Taiwan memang menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata, mengingat negara ini menyimpan etnis dan budaya yang beragam. Ada banyak tempat wisata menarik di Taiwan yang bisa anda eksplore. Bukan hanya itu, makanan khas Taiwan juga siap menggoyang lidah anda dan belum tentu anda bisa menemukannya di negara lain.

Seperti yang diketahui, dunia kuliner termasuk yang memiliki perkembangan begitu cepat. Ada banyak inovasi inovasi yang menghadirkan menu baru, begitu juga dengan Taiwan. Secara umum untuk kuliner dipengaruhi oleh budaya China, tetapi ada beberapa yang sudah mengalami inovasi. Untuk kulineran seru, berikut deretan makanan khas yang wajib anda coba.

1. Lu Rou Fan

Lu Rou Fan
Image Credit: Twitter Ministry of Culture

Perjalanan rasa anda di Taiwan bisa dimulai dengan mencicipi nasi babi cincang atau Lu Rou Fan. Tidak hanya bisa ditemukan di restoran bintang lima, anda juga bisa menemukannya di pinggir jalan. Namanya memang begitu kondang, sehingga termasuk yang tidak boleh dilewatkan. Yang membuatnya kondang yakni daging babi nya yang begitu lembut.

Tidak ada rasa berminyak yang membuatnya pernah dihidangkan dalam jamuan negara. Daging babi cincang akan direbus kemudian dimasak dengan soy sauce. Masing masing bagian di Taiwan akan memiliki sajian yang berbeda, dengan rasa yang juga khas. Sayangnya kuliner khas Taiwan ini tidak semua bisa mencicipinya, terutama untuk wisatawan muslim.

2. Danzai Noodles

Danzai Noodles
Image Credit: Twitter Neil Hassall

Rasanya tidak lengkap jika ke Taiwan tidak mencicipi olahan mienya. Salah satunya yang begitu kondang yakni Danzai Noodles atau Ta-a Noodles. Mie gandum cina ini disajikan dengan kuah yang begitu nikmat. Kemudian ditambahkan dengan babi cincang, kaldu udang serta saus babi. Bagian atasnya akan diberikan topping berupa satu udang matang.

Untuk penyajiannya bisa ditambahkan dengan telur ataupun bola dari daging babi. Bumbunya khas dengan rasa bawang putih serta ketumbar yang akan terasa. Rasanya yang gurih dengan mie kenyal membuatnya menjadi favorit. Danzai Noodles paling pas dinikmati selagi hangat dan untuk menikmatinya anda tidak perlu merogoh dalam kantong anda.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Tainan Taiwan Buat Liburan

3. Mie Kuah Sapi

Mie Kuah Sapi
Image Credit: Twitter Taiwan Today

Kuliner yang selanjutnya siap untuk memanjakan lidah anda yakni Mie Kuah Sapi. Untuk kuliner nikmat satu ini termasuk halal karena dibuat dari daging sapi, mie Tionghoa serta sayuran. Semua bahan dimasak dan disajikan dengan kuah merah kehitaman yang menggoda. Karena memasaknya ditambahkan dengan soy sauce yang membuatnya unik.

Daging sapi dalam makanan khas Taiwan ini terkenal dengan teksturnya yang begitu empuk. Mienya yang lembut dan kenyal semakin menjadi perpaduan yang menakjubkan. Aroma dan rasanya tidak akan membuat anda kecewa. Di Taiwan bahkan ada acara Festival Mie Daging Sapi tahunan, pada saat ini para koki akan memasak semangkuk mie kuah sapi terbaik.

4. Xiao Long Bao

Xiao Long Bao
Image Credit: Twitter World Juanderer

Secara tampilan anda akan mengingat dimsum jika melihat Xiao Long Bao. Xiao Long Bao merupakan dumpling isi sup yang sudah begitu terkenal, bahkan sampai Internasional. Dibuat dari tepung terigu kemudian di dalamnya berisikan daging cincang. Disajikan dengan kuah kaldu khusus yang menambah kenikmatan kuliner asal Taiwan ini.

Tidak hanya menggunakan isian daging babi, saat ini isiannya juga sudah beragam dari udang sampai sayuran. Makanan khas ini merupakan dumpling asal Shanghai yang telah dimodifikasi. Kuahnya menggunakan stok kaldu kental, ketika menggigitnya anda akan merasakan sensasi berbeda. Rasa dari dagingnya bisa keluar dari dumplingnya, sangat nikmat.

5. Huo Kuo atau Hot Pot

Huo Kuo atau Hot Pot
Image Credit: Twitter Yeison and Samantha

Hot pot seakan menjadi budaya di Taiwan yang bisa dinikmati setiap musim. Beragam isian dari seafood, daging, sayuran dan lainnya akan dicelupkan dalam kuah panas. Biasanya akan ditawarkan dalam bentuk makanan cepat saji sampai all you can eat. Tidak sulit menemukan penjual hot pot dan anda juga harus mencicipinya di negara aslinya agar rasanya lebih nikmat.

6. Stinky Tofu

Stinky Tofu
Image Credit: Twitter Kaohsiung City

Seperti namanya, Stinky Tofu merupakan makanan yang dibuat dari tahu dengan aroma yang menyengat. Tahu busuk akan difermentasi kemudian digoreng kering dan disajikan dengan kecap, kubis rebus dan daun bawang. Walaupun aromanya busuk makanan khas Taiwan ini begitu digemari dan menjadi ikon utama yang sayang dilewatkan.

Yang membuatnya berbau busuk karena tahunya akan direndam dengan susu fermentasi, daging serta ikan kering sampai berbulan bulan. Untuk rasanya sendiri sedikit asam dan baunya memang sangat menyengat. Bagi anda yang memang tidak masalah dengan baunya, harus mencobanya. Hampir semua pasar malam di Asia Timur menawarkan panganan ini.

BACA:  11 Oleh-Oleh Khas Taiwan yang Paling Diburu Wisatawan

7. Omelet Tiram

Omelet Tiram
Image Credit: Instagram 陳泓宇

Street Food khas Taiwan juga menarik untuk anda cicipi, seperti Omelet Tiram misalnya. Yang membuatnya berbeda, adonannya terbuat dari tepung dan air kemudian ditambahkan dengan sayuran. Beberapa juga menambahkan telur di atasnya, bukan di adonannya. Kemudian disajikan dengan saus khas, paling pas dinikmati ketika masih hangat.

8. Ayam Goreng

Ayam Goreng
Image Credit: Instagram Ayam Zaman Now Al Azhar Pusat

Mungkin mendengar namanya terbilang sederhana dan menjadi makanan umum. Tidak hanya di Taiwan anda sudah bisa menemukannya, tetapi makanan dari Taiwan ini berbeda. Ayam Goreng Shihlin menjadi yang paling kondang, dimana ayam digoreng tanpa tulang. Kemudian ditaburkan dengan tepung crispy yang membuatnya makin nikmat.

street food terkenal ini disajikan dengan cara dipotong potong terlebih dahulu. Barulah ditambahkan dengan bumbu aneka rasa mulai dari original, pedas, rumput laut sampai barbeque. Perpaduan rasa gurih pada ayamnya dan juga teksturnya yang renyah membuatnya banyak diburu. Pastikan anda membelinya ketika sedang jalan jalan di Taiwan.

9. Oyster Mee Sua

Oyster Mee Sua
Image Credit: Twitter BryJa

Masih berbahan dasar mie, anda juga tidak boleh melewatkan nikmatnya mie misoa ini. Mie misoa memiliki bentuk tipis yang kemudian disajikan dengan tiram dan ditambahkan kuah kental. Umumnya mienya merupakan mie misoa merah yang telah dimasak dengan kaldu. Setelahnya ditambahkan dengan beberapa bumbu yang membuat kuliner khas Taiwan ini makin nikmat.

Rasanya yangg kaya dengan daun bawang serta daun ketumbar di atasnya menambah keunikan rasanya. Sangat direkomendasikan dinikmati ketika masih panas. Topping tiram yang direbus semakin membuat istimewa, beberapa juga menambahkan usus babi rebus. Anda bisa menambah kecap asin, saus cabai atau cuka beras hitam agar makin nikmat.

10. Turkey Rice

Turkey Rice
Image Credit: Twitter Galen | Crout.eth

Hou Ji Rou Fan merupakan makanan khas Kota Chiayi yang juga begitu kondang. Nasi kalkun menjadi makanan yang masuk jajaran comfort food klasik. Menjadi hidangan terbaik yang tidak boleh diabaikan saat anda singgah di Kota Chiayi. Jika melihat tampilannya, mungkin anda akan mengira jika rasanya hampar.

Padahal sebenarnya nasi kalkun kaya akan rasa, anda bisa menikmati perpaduan antara nasi ayam Hainan juga lu rou fan. Memang Turkey Rice merupakan kreasi dari lu rou fan, sebelumnya bahkan ditambahkan dengan babi dan banyak yang tidak menyukainya. Anda akan merasakan nasi berminyak dengan tetesan kalkun juga dada kalkun yang begitu lembut.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kaohsiung Taiwan Buat Liburan

11. Pancake Tianjung Chong Zhua

Pancake Tianjung Chong Zhua
Image Credit: Instagram syueats

Lezatnya street food Taiwan memang tidak boleh dilewatkan. Pancake Tianjung Chong Zhua misalnya. Sepintas kuliner lezat ini mirip dengan sandwich tetapi versi Taiwan. Anda bisa memilih topping sesuai dengan keinginan anda. Teksturnya yang renyah membuat makanan khas ini begitu banyak diburu. Apalagi anda juga akan sangat mudah untuk menemukannya.

12. Tian Bu La

Tian Bu La
Image Credit: Instagram Taipei Bistro 台北私房菜

Tian Bu La merupakan pas ikan yang memiliki banyak bentuk juga ukuran. Jika di Jepang dikenal Oden atau Odeng jika di Korea. Pasta ikannya akan digoreng lebih dahulu kemudian direbus dengan kaldu. Untuk menyajikannya akan diambil dari kaldu dan disiram saus khusus. Rasanya yang manis juga gurih membuatnya banyak digemari.

13. Ba wan

Ba wan Taiwan
Image Credit: Twitter smailingtour

Ba-wan merupakan bakso yang sangat berbeda dengan bakso lainnya. Karena dibuat dari ketan lengket bening dan diisi dengan daging babi, rebung, dan jamur shitake. Penyajiannya bisa dengan cara dikukus atau digoreng. Kuahnya kental dan ada sambal manisnya yang berasal dari Beitou. Makanan khas Taiwan ini memiliki rasa unik dengan tekstur yang kenyal.

14. Candied Fruits

Candied Fruits Taiwan
Image Credit: Twitter The Crescent

Di Taiwan anda bisa menemukan sate buah yang sangat unik, buah buahan akan dicelupkan ke gula merah. Kemudian tunggu sampai mengeras, memberikan tampilan yang begitu lucu. Kuliner cantik ini memiliki tekstur lembut juga rasa manis juga asam yang nikmat. Menemukannya juga tidak sulit, anda bisa menemukan di beberapa night market.

15. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah
Image Credit: Twitter Prescottalp

Hong Dou Tang atau sup kacang merah memiliki rasa manis, karena dibuat dari gula batu dan kacang merah. Ketika musim panas, akan disajikan dengan es dan ketika musim dingin maka disajikan panas. Sup Kacang Merah juga memiliki variasi tambahan yang akan membuat anda ketagihan. Makanan khas Taiwan ini juga begitu mudah anda temukan.

Liburan ke Taiwan tidak akan membuat anda menyesal, terutama bagi anda yang gemar kulineran. Ada banyak kuliner yang bisa anda cicipi, dari makanan berat sampai dengan makanan penutup. Bagi anda yang muslim, tentu anda harus berhati hati untuk menemukan makanan yang halal, mengingat banyak yang dibuat dari daging babi.