Jika anda pulang dari jalan-jalan liburan, pasti hal pertama yang banyak direncanakan adalah dengan pulang membawa oleh-oleh yang khas di wilayah tersebut. Salah satunya saat sudah datang dari liburan dari Taiwan. Jika anda pulang dari liburan wisata di taiwan kira-kira janis oleh-oleh apa yang akan anda bawa pulang? Apakah makanan, baju, atau yang lainnya?

Berbagai jenis oleh-oleh bisa anda temukan jika berkunjung ke Negara yang terkenal dengan keunikan sejarahnya tersebut. Jika kuliner maka jangan diragukan lagi untuk rasanya yang sangat khas. Lalu bila tertarik membeli souvenir atau pakaian, maka jangan diragukan lagi untuk kualitasnya, dan masih banyak lainnya. Lebih jelasnya, simak daftar oleh-oleh Taiwan yang sering diburu wisatawan berikut.

1. Makanan Kue Nanas

Makanan Kue Nanas
Image Credit: Twitter Anne Leick

Jika berbicara masalah oleh-oleh, maka jangan di ragukan lagi saat anda datang ke Taiwan, sebab di Negara ini ada banyak sekali jenis oleh-oleh yang bisa anda dapatkan. salah satu oleh-oleh kuliner yang banyak diminati adalah kue nanas. Jenis kue ini tidak akan bisa anda jumpai di kawasan lainnya, baik di Jepang maupun Cina, sebab ini memang khas dari negara ini.

Kue khas ini terbuat dari bahan baku mentega yang di campurkan dengan larutan pastana nanas yang manis di bagian tengahnya. Sehingga jika di bayangkan oleh-oleh Taiwan ini mungkin hampir mirip dengan nastar. Kue nanas ini juga mana jika harus di bawa pulang sebagai oleh-oleh, sebab ia di kemas menggunakan plastik yang kedap udara.

2. Teh Oolong

Teh Oolong
Image Credit: Twitter Shafa Salsabila

Mungkin jika anda mendengar kata teh yang ada di benak adalah Negara Jepang. Namun faktanya bukan hanya Jepang saja yang memiliki teh, di Negara Taiwan anda juga bisa dengan mudah menjumpai teh yang sangat khas dan memiliki cita rasa nikmat bernama Oolong. Teh Oolong ini menjadi salah satu produk dari hasil petani negara ini selama berabad-abad dan mulai ditanam sekitar tahun 1717.

Teh yang sudah ada sejak tahun 1717 ini telah ditanam pada gunung dengan ketinggian minimal sekitar 1000 meterdan berada di atas permukaan laut. Sehingga oleh-oleh Taiwan ini sangat terjaga kualitasnya. Mulai dari rasa hingga aromanya. Teh Oolong ini memiliki banyak variasi, mulai dari dongding, ruan zi, dan pouchong. Untuk variasi olong yang berasal dari Taiwan ini.

BACA:  15 Makanan Khas Taiwan yang Terkenal & Wajib Dicoba

3. Boneka Sarung Tangan Negara Taiwan

Boneka Sarung Tangan Negara Taiwan
Image Credit: Facebook Simon Wong

Jenis oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang saat berkunjung ke taiwan selanjutnya adalah dengan membeli boneka sarung tangan. Boneka sarung tangan yang berasal dari negara ini oleh masyarakat sekitar biasa disebut sebagai wayang yang diberi nama Budaixi. Berbagai karakter yang ada dalam boneka tersebut biasanya adalah tokoh-tokoh terkenal yang ada dalam pertunjukan opera.

Karena biasanya identik dengan berbagai tokoh yang ada dalam opera, sehingga boneka sarung tangan sebagai oleh-oleh ini sering kali tampil sebagai pemeran utama yang akan menghibur masyarakat di Negara Taiwan. Pertunjukan yang biasanya menggunakan boneka sarung tangan ini dulunya di mulai dari Provinsi Fujian dan lambat laun kian datang ke Taiwan sekitar tahun 1600.

Karena boneka sarung tangan ini mulai melegenda dan erat kaitannya dengan Negara Taiwan, sehingga oleh masyarakat sekitar banyak memberdayakan untuk di jual belikan. Terlebih jika memasuki musim liburan, maka anda bisa dengan mudah memilih berbagai karakter boneka untuk dijadikan sebagai oleh-oleh di rumah.

4. Mini Sky Lanterns

Mini Sky Lanterns
Image Credit: Facebook Rothschild Kwan Cheng Shiong

Oleh-oleh lainnya yang bisa anda bawa pulang pada saat berlibur di Negara Taiwan yaitu Mini Sky Lanterns. Perlu diketahui, jadi yang dinamakan oleh-oleh Taiwan Mini Sky Lanterns ini merupakan karya yang digunakan untuk mengingat berbagai festival lentera langit di wilayah ini.

Mini Sky Lanterns ini pada saat ingin digunakan sebagai oleh-oleh sebaiknya untuk disimpan dalam koper. Tujuannya adalah agar tidak rusak pada saat dibawa pulang. Maka dari itu, sebaiknya anda membeli yang memiliki ukuran mini yang di hiasi dengan berbagai macam pernak-pernik khas festival.

5. Simpul Cina

Simpul Cina
Image Credit: Instagram Bahagia Selalu

Pasti sudah banyak orang yang paham dengan oleh-oleh yang satu ini, jadi yang di namakan dengan Simpul Cina adalah slaah stau oleh-oleh unik dari Taiwan. Simpul Cina yang cantik ini juga memiliki nilai sejarah dari periode Negara mulai berperang tahun 481 hingga 221 sebelum masehi yang dijadikan oleh-oleh dari Taiwan.

Simpul Cina yang keren ini terdiri dari sampul gabungan dan juga 14 tipe dasar yang memakai satu hingga lebih utas. Pada zaman dahulu, Simpul Cina ini telah dimanfaatkan oleh Dinasti Tang sebagai kerajinan dekoratif yang sangat cantik. Bahkan Simpul Cina ini juga mempunyai berbagai bentuk, warna, dan juga ukuran yang beragam.

Karena oleh-oleh yang satu ini identik dengan sampul, maka pada setiap desainnya akan memiliki bentuk dan juga makna yang berbeda-beda. Bila anda membeli sampul kupu-kupu, maka menandakan berkah dan keberuntungan. Bentuk bagus identik dengan roh jahat, ikan kembar kelimpahan dan banyak lainnya.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kaohsiung Taiwan Buat Liburan

6. Perhiasan dari Batu Giok

Perhiasan dari Batu Giok
Image Credit: Twitter Darma Gemstone

Bila anda datang ke Asia Timur terlebih di Taipei yang identik dengan Cina, maka rasanya kurang afdol kalau belum membeli oleh-oleh Taiwan perhiasan yang terbuat dari batu giok. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab berbagai potongan batu yang ada di Taiwan ini memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan juga beragam. Jika membeli perhiasan dengan giok yang bagus, maka harganya juga mahal.

Karena memiliki banyak sekali pilihannya, maka anda bisa membeli yang terbaik untuk di bawa pulang. Oleh-oleh yang berasal dari Negara taiwan ini bisa dijadikan sebagai hadiah bagi kekasih atau keluarga tercinta. Sebab bentuk dan kualitas perhiasannya sangat memuaskan. jangan khawatir, ana juga bisa custom batu giok yang digunakan untuk hiasan dinding.

7. Anggur Prem

Anggur Prem
Image Credit: Twitter Product Manager

Bagi anda yang suka mengoleksi berbagai minuman alkohol juga bisa membeli oleh-oleh Taiwan anggur prem pada saat berkunjung ke Negara Taiwan ini. Anda yang tertarik membeli minuman ini, maka bisa langsung datang ke toko minuman keras lokal. Disana harga yang di jual untuk anggur prem ini tergolong lebih murah, namun kualitasnya tetap oke.

Namun jika anda ingin membawa anggur prem untuk di bawa pulang, pasti bakal membutuhkan semacam perizinan yang tergolong rumit. Ada beberapa perizinan yang memang harus diurus. Namun jangan khawatir, anda masih bisa menikmati olahan alkohol ini di Negara Taiwan.

8. Nougat

Nougat
Image Credit: Twitter Ticket KD

Aneka permen juga bisa anda jadikan oleh-oleh jika datang dari liburan dari Taiwan. Salah stau permen yang paling banyak menyita perhatian adalah nougat. Bahan dalam pembuatan oleh-oleh berupa makan ini adalah kacang yang telah dicampur dengan susu dan juga gula. Teksturnya juga sangat lembut sehingga sangat cocok untuk dimakan semua umur, baik dari anak-anak hingga lansia.

Tidak hanya identik dengan susu saja, namun nougat ini telah mengalami berbagai macam inovasi yang sangat keren. Dimana permen kacang ini mulai di padukan dengan berbagai macam rasa. Mulai dari stroberi, kopi, cokelat, cheesecake, dan banyak yang lainnya. sehingga bagi anda yang kurang suka dengan susus yang berlebihan bisa mencoba variasi lainnya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Taiwan Buat Liburan

9. Tai Yang Bing

Tai Yang Bing
Image Credit: Instagram Jastip Taiwan-Indonesia

Tai Yang Bing atau biasa disebut dengan kue matahari juga bisa dijadikan jajanan oleh-oleh di rumah. Kue oleh-oleh Taiwan yang memiliki tekstur kering dan terbuat dari maltosa atau gula gandum dengan sedikit manis ini banyak diminati oleh para wisatawan. Sebab makanan khas Taiwan kali ini memiliki tekstur lapisan tipis. Mulai dari daging, mint, hingga rasa teh yang sangat nikmat dan segar.

10. Jajanan Kue Mochi yang Lembut dan Nikmat

Jajanan Kue Mochi yang Lembut dan Nikmat
Image Credit: Instagram andaru.22

Jangan salah, mochi yang berasal dari Negara Taiwan ini banyak diburu para wisatawan yang berkunjung ke Negara Taiwan. Sebab memiliki tekstur yang lembut dan sangat lezat. Mochi yang nikmat ini terbuat dari bahan seperti tepung beras ketan, kacang merah, hingga aneka buah-buahan seperti stroberi. Bahkan anda juga bisa mencoba varian teh hijau dan lainnya.

Hal yang membedakan antara oleh-oleh mochi yang berasal dari Taiwan dan lainnya adalah dari segi ukurannya. Dimana untuk mochi Taiwan ini memiliki ukuran yang lebih besar dan ditaburi oleh wijen yang bertekstur lembut. Anda bisa dengan mudah menemukan kue mochi yang memiliki cita rasa yang lezat ini di toko-toko yang menjual aneka macam camilan.

11. Oleh-Oleh Kain Sutra Taiwan

Oleh-Oleh Kain Sutra Taiwan
Image Credit: Facebook Sherlii N. Lasé

Jangan salah, anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Taiwan lainnya seperti sutera. Anda bisa membeli benda ini hanya dengan datang langsung ke Pasar Wufenpu yang identik memenuhi kebutuhan fashion. Untuk sutra yang memiliki motif ini akan dibandrol dengan harga sekitar 412 ribu rupiah dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari penjelasan di atas adalah bahwa daftar oleh-oleh khas yang bisa anda beli jika mengunjungi Taiwan. Sebelas oleh-oleh yang dimaksud adalah makanan kue nanas, teh oolong, boneka sarung tangan, mini sky lanterns, simpul cina, perhiasan dari batu giok, anggur prem, nougat, tai yang bing, mochi, hingga sutra Taiwan.