Ulan Bator atau Ulaanbaatar adalah ibukota dari negara Mongolia. Negara ini juga mempunyai banyak objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan dengan daya tarik budaya yang menarik. Negara Mongolia berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah utara dan Juga Tiongkok di sebelah selatannya.

Negara satu ini memang mempunyai kebudayaan yang unik dan patus anda ketahui. Berkujung ke Mongolia dan mempir ke ibukotanya bisa menjadi destinasi liburan terbaru untuk anda yang bosan liburan itu itu saja. Berikut daftar tempat wisata di Ulan Bator yang menarik Anda jelajahi.

1. Genghis Khan Statue Complex

Genghis Khan Statue Complex
Image Credit: Google Maps Gary Lee

Lokasi ini terkenal dengan adanya patung Genghis Khan yang sangat ikonik. Lokasi yang juga menjadi objek wisata ini lebih dikenal dengan nama Genghis Khan Statue Complex. Bila anda berkunjung ke lokasi wisata di Ulan Bator ini anda akan mengetahui lebih dalam tentang sejarah sang Genghis Khan yang terkenal.

Tokoh ikonik yang sangat dihormati di Mongolia ini mempunyai sejarah panjang tentang masa kekuasaannya. Nama Genghis Khan tak hanya dikenal di sekitar mongolia saja namun juga dikenal di hampir seluruh dunia. Sehingga kisah sejarah Genghis Khan yang fenomenal ini banyak orang tertarik untuk mempelajarinya.

Selain itu, di dalam kompleks wisata ini anda akan mendapatkan kesempatan untuk berfoto menggunakan kostum tradisional mongolia. Kostum atau pakaian tradisional masyarakat Mongolia ini sangat unik dan mempunyai bobot yang cukup berat. Sehingga pengalaman ini akan menjadi momen liburan yang tidak anda lupakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Nalaikh, Mongolia.

2. Gandantegchenling Monastery

Gandantegchenling Monastery
Image Credit: Google Maps Светлана Рябова

Lokasi wisata menarik lainnya yang wajib anda kunjungi adalah Gandantegchenling Monastery. Gandantegchenling merupakan sebuah monumen penting untuk masyarakat Mongolia. Hal ini kaena situs bersejarah ini memang terinspirasi dari negara Soviet dahulu yang menjadi tetangga batas teritorial Mongolia.

Lokasi wisata ini wajib dan disarankan untuk dikunjungi wisatawan karena sangat kental dengan budaya Mongolia. Di lokasi wisata Gandantegchenling ini anda bisa menaiki tangga yang indah dan juga banyak spot foto estetik yang bisa anda dapatkan. Bila anda ingin mengunjungi dan melihat Kuil Buddha yang terkenal dan terjaga dengan baik maka tempat ini sangat cocok.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mongolia yang Paling Diburu Wisatawan

Fasilitas yang terdapat di lokasi wisata inipun sudah cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah seperti sekolah, bangunan kantor, kuil, lokasi meditasi hingga toko yang banyak menjual souvenir untuk wisatawan. Di lokasi ini juga terdapat patung Buddha terbesar di Mongolia yang sayang untuk anda lewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Mongolia.

3. Megjid Janraisig Sum

Megjid Janraisig Sum
Image Credit: Google Maps Ales Skerbinek

Mongolia memang mayoritas pemeluk agama Buddha sehingga banyak sekali patung Buddha yang dibangun disini. Selain itu banyak kuil kuil cantik dan unik dibangun di Ulan Bator dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda bila berkunjung. Salah satunya adalah lokasi wisata Migjid Janraisig Sum.

Banyak masyarakat yang berdoa dan meminta sesuatu di tempat ini. Patung Migjid Janraisig ini juga dikenal dengan nama Zananbazar yang sering diebut oleh masyarakat sekitar Ulan Bator. Untuk menuju lokasi wisata satu ini anda juga bisa mencarinya dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Google Maps selama perjalanan.

Patung yang ada di lokasi wisata Migjid Janraisig Sum ini mempunyai tinggi hampir sekitar 26,5 meter. Dibangun dengan hampir 2.286 batu dan juga dilapisi dengan daun emas yang memukau. Bahkan patung yang berada di Migjid Janraisig Sum ini dinobatkan menjadi patung dalam ruangan yang paling tinggi di seluruh dunia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Mongolia.

4. Zaisan Memorial

Zaisan Memorial
Image Credit: Google Maps Chul Choi

Objek wisata di Ulan Bator ini ternyata cukup banyak. Wisata yang kebanyakan berupa objek wisata bertema sejarah ini akan membuat anda tertarik untuk mengetahui informasinya lebih dalam. Salah satu lokasi wisata yang populer dikunjungi adalah Zaisan Memorial.

Untuk menuju ke lokasi wisata di Asia Timur ini cukup memakan waktu dan energi karena anda akan menaiki ratusan anak tangga. Walaupun proses pendakiannya yang cukup melelahkan, namun saat anda sudah sampai ke puncaknya, maka anda akan melihat pemandangan alam yang indah. Pemandangan ini cantik dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Dari ketinggian Zaisan Memorial anda bisa menyaksikan indahnya Kota Ulan Bator yang mempesona. Monumen di lokasi wisata ini terawat dengan baik terlebih mozaiknya yang bahkan terlihat menakjubkan. Objek wisata satu ini memang menjadi populer dan favorit bagi para wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Mongolia.
BACA:  11 Makanan Khas Korea Utara yang Terkenal & Wajib Dicoba

5. Aryabal Meditation Temple

Aryabal Meditation Temple
Image Credit: Google Maps Sem Goudswaard

Aryabal Meditation Temple atau Kuil Meditasi Aryabal juga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib ada dalam list perjalanan anda ke Ulan Bator. Kuil Buddha ini mempunyai bangunan yang terawat dan rapi. Untuk menuju lokasi ini maka anda bisa terlebih dahulu mendaki gunung ke arah kuil Aryapala.

Kuil ini juga sering kali disebut dengan candi gajah. Hal ini karena bila anda memandang kuil ini dikejauhan maka bentuknya akan menyerupai bentuk gajah dengan adanya tangga lurus panjang mengarah ke bagian utama candi. Bentuk yang seperti ini bisa terlihat seperti telinga gajah yang besar dan unik.

Kuil unik dan menarik ini sempat ditinggalkan pada masa setelah runtuhnya Komunis di Mongolia. Namun kuil ini kembali dibuka dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan asing. Berbagai kutipan Buddha bisa anda saksikan di sepanjang jalan menuju ke arah Aryabal Meditation Temple.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aryapala Temple, Mongolia.

6. Ulaanbaatar Railway Station

Ulaanbaatar Railway Station
Image Credit: Google Maps Eason K

Ulaanbaatar Railway Station atau stasiun kereta Ulan Bator ini juga merupakan lokasi yang bisa anda kunjungi. Desainnya yang sudah modern dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap untuk pengunjung akan memudahkan anda. Tak hanya terjaga kebersihan dan kerapiannya, namun disekitar lokasi juga banyak restoran yang bisa anda tuju.

Jajaran restoran yang menyajikan makanan Khas Mongolia ini bisa anda coba dan mendapatkan citarasa makanan yang lezat. Banyak juga toko toko kecil disekitar stasiun yang akan menjual berbagai pernak pernik yang bisa dijadikan oleh oleh. Terdapat juga tempat penukaran uang yang akan memudahkan bagi wisatawan asing disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Mongolia.

7. Statue of Marco Polo

Statue of Marco Polo
Image Credit: Facebook Byambadorj Uranbaigali

Mongolia dan Ulan Bator memang terkenal dengan banyak patung yang tersebar di hampir seluruh penjuru kota. Salah satu patung yang terkenal dan menjadi objek wisata adalah Statue of Marco Polo. Marco Polo merupakan utusan terpercaya Khubilai Khaan yang sangat berjasa bagi perkembangan Mongolia pada jaman itu.

Patung ini dirancang khusus oleh arsitek yang bernama B. Denzen. Patung Marco Polo menghadap langsung ke arah Peace Avenue dan menjadi simbol bahwa Mongolia pernah menjangkau dunia. Sehingga patung Marco Polo ini diresmikan pada tahun 2011 dan dijadikan objek wisata banyak orang.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Korea Utara Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Peace Avenue, Ulaanbaatar, Mongolia.

8. Ulaanbaatar Central Post Office

Ulaanbaatar Central Post Office
Image Credit: Google Maps Chinguun Bold

Ulaanbaatar Central Post Office atau Kantor Pos Pusat Ulaanbaatar ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang unik. Hal ini karena bangunan besar tersebut merupakan bangunan bekas Rusia yang mempunyai arsitektur yang estetik. Bila anda berkunjung ke lokasi wisata ini maka akan disuguhi eksterior dan interior yang artistik.

Lobi bagian dalam bangunan cukup ramai dengan adanya Pusat Informasi Turis, bank, Kantor Turis, Perusahaan Telepon Mobil Mongolia, Toko Souvenir, dan banyak bisnis lainnya. Tak hanya itu, disini juga banyak pedagang yang menjual hasil karya seninya yang bisa anda beli untuk oleh oleh khas Mongolia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Peace Avenue, Ulaanbaatar, Mongolia.

9. Government Palace

Government Palace
Image Credit: Instagram Christoph Saulder

Government Palace atau Istana Pemerintah terletak di sisi utara Lapangan Sükhbaatar yang dahulu dikenal dengan nama Lapangan Chinggis. Bangunan istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1956 yang digunakan untuk tujuan menampung parlemen unikameral dan anggotanya. Bangunan ini juga difungsikan sebagai kantor Presiden dan Perdana Menteri.

Masyarakat Ulan Bator sering menyebut Istana ini sebagai Saaral Ordon atau Istana Abu abu. Istana yang menyimpan banyak sejarah yang berkaitan dengan Negara Mongolia ini bisa menjadi destinasi wisata bertema sejarah yang menarik untuk diketahui. Anda juga bisa berfoto dan menikmati pemandangan arsitektur yang memukau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulan Bator, Mongolia.

10. Cathedral of Sts. Peter and Paul

Cathedral of Sts. Peter and Paul
Image Credit: Google Maps 차남현

Cathedral of Sts. Peter and Paul mempunyai bangunan arsitektur bercorak warna merah karena dibangun dengan batu bata merah yang unik. Batuan penyusun Cathedral of Sts. Peter and Paul ini terlihat seperti batu yurt yang membentuk tenda melingkar dengan paduan kain yang tebal. Salib emas berukuran kecil akan menghiasi bagian atap bangunan.

Bangunan bersejarah ini dibangun dan dirancang oleh arsitek Serbia Predak Stupar dan diresmikan pada tahun 2003. Arsitektur bangunan ini juga sangat unik dan penuh citarasa seni yang tinggi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulaanbaatar, Mongolia.

Berkunjung ke Mongolia bisa menjadi salah satu tujuan wisata menarik untuk anda yang bosan dengan destinasi yang biasa saja. Ibukota Negara Mongolia bisa menjadi tujuan anda. Itulah beberapa ulasan tentang obek wisata yang bisa anda kunjungi di Ulan Bator atau lebih dikenal dengan Ulaanbaatar.