Siapa yang tidak menyukai berjemur di bawah sinar matahari dengan suara deburan ombak? Pecinta bahari pasti akan langsung menjadikannya sebagai tujuan liburan. Apalagi di pantai, anda juga bisa melakukan berbagai hal menarik. China selain memiliki banyak bangunan bersejarah, juga memiliki deretan pantai cantik di China yang terkenal.

Pantai pantainya akan menawarkan pesona yang tidak akan membuat anda menyesal sudah singgah. Pantai yang ada di China membentang di sekitar 18,000 km. Tentu anda bisa mengunjungi beberapa yang memang sudah kondang akan pesonanya. Dan berikut ada beberapa pantai paling cantik di China yang bisa anda jadikan tujuan liburan.

1. Wuzhizhou Island

Wuzhizhou Island
Image Credit: Google Maps arif far

Mungkin banyak yang tidak tahu jika China ternyata memiliki pantai yang menawan. Seperti misalnya Wuzhizhou Island yang juga dikenal sebagai Pulau Maladewa. Pemandangan yang disuguhkan begitu menakjubkan dan siap memanjakan para wisatawan. Selain pemandangan bahari, anda juga bisa menemukan taman dengan flora yang menawan.

Gelombang pantainya terbilang dahsyat, sehingga cocok untuk anda yang hobi melakukan surfing. Bagi anda yang ingin menikmati bawah laut menawan juga bisa snorkeling saat dini hari. tentu hal ini menjadi keunikan tersendiri, mengingat biasanya menyelam dilakukan saat siang hari. Inilah yang membuat pantai di China yang terkenal ini sayang diabaikan.

Selain itu, wisata bahari andalan China ini juga lokasi diving pertama yang dibuka untuk umum. Tidak hanya cocok untuk profesional, anda yang masih pemula juga aman diving di sini. Bukan hanya menawarkan bawah laut yang indah, sekelilingnya juga akan membuat anda terkagum. Airnya yang jernih dengan suasana yang asri siap memanjakan anda.

Harga Tiket: 678,25 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Haitang District, Sanya, China.

2. Putuoshan Island

Putuoshan Island
Image Credit: Google Maps Joan Chu

Pulau Putuoshan tidak hanya terkenal dengan wisata baharinya yang menawan, tetapi juga menyimpan situs budaya yang religius. Inilah mengapa umat Buddha di China banyak mengunjunginya. Bahkan termasuk salah satu pulau yang suci dan dianggap penting. Berada di ketinggian kisaran 300 mdpl, pesona pulau yang cantik siap memukau anda.

Untuk sampai di lokasi juga tidaklah sulit, hanya butuh waktu 15 menit menyeberang dari Pelabuhan Wugongzhi dengan kapal ferry. Pulau dengan luas sekitar 12, 5 km ini bukanlah pulau tanpa penghuni. Setidaknya sekitar 1000 biksu juga 10 ribu penduduk tinggal di sana. Pantai ini menawarkan wisata bahari yang menawan.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Taichung Taiwan Buat Liburan

Garis pantainya cukup panjang dengan air laut biru yang jernih. Suara laut dengan religi yang kuat akan memberikan ketenangan jiwa yang tidak terkatakan. Inilah mengapa Putuoshan Island tidak pernah sepi pengunjung. Ada dua pantai yang terkenal yaki Ribuan Langkah Pantai juga Seratus Langkah Pantai dengan panorama yang mengagumkan.

Harga Tiket: 160 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putuo District, Zhoushan, Zhoushan, China.

3. Yalong Bay

Yalong Bay
Image Credit: Twitter feifei updates (slow)

Banyak yang menyebut jika Yalong Bay adalah Hawainya China. Berada di Sanya yang merupakan salah satu kota di Hainan. Destinasi wisata hits satu ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Areanya begitu luas, tetapi tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk melepas penat. Membentang sepanjang 7,5 km, garis pantainya terbilang panjang.

Lautnya yang biru lengkap dengan pasir putih lembut yang membuat siapapun ingin mengunjunginya. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menawan. Seperti hadirnya resort sampai hotel kelas nasional hingga internasional. Belum lagi aksesnya yang mudah karena berdekatan dengan Bandara Internasional Sanya Phoenix.

Selain pemandangan yang terhampar luas, anda juga bisa menikmati bukit bukit menjulang yang membuat suasananya asri. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, mulai dari snorkeling sampai dengan bermain jetski dan juga speedboat. Bahkan di musim dingin, banyak wisatawan lokal untuk merasakan udara yang lebih hangat.

Harga Tiket: 175 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jiyang District, Sanya, Sanya, China.

4. Tianya Haijiao

Tianya Haijiao
Image Credit: Twitter Yettio Travel Mag

Masih berada di kawasan Sanya, anda juga bisa sekalian mengunjungi Tianya Haijiao. Disebut sebagai Ujung Dunia, karena masyarakat Tiongkok zaman dahulu menganggap Hainan adalah pulau paling ujung selatan dari Tiongkok yang juga ujung dunia. Paling pas mengunjunginya bersama dengan pasangan ataupun keluarga.

Karena suasananya yang begitu kental dengan romantisme. Apalagi ada juga legenda yang menceritakan sepasang kekasih yang berasal dari 2 klan. Dimana 2 klan ini sedang bermusuhan dan mereka memutuskan untuk kabur ke Tianya Haijiao. Mereka mengira jika pantai cantik ini adalah ujung dunia, dan mereka juga berjanji untuk saling setia selamanya.

Hanya saja para prajuritnya berhasil menangkap mereka, sehingga dihukum untuk terjun ke dalam lautan. Dari cerita ini, masyarakat percaya jika pasangan ini berubah menjadi dua batu besar yang langsung menghadap ke laut. Hingga saat ini anda tetap bisa menemukan kedua batu ini. Daya tariknya tidak hanya dari batu ini, tapi juga panorama sekitarnya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di China Buat Liburan
Harga Tiket: 68 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hainan, Sanya, Tian Ya Qu, China.

5. Beidaihe Scenic Area

Beidaihe Scenic Area
Image Credit: Facebook Jen Ong

Bagi anda yang sedang berada di Beijing, anda bisa menjadikan Beidaihe Scenic Area sebagai tujuan liburan bahari. Warga lokal Beijing banyak yang mengunjunginya ketika di musim dingin juga musim panas. Sebab musim panas akan menjadi lebih dingin, dan saat musim dingin akan lebih hangat. Hal ini karena dipengaruhi iklim laut dari Beidaihe Scenic Area sendiri.

Pantai eksotis di China ini juga mendapatkan julukan sebagai the Mecca of Bird Watching. Anda bisa menikmati hamparan laut yang biru dengan pasir pantai yang terlihat keemasan terkena matahari. Wisatawan bisa bebas bermain dan juga mencoba berbagai watersportnya. Belum lagi fasilitas yang ditawarkan juga begitu memadai..

Harga Tiket: 130 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Hebei, Qinhuangdao, Beidaihe District, Lianfeng Road.

6. Big Wave Bay Beach

Big Wave Bay Beach
Image Credit: Google Maps Sophia Cho 

Wisata bahari memang tidak pernah gagal untuk membuat liburan makin berkesan. Saat sedang di China, tidak ada salahnya bagi anda untuk singgah di Big Wave Bay Beach. Karena China juga memiliki sederet wisata bahari menawan. Dan pantai di Hongkong ini sangat cocok untuk anda yang gemar aktivitas board surfing atau windsurfing.

Sebelum melihat pantainya, anda harus mendaki Dragon’s back lebih dahulu. Barulah anda bisa menikmati ombak biru yang siap untuk jadi spot selancar. Pantainya cukup luas dengan pasir putih dan air yang jernih. Daya tarik lainnya yakni rock carving yang memiliki banyak corak. Diperkirakan ukiran batu ini pertama ditemukan di 1970 dan memiliki sejarah panjang.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Big Wave Bay Beach, Hong Kong, China.

7. Shila Oren Bathing Beach

Shila Oren Bathing Beach
Image Credit: Twitter Julien Gonzalvez

Melanjutkan liburan anda, anda harus singgah di pantai cantik berikut. Shila Oren Bathing Beach berada di Kota Qingdao dan merupakan pantai terbesar. Membentang sekitar 1 km dengan pesona yang membuat siapapun jatuh hati. Nama pantainya sendiri diambil dari keberadaan batu menonjol yang berada di sekitar Semenanjung Shila Oren.

Batu tersebut membentuk layaknya orang tua dengan tinggi sekitar 17 meter. Hanya saja karena goncangan juga erosi banyak tumpukan batu yang sudah runtuh. Menikmati pantai ini bisa dengan beragam cara, dari berjemur, berenang, berjalan di pesisir sampai dengan mengendarai speed boat. Pesona matahari tenggelamnya juga tidak mengecewakan.

BACA:  19 Makanan Khas China yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Laoshan District, Qingdao, China.

8. Dadonghai Beach

Dadonghai Beach
Image Credit: Google Maps Zhou Wan

Masih belum puas menjelajah bahari, anda bisa mengunjungi pantai yang terkenal seperti Dadonghai Beach. Masih berada di Provinsi Hainan menawan dengan panta yang jernih juga pasir putih. Barisan pohon kelapanya memberikan kesan daerah tropis yang kental. Bersantai di tepi pantai tentu bukanlah ide yang buruk.

Anda juga bisa mencoba kegiatan scuba diving atau berenang karena ombaknya cukup bersahabat. Berjalan jalan di sekitar pantainya juga akan memberikan sensasi petualangan yang tidak terlupakan. Kegiatan lainnya yang banyak dilakukan seperti tur dengan kapal pesiar atau speedboat, memancing juga berburu foto cantik underwater.

Harga Tiket: 10 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jiyang District, Sanya, Sanya, China.

9. Shek O Beach

Shek O Beach
Image Credit: Google Maps Tong Hou Wah

Pantai Shek O Beach berada di Hongkong dengan suasana yang tenang. Sangat cocok untuk anda yang ingin menjauh dari aktivitas kota barang sejenak. Pantai ini juga menawarkan banyak pesona luar biasa. Anda bisa berjemur dan bersantai sembari menatap hamparan laut biru. Terdapat sebuah bukit menjulang yang menambah keindahan.

Selain itu anda juga bisa menjajal berbagai olahraga air yang ditawarkan. Menariknya, pengunjung juga bisa berjalan jalan di Desa Shek O untuk mengunjungi landmark bersejarah. Deretan restoran seafood juga banyak ditemukan sekaligus menawarkan panorama indah. Ombaknya cukup tenang sehingga cocok untuk berlibur dengan keluarga.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: shek o beach, Hong Kong, China.

10. Gulangyu Beach

Gulangyu Beach
Image Credit: Twitter The Silk Road

Rasanya tidak pas jika Pantai Cantik di China yang terkenal ini tidak anda singgahi. Gulangyu Beach sudah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, karena di pulau cantik ini anda bisa menemukan banyak situs bersejarah. Pantainya juga cantik dengan hamparan pasir kekuningan juga air yang jernih. Jangan lupakan museum piano yang juga begitu dekat.

Harga Tiket: 10 RMB; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siming District, Xiamen, China.

Liburan ke China akan memberikan anda pengalaman yang berbeda. Apalagi ada banyak wisata yang bisa dikunjungi, dari bangunan bersejarah sampai dengan pantai pantai cantiknya. Deretan pantai yang disebutkan bisa dijadikan referensi untuk anda yang ingin liburan bahari di China. Dan masing masingnya akan memiliki ciri khas tersendiri.