Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Danau Lau Kawar adalah salah satu wisata alam di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Merupakan danau vulkanik yang memiliki keindahan yang eksotis. Aktivitas Gunung Sinabung akhir-akhir ini mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang, namun danau ini masih menjadi salah satu wisata yang tetap dilirik terutama oleh kaum muda-mudi karena keindahannya.

Danau dengan luas lebih kurang 200 hektar ini diapit oleh pegunungan dan hutan tropis. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan karena terdapat lahan untuk mendirikan kemah, area untuk panjat tebing, juga rute pendakian menuju puncak Gunung Sinabung. Perjalanan menuju danau ini juga melewati banyak pemandangan alam termasuk juga lahan pertanian.

Selain wisata pemandangan alam, Danau Lau Kawar juga terkenal dengan kemistisannya. Terdapat cerita legenda terbentuknya danau ini dan mitos-mitos yang akhirnya memunculkan pantangan seperti tidak berbuat asusila atau tidak membuang sampah sembarangan. Sebagian masyarakat mempercayai dan menghindari pantangan tersebut sehingga berdampak positif dalam keharmonisan lingkungan di sekitar.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Lau Kawar

Daya Tarik Danau Lau Kawar
Image Credit: Twitter.com @cambridgehtlmdn

Berada di kaki Gunung Sinabung membuat Danau Lau Kawar memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika tempat ini banyak didatangi oleh para pengunjung terutama bagi pecinta petualangan. Bahkan meski pengunjung sempat menurun, namun aktivitas Gunung Sinabung tidak membuat danau ini kehilangan daya tariknya.

1. Keindahan Alam

Tidak perlu diragukan, destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Danau ini cukup dalam dan tenang, memiliki warna kehijauan, dan dikelilingi dengan bukit dan gunung-gunung. Banyaknya pepohonan dan tidak adanya sampah yang dibuang sembarangan juga membuat danau ini tampak semakin cantik.

Keindahan ini menarik banyak pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang terbentang. Meskipun tidak seluas Danau Toba yang juga merupakan salah satu danau di Sumatera Utara, namun danau ini memiliki daya tarik yang tidak kalah mempesona.

Terkadang jika cuaca tiba-tiba mendung, suasana di sekitar menjadi terasa sendu. Meski demikian, air danau yang tenang dan bening tetap terlihat indah da mempesona. Selain itu, dari kawasan ini Anda juga dapat melihat Gunung Sinabung yang tinggi dan gagah.

2. Suasana Tenang

Danau Lau Kawar juga menawarkan ketenangan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Udara yang sejuk khas pegunungan dan keheningan yang ditawarkan sehingga membuat danau ini sangat cocok untuk meredakan stres. Banyaknya pepohonan juga membuat kawasan ini terasa sejuk dan juga membuat Anda menjadi nyaman.

Daya Tarik Dimiliki Danau Lau KawarDaya Tarik Dimiliki Danau Lau Kawar
Image Credit: Twitter.com @aderebeccaa

3. Legenda

Danau ini menyimpan banyak misteri yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Mitos ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Pengunjung juga diharuskan menjaga sikap dan juga berhati-hati saat berbicara. Hal ini dikarenakan adanya akibat jika pengunjung tidak mematuhi pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Ada beberapa versi mitos yang dipercaya masyarakat. Dari versi-versi ini kesemuanya mempercayai bahwa konon Danau Lau Kawar ini terbentuk dari air mata kesedihan. Tangisan yang terus menerus akhirnya terbentuklah sebuah danau.

Tidak sedikit pengunjung yang mendapat pengalaman mistis di tempat ini. Banyak cerita yang mendirikan bulu kuduk seperti kesurupan atau pengalaman dengan mahluk halus. Selain itu, juga adanya hal-hal yang dipercaya merupakan akibat dari pengunjung yang melanggar pantangan. Cerita-cerita ini banyak tersebar, namun justru memunculkan rasa penasaran untuk datang.

4. Termasuk Kawasan Leuser

Danau ini terletak di Kawasan Ekosistem Leuser atau KEL. Memiliki ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut, membuat Anda dapat melihat Dataran Tinggi Karo dan juga wilayah Berastagi jika cuaca sedang cerah. Selain itu, berada di Kawasan Ekosistem Leuser membuat perjalanan menuju tempat ini juga tidak membosankan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Anda akan melewati jalur yang berliku, juga perkampungan, lahan-lahan pertanian maupun kebun sayur, serta hutan-hutan pinus. Selain itu Anda juga dapat melihat rumah-rumah adat Karo di Desa Lingga yang merupakan jalur menuju lokasi. Rumah adat ini unik karena telah berusia ratusan tahun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Danau Lau Karo
Image Credit: Google Maps (Yulisa Rusdianti)

Lokasi Danau Lau Kawar berada di Desa Kuta Gunung, lebih lengkapnya di Kecamatan Naman Teran, Karo. Terdapat kerusakan di beberapa titik jalan, namun sebagian besar sudah baik. Kendaraan umum tidak akan mengantar Anda sampai di lokasi, karena itu Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Dari pusat kota Medan, Anda akan menempuh jarak sejauh 70 kilometer. Kira-kira waktu tempuh selama 3 jam. Anda dapat melalui rute Kota Berastagi hingga persimpangan dengan papan petunjuk. Dari papan tersebut Anda akan mengetahui arah dan jarak ke lokasi hanya tinggal 27 kilometer lagi. Selanjutnya hanya tinggal mengikuti jalan utama hingga sampai ke lokasi.

Saat Anda sampai di gerbang utama, Anda akan ditarik tiket masuk. Selanjutnya kendaraan dapat menuju tepian danau. Ini merupakan spot pertama yang dapat Anda nikmati, namun Anda masih harus membayar tiket parkir. Anda juga dapat menuju spot selanjutnya dengan menggunakan jalur kiri saat tiba di persimpangan. Di spot kedua ini Anda kembali akan membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Mengkok Sinulingga)

Danau Lau Kawar buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuk tergolong sangat terjangkau untuk semua kalangan. Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5000 untuk masuk di gerbang utama.

Sedangkan biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk per motor. Spot kedua yang berada di atas juga membayar tiket masuk sebesar Rp 5000. Jadi keseluruhan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000 saja untuk menikmati panorama alam yang ditawarkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lau Kawar

Kegiatan di Lau Kawar
Image Credit: Google Maps (Andri Project)

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang pastinya menarik jika mengunjungi Danau Lauu Kawar terutama bagi Anda yang menyukai petualangan dan wisata alam. Beberapa aktivitas biasa dilakukan oleh pengunjung di Danau Lau Kawar. Kegiatan-kegiatan ini tentu positif dan menyenangkan.

1. Menikmati Keindahan

Banyak pengunjung yang memilih duduk-duduk di gazebo untuk sekedar menikmati pemandangan dan hawa sejuk pegunungan. Anda dapat menggelar tikar dan piknik bersama keluarga atau sahabat. Suasana yang asri dan sejuk sangat cocok untuk makan bersama dan bersantai. Asalkan tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.

Ketenangan yang tersaji membuat pengunjung betah duduk berlama-lama. Banyak pula pendaki Gunung Sinabung yang memilih area ini untuk beristirahat. Tidak mengherankan karena tempat ini sangat nyaman untuk melepas penat.

2. Berpetualang

Wilayah objek wisata ini juga memiliki banyak spot yang dapat Anda gunakan untuk berpetualang. Selain tempat ini merupakan rute pendakian menuju Gunung Sinabung, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti panjat tebing. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sebagian besar adalah anak muda yang berkunjung untuk berpetualang.

3. Memancing

Danau Lau Kawar merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk Anda yang hobi memancing. Anda dapat menggunakan boat atau perahu rakit. Dengan latar pemandangan yang indah, sejuk, dan suasana tenang, tentu memancing di tempat ini merupakan aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

Kegiatan Menarik di Lau Kawar
Image Credit: Twitter.com @ranafathinah

4. Berkeliling Danau

Selain hanya mengelilingi tepian danau, Anda juga dapat menyewa boat atau perahu rakit untuk berkeliling danau. Pengelola sudah menyiapkan sarana berupa boat dan perahu rakit. Dengan begitu pengunjung dapat merasakan sensasi mengelilingi danau yang tentu menarik dan terasa berbeda. Jika Anda tertarik untuk mencoba sarana ini, Anda hanya perlu menghubungi pengelola atau petugas.

Perahu boat dapat mengantar Anda berkeliling danau Lau Kawar, tidak hanya di pinggiran saja namun juga dapat lebih jauh ke tengah danau. Sedangkan jika Anda menggunakan rakit, Anda tidak bisa terlalu ke tengah. Perahu rakit ini hanya digunakan di pinggiran danau karena akan beresiko jika digunakan terlalu jauh. Karenanya perahu rakit ini hanyalah sarana untuk hiburan bagi pengunjung saja.

5. Berkemah

Terdapat area yang dapat digunakan untuk membangun tenda. Banyak pengunjung yang bermalam dan berkemah di area ini, terutama para pendaki yang beristirahat. Tentu menyenangkan merasakan keindahan danau dan juga merasakan suasana pegunungan, termasuk pada malam hari. Anda juga dapat melakukan aktivitas lain seperti yang biasa dilakukan saat berkemah.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Lau Kawar

Fasilitas di Danau Lau Kawar
Image Credit: Google Maps (Casey Choe)

Pengelola Kawasan danau telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Terdapat area parkir sehingga Anda yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu repot-repot mencari tempat untuk menitipkan kendaraan pribadi Anda. Juga terdapat toilet yang disediakan. Selain itu banyak gazebo yang dibangun untuk pengunjung beristirahat dan menikmati keindahan.

Pengelola juga menyediakan fasilitas lain berupa sarana yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan danau menggunakan perahu rakit atau boat. Selain itu, jika Anda ingin menginap, ada pilihan selain berkemah, yaitu menyewa villa. Villa ini berada di jalur kanan persimpangan yang ada di spot pertama.

Danau Lau Kawar adalah destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan Anda sebagai tempat berlibur di Kabupaten Karo. Sangat disarankan bagi Anda jika berkunjung untuk tetap menjaga perilaku dan saat berbicara. Bukan hanya soal mistis yang dipercaya oleh masyarakat, namun juga untuk menjaga kenyamanan serta keamanan bersama.