Korea Utara dikenal sebagai negara yang penuh kontroversial. Umunya orang akan memilih pergi ke Korea Selatan untuk berlibur. Namun tak banyak yang tahu, bahwa anda juga bisa berlibur ke Korea Utara. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut mempunyai banyak destinasi wisata yang unik yang bisa anda kunjungi.

Walaupun dari luar Korea Utara tampak sebagai negara yang tidak bersahabat, namun bukan berarti negara satu ini tidak bisa dikunjungi. Bila anda berkujung ke negara ini, memang akan ada beberapa aturan ketat. Namun aturan tersebut tidak akan membuat sensasi berkunjung ke destinasi wisatanya berkurang. Berikut ulasannya.

1. Arc of Thriumph

Arc of Thriumph
Image Credit: Twitter Japanese To English

Bangunan Arc of Thriumph tak hanya ada di Perancis saja namun Korea Utara juga ada. Bangunan yang terletak di distrik Moranbong kota Pyongyang ini, dahulu didirikan sebagai sebuah penanda perlawanan Korea Utara terhadap Jepang pada tahun 1925-1945 dan menjadi lokasi favorit dikunjungi wisatawan.

Bangunan estetik ini memiliki tinggi sekitar 60 meter dengan lebar 52 meter. Uniknya, monumen Arc of Thriumph ini dibangun dengan menggunakan granit sejumlah 25.500 blok. Monumen yang sudah berusia sekitar 37 tahun ini tambah unik karena dilengkapi dengan 3 lapisan atap bergaya tradisional Korea.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Arch of Triumph, Pyongyang, Korea Utara.

2. Juche Tower

Juche Tower
Image Credit: Google Maps Randolfo Santos

Keindahan yang disuguhkan oleh Juche Tower sangat indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih bila anda berkunjung pada malam hari. Dari lokasi Juche Tower anda akan bisa menyaksikan indahnya kota Pyongyang dari atas dengan ditaburi gemerlap lampu kota yang tak kalah indah dari kota kota besar lainnya.

Lokasi wisata yang menjadi main attraction untuk wisatawan ini merupakan kebanggan rakyat Korea Utara. Lokasi Juche Tower tepatnya berada di sebelah timur sungai Taedong. Awalnya, menara ini dibangun untuk memperingati ulang tahun Kim Il Sung, presiden saat itu yang ke 70 tahun. Menara indah ini mempunyai ketinggian mencapai 170 meter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Juche Tower Street, Pyongyang, Korea Utara.

3. Sino Bridge

Sino Bridge
Image Credit: Google Maps Da cihua

Sino Bridge atau jembatan Sino adalah lokasi yang merupakan penanda persahabatan antara negara Korea Utara dan Tiongkok. Jembatan ini tak hanya menjadi simbol, namun juga sebagai penghubung antar kota seperti Tiongkok, Dandong, dan Sinuiju. Jembatan ini dibuka untuk umum dan menyuguhkan pemandangan yang cantik di malam hari.

BACA:  11 Makanan Khas Korea Utara yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinuiju, North Pyongan, Korea Utara.

4. Victorious War Museum

Victorious War Museum
Image Credit: Google Maps Nuntaporn Arsirapojchanakul

Musem yang terkenal di Korea Utara ini menyimpan banyak peninggalan sejarah yang akan membuat anda lebih mengerti tentang negara kontroversial satu ini. Victorious War Museum menyimpan banyak koleksi kendaraan perang dan juga senjata senjata yang pernah digunakan tentara saat perang jaman dahulu.

Namun bila anda berminat mengunjungi musem ini, maka akan diwajibkan untuk menyewa jasa guide dari masyarakat lokal. Salah satu pantangan yang tidak boleh anda lakukan adalah menghina negara Korea Utara di dalam museum. Karena bisa bisa anda digelandang ke penjara bahkan dijatuhi hukuman mati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, E KP Harbin, Heilongjiang Province.

5. Korean Demilitarized Zone (DMZ)

Korean Demilitarized Zone (DMZ)
Image Credit: Google Maps Bowei Li

Lokasi satu ini cukup menantang untuk dikunjungi. Bukan wahana pemacu adrenalin, namun lokasi ini adalah batas wilayah antara negara Korea Utara dan Korea Selatan yang terkenal. Lokasi perbatasan ini lebih dikenal dengan nama Korean Demilitarized Zone atau DMZ. Batas kedua negara ini dibuat setelah usai perang.

Bila anda berkunjung ke lokasi perbatasan ini, maka banyak aturan yang harus anda taati. Salah satunya adalah dengan tidak berisik karena lokasi ini harus tetap sunyi. Suasana tegang akan tercipta di sekitar lokasi. Suara sedikit saja bahkan bisa memicu baku tembak yang bisa berakibat fatal untuk kedua negara. Cukup ngeri ya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaesŏng, Korea Utara.

6. Kumsusan Palace of the Sun

Kumsusan Palace of the Sun
Image Credit: Google Maps 高宮章

Kumsusan Palace of the Sun terletak di bagian pinggir kota Pyongyang. Bangunan ini terlihat cukup megah dan sangat cocok djadikan salah satu objek wisata di Korea Utara. Bangunan yang disebut juga sebagai Istana Matahari Kumsusan ini dibangun pada masa Kim Il Sung yang diperuntukkan kepada sang putra tercinta, Kim Jong Il pda tahun 1976.

Namun ketika Kim Il Sung kemudian meninggal pada tahun 1994, terjadi perombakan bangunan istana besar besaran. Pembangunan ini menjadikan Kumsusan Palace of the Sun terlihat lebih megah daripada Taj Mahal di India. Namun sayangnya, lokasi wisata indah dan megah ini tidak dibuka setiap hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Korea Utara, Pyongyang.

7. The State Circus Pyongyang

The State Circus Pyongyang
Image Credit: Google Maps Jul

Industri hiburan Korea Utara juga patut anda kunjungi karena tak kalah menarik dari Korea Selatan. Terdapat lokasi atraksi hiburan terbaik di The State Circus Pyongyang. Lokasi wisata yang sudah ada sejak tahun 1989 ini menampilkan banyak atraksi hiburan khas Korea Utara yang akan menarik anda ketahui.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Korea Utara yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pyongyang, Korea Utara.

8. Kaesong Koryo Museum

Kaesong Koryo Museum
Image Credit: Google Maps Randolfo Santos

Korea Utara mempunyai beberapa wisata museum menarik yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Kaesong Koryo Museum. Museum ini menghadirkan berbagai macam artefak peninggalan sejarah dari mada Kerajaan Koryo. Artefak ini sebagai penanda kehidupan masyarakat Korea pada jaman tersebut dengan berbagai alat kuno yang menarik.

Bahkan, saat mengunjungi museum Asia Timur ini, anda akan bisa menyaksikan dan memahami mengapa Korea Utara dan Korea Selatan sampai berseteru hingga kini. Bangunan bekas Kerajaan Koryo ini digunakan sejak tahun 918 hingga 1392. Dengan mengunjungi museum ini anda akan menyaksikan kehidupan rakyat kuno Korea.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaesŏng, North Hwanghae, Korea Utara.

9. Air Terjun Ullim

Air Terjun Ullim
Image Credit: Google Maps Nelson Muñoz

Tak hanya lokasi bersejarah saja, namun Korea Utara juga menawarkan lokasi wisata air terjun yang cantik. Air terjun Ullim ini mempunyai aliran air yang jernih dan bisa menangkan. Sehingga banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke lokasi wisata alam ini. Perjalanan ke lokasi air terjun bisa anda tempuh dari pelabuhan Wonsan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Changhung-ni, Korea Utara.

10. Gunung Baekdu

Gunung Baekdu
Image Credit: Google Maps Pedro Luis Moreno Martínez

Gunung terkenal ini juga dipercaya sebagai tanah suci di Korea Utara. Gunung Bekdu terletak di perbatasan Korea Utara dan China. Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 2.744 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di daratan Korea. Tak hanya gunungnya yang indah namun yang paling menarik adlaah puncaknya.

Puncak Gunung Baekdu terdapat danau kawah cantik yang juga disebut danau surga. Danau surga ini memiliki aliran air yang sangat jernih dan lingkungan alam yang terjaga keasriannya. Gunung ini akan cocok untuk anda yang hobby mendaki. Namun gunung ini juga harus diwaspadai karena masih merupakan gunung aktif.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Baekdu, Korea Utara.

11. Monumen Agung Mansudae

Monumen Agung Mansudae
Image Credit: Google Maps Trimong Jansawek

Lokasi wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Monumen Agung Mansudae. Pada menumen ini terdapat dua patung raksasa yang merupakan perwujudan Pemimpin Agung dan Pemimpin Terhormat. Patung yang diresmikan pada tahun 1972 ini sering menjadi ikon Korea Utara saat muncul pada pemberitaan International.

Patung asli yang terdapat dalam monumen ini dibalut dengan emas asli. Namun kemudian lapisan emas ini disingkirkan karena keberatan dari China selaku negara yang mendanai. Patung ini juga seringkali difungsikan sebagai patung pemujaan Kim dan pengunjung juga harus ikut menghormati patung ini.

BACA:  10 Makanan Khas Mongolia yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pyongyang, Korea Utara.

12. Menara Ideologi Juche

Menara Ideologi Juche
Image Credit: Google Maps Frank Hoeselbarth

Korea Utara mempunyai filosofi yang masih dijunjung tinggi hingga kini yaitu filosofi Juche. Sehingga pembangunan menara ini memiliki filosofi tersebut dan juga ditandai sebagai menara ulang tahun ke 70 Presiden Kim Il Sung. Menara yang didirikan pada tahun 1982 ini dibangun dengan bahan granit sebanyak 25.550 blok.

Makna penggunaan 25.550 blok granit tersebut menandakan umur Kim Il Sung yang dihitung dengan hari hingga ulang tahunnya yang ke 70. Juche dalam arti bahasa Korea adalah kemandirian. Sifat kemandirian inilah yang menjadi filosofi kehidupan rakyat Korea Utara hingga saat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Juche Tower Street, Pyongyang, Korea Utara.

13. Alun-alun Kim Il-sung

Alun-alun Kim Il-sung
Image Credit: Google Maps Ralf B.

Alun alun ini mempunyai nama yang khas yaitu diambil dari nama Pendiri Korea Utara yaitu Kim Il Sung. Presiden abadi Korea Utara ini diabadikan menjadi nama alun alun kota tepatnya pada Agustus 1954. Dengan luas 75 ribu persegi, alun alun ini menjadi saksi kebangkitan negara ini setelah perang Korea tahun 1950 – 1953.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pyongyang, Korea Utara.

14. Metro Pyongyang

Metro Pyongyang
Image Credit: Google Maps Jes Tuan

Tak hanya di Korea Selatan, namun di Korea Utara juga memiliki fasilitas stasiun kereta bawah tanah atau metro. Stasiun bawah tanah ini memiliki dua jalur yang juga berfungsi sebagai bunker nuklir. Bahkan untuk berkunjung ke lokasi ini, banyak rombongan wisata yang menawarkan mengunjungi metro Pyongyang.

Harga Tiket: 2 WON; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pyongyang, Korea Utara.

15. USS Pueblo

USS Pueblo
Image Credit: Google Maps Hai Thinh

Objek wisata satu ini memang cukup unik namun menarik untuk dikunjungi. USS Pueblo merupakan lokasi wisata yang akan memamerkan kapal pengintai milik AS yang dahulu disita oleh Korea Utara. Tak hanya kapal saja, namun awak kapal juga konon disandera dan dibebaskan setelah adanya surat permintaan maaf Presiden AS Lyndon B. Johnson.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Korea Utara, Pyongyang.

Berbagai tempat wisata menarik di Korea Utara tersebut bisa menjadi referensi anda bila ingin berlibur dengan cara yang unik. Tujuan wisata di atas wajib masuk ke dalam list perjalanan anda bisa mengunjungi Korea Utara. Selalu menaati peraturan, patuhi protokol kesehatan dan selamat berlibur.