China memang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kawasan Shanghai yang merupakan kota metropolitan dan menjadi pusat ekonomi di China. Selain dikenal sebagai kawasan perdagangan, kawasan ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa anda singgahi.

Ada banyak hal yang bisa anda jelajahi ketika berada di Shanghai. Mulai dari wisata alam, wisata malamnya yang mengagumkan hingga wisata budaya khas China. Untuk anda yang masih bingung ingin menghabiskan waktu ketika berada disini, berikut akan diulas tempat wisata di Shanghai yang cocok sebagai tujuan liburan.

1. Shanghai Botanical Garden

Shanghai Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Yue Dai

Bagi anda yang menyukai wisata bertema alam seperti taman dan kebun, maka Shanghai Botanical Garden dapat menjadi destinasi yang anda tuju. Taman botani ini memiliki luas sekitar 81.86 hektar dan menyimpan banyak sekali koleksi tanaman dan bunga yang indah. Disini, anda pun akan menemukan pengunjung yang sedang berjalan jalan santai atau sekedar mengisi waktu luang.

Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di Shanghai Botanical Garden. Diantaranya adalah bermain bulu tangkis, jalan jalan hingga memancing ikan. Tentu saja, anda pun juga bisa mengabadikan momen di kamera bersama dengan bunga bunga yang tumbuh di taman yang cantik ini. Mulai dari mawar, anggrek dan bunga lain bisa anda temukan disini.

Harga Tiket: RMB 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Shanghai, Xuhui District.

2. Shanghai Natural History Museum

Shanghai Natural History Museum
Image Credit: Google Maps Savoir Aimer

Apabila anda ingin mencoba berwisata sejarah ketika berada di Shanghai, maka anda pun bisa langsung mengunjungi Shanghai Natural History Museum. Berada disini, anda pun akan disuguhkan dengan berbagai koleksi seperti macan, panda, dinosaurus bahkan laba laba yang berasal dari jaman purba.

Salah satu museum di Shanghai ini dapat dikategorikan menjadi museum ilmu pengetahuan yang terbesar di China. Sehingga tidak mengherankan jika museum ini menarik dan banyak dikunjungi oleh kalangan pelancong. Di samping itu, arsitektur dari bangunan ini pun terlihat modern dan sangat mengesankan.

Harga Tiket: RMB 30; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jing’An, Tiongkok.

3. Waibaidu Bridge

Waibaidu Bridge
Image Credit: Google Maps Zhou Dong

Jembatan taman atau yang dikenal dengan Waibaidu Bridge merupakan destinasi wisata favorit yang bisa anda nikmati selama berada di Shanghai. Jembatan yang dibangun sejak tahun 1906 ini memang memiliki keindahan tersendiri, terutama jika anda mengunjunginya saat sore hari. Dengan memiliki panjang sekitar 105 meter, anda pun bisa puas menjelajah destinasi ini.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Taichung Taiwan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waitan, Huangpu, Tiongkok.

4. China Art Museum

China Art Museum
Image Credit: Google Maps delta perdana

Destinasi wisata berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah China Art Museum. Destinasi tersebut merupakan salah satu museum terbesar yang bisa anda jumpai di Asia. Museum tersebut telah dibuka untuk umum sejak 1 Oktober 2012. Untuk pameran dari museum ini sendiri terbagi menjadi 4 tema.

Diantaranya adalah karya seni dari pelukis terkenal, karya abda sekarang, karya seni sejarah pembangunan dan budaya China hingga karya seni kontemporer dan modern. Selain banyaknya karya seni yang ditampilkan, hal yang menjadikan daya tarik dari wisata ini adalah arsitekturnya yang megah dan bisa anda nikmati selama liburan.

Harga Tiket: RMB 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shangnan Rd, Pudong, Shanghai, Tiongkok.

5. Shanghai Ocean Aquarium

Shanghai Ocean Aquarium
Image Credit: Google Maps S G

Ingin melihat berbagai jenis ikan saat berada di kota metropolitan ini? Maka salah satu tempat wisata hits yakni Shanghai Ocean Aquarium dapat menjadi destinasi yang anda kunjungi berikutnya. Disini, anda akan bisa melihat berbagai macam satwa laut yang mana menjadi salah satu akuarium terbesar di dunia dengan panjang terowongan mencapai 155 meter.

Luas dari area wisata ini pun terbilang sangat besar, yakni mencapai lebih dari 20 ribu meter persegi. Selain menikmati pemandangan bawah laut, anda pun juga disuguhkan dengan berbagai macam hidangan yang lezat ketika berada di restoran. Bagi anda yang ingin membeli buah tangan, anda pun juga bisa membelinya di sentra oleh oleh.

Harga Tiket: RMB 110; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Shanghai, Pudong, Lujiazui.

6. Jing’an Temple

Jing'an Temple
Image Credit: Google Maps Bohemian Life

Destinasi wisata berikutnya yang ada di Asia Timur ini tidak boleh anda lewatkan adalah Jing’an Temple. Kuil Budha ini memang sangat terkenal di daerah Nanjing Barat. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di pusat bisnis, pasar lokal dan juga pusat dari jajanan yang ada di Shanghai. Ketika anda melihat kuil ini, maka kesan bangunan serta arsitektur yang megah akan bisa anda rasakan.

Kuil yang memiliki kombinasi dari warna merah dan emas ini memang terlihat menakjubkan. Bahkan interior dari kuil ini pun sangat bagus dan terawat cukup baik. Selain itu, terdapat pula banyak patung budha yang sangat indah bisa anda jumpai disini. Apabila anda ingin berbelanja atau mencari makanan, maka di sekitar tempat ini anda pun akan bisa dengan mudah menjumpainya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di China Buat Liburan
Harga Tiket: RMB 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nanjing Rd (W), Jing’An, Shanghai, Tiongkok.

7. Shanghai Zoo

Shanghai Zoo
Image Credit: Google Maps Larry L Sr.

Bagi anda yang ingin menikmati atraksi dari hewan yang eksotis, maka Shanghai Zoo menjadi destinasi yang bisa dikunjungi berikutnya. Jika anda berlibur bersama keluarga dan si kecil, tentunya salah satu tempat wisata di Shanghai ini tak luput dari perhatian anda. Pengunjung yang datang kesini pun bisa melihat binatang lengkap dengan pohon dan tanaman hijau.

Harga Tiket: RMB 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Changning District, Tiongkok.

8. Shanghai Science and Technology Museum

Shanghai Science and Technology Museum
Image Credit: Google Maps Carspar Wang

Ketika berada di kota metropolitan ini, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Shanghai Science and Technology Museum. Destinasi yang memiliki berbagai macam koleksi seperti robot, dunia binatang dan juga kehidupan luar angkasa menjadi salah satu hal yang menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: RMB 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shiji Blvd, Pudong, Shanghai, Tiongkok.

9. City God Temple of Shanghai

City God Temple of Shanghai
Image Credit: Twitter Arturo Botticelli

Saat menghabiskan waktu di Shanghai, jangan lupa mampir ke City God Temple of Shanghai. Pasalnya, salah satu kuil rakyat yang terletak di kota tua ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Berada di kawasan ini pun anda akan langsung disuguhkan dengan bangunan kuil China yang khas serta arsitekturnya yang mempesona.

Selain itu, anda pun bisa datang kapan saja, baik itu siang hari atau malam hari. Sebab, kedua waktu tersebut anda akan melihat megah dan indahnya kuil tua ini. Selain disuguhkan dengan pemandangan kuil, anda juga bisa sekaligus berbelanja berbagai macam souvenir yang terletak di sekitar kuil.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fangbang Middle Rd, Huangpu, Shanghai, Tiongkok.

10. People Square

People Square
Image Credit: Google Maps delta perdana

Untuk anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar kawasan ini, maka tempat wisata berikutnya yakni People Square wajib untuk anda kunjungi. Area publik yang ada di distrik Shanghai ini terdiri dari area bermain untuk anak anak dan juga taman yang bisa anda kunjungi. Selain itu, jika anda ingin berolahraga, maka area untuk jogging dan senam juga tersedia disini.

Lokasinya yang berada di tengah kota, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan berupa Gedung Gedung pencakar langit yang menawan untuk dijadikan latar belakang foto. Selain itu, di sekitar alun alun anda juga bisa menemukan berbagai macam patung yang berdiri. Apabila perut keroncongan, anda bisa melanjutkan perjalanan untuk mencicipi hidangan yang ada di restoran sekitar.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Macau yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: People’s Square, Huangpu, Shanghai, Tiongkok.

11. Jade Budha Temple

Jade Buddha Tempe
Image Credit: Google Maps carlo bianco

Salah satu kuil Budha yang telah dibangun sejak 1882 ini adalah tempat yang terbilang sangat megah. Dengan arsitekturnya yakni kuning dan merah, anda pun juga akan bisa melihat indahnya patung peninggalan jaman dulu. Patung yang cukup popular di area kuil ini adalah patung Budha yang memiliki bahan Jade.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anyuan Rd, Jing’An, Tiongkok.

12. Tianzifang

Tianzifang
Image Credit: Google Maps Lisa Ni

Tianzifang merupakan salah satu pusat wisata seni dan kerajinan yang bisa anda temui di Shanghai. Letaknya sendiri berada di area perumahan tradisional, dimana anda bisa melihat galeri, kerajinan butik dan juga lainnya. Bahkan ketika lelah, anda dapat dengan mudah menemukan kafe atau bar. Salah satu objek wisata ini memang paling pas dikelilingi dengan berjalan kaki.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taikang Rd, Huangpu, Tiongkok.

13. Xintiandi

Xintiandi
Image Credit: Google Maps Alexander Shin

Selain Tianzifang, ada salah satu area di Shanghai yakni Xintiandi yang terkenal sebagai tempat untuk kuliner dan berbelanja. Kawasan hiburan ini memiliki arsitektur yang sangat keren. Anda pun bisa menyantap hidangan makanan khas China yang lezat di pinggir kafe, sembari diiringi musik yang indah. Pastinya anda pun akan dibuat betah menghabiskan waktu disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madang Rd, Huangpu, Shanghai, Tiongkok.

14. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center
Image Credit: Google Maps Amber

Gedung tertinggi ke 8 di dunia ini tentu saja akan memberikan pemandangan yang menakjubkan dari kota Shanghai. Anda pun bisa melihat keindahan kota ini dari ketinggi melalui dek pengamatan yang ada di lantai 94. 97 dan juga 100. Di lantai 100, anda pun bisa menikmati pemandangan yang paling tinggi dengan kaca yang transparan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Shanghai, Pudong.

15. Shanghai Disney Resort

Shanghai Disney Resort
Image Credit: Google Maps Savoir Aimer

Theme park yang ada di Shanghai ini juga menarik untuk dijelajahi. Disini, anda pun bisa menikmati berbagai macam wahana, atraksi dan juga pertunjukan dari karakter Disney. Selain itu, anda juga bisa mencicipi berbagai hidangan dan camilan manis khas Disney ketika mengunjungi salah satu tempat wisata populer ini.

Harga Tiket: RMB 499; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Shang Hai Shi, Pudong.

Beberapa destinasi wisata menarik tersebut memang bisa anda jumpai ketika sedang berlibur di Shanghai. Kawasan wisata yang ada di kota metropolitan tersebut memang pas untuk dijelajahi ketika liburan. Anda pun akan bisa mendapatkan keseruan tersendiri. Mulai dari berwisata budaya, wisata alam hingga hiburan.