Desa Wisata Pujon Kidul salah satu desa wisata yang populer di Malang, Jawa Timur yang menawarkan pemandangan gunung Dorowati dan persawahan. Objek wisata ini memiliki beragam fasilitas permainan anak-anak, tempat selfie, kegiatan outbound dan tempat kuliner.

Harga Tiket: Rp 12.500, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan objek wisata yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terkenal karena dikelilingi oleh areal persawahan dan pegunungan. Desa ini dibangun dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat. Pihak pengelola membuat roadmap serta transparansi laporan keuangan yang dapat dipantau melalui website.

Beragam aktivitas seru sarat akan nuansa alam menjadi daya tarik utama. Contohnya, beternak, outbond, mengolah susu, camping, hingga belajar membuat biogas. Diliputi suasana yang tenteram dan nyaman. Udara sejuk khas pedesaan berguna sebagai ajang relaksasi dari kepadatan kota.

Lanskap Gunung Dorowati semakin menambah keindahan. Anda akan dibuat terpaku ketika memandang panorama nun jauh di sana. Perpaduan padi dan aneka bunga cantik turut serta memanjakan mata. Di samping itu, penduduk setempat senantiasa siap sedia menyambut wisatawan. Wisata Pujon Kidul menjadi destinasi yang asyik untuk rekreasi bersama orang terkasih.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Pujon Kidul

Daya Tarik Dimiliki Desa Wisata Pujon Kidul
Image Credit: Twitter.com @emylee_KMS

1. Cafe Sawah

Sesuai namanya, Anda akan disuguhkan panorama persawahan di atas lahan seluas 3 hektare. Aneka bunga dan sayuran ditata sedemikian apik sehingga tampak indah dipandang mata. Dibangun pula sejumlah saung yang tersebar hampir di seluruh penjuru taman. Fasilitas ini diperuntukkan gratis bagi pengunjung.

Beberapa kolam kecil diisi air jernih berfungsi sebagai hunian ikan koi. Anda bisa bebas memberi makan ikan-ikan ini. Menariknya, air tersebut ternyata memanfaatkan limbah domestik dari rumah-rumah penduduk. Dikelola dengan menggunakan struktur IPAL, yang mana ampas limbah kerap dijadikan pupuk.

Kawasan kafe juga sangat bersih, Anda tidak akan disuguhi sampah berserakan. Pihak pengelola menyatukan seluruh sampah di TPS desa. Sebagian diubah jadi kompos, sisanya dijual ke bank sampah. Dalam konteks menyeluruh, Cafe Sawah merupakan bukti nyata mengenai kesuksesan Desa Wisata Pujon Kidul.

Biasanya, beroperasi pada pukul 08.00 sampai maksimal 22.00 WIB. Anda harus membeli kupon Rp 8.000 untuk masuk ke sini. Kupon ini nantinya dapat digadaikan dengan menu tertentu sebesar Rp 5.000. Anda masih perlu membayar parkir Rp 5000 saat membawa mobil, sedangkan motor hanya dikenai Rp 2.000.

Alternatif menunya memiliki cita rasa rumahan disertai harga bersahabat. Variasi lalapan, bakso, ikan, olahan nasi, teh, kopi, susu, dan lain-lain. Bermodalkan uang Rp 30.000 saja, Anda sudah bisa mencicipinya. Di samping itu, juga ditunjang oleh fasilitas dan pelayanan yang optimal.

BACA:  50 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

2. The Roudh 78

Beroperasi mulai pukul 08.00 sampai maksimal 17.00 WIB, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Menu makanan di sini tidak jauh berbeda dengan Cafe Sawah. Letaknya bahkan berdekatan sehingga memudahkan mobilisasi pengunjung. Hanya saja, The Roudh 78 memiliki kesan yang relatif lebih maskulin dan menantang.

Pasalnya, pihak pengelola menawarkan beragam aktivitas fisik sebagai pemikat. Mulai dari menunggang kuda, bermain offroad, hingga sejumlah alternatif wahana air. Anda berpotensi besar dibuat lupa waktu selagi rekreasi di sini. Walau terbilang baru, ikon yang satu ini wajib dijajal ketika menyambangi Desa Wisata Pujon Kidul

The Roudh 78 menyajikan panorama air sebagai pengganti sawah. Deretan saung berdiri rapi di pinggir kolam ikan yang menyerupai sungai. Sembari menyantap hidangan, Anda bisa melihat-lihat sekumpulan ikan berenang. Beberapa titian kayu difungsikan sebagai penghubung antara sisi kolam merangkap spot foto.

Disediakan jembatan penyeberangan dan pondok serupa menara untuk menikmati panorama dari ketinggian. Memadukan kesederhanaan, kecantikan alam, dan aneka tantangan, The Roudh 78 mampu membuat Anda berdecak kagum. Intinya, tak kalah keren dengan ikon terdahulu.

Daya Tarik Desa Wisata Pujon Kidul
Image Credit: Google Maps (Riko Riko)

3. Variasi Air Terjun

Berlokasi di dataran tinggi, tidak mengherankan bila akan ditemukan banyak air terjun di Desa Pujon Kidul. Setiap objek memiliki keunikan tersendiri. Beberapa sudah menjadi bahan perbincangan sejak lama, sisanya masih belum begitu terjamah. Sebagai bahan perbandingan, ambil contoh Coban Sumber Pitu dan Manan.

Dikatakan Sumber Pitu karena memiliki tujuh titik pancuran air. Pitu berarti tujuh dalam bahasa Jawa. Ada dua pos yang harus dilewati untuk tiba di sini. Anda akan dikenai biaya Rp 10.000 di pos pertama. Kontur jalanan menuju pos kedua cukup terjal dan berliku. Butuh waktu setidaknya 30 menit jika berjalan kaki dan 15 menit berkendara.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda masih harus melintasi jalan setapak sekurang-kurangnya 1 jam agar dapat menyaksikan air terjun. Namun, jangan khawatir karena pihak pengelola menyediakan sejumlah bangku untuk menghela napas sejenak. Panorama hijau di tengah hutan siap menemani perjalanan Anda.

Selanjutnya, ada yang disebut Coban Manan. Keberadaannya belum begitu terjamah, masih asri dan terjaga. Tersembunyi di antara hutan lebat dan medan yang ekstrem. Debit air terjunnya cukup deras, jatuh mengenai bebatuan licin. Disarankan meminta bantuan warga lokal untuk memandu perjalanan Anda agar tidak tersesat.

Suasana di Coban Manan sangat sunyi, meninggalkan kesan misterius dan sedikit menyeramkan. Fasilitas yang ada juga belum memadai. Meski demikian, lanskap alamnya benar-benar memukau. Tebing-tebing tinggi seolah mengepung Anda. Direkomendasikan bagi para pecinta petualangan.

BACA:  Pantai Ngliyep, Wisata Pantai Nan Eksotis Sarat Mitos di Malang

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Pujon Kidul

Alamat Wisata Pujon Kidul
Image Credit: Google Maps (Djamhari Asan)

Terpaut sejauh 30 kilometer, sekurang-kurangnya butuh waktu 1 jam jika berangkat dari pusat Kota Malang. Terletak di kawasan Pujon, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua. Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Jalanannya sudah diaspal dan mudah diakses.

Namun demikian, Anda harus waspada saat melintasi rute Kota Wisata Batu ke arah Kediri. Pasalnya, jalanan di sana menanjak, sempit, dan berliku. Di masing-masing sisi terdapat jurang. Termasuk daerah rawan kecelakaan. Apalagi, lalu lintasnya juga ramai karena menghubungkan antarkota.

Tiket masuk dipatok sebesar Rp 12.500. Ini tidak termasuk dalam biaya per objek wisata. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, banyak ikon menari di Desa Wisata Pujon Kidul. Setiap ikon memiliki rentangan biaya masuk sebesar Rp 5.000 – Rp 20.000. Biasanya, sewa parkir dibuat terpisah. Motor dikenai Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Desa Pujon Kidul

Aktivitas di Desa Pujon Kidul
Image Credit: Twitter.com @puspitafm

1. Berburu Produk Desa

Beragam produk Desa Pujon Kidul telah menunggu untuk dibawa pulang. Pemerintah setempat bekerja sama dengan penduduk untuk menciptakan sejumlah brand yang nantinya dijual kepada pengunjung. Ada sayuran, beras kencur, olahan susu, dan beras kencur. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan harga ramah di kantong.

Pusat oleh-oleh memang sengaja dibangun untuk mendorong ekonomi desa. Hasilnya, tingkat kemiskinan mengalami penurunan. Total 20% dari penduduk diberdayakan untuk secara khusus bekerja di sektor pariwisata. Menariknya, produk di tempat ini bisa dikatakan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Setiap detail diawasi sebaik mungkin.

2. Menunggang Kuda, Mencoba Bermain Paintball Hingga Panahan

Aktivitas semacam ini tersedia di The Roudh 78. Anda berkesempatan mengelilingi desa sambil menunggang kuda. Pemandangan yang ditawarkan berupa areal persawahan, peternakan, dan perkebunan. Anda harus membayar Rp 45.000 untuk menikmatinya. Tidak perlu takut karena ada penjaga yang bertugas mengiringi perjalanan Anda.

Alternatif kegiatan asyik dan menantang lainnya, yaitu paintball. Secara khusus, Anda bisa meniatkan ini sejak berangkat dari rumah. Ajaklah teman-teman terdekat agar semakin seru. Rasakan sensasi perang di antara udara sejuk dan pemandangan memukau.

Di samping itu, jika ingin melatih konsentrasi, ada pula wahana panahan. Anda hanya perlu membidik target yang sudah disiapkan. Walau kebanyakan yang mencobanya adalah orang dewasa, namun anak-anak pun dapat ikut serta.

3. Mengintip Ternak Sapi Penduduk Lokal

Bosan berkeliling, cobalah mampir ke peternakan sapi milik penduduk. Berbagai alternatif kegiatan bisa Anda jalani di sini. Tidak hanya sekadar melihat-lihat, Anda pun berkesempatan memerah susu sapi secara langsung. Setelah itu, hasil perahan tersebut boleh Anda minum sendiri.

BACA:  Kebun Binatang Surabaya, Balai Konservasi & Destinasi Wisata yang Populer

Biasanya, proses ini berlangsung pada pagi dan sore hari. Pastikan Anda datang di waktu yang tepat. Di samping itu, juga didistribusikan ke berbagai tempat melalui koperasi desa. Para peternak di sini sangat ramah menghadapi pengunjung.

Aktivitas Menarik di Desa Pujon Kidul
Image Credit: Google Maps (Wahyu Yudi)

4. Mempelajari Tips Sukses Manajemen Potensi Desa

Kesuksesan Desa Wisata Pujon Kidul sudah menjadi informasi umum. Tidak jarang dianggap sebagai rujukan oleh objek wisata serupa. Kelompok pengembang pariwisata dari berbagai penjuru kadang melakukan studi banding. Tentu, ini terdengar menarik bagi Anda yang memiliki rasa ingin tahu tinggi.

Lebih dari sekadar hiburan, pihak pengelola menyediakan sarana edukasi. Anda bisa mewawancarai penduduk setempat guna memperoleh informasi berharga. Mungkin saja, ke depannya Anda memiliki inisiatif untuk mengembangkan hal serupa di alamat domisili. Paling tidak, upaya semacam ini berpeluang membantu perekonomian desa.

Sebenarnya, Indonesia secara umum menyimpan banyak potensi pariwisata tersembunyi. Mulai dari pegunungan, wilayah pemukiman, hingga lautan. Hanya saja, belum dibarengi oleh pengetahuan yang mumpuni. Kerap kali hanya menyajikan fasilitas dan pelayanan seadanya. Akibatnya, mengurangi minat dan arus kunjungan para wisatawan.

5. Menguji Medan Ekstrem dengan ATV atau Motor Trail

Masih di seputar area The Roudh 78, disediakan lintasan untuk menantang diri. Cocok untuk orang-orang yang menyukai uji adrenalin. Mengusup konsep koboy ala Texas Amerika, Anda bisa merasakan sensasi offroad. Medan yang terbilang menantang dapat memuaskan antusiasme pengunjung.

Disediakan sewa ATV dan motor trail. Jika mengendarai ATV, Anda akan memperoleh layanan berkeliling 10 kali putaran. Sementara itu, untuk motor trail hanya 7 kali putaran saja. Jangan lupa untuk meminta bantuan teman agar merekam keseruan Anda.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Desa Pujon Kidul Malang

Fasilitas di Desa Pujon Kidul Malang
Image Credit: Google Maps (Gerald Pohan)

Pihak pengelola Wisata Pujon Kidul tampaknya berusaha keras memenuhi seluruh kebutuhan pengunjung. Fasilitas yang tersedia bisa dikatakan sangat lengkap. Mulai dari musala, rumah makan, pusat oleh-oleh, areal peternakan dan pertanian, parkiran, serta penunjang lainnya. Dilengkapi dengan paket tour yang dapat dipilih secara bebas.

Jika Anda ingin bertamasya lebih dari satu hari, tak perlu bingung mencari tempat bermalam. Pihak pengelola menawarkan sejumlah penginapan dengan variasi harga terjangkau. Dapat Anda nikmati mulai dari Rp 200.000-an. Lokasinya strategis karena berada di dalam kawasan destinasi.

Desa Wisata Pujon Kidul kerap dijadikan rujukan oleh destinasi lain. Kesuksesannya dalam menonjolkan potensi desa telah mengundang atensi publik. Banyak Kelompok Sadar Wisata yang melakukan studi banding untuk kemudian diterapkan di tempat masing-masing. Dengan kata lain, Anda pun bisa sekaligus belajar ketika bertandang ke sini.