7. White San Bay

White San Bay
Image Credit: Google Maps Han Jason

Sesuai dengan namanya, destinasi pantai ini memiliki pasir pantai berwarna putih. Meskipun jenis pantai seperti ini sudah banyak ditemukan, namun ternyata White San Bay sangat spesial. Destinasi ini memiliki tepian pantai yang bentuknya menyerupai bulan sabit dan dihias dengan beberapa batuan vulkanik yang berasal dari letusan gunung ratusan tahun yang lalu.

Di pantai ini juga cocok bagi anda yang hendak jelajah kuliner karena di bagian tepinya banyak penjual makanan. Anda bisa duduk santai di tepi pantai sambil menikmati makanan khas Taiwan yang menggugah selera. Masih di kawasan yang sama, anda akan sangat sering melihat pesepeda berlalu lalang, terutama di sore hari.

Selain kegiatan di kawasan tepi pantainya, anda juga bisa melakukan berbagai olahraga air. Saking banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di White San Bay, destinasi ini menjadi andalan para wisatawan. Oleh karena itu, anda tidak perlu kaget jika kondisinya cukup ramai, terutama saat masa masa liburan panjang. Warna lokal maupun turis banyak yang menghabiskan waktu di pantai ini.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Taiwan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota New Taipei, Taiwan.

8. Blue Tears Beach

Blue Tears Beach
Image Credit: Instagram Luxe Asia Traveller

Pantai kedelapan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi saat berada di Taiwan adalah Blue Tears Beach. Pantai yang satu ini dikenal sebagai pantai terindah oleh para wisatawan yang sudah pernah berkunjung. Gelar tersebut dapat bukan tanpa alasan, karena ternyata Blue Tears beach memiliki pesisir pantai yang berkilau dengan semburat berwarna kebiruan.

Efek di pantai ini muncul karena di kawasan tepi pantainya banyak dihuni oleh plankton. Kilauannya menyerupai bintang sehingga membuat panoramanya snagat menawan. Namun untuk mendapat momen tersebut, anda perlu datang saat matahari menjelang terbenam. Kilauan plankton tidak dapat dilihat saat siang hari karena matahari masih bersinar dengan terang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lienchiang County, Matsu Islands.

9. Daan beach

Daan beach
Image Credit: Google Maps Gogo Chan

Kawasan pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Daan Beach. Di tepi pantai ini terdapat banyak sekali kincir angin yang pastinya mengingatkan anda pada negeri Belanda. Pemandangan semacam ini tidak selalu anda temukan di pesisir pantai. Selian keunikan ini, Daan Beach juga terkenal atas pesisir pantainya yang luas sehingga nyaman bagi wisatawan.

Wisata pantai di Taiwan ini juga menjadi lokasi yang pas untuk melihat matahari tenggelam, apalagi jika anda datang bersama dengan pasangan. Nuansanya yang romantis akan membuat hati siapa saja merasa tenang dan bahagia. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas layaknya di pantai pada umumnya yaitu berenang dan bermain pasir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taiwan, Taichung City, Da’an District.

10. Xinyue Beach

Xinyue Beach
Image Credit: Google Maps Sylvain Thibaudeau

Xinyue beach juga masuk dalam jajaran wisata pantai yang direkomendasikan sata anda berkunjung ke Taiwan. Spot tersebut sangat pas dikunjungi saat pagi dan sore hari hanya untuk sekedar berjalan jalan. Jika anda datang bersama dengan anak anak, maka bawalah peralatan untuk bermain pasir karena destinasi ini adalah spot yang pas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fenggang Rd, Zhubei City, Hsinchu County, Taiwan.

Dari beberapa pantai yang telah disebutkan tadi, masing masing diantara mereka memiliki keunikannya masing masing. Tidak ada salahnya jika anda datang ke Tiongkok dengan misi khusus yaitu menjelajah pantai cantik di Taiwan. Jika melakukan hal ini, anda akan sadar bahwa negara ini memiliki pemandangan lama yang sangat indah dan memukau.