Liburan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat wisata saja. anda juga bisa sekalian mencicipi aneka kulinernya untuk memanjakan lidah dan perut anda. Seperti halnya ketika anda plesiran ke China, ada banyak makanan khas China yang terkenal dan wajib dicoba. Penggemar kulinernya bahkan tidak hanya warga China namun juga mancanegara.

Citarasa tidak perlu diragukan lagi, bahkan di tanah air juga sudah banyak makanan China. Namun tidak sedikit yang menyadari bahwa makanan tersebut berasal dari negeri Tirai Bambu. Ciri makanan China banyak menggunakan saus, bawang putih dan ada juga yang menggunakan arak. Masing-masing daerahnya juga akan memiliki ciri khas tersendiri.

1. Laziji

Laziji
Image Credit: Twitter ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜€๐—ฆ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€

Kuliner anda bisa dimulai dengan mencicipi Laziji yang merupakan kuliner pedas khas Sichuan. Bahan utamanya adalah ayam yang telah dipotong kecil kecil kemudian dibumbui dengan cabai kering. Cabai kering yang dipakai tentu khas dari Sichuan, kemudian ditambahkan pasta kacang pedas, jahe, bawang juga lada khas Sichuan.

Sebenarnya olahan ayam ini berasal dari Chongqing tetapi banyak ditemukan di Sichuan juga. Biasanya Laziji akan disediakan dengan irisan daun bawang agar menambah rasa. Warnanya merah pekat dan sudah akan membuat air liur anda mengalir. Laziji termasuk makanan kondang yang sayang untuk dilewatkan saat sedang di China.

2. Bebek Peking

Bebek Peking
Image Credit: Twitter Dragon_Resto

Olahan dari bebek satu ini tentu tidak asing di telinga pecinta kuliner. Makanan khas ini yang terkenal dan wajib dicoba ini memang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Penampakannya seperti bebek panggang dengan bumbu manis dan warna kecoklatan. Untuk menyajikannya akan diiris tipis dan bisa dimakan dengan nasi serta dicocol saus kacang merah.

Dahulu Bebek Peking adalah makanan untuk para raja Tiongkok, namun saat ini sudah bisa dinikmati semua kalangan. Hal inilah yang membuat Bebek Peking begitu istimewa. Bebek yang digunakan juga tidak sembarangan, bebek harus diberi makan bubur dari biji bijian dalam waktu 20 hari sebelum dipotong. Inilah yang membuat rasanya lebih gurih juga lembut.

3. Jian Bing

Jian Bing
Image Credit: Twitter Xandra van Wijk

Jika melihat tampilannya, anda akan mengingat kebab atau crepes dan menjadi makanan untuk sarapan. Di Tiongkok anda juga bisa dengan mudah menemukan Jian Bing di street food. Untuk bahan dasarnya adalah tepung gandum juga jagung. Keduanya dimasak dengan wajan rata, kemudian ditambahkan dengan daging, telur, bumbu lainnya juga daun ketumbar.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Taichung Taiwan Buat Liburan

Seperti halnya kebab, isian tersebut akan digulung dan diberikan saus pedas. Perpaduan rasa gurih dan pedas yang dimilikinya akan membuat perpaduannya begitu pas. Jian Bing juga rendah kalori dan memiliki perpaduan sempurna antara protein juga karbohidratnya. Kulitnya yang kecoklatan terkadang juga terasa crispy.

4. Won Ton

Won Ton
Image Credit: Instagram BLONDIE

Makanan khas yang terkenal berikutnya adalah Won Ton. Won Ton juga dikenal dengan nama pangsit, tepatnya tepung lembaran yang didalamnya berisi dengan daging cincang. Cara pengolahannya dengan cara direbus, kemudian bisa digoreng ataupun disajikan dengan sup.

Selain daging cincang, Won Ton juga berisi udang, sayuran dan daging babi. Bumbu yang digunakan terbilang sederhana, dengan kecap asin, minyak wijen juga saus tiram. Di Indonesia sendiri anda bisa dengan mudah menemukan Won Ton. Biasanya diolah menjadi pangsit goreng, pangsit kuah juga sebagai topping olahan mie.

5. Hainan Jifan

Hainan Jifan
Image Credit: Twitter @KnocKnockCafe

Hainan Jifan atau yang dikenal dengan Nasi Hainan yang merupakan menu tradisi dari suku Hainan di perantauan. Di kawasan Asia Tenggara sendiri Hainan Jifan sudah bercampur dengan makanan Kanton dan Asia Tenggara. Untuk memasaknya, ayam akan direbus dengan kaldu babi atau tulang ayam. Untuk pelengkap ditambah kecap, saus tiram, serbuk jahe dan saus cabai.

6. Tahu Mapo

Tahu Mapo
Image Credit: Twitter Aurelia V

Kuliner khas berikutnya adalah Tahu Mapo. Hidangan satu ini dibuat dari tahu yang telah dipotong dadu, kemudian dibumbui serta ditambahkan dengan saus pedas. Dalam Tahu Mapo juga ditambahkan dengan douban atau fermentasi kacang polong dengan cabai. Serta douchi atau fermentasi kacang hitam sebagai ciri khas.

Kuliner khas China satu ini juga terkenal dengan rasanya yang kaya dan pedas. Anda bisa menemukan isian lain seperti daging sapi cincang, jamur kuping dan juga sayuran lainnya. Memiliki aroma yang harum dengan kuah kental dan juga tekstur yang lembut. Membuat Tahu Mapo sangat cocok dinikmati dalam kondisi yang masih hangat atau panas.

7. Ayam Cincang Gong Bao

Ayam Cincang Gong Bao
Image Credit: Twitter Dining Cooking

Seperti namanya, olahan satu ini memang berbahan dasar ayam. Ayam akan dicincang kemudian ditambahkan dengan bumbu khas Tiongkok serta rempah pilihan. Yang membuatnya makin nikmat akan ditambahkan juga kacang goreng serta cabe kering. Perpaduan rasanya yang gurih membuat Ayam Cincang Gong Bao banyak difavoritkan oleh turis mancanegara.

8. Dim Sum

Dim Sum
Image Credit: Twitter Alan

Nama Dim Sum didapatkan dari bahasa Kantonis yang artinya makanan kecil. Makanan khas ini memiliki banyak jenis, dari hakau, bakpao, siomay sampai mantau. Disajikan dalam wadah kukusan bambu, Dim Sum dibuat dengan bahan, warna juga rasa yang berbeda dasar. Rasanya yang gurih sangat cocok dinikmati dengan cocolan.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Chengdu Buat Liburan

9. La Mian

La Mian
Image Credit: Twitter Jon ior

Selain olahan pangsit, China juga kondang dengan olahan mienya. Salah satu olahan mie yang tidak boleh anda lewatkan adalah La Mian atau mie tarik ala Tiongkok. Dalam bahan mienya ditambahkan tepung beras khusus membuatnya lebih tipis. Teksturnya ringan dan bisa ditambahkan dengan daging ayam, kuah kaldu ayam dan juga rica rica ayam.

10. Sapo Tahu

Sapo Tahu
Image Credit: Instagram cookinganytime

Jika ingin menikmati kuliner China tanpa daging, maka makanan unik ini harus anda cicipi. Sapo Tahu awalnya memang tidak ada dagingnya, namun seiring dengan berjalannya waktu sudah banyak yang menambahkan udang, daging juga ikan. Untuk bahan dasarnya berupa tahu tiongkok, wortel, sawi putih juga jamur merang.

Nama Sapo Tahu sendiri didapatkan dari sapo atau claypot yang digunakan untuk memasaknya. Bahan dari clay potnya terbuat dari keramik sehingga bisa membuat pnasnya menjadi lebih lama. Tahu dalam masakan ini memiliki tekstur yang lembut juga halus. Memberikan rasa yang gurih dan nikmat apalagi dinikmati dalam kondisi hangat.

11. I Fu Mie

I Fu Mie
Image Credit: Twitter @yoozora0

Olahan Mie dari Tiongkok satu ini juga tidak boleh anda abaikan. Rasanya yang nikmat akan cocok dengan lidah semua orang. Pembuatannya cukup unik, yakni dengan menggoreng mie dalam suhu yang tinggi. Sehingga mie menjadi lebih garing merata dan juga membentuk sarang. Barulah nanti di atas makanan khas ini ditambahkan sayur.

Sayuran ini biasanya terdiri dari brokoli, wortel, kembang kol juga caisim. Ada juga yang menambahkan udang, cumi juga daging ayam yang telah diiris tipis. Kuah yang disiramkan di atasnya tidak terlalu kental juga tidak terlalu kental. Perpaduan rasa renyah, gurih dan bumbu pada sayuran dan kuahnya akan membuat siapapun ketagihan.

12. Yu Seng

Yu Seng
Image Credit: Twitter Purnama Nenville

Makanan khas Tiongkok ini adalah salad ikan segar yang ditambahkan dengan sayuran lobak dan wortel. Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan salem dan ikan tuna. Ikan yang sudah dibersihkan kemudian direndam dengan campuran merica, minyak goreng dan minyak wijen. Rasanya segar dan juga gurih, apalagi saus yang digunakan begitu khas dari buah prem, gula pasir, minyak juga bubuk kayu manis.

13. Nian Gao

Nian Gao
Image Credit: Twitter Jackie Lau

Selain makanan berat, kuliner khas yang terkenal ini juga bisa berupa jajanan atau kue. Seperti Nian Gao di Indonesia dikenal dengan kue keranjang. Berbahan dasar tepung ketan juga gula teksturnya kenyal dan rasanya manis. Umumnya Nian Gao akan disajikan saat perayaan tahun baru Imlek. Selain dimakan langsung juga bisa digoreng.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Tianjin Buat Liburan

14. Jiaozi

Jiaozi
Image Credit: Twitter Food Blogger

Jiaozi termasuk jenis Dim Sum yang berupa dumpling dengan isian sayur cincang atau daging. Dibungkus dengan tepung terigu kemudian dimasak dengan dikukus atau direbus. Untuk Jiaozi kering dinamakan dengan Kuotie dan disajikan dengan arak beras, vinegar, bawang putih atau saus. Kuliner khas China ini cocok dinikmati dalam kondisi hangat.

15. Sanbeiji

Sanbeiji
Image Credit: Instagram Tash | London Food Bloggerย 

Seperti namanya, Sanbeiji adalah olahan daging ayam yang ditambahkan dengan tiga cangkir bumbu. Bumbu yang digunakan memang begitu khas, terdiri dari kecap manis, arak beras, lemak babi juga pelengkap lainnya. Makanan khas ini memiliki tekstur yang empuk dan rasanya juga begitu gurih.

16. Fu Yung Hai

Fu Yung Hai
Image Credit: Twitter Gio

Kuliner satu ini tentu tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Fu Yung Hai atau Puyonghai dibuat dari telur dadar dengan tambahan makanan laut, sayuran juga daging. Kemudian di atasnya akan ditambahkan dengan saus asam manis dari kacang polong dan tomat. Menu legendaris satu ini memiliki rasa gurih dan menyegarkan, dijamin anda akan ketagihan.

17. Kwetiau

Kwetiau
Image Credit: Twitter ๐Š๐ฐ๐ž๐ญ๐ข๐š๐ฎ ๐‰๐จ๐ซ๐๐š๐ง

Makanan yang tak kalah nikmat berikutnya adalah Kwetiau yang juga sudah tidak asing. Mie berwarna putih ini memiliki tekstur yang kenyal dan akan diolah dengan cara disiram atau digoreng. Ada yang menambahkan daging sapi ataupun bakso ikan sampai telur bebek. Untuk menikmati kuliner khas ini sebaiknya saat masih hangat.

18. Tangculiji

Tangculiji
Image Credit: Twitter denzel.

Tangculiji dibuat dari daging babi filet yang dicampurkan dengan tepung kemudian digoreng. Setelahnya akan dicampurkan dengan saus asam manis. Rasa pedas, gurih dan manisnya membuatnya banyak orang ketagihan. Tangculiji sendiri merupakan hidangan yang berasal dari Sichuan dan sangat pas dinikmati ketika masih hangat dengan nasi.

19. Hot Pot

Hot Pot
Image Credit: Twitter Echo

Huoguo atau hotpot memang sangat berbeda dari kuliner khas China lainnya. Nantinya pembeli harus memasaknya sendiri dan bias memilih kuah sesuai selera. bahannya beragam dari sayuran, daging iris, tahu sampai seafood. Makanan khas China ini biasanya akan dinikmati bersama dengan keluarga atau teman teman.

Kuliner China memang tidak pernah mengecewakan, bumbunya tidak terlalu banyak rempah tetapi rasanya nikmat. Anda bisa memilih beberapa panganan tersebut ketika sedang berada di negara asalnya. Walaupun di Indonesia banyak yang bisa ditemukan, tentu rasanya akan berbeda saat di negara aslinya. Wisata kulineran anda pasti akan jadi yang tidak terlupakan.