23 Wisata Kuliner di Malang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Malang

Dikenal sebagai kota Wisata, Malang terus mengembangkan berbagai potensi wisatanya. Termasuk salah satunya adalah wisata kuliner. Berbagai tempat bisa Anda kunjungi untuk menikmati sensasi kuliner khas Malang. Beberapa diantaranya bahkan juga menawarkan menu internasional.

Nah, kalau Anda berkunjung ke Malang, mengunjungi salah satu destinasi wisata kuliner berikut adalah sebuah keharusan. Selain memuaskan rasa lapar, Anda juga bisa menikmati sensasi rasa makanan khas dari daerah Malang. Berikut daftar tempat wisata kuliner paling direkomendasikan.

1. Bakso President

Bakso President

Lokasi: Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Mitosdiet.com

Malang terkenal dengan makanan khasnya bakso. Karena itu belum lengkap jika ke Malang tidak mencicipi bakso khas Malang. Begitu banyak tempat makan yang menyajikan bakso di Malang. Namun yang harus Anda kunjungi adalah Bakso President.

Warung makan bakso ini menawarkan cita rasa otentik bakso Malang. Berbagai jenis olahan bakso pun bisa Anda nikmati disini, termasuk salah satunya bakso bakar.

2. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda

Lokasi: Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Seperti namanya, tempat ini menawarkan menu utama berbagai jenis ketan. Berdiri sejak tahun 1967, Pos Ketan Legenda adalah tempat makan yang harus dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Berbagai olahan ketan bisa Anda nikmati disini, mulai dari ketak bubuk original, ketan coklat sampai ketan rasa durian. Lokasinya cukup strategis di pusat Kota Batu menjadikan tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

3. Bakso Bakar Pahlawan Trip

Bakso Bakar Pahlawan Trip

Lokasi: Jl. Pahlawan Trip No.3A, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Ksmtour.com

Satu lagi tempat makan bakso yang harus Anda kunjungi adalah Bakso Bakar Pahlawan Trip. Terletak di tengah kota Malang, bakso ini menawarkan sensasi rasa yang berbeda dengan warung bakso lainnya.

Seperti namanya, tempat ini memang hanya menawarkan menu bakso bakar. Namun jangan khawatir karena adonan bakso yang dibakar dengan bumbu kecap dan bumbu pedas ini dijamin akan membuat Anda ketagihan.

4. Pecel Kawi

Pecel Kawi

Lokasi: Jl. Kawi Atas No.46, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Masih menyajikan menu makanan tradisional khas Jawa Timuran, Pecel Kawi adalah tempat makan yang tak boleh dilewatkan di Malang. Warung pecel yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini menawarkan cita rasa pecel yang berbeda.

Seporsi pecel yang terdiri dari nasi, berbagai jenis sayuran dan lauk pauk disiram dengan bumbu pecel. Bumbu pecel disini lebih kental yang membedakannya dengan warung pecel lainnya.

5. Depot Tahu Lontong Lonceng

Depot Tahu Lontong Lonceng

Lokasi: Jl. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang. – Image Credit by Ksmtour.com

Anda bisa menemukan berbagai tempat kuliner legendaris di Malang, salah satunya adalah Depot Tahu Lontong Lonceng ini. Sesuai namanya, depot ini memang menyediakan menu utama tahu lontong.

Satu porsi tahu lontong dihidangkan dengan cara menambahkan sambal petis di bagian dasar piring. Setelah itu di atasnya diberi lontong yang diiris kemudian diberi tahu telur. Selain tahu telur lontong, Anda juga bisa memilih tahu telur dengan nasi atau tahu lontong.

6. Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok

Lokasi: Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Merdeka.com

Bukan berasal dari Lombok atau di dalamnya banyak terdapat lombok (cabe). Soto Ayam Lombok ini sudah memiliki cabang di penjuru Kota Malang.

Yang membedakan soto ayam ini dengan soto ayam lainnya adalah adanya kentang rebus yang diiris cukup besar di dalam penyajian soto. Cara penyajian ini berbeda dengan penyajian soto khas Jawa Timur lain.

7. Orem-Orem Malang

Orem-Orem Malang

Lokasi: Jl. Blitar No.14A, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Mungkin banyak wisatawan yang masih asing dengan makanan khas ini. Makanan ini adalah makanan khas yang bisa Anda temukan di Malang.

Orem-orem ini terbuat dari bahan dasar tempe. Tempe yang diiris kemudian disajikan dengan ketupat yang dipotong-potong, tauge, kemudian disiram dengan kuah santan. Rasanya hampir mirip dengan sayur lodeh namun ada cita rasa lebih pedas.

8. Ayam Panggang Pak No

Ayam Panggang Pak No

Lokasi: Jl. Yulius Usman No.27A, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Merdeka.com

Olahan ayam memang sudah biasa. Namun saat di Malang, jangan lupa mengunjungi tempat makan ayam panggang Pak No. Walaupun dijual di tempat sederhana, olahan ayam panggang disini terasa lebih istimewa.

Yang membedakan ayam panggang disini adalah bumbu dan cara pengolahannya. Ayam dipanggang dengan bumbu rujak di atas tungku urang. Ditambah lagi, yang spesial adalah sambal pelengkapnya yang semakin istimewa dengan taburan bawang goreng di atasnya.

9. Sate Gebug

Sate Gebug

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Kompas.com

Sate Gebug ini juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner legendaris di Malang karena sudah ada sejak tahun 1920. Sate ini adalah salah satu yang harus dinikmati saat di Malang.

Berbeda dengan sate lain, dalam pengolahan sate ini, daging sapi terlebih dahulu digebuk kemudian direndam dengan bumbu rempah selama 2 hari. Setelah itu ditusuk dan dibakar. Sate gebug ini bisa dijadikan bersama nasi sop atau rawon.

10. Warung Brintik

Warung Brintik

Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Radarmalang.id

Menikmati seporsi rawon yang segar dan gurih saat sarapan bisa menjadi menu yang lezat untuk memulai hari di Malang. Pilihan terbaik adalah dengan datang ke Warung Brintik.

Disini menyajikan rawon yang sangat lezat dengan cita rasa yang berbeda dengan rawon lain. Diolah dengan tradisional, kuahnya kental dan gurih ditambah daging sapi yang empuk dijamin akan menggugah selera. Anda pun bisa menambah lauk lain seperti tempe goreng dan perkedel.

11. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kalau Anda ingin menikmati menu makanan berbeda di Malang, cobalah di rumah makan Cairo ini. Sajian menu yang dihidangkan adalah menu masakan Timur Tengah.

Menu andalan di rumah makan ini adalah menu olahan dari kambing dengan bumbu kuat. Ada kambing guling, nasi kebuli, nasi mandhi dan lain-lain.

12. Hot Cwie mie

Hot Cwie mie

Lokasi: Ruko Parman, Jl. Letjend S. Parman No.56, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. – Image Credit by Nahwatravel.co.id

Tak hanya terkenal dengan bakso, Malang juga terkenal dengan kuliner olahan mie. Salah satu yang paling populer adalah Hot Cwiemie ini.

Mie yang kenyal dengan toping daging ayam yang diiris sangat halu seperti abon memberikan sensasi rasa berbeda. Yang unik adalah pangsit yang dijadikan mangkok yang membuat tempat mie ini terkenal dengan mie yang mangkoknya bisa dimakan.

13. Mie Gadjah Mada

Mie Gadjah Mada

Lokasi: Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Wisatamalangku.com

Masih dengan olahan mie, Mie Gajah Mada ini adalah tempat makan mie legendaris yang harus Anda coba. Meskipun sudah lama berdiri, Mie Gajah Mada ini tetap mempertahankan cita rasa otentiknya.

Satu porsi mie kenyal Gajah Mada disajikan dengan kuah gurih ditambah toping jamur yang diolah dengan bumbu spesial. Ada juga tambahan bakso dan toping lain yang membuatnya semakin lezat.

14. Soto Geprak Mbah Djo

Soto Geprak Mbah Djo

Lokasi: Jl. Letjend S. Parman No.77-79, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. – Image Credit by Ksmtour.com

Kalau Anda ingin mencicipi soto dengan sensasi rasa berbeda, cobalah Soto Geprak Mbah Djo. Soto ini memadukan bumbu dengan beraneka rempah yang khas serta daging yang empuk.

Berbeda dengan pengolahan daging lainnya, pengolahan daging disini sedikit berbeda. Untuk membuat dagingnya empuk, daging diolah dengan menggeprak atau menumbuk. Dengan begitu seratnya akan terpisah dan membuat daging terasa lebih empuk.

15. Hok Lay

Hok Lay

Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Kompas.com

Depot Hok Lay bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menikmati makanan peranakan Tionghoa. Depot yang sudah bertahan hingga 70 tahun ini selalu menyajikan menu otentik.

Di depot ini ada 3 menu andalan yang bisa Anda nikmati. Cwiemie, lumpia khas dengan isi ayam dan rebung serta minuman khas bernama Fosco.

16. Bubur Ayam Agus

Bubur Ayam Agus

Lokasi: Jl. Simpang Wilis Indah No.4, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Ongistravel.com

Penggemar sajian bubur tak boleh melewatkan Bubur Ayam Agus dalam daftar tempat makan yang harus dikunjungi di Malang. Pengolahannya yang sangat sederhana membuat bubur ini terus bertahan hingga kini.

Tekstur bubur yang lembut dengan toping ayam suwir, sayuran dan bawang goreng adalah perpaduan sempurna dari bubur ini. Selain bubur, di tempat makan ini juga tersedia menu lain seperti lumpia, bakso dan mie.

17. Sego Resek

Sego Resek

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Piknikdong.com

Namanya yang unik juga menggambarkan cita rasa unik nasi goreng ini. Proses memasak yang menggunakan arang membuat cita rasa nasi goreng ini berbeda.

Ditambah dengan toping jeroan, ayam suwir, sayuran berupa kubis dan kecambah serta daun bawang dijamin menambah kenikmatannya. Selain rasanya yang nikmat, Anda bisa juga melihat pertunjukan ketika penjual memasak 2kg nasi sekaligus.

18. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Wikipedia.org

Tak hanya menu makanan berat, berbagai jajanan dan kudapan nikmat juga bisa dinikmati di Malang. Salah satunya adalah Puthu Lanang.

Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras yang dikukus kemudian ditambah isian gula merah. Rasa Puthu Lanang di kawasan Celaket inu tetap dipertahankan sejak tahun 1935.

19. Ronde Titoni

Ronde Titoni

Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Suhu udara di Malang yang dingin sangat cocok untuk menikmati minuman hangat. Salah satu yang terkenal di Malang adalah Wedang Ronde Titoni. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai jenis ronde dan angsle.

Satu porsi ronde ini terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari tumbukan jahe. Anda bisa memilih ronde kering atau ronde basah sesuai selera.

20. Toko Oen

Toko Oen

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Berbagai menu desert yang otentik seperti ice cream dan kue kering disajikan dengan cita rasa yang sama sejak tahun 1920. Toko Oen yang sudah berdiri sehak tahun 1920 ini konon merupakan tempat nongkrong kaum bangsawan Belanda.

Kinipun Anda bisa menikmati ice cream dengan cita rasa otentik serta pilihan rasa yang bervariasi. Selain ice cream juga terdapat berbagai menu makanan seperti steak, nasi goreng dan menu lainnya.

21. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy

Lokasi: Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang. – Image Credit by Reresepan.com

Masih mencari jajanan nikmat di Malang? Coba datang ke Bakpao Boldy. Bakpao Boldy yang sudah ada sejak tahun 1950 ini tetap bisa bertahan di tengah trend makanan modern dengan mempertahankan cita rasa otentiknya.

Bakpao Boldy ini juga disediakan dengan berbagai macam isian. Mulai dari isian kacang tanah, kacang hijau, ayam kecap hingga babi kecap.

22. Es Teler Dempo

Es Teler Dempo

Lokasi: Pujasera Dempo, Jl. Gede, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Bisniskulinermalang.blogspot.com

Segarkan siang Anda di Malang dengan menikmati es teler Dempo. Meskipun sudah berdiri sejak tahun 1978, es teler ini tetap mempertahankan cita rasanya.

Rasa manis dan segar es teler Dempo ini akan membuat siang Anda di Malang semakin segar. Selain es teler, disini Anda juga bisa menikmati menu lain seperti es campur, es durian dan es buah.

23. Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem

Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. – Image Credit by Kompas.com

Namanya memang sedikit menyeramkan. Tapi jangan khawatir karena kedai es ini menyediakan menu es campur dengan cita rasa es yang segar dan manis.

Dinamakan es tawon karena pada jaman dahulu saat berjualan, rasa manis dari kuah gulanya mengundang tawon untuk datang. Hingga kini es tawon di kawasan Kidul Dalem ini tak pernah sepi pengunjung.

Nah, itulah tadi rekomendasi tempat kuliner terbaik di Malang yang bisa Anda kunjungi. Tempat kuliner ini tidak hanya menyajikan menu makanan yang lezat, serta cita rasa yang membuat siapapun ketagihan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak