Liburan ke luar negeri pasti akan menjadi kesempatan yang luar biasa yang perlu digunakan sebaik baiknya. Jika anda ingin liburan ke kawasan Asia, Mongolia mungkin menjadi alternatif liburan yang menarik. Negara di kawasan Asia Timur ini menawarkan banyak wisata yang bisa dijelajahi.

Wisata yang ada di Mongolia tidak kalah indah dengan bagian Asia yang lainnya. Terutama perihal keindahan alamnya yang siap membuat anda jatuh cinta. Negara ini sendiri memiliki ibukota bernama Ulaanbaatar dan kawasannya berbatasan dengan Rusia dan Tiongkok. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata hits ketika sedang di Mongolia.

1. Taman Nasional Khorgo Terkshinn Tsagaan Nuur

Taman Nasional Khorgo Terkshinn Tsagaan Nuur
Image Credit: Google Maps Maria K

Ada beberapa taman nasional yang bisa anda sambangi ketika berada di Mongolia. Taman Nasional Khorgo Terkshinn Tsagaan Nuur misalnya yang membentang di bagian barat laut Mongolia. Pemandangannya yang menakjubkan menjadikannya jujugan wisatawan. Nada bisa menemukan deretan gunung lengkap dengan danau tenang di sekitarnya.

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan yakni mendaki ke puncak gunung yang tingginya sekitar 2240 meter. Dari atas pemandangan yang disuguhkan tentu akan semakin menawan dan cantik. Di sekitar danau menjadi rumah bagi rusa rawa serta chitals. Pemandangannya makin unik dengan kehadiran yurt penggembala dari batu, tempat wisata ini cocok untuk spot foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nariin Hüryee, Mongolia.

2. Lembah Orkhon

Lembah Orkhon
Image Credit: Goolge Maps Oriol M

Lembah Orkhon merupakan salah satu warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Dulunya menjadi rumah bagi Khan Besar serta pusat kekuasaan yang menyebabkan perang Mongol Horde. Memiliki luas sekitar 121. 966 hektar, area di tepi sungai Orkhon ini menyimpan banyak peninggalan dari Peradaban Lembah Orkhon pada abad ke 6.

Benda benda yang bisa ditemukan di kawasan ini menggambarkan hubungan antara kehidupan sosial, perdagangan dan keagamaan yang erat. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat puing puing di Karakorum yang legendaris ini. Selain itu juga bisa mencari istana dongeng Xanadu ataupun air terjun beku.

Objek wisata ini berupa hamparan rumput hijau yang hingga kini juga dimanfaatkan sebagai area menggembala hewan. Pemandangan yang disuguhkan tidak kalah indah, sehingga anda bisa wisata budaya sekaligus wisata alam di sini. Ada beberapa monumen utama yang bisa anda kunjungi ketika berada di kawasan Lembah Orkhon.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Pyongyang Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Orkhon, Mongolia.

3. Taman Nasional Gorkhi Terelj

Taman Nasional Gorkhi Terelj
Image Credit: Google Maps 도로시

Melanjutkan perjalanan menjelajah keindahan Mongol, anda bisa singgah di Taman Nasional Gorkhi Terelj. Taman nasional ini begitu terkenal dan juga terhubung langsung dengan Ulaanbaatar dengan menggunakan jalan beraspal. Yang menjadi daya tarik utamanya yakni keberadaan formasi bebatuan yang unik.

Salah satu yang paling terkenal yakni Turtle Rock dan juga Old Man Reading a Book. Batuan yang tersusun secara alami ini juga bisa menjadi lokasi ideal untuk anda yang ingin panjat tebing. Berbagai aktivitas yang menarik juga bisa dilakukan, seperti menyewa kuda atau unta. Ada beberapa fasilitas seperti toko souvenir ketika singgah di taman nasional ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Peace Avenue, Ulaanbaatar, Mongolia.

4. Hexigten National Geopark

Hexigten National Geopark
Image Credit: Google Maps Wei Li Ng

Tidak lengkap rasanya jika menghabiskan waktu di Mongolia tetapi tidak singgah di Hexigten National Geopark. Taman yang dirancang secara khusus oleh UNESCO ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Luasnya sekitar 1750 km dengan delapan area yang panoramanya berbeda. Tentu saja anda bisa menikmati semuanya secara langsung.

Lokasi taman cantik ini berada di perempatan selatan dari Pegunungan greater Khingan. Terdapat hutan batu granit dengan bentuk bentuk yang unik. Batu batu besar tersebut dikelilingi pepohonan rindang dan taman yang indah. Hexigten National Geopark ini termasuk tujuan wisata yang kondang dan sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiongkok, Inner Mongolia, Chifeng, Hexigten Banner.

5. Danau Khovsgol

Danau Khovsgol
Image Credit: Google Maps 飲茶ヤムチャ

Mongolia tidak hanya memiliki taman nasional yang cantik cantik, tetapi juga memiliki beberapa danau menawan. Salah satunya yakni Danau Khovsgol yang diklaim sebagai danau paling tua di dunia. Lokasinya memang di daerah terpencil dengan hutan rimba asri yang mengelilinginya. Bahkan hutan ini menjadi rumah bagi beberapa satwa, seperti rubah, rusa dan babi hutan.

Memiliki panjang sampai 2620 meter persegi dan lebarnya 40 kilometer, danau ini sangat pas untuk dinikmati saat pagi hari. Karena pada saat itu anda bisa menikmati udara sejuk, suasana tenang sembari menatap tenangnya air danau. Air danaunya kebiruan yang membuatnya dijuluki sebagai Mutiara Biru Mongolia. Saat musim dingin danaunya akan berubah menjadi es yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khövsgöl, Mongolia.

6. Gurun Gobi

Gurun Gobi
Image Credit: Google Maps Uca abad

Bagi anda yang ingin berburu foto foto kekinian, maka harus singgah ke objek wisata Mongolia ini. Gurun Gobi termasuk dalam gurun paling besar ke 5 di dunia dan membentang luas di sebagian Mongolia dan Cina. Termasuk gurun paling luas yang masuk dalam golongan gurun kering juga dingin.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Ulan Bator Buat Liburan

Iklim yang dimilikinya begitu ekstrim, sehingga tidak ada yang bisa bertahan hidup di sini. Tetapi ada beberapa mamalia unik yang menjadi habitat asli dari Gurun Gobi. Beberapa penggembala nomaden juga banyak yang menghuninya. Di wisata Asia Timur ini anda bisa mengambil foto cantik dengan latar gurun yang berlekuk lekuk cantik, atau bisa mengunjungi beberapa tujuan kondang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gobi, Mongolia.

7. Erdene Zuu

Erdene Zuu
Image Credit: Google Maps Chimgee Baterdene

Masyarakat Mongolia mayoritas memeluk agama Budha, sehingga anda juga bisa menemukan beberapa kuil Budha. Beberapa kuil juga menyimpan sejarah juga pengetahuan, seperti Erdene Zuu. Tempat suci ini termasuk biara paling tua di Mongolia dengan bangunan yang unik dan juga masih kokoh hingga saat ini.

Diperkirakan bangunan biara ini sudah ada di tahun 1585, bahkan tidak sedikit yang percaya jika usia bangunan lebih tua dari itu. Di dalam bangunan anda bisa menemukan kuil juga stupa tambahan yang begitu indah. Selain bisa mengagumi arsitekturnya, anda juga bisa berburu spot foto yang menarik di situ warisan budaya lanskap di Lembah Orkhon ini.

Harga Tiket: 4,000 MNT; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kharkhorin, Mongolia.

8. Sukhbaatar Square

Sukhbaatar Monument on central square in Ulaanbaatar. Mongolia
Image Credit: Google Maps Munkhbaatar g

Singgah di Ibukota Mongol, maka anda harus mengunjungi Sukhbaatar Square. Tempat ini merupakan alun alun kota yang dikelilingi dengan bangunan ikonik dan bersejarah. Banyak wisatawan yang singgah ke sini untuk mengabadikan foto dengan latar belakang gedung yang megah. Anda juga bisa menemukan beberapa tempat menarik di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukhbaatar Square Ulaanbaatar, Mongolia.

9. Tuvkhun Monastery

Tuvkhun Monastery
Image Credit: Google Maps Chimgee Baterdene

Destinasi wisata hits di Mongolia berikutnya yang tidak kalah menarik dikunjungi yakni Tuv Khun Monastery. Kuil cantik ini berada di area perbukitan yang dikelilingi hutan rimbun, sehingga suasananya tenang dan kerap jadi tujuan meditasi. Bukan hanya kuil cantik ini juga menyimpan banyak karya seni, yang jelas anda tidak akan menyesal singgah di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Arkhangai, Mongolia.

10. Danau Khyargas

Danau Khyargas
Image Credit: Google Maps Chimgee Baterdene

Danau Khyargas menyajikan pemandangan yang luar biasa cantik. Anda akan menikmati air hijau kebiruan dengan dikelilingi tebing putih yang eksotis. Keindahan yang disuguhkan akan siap membuat anda jatuh cinta. Selain itu juga banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di sini. Mulai dari memancing, berburu foto sampai menikmati keindahannya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mongolia yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khyargas, Mongolia.

11. Potanin Glacier

Potanin Glacier
Image Credit: Google Maps Randolfo Santos

Mongolia juga terdapat gletser yang paling besar dikenal dengan Potanin Gletser. Di sini, anda bisa merasakan sensasi berjalan di atas sungai yang telah menjadi es. Sepanjang mata memandang anda akan disuguhkan keindahan alam yang tertutup salju. Menjadi destinasi seru bagi yang gemar berpetualang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Altai Tavan Bogd, Mongolia.

12. Tsagaan Suvarga

Tsagaan Suvarga
Image Credit: Google Maps my life

Tsagaan Suvarga juga bisa diartikan sebagai Stupa Putih, sehingga di tempat ini anda bisa menemukan batuan kapur menjulang yang merupakan bagian dari zaman kuno. Yang membuatnya menarik yakni gurun nya yang bisa berubah warna dari putih ke kuning kemudian menjadi merah muda sebelum ke warna merah yang unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mandakh, Dornogovi Aimag, Mongolia.

13. Taman Nasional Altai Tavan Bogd

Taman Nasional Altai Tavan Bogd
Image Credit: Google Maps ねこじる

Termasuk dalam jajaran warisan dunia UNESCO, anda tidak boleh sampai melewatkan keindahan Taman Nasional Altai Tavan Bogd. Anda akan disuguhkan panorama 5 gunung beserta air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter. Belum lagi kehadiran gletser yang mengalir ke area danaunya, memberikan suasana layaknya di negeri dongeng.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bayan-Ölgii, Mongolia.

14. Khermen Tsav

Khermen Tsav
Image Credit: Google Maps Munkhbadrakh Itgel

Anda akan menemukan susunan batuan yang unik jika singgah di Khermen Tsav. Perjalanan akan semakin seru jika anda menunggang kuda atau unta. Namun sebelum singgah di Khermen Tsav anda harus memiliki persiapan yang matang, karena tidak akan menemukan air ataupun penjual makanan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: South Gobi, Mongolia.

15. Khustai Mountains Camp

Khustai Mountains Camp
Image Credit: Google Maps Bruno Simões Coelho

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan, maka anda harus singgah di tempat menarik ini. Khustai Mountains Camp merupakan rumah tradisional bangsa Mongol yang bentuknya unik. Anda bisa menginap di sini jika ingin liburan panjang. Anda bisa menikmati kuda kuda liar lengkap dengan bentang alam yang luar biasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khustai Mountains Rd, Mongolia.

Bagi anda yang berencana untuk melakukan perjalanan ke Mongolia, beberapa tempat wisata yang disebutkan bisa menjadi alternatif. Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat berbeda. Mengingat negara ini memiliki banyak wisata alam indah yang mengundang decak kagum. Pastikan perencanaan anda matang saat akan liburan ke Mongolia.