Ingin liburan ke luar negeri? China mungkin bisa menjadi tujuan yang menarik. Karena negara yang terkenal dengan penduduk paling padat ini menawarkan banyak pesona. Seperti halnya deretan tempat wisata menarik di Beijing buat liburan. Dari bangunan bersejarah hingga wisata modern bisa anda temukan.

Apalagi Beijing memang Ibu Kota dari China yang menjadi pusat ekonomi, budaya juga politik. Mayoritas wisatanya didominasi oleh tempat tempat yang bersejarah tinggi. Dan Beijing juga menjadi salah satu kota yang paling tua di dunia. Jika anda sedang di Beijing, anda bisa mengunjungi beberapa tempat berikut untuk jadi referensi liburan anda.

1. Tian Tan

Tian Tan
Image Credit: Google Maps Hecatonic

Tian Tan juga dikenal dengan sebutan Temple of Heaven dengan bangunan kuil yang begitu ikonik. Kehadirannya tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga menarik perhatian wisatawan. Karena memang menjadi situs bersejarah yang dibangun ketika Masa Dinasti Ming, yakni sekitar abad ke 15 di tahun 1420 Masehi.

Selain itu Tian Tan juga sangat luas, luasnya mencapai 200 ha. Pengunjung bisa mengagumi bangunannya yang begitu unik. Sangat cantik jika dijadikan tempat mengambil foto kekinian. Bukan hanya itu ada banyak pohon yang dikenal dengan Nine Dragon Cypess yang usianya sudah 500 tahun. Pohon ini menjadi daya tarik bagi tempat wisata Tian Tan ini.

Harga Tiket: RMB 35; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiantan E Rd, Dongcheng, Tiongkok.

2. Forbidden City

Forbidden City
Image Credit: Google Maps Mehdi Chergui

Kota Terlarang atau Forbidden City selalu menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah. Disebut sebagai kota terlarang, karena memang dahulu hanya orang tertentu yang bisa memasukinya. Kawasan yang merupakan bekas dari Istana Kekaisaran Dinasti Ming juga Dinasti Qing ini memiliki nilai sejarah yang begitu tinggi.

Forbidden City bahkan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Dikelilingi dengan tembok yang tingginya 8 meter, bagian luarnya juga terdapat sungai. Di area dengan luas 720 ribu meter persegi ini, bisa menemukan 800 bangunan dengan 9900 kamar. Selain bisa mendapatkan pengetahuan sejarah, anda juga bisa berburu foto instagramable.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Beijing.

3. Great Wall

Great Wall
Image Credit: Google Maps Larisa Lifshits

Selain Forbidden City, destinasi bersejarah di Beijing berikutnya adalah Great Wall atau tembok besar China. Bangunan tembok besar ini membentang dan membelah pegunungan. Zaman dahulu dibangun sebagai tembok pertahanan yang bisa menahan serangan dari Bangsa Mongol. Untuk membuatnya butuh waktu sekitar 9 tahun.

Namun dalam proses pembangunannya memakan banyak korban, sehingga panjangnya hanya sekitar 8850 km saja. Karena pada saat itu masyarakat memberontak untuk menggulingkan dinasti. Tapi keindahannya memang tidak bisa diragukan lagi, menyusuri Great Wall akan memberikan pengalaman berbeda. Apalagi kanan kirinya bukit dan pegunungan yang hijau.

Harga Tiket: RMB 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Huairou District, China, Beijing.
BACA:  10 Pantai Cantik di China yang Terkenal

4. Badaling National Forest Park

Badaling National Forest Park
Image Credit: Google Maps Yue Dai

Selain menawarkan wisata berbentuk arsitektur yang memiliki nilai sejarah, anda juga bisa mengunjungi Badaling National Forest Park. Kehadirannya menjadi oase di tengah tengah banyaknya gedung pencakar langit. Bukit dengan pepohonan rindang ini termasuk tempat wisata yang indah sekaligus menenangkan pikiran.

Disarankan untuk datang saat akhir bulan September dan juga Oktober. Karena pada saat ini anda bisa menikmati fenomena daun merah yang menghiasi semua kawasan hutan nasional ini. Sehingga anda bisa berburu foto foto kekinian yang begitu cantik. Suasananya juga akan menjadi lebih romantis di musim tersebut. maka dari itu pastikan membawa kamera terbaik anda.

Harga Tiket: RMB 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yanqing District, China, Beijing.

5. Tian An Men

Tian An Men
Image Credit: Google Maps Adolfo Medina

Tian An Men adalah persemayaman terakhir dari presiden pertama China yaitu Mao Zedong. Inilah mengapa ketika masuk anda sudah bisa melihat foto mendiang. Yang membuatnya selalu dikunjungi adalah bangunannya yang unik. Desain khas China dengan bagian depan gerbang berupa empat patung singa yang mengundang decak kagum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dongcheng, China, Beijing.

6. Longqing Gorge

Longqing Gorge
Image Credit: Google Maps Ali Al Saad Abu _elyazia

Salah satu tempat menarik yang juga tidak boleh absen dalam daftar liburan anda adalah Longqing Gorge. Mahakarya dari alam yang berada di Desa Gucheng ini memang akan membuat siapapun terkesima. Anda bisa menemukan Sungai, ngarai yang berdampingan dengan view alam lainnya. Dan terdapat juga sentuhan tangan manusia yang luar biasa.

Wisata alam di Beijing satu ini memiliki eskalator dengan bentuk naga. Kemudian juga terdapat jembatan klasik khas Tionghoa yang unik. Yang jelas wisata populer ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya adalah susur sungai. Anda bisa menikmati susur sungai dengan perahu tradisional lengkap dengan panorama memukau.

Harga Tiket: RMB 40; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yanqing District, China, Beijing.

7. Tiger Hill

Tiger Hill
Image Credit: Google Maps kaichi 30

Bangunan yang menjulang tinggi ini dikenal dengan nama Tiger Hill. Mirip dengan Menara Pisa di Italia yang juga sama sama miring beberapa derajat. Tetapi yang membedakan ukurannya yang lebih besar. Membuat tempat wisata hits ini populer dan banyak dijadikan tujuan. Dan di dalam Tiger Hill juga terdapat kuburan dari Raja Helu.

Yang konon katanya sangat raja dimakamkan dengan 1000 orang yang membangunnya serta 3.000 pedang. Tujuannya agar tidak bisa mengetahui dimana posisi pasti kuburan Raja Helu. Inilah mengapa sampai saat ini dimana posisi tepatnya belum juga ditemukan. Anda bisa mengagumi bangunan yang unik ini dan juga mengabadikan beberapa momen.

Harga Tiket: RMB 60; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gusu District, Suzhou, Tiongkok.
BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Hangzhou Buat Liburan

8. Beihai Park

Beihai Park
Image Credit: Google Maps Shikder Mahmud Sayed

Taman Publik juga menjadi destinasi menarik ketika anda berada di Beijing. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Forbidden City, tepatnya di barat laut. Taman cantik ini memiliki danau yang ditumbuhi dengan bunga teratai. Beberapa wisatawan terlihat mengelilinginya dengan perahu wisata. Memberikan pengalaman yang mengasyikkan serta berkesan.

Tidak hanya itu, di kawasan taman wisata ini anda juga bisa menemukan bangunan bersejarah dalam bentuk kuil juga istana. Pagoda berwarna putih juga bisa ditemukan untuk dijadikan tempat berpose. Menikmati keindahan taman akan semakin lengkap jika ditutup dengan aktivitas berbelanja souvenir atau mampir di tea housenya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Xicheng District, China, Beijing.

9. National Stadium

National Stadium
Image Credit: Google Maps Stephen Asbury

National Stadium juga dikenal dengan Bird’s Nest yang bisa menampung penonton hingga 80.000 orang. Berbagai olimpiade bergengsi banyak dilakukan di stadium kebanggan Beijing ini. Desainnya sangat megah dan juga cantik, terutama ketika malam hari. Anda bisa mengambil beberapa foto, berpadu dengan kerlap kerlip lampu kota Beijing.

Harga Tiket: RMB 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guojiatiyuchang S Rd, Chaoyang, China, Beijing.

10. Beijing National Aquatics Center

Beijing National Aquatics Center
Image Credit: Google Maps Yanjun Wang

Destinasi wisata berikutnya akan membuat anda jatuh hati dengan bentuk bangunannya. Arsitekturnya begitu unik, berbentuk kubus dan mirip gelembung air. Sangat besar, biasanya dijadikan tempat untuk berenang atau menyelam. Pesonanya makin menawan ketika malam datang, karena pencahayaannya unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tianchen E Rd, Chaoyang, China, Beijing.

11. Beijing Zoo

Beijing Zoo
Image Credit: Google Maps Yue Dai

Ingin bertemu dengan satwa? Maka Beijing Zoo adalah pilihan yang paling pas. Destinasi wisata keluarga ini sudah ada sejak tahun 1906. Membawa anak anak tentu akan memberikan keseruan tersendiri. Menjadi kebun binatang paling tua, setidaknya da 600 jenis satwa dengan total lebih dari 5000. Anda bisa bertemu dengan panta, badak dan satwa lainnya.

Harga Tiket: RMB 15; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Beijing, Xicheng District.

12. Summer Palace

Summer Palace
Image Credit: Google Maps Michael Ly

Perjalanan anda menjelajah keindahan wisata di Beijing masih belum berakhir. Karena anda harus singgah di Summer Palace yang dibangun masa Kekaisaran Wanyang. Yang membuatnya kondang adalah arsitekturnya yang unik. Pemandangan alamnya sangat menawan, apalagi lokasinya dekat dengan West Lake.

Harga Tiket: RMB 30; Map: Cek Lokasi
Alamat: Xinjiangongmen Rd, Haidian District, China, Beijing.

13. Taman Jiangshan

Taman Jiangshan
Image Credit: Google Maps Sun Wuyuan孙午元

Lokasinya yang berada di pusat kota akan memudahkan anda untuk menjangkaunya. Taman Jiangshan adalah bukit dengan pemandangan dari atas ketinggian dan luasnya sekitar 400 hektar. Anda bisa menemukan lima puncak bukit, dan terdapat paviliun cantik di setiap bukit. Pemandangan kota Beijing bisa terpampang begitu jelas ketika singgah di Taman Jiangshan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jiangshan, Quzhou, Zhejiang, China, Beijing.

14. Yonghegong

Yonghegong
Image Credit: Google Maps Desert Dragon

Banyaknya bangunan yang unik dan memiliki sejarah, menjadikan destinasi di Beijing lebih banyak soal arsitektur. Seperti Yonghegong atau Lama Temple yang merupakan kuil Buddha Tibet yang memiliki standar paling tinggi. Bangunannya perpaduan Gaya Tibet dan Han. Anda bisa menemukan Buddha yang tingginya 54 kaki dengan ukiran cantik.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Taipei Taiwan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yonghegong Ave, Dongcheng, China, Beijing.

15. Kunming Lake

Kunming Lake
Image Credit: Google Maps Kieran Setco

Danau yang berada di daerah Summer Palace ini juga bisa anda kunjungi sekalian nantinya. Airnya yang tenang dengan pemandangan pohon rindang akan menyejukkan indera penglihatan anda. Danau buatan yang luasnya 2,2 km persegi ini memiliki jembatan yang khas. Para pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling area danau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Haidian District, China, Baijing.

16. Beijing Botanical Garden

Beijing Botanical Garden
Image Credit: Google Maps Lin Böwer

Menikmati warna warni bunga yang menawan juga bisa dijadikan pilihan saat di Beijing. Anda tinggal mengunjungi tempat wisata edukasi ini. Beijing Botanical Garden memiliki luas 400 hektar dengan berbagai tanaman. Mulai dari kebun mawar sampai dengan taman ramuan obat dan juga rumah kaca yang indah.

Harga Tiket: RMB 50; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Beijing, Haidian District.

17. 798 Art Zone

798 Art Zone
Image Credit: Google Maps Desert Dragon

Termasuk orang yang suka akan seni? Di Beijing anda bisa singgah di 789 Art Zone yang merupakan tempat menampung berbagai komunitas seni. Anda bisa menikmati karya patung, lukisan sampai dengan mural. Setiap sudutnya sangat instagramable, belum lagi anda juga bisa menemukan cafe atau restoran. Jangan lupakan berbagai souvenir untuk buah tangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jiuxianqiao Rd, Chaoyang, Beijing, China.

18. Silk Market

Silk Market
Image Credit: Google Maps 賈長順

Tidak hanya mengagumi bangunan, anda juga bisa wisata belanja saat di Beijing. Silk Market adalah tempat wisata menarik sekaligus pusat perbelanjaan. Sudah ada sejak masa Dinasti Qing, Silk Street Market memiliki lebih seribu pedagang. Anda bisa membeli berbagai hal, mulai barang sampai dengan jajanan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Beijing, Chaoyang.

19. Donghuamen Night Food Market

Donghuamen Night Food Market
Image Credit: Google Maps Марта Николова

Beijing saat malam hari sangat atraktif, sehingga anda masih bisa melanjutkan jalan jalan. Mengunjungi Donghuamen Night Food Market misalnya untuk berburu aneka kuliner nikmat. Berbagai jajanan dari China bisa anda dapatkan, terutama makanan ekstrim dan rasa pedas. Apalagi belanja makanan di Food market populer ini juga tidak menguras kantong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: China, Bei Jing Shi, Dongcheng, Wangfujing.

20. Wangfujing Street

Wangfujing Street
Image Credit: Instagram linsusa travel photography

Penuh dengan ornamen khas Negeri Tirai Bambu, anda akan dibuat terpana. Belum lagi ada banyak kuliner yang bisa anda coba. Selain menikmati kulinernya, anda juga bisa menemukan berbagai barang branded dan berkualitas. Destinasi wisata di Beijing ini adalah surganya untuk anda yang doyan berbelanja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dongcheng, Beijing, China.

Beijing tidak hanya menjadi pusat kota yang sibuk, tetapi juga menawarkan banyak destinasi wisata. anda bisa menelusuri jejak sejarah dari bangunan yang ada. Atau bisa juga mengunjungi wisata alamnya yang tidak akan mengecewakan. Tidak ketinggalan anda juga bisa berbelanja dengan puas, untuk buah tangan atau untuk koleksi.