Sebagai negara terpadat kelima di dunia, Pakistan terkenal mempunyai banyak objek wisata menarik sebagai tempat hiburan dan refreshing bagi masyarakatnya. Khususnya di sebelah utara wilayah Pakistan, banyak area lembah nan hijau dan subur, danau yang indah, pegunungan yang tinggi, sampai berbagai satwa liar menakjubkan bisa ditemukan di sana.

Selain itu, negara negara di Timur Tengah umumnya terkenal akan tempat wisata religinya. Pun dengan Pakistan, yang juga menyimpan sederet wisata religi dan mayoritas berbau Islami. Tidak heran apabila negara ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri. Berikut sejumlah tempat wisata menarik di Pakistan yang wajib disambangi ketika berada di negeri seribu cahaya tersebut.

1. Daman-e-Koh

Daman-e-Koh
Image Credit: Twitter Developing Pakistan

Daman-e-Koh yang ada di Islamabad, Pakistan, menjadi salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi apabila tengah berada di negara Timur Tengah tersebut. Destinasi ini berupa objek wisata alam yang memungkinkan para pengunjung untuk melihat seisi Kota Islamabad dari ketinggian.

Daman-e-Koh sendiri adalah sebuah bukit yang dibuka untuk umum. Ketika sudah mendaki dan mencapai puncaknya, anda akan menemukan pemandangan yang begitu luar biasa untuk dinikmati. Dan selain menikmati pemandangan kota, anda juga dapat berkunjung ke restoran terkenal yang berada tepat di atas Daman-e-Koh tersebut.

Harga Tiket: 14,028 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daman -e- Koh Rd, E-7, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

2. Pakistan Monument

Pakistan Monument
Image Credit: Twitter Zahran CR

Objek wisata menarik lainnya yang patut untuk sambangi yaitu Pakistan Monument. Monumen yang menjadi landmark Kota Islamabad tersebut berada di puncak Shakar Parian Hills, dan menjadi destinasi populer di kalangan mereka yang menyukai tempat wisata bersejarah.

Pasalnya monumen ini sendiri memang dibangun sebagai dedikasi bagi orang orang yang mempunyai pengaruh besar untuk kemerdekaan Pakistan. Bahkan di Pakistan Monument ini juga dibangun sebuah museum sejarah yang bisa anda jelajahi. Karena areanya luas, anda tidak perlu khawatir harus berdesak desakan selama berkunjung ke lokasi.

Harga Tiket: 46.95 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shakarparian Hills، Srinagar Hwy, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

3. Fatima Jinnah Park

Fatima Jinnah Park
Image Credit: Google Maps Tahir Zaman

Sebagai ibu kota Pakistan, Islamabad yang dibangun sekitar tahun 1960 menyimpan sederet tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Selain Daman-e-Koh dan Pakistan Monument, anda juga dapat mengunjungi Fatima Jinnah Park sambil berjalan jalan santai di Islamabad. Apalagi taman indah ini berada di pusat kota, sehingga tidak sulit untuk mencapai lokasinya.

Meskipun Fatima Jinnah Park tidak begitu luas, namun taman kota tersebut terlihat sangat bersih dan asri. Nuansa asri ini diperoleh dari banyaknya pepohonan serta rerumputan hijau yang ditanam dan tumbuh subur di area taman. Suasana seperti ini membuat taman cantik tersebut menjadi kerap dikunjungi oleh warga setempat untuk berjalan jalan di sore hari.

Harga Tiket: 4,383.75 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.
BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Islamabad Pakistan Buat Liburan

4. Faisal Mosque

Faisal Mosque
Image Credit: Twitter Kez

Satu lagi destinasi wisata religi yang bisa anda temukan di Islamabad, yakni Faisal Mosque. Bangunan masjid yang berdiri dengan megah tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu landmark dari ibu kota Pakistan. Dengan arsitektur yang didominasi dengan nuansa putih, bangunan masjid ini terlihat sangat menarik ketika dilihat dari luar.

Membuat orang yang melintas ingin melihat kecantikan dan kemegahannya dari dekat. Apalagi Faisal Mosque terletak di tengah tengah pegunungan, yang lokasinya dikelilingi oleh rerumputan hijau. Ini membuat masjid nampak makin asri dan sejuk, tidak heran apabila selain difungsikan sebagai tempat ibadah umat muslim, Faisal Mosque sering dijadikan tujuan wisata para pelancong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shah Faisal Ave, E-8, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

5. Bird Aviary

Bird Aviary
Image Credit: Google Maps Omer Liaqat

Pergi ke negara mana pun, rasanya berkunjung ke kebun binatang memang tidak pernah salah. Karena destinasi ini sangat cocok sebagai tempat refreshing dan liburan keluarga. Khususnya bagi anda sekeluarga yang mempunyai anak anak kecil, dijamin putra putri akan senang sekaligus teredukasi selama menyambangi kebun binatang.

Di Pakistan sendiri ada sebuah kebun binatang yang menjadi salah satu taman burung terbesar di dunia, namanya Bird Aviary. Sehingga sayang sekali apabila anda tengah berada di Islamabad tanpa sempat mengunjungi objek wisata ini. Dimana salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di sini yaitu menikmati hamparan danau yang luas sambil menyaksikan kecantikan burung burung.

Harga Tiket: 10 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Enclave Ave, Sector A Siwerah, Islamabad, Islamabad Capital Territory, Pakistan.

6. Mazar-eQuaid

Mazar-eQuaid
Image Credit: Google Maps Noman Khan

Selain Islamabad, Karachi merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi di Pakistan, Asia Selatan. Daerah tersebut dulunya sempat menjadi ibu kota Pakistan dan merupakan kota terbesar di sana. Sehingga objek wisata yang tersimpan di wilayah ini termasuk sangat melimpah dan menarik untuk disambangi, seperti Mazar-eQuaid.

Mazar-eQuaid sendiri merupakan sebuah monumen yang menjadi landmark bagi Kota Karachi. Monumen yang dibangun pada tahun 1960 ini berisikan makam para petinggi Pakistan yang mempunyai pengaruh besar untuk kemajuan negara. Dengan keistimewaannya tersebut, tidak heran jika kemudian Mazar-eQuaid menjadi sangat populer di kalangan wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: M.A Jinnah Rd, Central Jacob Lines Ghm، Karachi, Karachi City, Sindh, Pakistan.

7. Masjid E Tooba

Masjid E Tooba
Image Credit: Google Maps Lofar

Kubah raksasa menjadi hal yang melekat pada Masjid E Tooba, dan membuatnya tampak unik dan menarik ketika dilihat dari luar. Tentunya masjid ini menjadi tempat wisata religi yang tidak boleh dilewatkan saat berada di negara ini. Apalagi pemandangan cantik di sekitar masjid yang dapat dinikmati melalui pelataran, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Old Korangi Rd, Sabir SRE Karachi Cantonment, Karachi, Karachi City, Sindh, Pakistan.

8. Frere Hall

Frere Hall
Image Credit: Google Maps Ambreen Zaheer

Ketika anda sedang berada di Karachi, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Frere Hall yang termasuk ikon penting dari kota tersebut. Pasalnya Frere Hall adalah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan masa kolonial Inggris. Sudah dibangun sejak abad ke-18, Frere Hall masih terlihat kokoh berdiri dan sekarang sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

BACA:  20 Makanan Khas Pakistan yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fatima Jinnah Rd, Saddar Civil Lines, Karachi, Karachi City, Sindh, Pakistan.

9. Danau Haleji

Danau Haleji
Image Credit: Google Maps Roman Khan

Objek wisata populer di Pakistan selanjutnya yaitu Danau Haleji. Meskipun di Indonesia sendiri anda bisa menemukan banyak danau, namun Danau Haleji ini sangat sayang apabila dilewatkan. Sebab pemandangan cantik di sekelilingnya benar benar akan sangat memanjakan mata. Belum lagi keberadaan berbagai burung di sana semakin menambah cantiknya pemandangan sekitar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thatta, Sindh, Pakistan.

10. Istana Mohatta

Istana Mohatta
Image Credit: Google Maps Amin khan kakar

Pakistan memang terkenal mempunyai deretan tempat wisata bernuansa religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Istana Mohatta yang ada di daerah Karachi. Istana ini didirikan tahun 1920 sebagai bentuk persembahan kepada Dewa Siwa. Sampai sekarang bangunannya masih sangat terjaga, sehingga peninggalan tersebut menjadi populer di kalangan pelancong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 7 Hatim Alvi Rd, Block 5 Old Clifton, Karachi, Karachi City, Sindh, Pakistan.

11. Minar E Pakistan

Minar E Pakistan
Image Credit: Google Maps Saeed Ullah

Minar E Pakistan adalah monumen yang dibangun pada tahun 1940 untuk memperingati pendirian negara ini. Monumen yang didirikan oleh Liga Muslim India tersebut mempunyai ketinggian sekitar 62 meter dengan pondasi yang berbentuk seperti bintang. Karena termasuk salah satu tonggak sejarah Pakistan, tentunya Minar E yang ada di Lahore ini patut untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Circular Rd, Walled City of Lahore, Lahore, Punjab 54000, Pakistan.

12. Gunung Godwin Austen

Gunung Godwin Austen
Image Credit: Google Maps Saeed Ullah

Bagi anda yang merupakan pecinta alam dan menyukai pegunungan, Gunung Godwin Austen di Pegunungan Karakoram sangat direkomendasikan. Apalagi gunung yang kerap disebut K2 ini adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest di Himalaya. Letak tepatnya ada di bagian timur laut Pakistan, di wilayah Pakistan dengan Tiongkok.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gilgit–Baltistan utara, Pakistan.

13. Bukit Murree

Bukit Murree
Image Credit: Google Maps Abdul Azeem Soomro

Untuk yang ingin berburu pemandangan alam khas Pakistan, maka Bukit Murree ini adalah tujuan yang tepat. Karena di sana anda bisa menemukan panorama alam hijau yang begitu memanjakan mata. Bahkan destinasi ini disebut sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Ditambah fasilitasnya yang lengkap seperti kereta gantung akan membuat pengalaman berlibur semakin menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rawalpindi District of Punjab, Pakistan.

14. Lahore Fort

Lahore Fort
Image Credit: Google Maps Zeeshan Liaqat

Lahore Fort atau dikenal pula dengan nama Sheikhupura Fort merupakan salah satu tempat menarik di Pakistan yang sayang untuk dilewatkan. Awalnya, tempat wisata ini merupakan sebuah benteng yang sempat dijadikan hunian bagi para ratu. Namun sekarang bangunan bersejarah tersebut telah ditetapkan menjadi World Heritage Site oleh UNESCO.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fort Rd, Walled City of Lahore, Lahore, Punjab, Pakistan.

15. Danau Shangri La

Danau Shangri La
Image Credit: Facebook Itla Dpdjabar

Danau lainnya dengan keindahan rupawan yang akan memanjakan mata bisa anda temukan di Pakistan lewat Danau Shangri La. Keunikan yang ditawarkan pada destinas ini adalah bentuknya yang menyerupai hati. Selain itu, airnya jernih berkilauan dengan suasana yang tenang. Sehingga sangat cocok sebagai tempat refreshing untuk menghilangkan penat dan menjernihkan pikiran.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pakistan yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kachura, Skardu, Pakistan.

16. Pantai Clifton

Pantai Clifton
Image Credit: Google Maps shan ghouri

Rasanya hampir semua orang menyukai wisata pantai. Bahkan ketika berkunjung ke daerah lain atau negara lain, wisata bahari selalu dimasukkan ke dalam daftar destinasi tujuan. Di Pakistan sendiri anda bisa menemukan Pantai Clifton yang terletak di Karachi. Pantai ini punya pemandangan yang begitu indah, dengan fasilitas unik berupa keliling pantai menggunakan unta.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Clifton Beach, Karachi, Sindh, Pakistan.

17. Lembah Kalash

Lembah Kalash
Image Credit: Facebook Sharifuddin Lennon

Apabila ingin berkenalan dengan budaya Pakistan lebih jauh, sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke Lembah Kalash. Terlebih penduduk asli Kalash adalah suku Kelash, yang konon menurut cerita sudah ada sejak peradaban Yunani. Tidak heran jika anda bisa menemukan aneka festival menarik sering diadakan di sini, dan para wisatawan rela jauh jauh datang untuk menyaksikan festival tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Chitral, Pakhtunkhwa, Pakistan.

18. Lembah Kaghan

Lembah Kaghan
Image Credit: Google Maps Nazar Rehman

Lembah lainnya yang termasuk destinasi wisata menarik di Pakistan yaitu Lembah Kaghan. Lokasinya ada di kaki Pegunungan Himalaya, sehingga sudah pasti anda akan mendapatkan pemandangan hijau menyegarkan sejauh mata memandang. Menariknya, terdapat salju di tempat ini. Jadi keindahannya akan bertambah dua kali lipat apabila anda datang berkunjung saat salju menutup sebagian wilayah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balakot, Mansehra, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

19. Neelum Valley

Neelum Valley
Image Credit: Google Maps Ahmed Raza

Neelum Valley atau Lembah Neelam yang terletak di Utara dan Timur Laut Muzaffarabad, merupakan lembah berbentuk busur dengan panjang sekitar 144 kilometer. Lembah Sungai Neelam yang berada di wilayah Azad Kashmir ini mempunyai pemandangan rupawan, dengan aliran air yang mempesona dan hujan hijau subur serta bukit bukit menjulang tinggi di kedua sisi sungai.

Harga Tiket: 19.000 PKR; Map: Cek Lokasi
Alamat: Neelam Valley, Pakistan.

20. Shandur Pas

Shandur Pas
Image Credit: Google Maps Shahid Rao

Berada di ketinggian kurang lebih 3.738 meter di atas permukaan laut, Shandur Pas merupakan lapangan polo tertinggi di dunia. Lokasinya ada di antara Distrik Ghizer Gligit-Baltistan dan Distrik Chitral, sehingga biasanya ada pertandingan polo yang dimainkan oleh tim tim dari kedua distrik tersebut.

Shandur sendiri merupakan salah satu jalur gunung utama Pakistan. Biasanya area ini tidak berpenghuni dan melewati lereng yang tertutup salju pada musim dingin. Kondisi tersebut membuat Shandur Pas menjadi petualangan yang cukup sulit sekaligus seru dan menyenangkan. Apalagi destinasi yang sering disebut atap dunia ini punya pemandangan rupawan yang amat memanjakan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chitral, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

Pakistan memang terkenal menyimpan sederet objek wisata religi dan wisata alam yang begitu menarik untuk dikunjungi. Daftar di atas merupakan beberapa di antaranya yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke negeri seribu cahaya tersebut. Apalagi banyak keseruan dan pemandangan indah memanjakan mata yang akan anda temui selama bertandang ke destinasi.