Tak hanya Korea Selatan yang bisa anda kunjungi dengan berbagai objek wisata, namun Korea Utara juga menawarkan banyak objek wisata yang tak kalah menyenangkan. Tak hanya berkunjung ke lokasi wisata, anda juga bisa membawa oleh-oleh dari Negeri kontroversial yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini.

Oleh-oleh khas dari Korea Utara sebenarnya tidak jauh berbeda dari Korea Selatan. Karena pada dasarnya kebudayaan yang diusung juga sama. Nah, untuk melihat apa saja buah tangan yang bisa dibawa. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang.

1. Kimchi

Kimchi
Image Credit: Twitter Okezone

Siapa yang tidak kenal makanan khas Korea satu ini. Kimchi sudah banyak dikenal dari banyaknya drama Korea yang ditonton yang sering sekali menampilkan Kimchi sebagai makanan sehari hari. Sehingga banyak orang dari luar negeri yang tertarik mencoba dan memakan Kimchi ini bahkan menjadikannya oleh-oleh.

Seiring berkembangnya dan lebih dikenalnya Kimchi di dunia international. Maka proses produksi Kimchi pun banyak berkembang saat ini. Bahkan tak jarang Kimchi sudah dikemas dengan praktis dan bisa dibawa kemana saja. Kimchi juga banyak dijual sebagai oleh-oleh khas yang bisa anda temui dimana saja disana.

Kimchi adalah makanan pendamping yang selalu ada di meja makan masyarakat Korea, baik Utara maupun Selatan. Sehingga produksi Kimchi sudah sangat banyak dan tersedia dengan berbagai ukuran saat ini. Anda juga tak perlu khawatir bila membawanya untuk oleh-oleh karena sudah dikemas dengan baik.

2. Teh Korea

Teh Korea
Image Credit: Instagram ujusnack_nomnom

Budaya minum teh memang dikenal berasal dari budaya cina. Budaya minum teh ini sudah dilakukan dari dulu dan diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Budaya minum teh ini kemudian ditularkan ke negara negara di sekitar Cina. Dalam kisah masa lalu juga Korea sempat diduduki oleh Cina hingga bertahun tahun.

Sehingga tentu saja kebudayaan Cina banyak diadaptasi ke budaya Korea. Salah satunya adalah menjadi makanan dan juga minuman seperti teh. Teh khas Korea ini banyak terdiri dari jenis teh hijau atau teh gingseng. Minum teh ini juga dipercaya bisa meningkatkan stamina dan juga menjaga daya tahan tubuh masyarakat Korea.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mongolia yang Paling Diburu Wisatawan

Setelah perkembangan teknologi dan industri, minuman teh inipun hadir dalam kemasan yang praktis bisa dibeli dan dibawa kemana saja. Varian teh khas Korea inipun akhirnya juga berkembang menjadi beberapa rasa lainnya. Rasa yang banyak diminati wisatawan adalah seperti teh mint, teh jahe hingga teh ssang hwa tonik.

3. Tteok

Tteok Korea
Image Credit: Twitter Master3Languages

Demam K-pop memang membawa dampak tersendiri untuk Korea Selatan maupun Korea Utara. Dampak yang paling terasa adalah dari kebudayaan makanan masyarakat Korea yang sekarang banyak dikenal. Salah satu makanan Korea yang sering disuguhkan dalam banyak drama adalah Tteok atau kue beras.

Tteok ini merupakan makanan tradisional Korea yang bisa diolah dengan berbagai macam masakan. Baik menjadi jajanan pedas yang disukai banyak anak muda, atau menjadi jajanan lainnya seperti sup. Budaya makan kue beras atau Tteok ini tak hanya popoler di Korea Selatan namun juga di Korea Utara.

Tteok juga menjadi salah satu hidangan wajib untuk berbagai acara perayaan Korea. Sehingga oleh-oleh khas Korea Utara yang juga wajib anda bawa adalah Tteok. Kue beras ini sudah banyak tersedia dengan berbagai kemasan yang praktis dan bisa anda bawa pulang. Berbagai ukuran kemasan Tteok disediakan dengan beragam kualitasnya juga.

4. Ginseng

Ginseng
Image Credit: Facebook Susan Ana

Korea dikenal sebagai negeri Gingseng. Hal ini karena memang gingseng banyak sekali digunakan oleh masyarakat Korea hampir disemua makanan dan minuman. Efek gingseng yang bisa menghangatkan tubuh akan membantu masyarakat Korea menghadapi musim dingin yang ekstrim dan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Walaupun harganya cukup mahal, namun kualitas gingseng yang dihasilkan di Korea tidak perlu lagi diragukan. Gingseng bisa menjadi campuran minuman bahkan sering digunakan sebagai bahan dasar arak. Kemudian gingseng juga bisa menjadi pelengkap bahan makanan dan akan memberikan citarasa yang lezat namun hangat.

Tak hanya itu, kepopuleran gingseng Korea juga sering dijadikan sebagai bahan kosmetik yang membuat kualitas produk kecantikan tersebut menjadi lebih baik. Bila anda ingin membeli oleh-oleh Gingseng khas Korea, maka akan tersedia bentuk mentahnya yang dikemas dengan cantik untuk hantaran dan bisa anda bawa pulang.

BACA:  10 Makanan Khas Mongolia yang Terkenal & Wajib Dicoba

5. Sujeo

Sujeo Korea
Image Credit: Instagram Alat Bahan Baking Cooking

Oleh-oleh Asia Timur tak hanya berupa makanan dan minuman saja, namun anda juga bisa membawa buah tangan berupa barang. Sujeo adalah peralatan makan masyarakat Korea yang khas. Pemakaian Sujeo ini sudah banyak anda lihat di berbagai drama Korea. Sehingga tak hanya makanannya yang terasa nikmat namun cara makannya pun terasa unik.

Sujeo adalah alat makan yang menggunakan bahan dasar logam sehingga tidak mudah berkarat. Alat makan ini berupa sendok dan sumpit. Masyarakat Korea sering menggunakan perpaduan sendok dan sumpit untuk alat makan sehari hari. Kemasan yang cantik dan mudah dibawa menjadikan Sujeo oleh-oleh yang cocok dan praktis untuk anda.

6. Hangwa

Hangwa
Image Credit: Twitter SnackFever by The Daebak Company

Hwangwa juga bisa menjadi oleh-oleh khas Korea Utara yang bisa anda bawa pulang dengan mudah. Buah tangan ini berupa kue yang dibentuk cantik dan berukuran kecil. Kue Hwangwa ini terbuat dari gandum, madu dan berbagai macam jenis biji bijian lainnya. Hwangwa terbuat dengan menggunakan bahan dasar beras.

Kue yang seperti biskuit ini juga banyak disajikan untuk banyak acara persembahan dan perayaan khas Korea. Yang menjadi ciri khas Kue Hwangwa ini adalah tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Sehingga anda tidak perlu kuatir bila memakannya dan aman dikonsumsi untuk segala usia.

7. Doenjang Jjigae

Doenjang Jjigae Korea
Image Credit: Twitter KTO India

Doenjang Jjigae juga banyak dikenal lewat drama Korea yangs ering orang tonton. Bahan dasar makanan khas Korea ini berasal dari kedelai yang sirebus kemudian dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu, pasta kedelai ini akan difermentasi dan jadilah Doenjang Jjigae. Olahan Doenjang Jjigae ini sering dicampurkan untuk menambah citarasa makanan di Korea.

Makanan rebusa atau sup akan sangat lezat bila anda menambahkan Doenjang Jjigae atau pasta kedelai ini kedalamnya. Anda bisa membawanya untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Doenjang Jjigae saat ini sudah tersedia juga dengan kemasan yang praktis dan bisa anda beli di toko oleh-oleh di mana saja.

8. Bantal Korea

Bantal Korea
Image Credit: Twitter Blanja Online

Rekomendasi oleh-oleh khas lainnya adalah Bantak Korea. Bantal ini bukan bantal biasa namun mmepunyai bentuk yang unik dengan perpaduan warna kain yang cantik. Bantal yang berukuran kecil bukan berisi kapas seperti bantal kebanyakan namun masyarakat Korea akan mengisinya dengan biji gandum.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Korea Utara Buat Liburan

Bantal khas Korea ini akan sering anda lihat di banyak Drama Korea yang bertema Kerajaan atau jaman dahulu. Sehingga bantal khas Korea ini juga banyak menarik wisatawan untuk membelinya sebagai oleh-oleh unik. Tak hanya makanan, anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa barang khas budaya Korea seperti bantal ini.

9. Soju

Soju
Image Credit: Twitter Blackswan

Minuman keras khas Korea ini juga begitu terkenal hingga dunia International. Soju seringkali muncul di darama Korea sebagai minuman wajib untuk masyarakat Korea. Bagi anda yang senang dengan minuman beralkohol, maka Soju wajib anda coba. Soju adalah minuman keras yang terbuat dari fermentasi beras.

Minuman keras khas Korea ini mempunyai kadar alkohol sekitar 20 persen hingga 40 persen. Untuk membeli minuman ini di Korea tidaklah sulit, banyak toko yang menjual produk ini seperti menjual Mie Instan. Anda bisa membawa beberapa botol untuk disimpan dan dirasakan setelah pulang liburan.

10. Hanbok

Hanbok Korea
Image Credit: Twitter Seoul Journal

Hanbok adalah pakaian tradisional Korea. Baik Korea Selatan maupun Korea Utara semua menggunakan Hanbok sebagai pakaian tradisional mereka. Hanbok juga seringkali muncul di banyak Drama Korea bertema sejarah. Tak hanya itu, pakaian Hanbok juga masih digunakan hingga saat ini untuk berbagai perayaan dan hari besar.

Baju tradisional ini masih dipertahankan hingga kini oleh masyarakat Korea dengan desain yang modern. Pilihan dan perpaduan warna yang cantik bisa anda pilih dan dipadukan dengan aksesoris rambut yang sesuai. Bila anda berkunjung di tempat wisata Korea terdapat banyak persewaan Hanbok yang bisa anda coba untuk berfoto.

Untuk harga Hanbok bila anda ingin membelinya juga cukup terjangkau. Harga satu set Hanbok adalah sekitar Rp 1,5 juga hingga Rp 2 juta tergantung bahan dan kualitas jahitnya. Paket pakaian Hanbok ini juga bisa menjadi paket oleh-oleh khas Korea Utara yang akan cocok bila anda bawa pulang.

Korea Utara merupakan negara yang terkenal dengan nuklirnya. Tak banyak memang wisatawan yang melirik negara ini sebagai tujuan destinasi wisata. Namun ternyata, banyak juga lho tempat menarik di Korea Utara yang bisa anda kunjungi dan tak kalah menarik dari Korea Selatan. Anda bisa mencoba berlibur ke Negara unik satu ini berikutnya.