26 Wisata Kuliner di Jogja yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Jogja

Yogyakarta dikenal juga dengan sebutan Kota Gudeg. Kota yang kental dengan pesona budaya dan sejarahnya ini tidak pernah membosankan untuk dijelajahi apalagi menjelajah wisata kuliner yang ada.

Jogja terus melakukan perbaikan untuk mempercantik kotanya dengan menambah jumlah tempat wisata yang dimiliki. Tidak hanya tempat wisata yang bisa dikunjungi tetapi  juga tempat wisata kuliner yang menarik perhatian.

Di Jogja Kamu bisa menemukan berbagai kuliner enak, nikmat, dan lezat yang harganya murah. Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang siap memanjakan lidah Kamu ketika berada di Jogja. Berikut daftar yang direkomendasikan.

1. Es Buah PK

Es Buah PK

Lokasi: Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Kotajogja.com

Es buah sensasi segar di cuaca yang sedang panas. Namanya Warung Tenda Es Buah PK yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun lalu. Es buah segar ini isiannya ada nangka, sawo, kelapa muda, cincau hitam, parutan es dan disiram dengan susu cokelat.

Es Buah PK buka setiap hari dari jam 09.00-18.00 WIB. Hanya dengan 8 ribu rupiah Kamu sudah bisa menikmati se porsi es buah segar dari Jogja.

2. Rujak Es Cream Pak Nardi

Rujak Es Cream Pak Nardi

Lokasi: Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Kec. Pakualaman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Visitingjogja.com

Awalnya memang terdengar sedikit aneh buah dan es cream. Di tangan Pak Nardi rujak yang berisi buah-buahan segar dipadukan dengan es cream yang dibuat sendiri akan menciptakan sensasi segar dan asam dalam satu mangkuk.

Tempat kuliner ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Se porsi rujak es cream dihargai 6 ribu saja.

3. Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Tahu Bu Sukardi

Lokasi: Jl. Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Kotajogja.com

Namanya lebih dikenal dengan sebutan kembang tahu atau tahwa. Snack di pagi hari yang terbuat dari olahan kedelai disiram kuah jahe akan membuat tubuh menjadi hangat.

Buka dari jam setengah 7 dan akan cepat habis kurang dari 1,5 jam. Se porsi wedang tahu harganya Rp. 6.000.

4. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Ke Jogja belum lengkap rasanya bila Kamu belum berburu kuliner gudeg yang merupakan makanan khas dari Jogja. Ada beberapa tempat makan gudeg yang legendaris salah satunya Gudeng Pawon sejak tahun 1958.

Keunikan dari Gudeg Pawon adalah dilayani langsung di pawon atau dapur tempat pembuatan gudeg. Gudeg Pawon buka setiap hari dari jam 22.30 sampai habis. Tempatnya yang sederhana tidak membuat minat pengunjung surut.

5. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo

Lokasi: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Mitosdiet.com

Gudeg Bromo jadi langganannya artis ibu kota yang ingin makan gudeg di Jogja. Tempat makan gudeng yang berlokasi di Gejaya.

Enaknya makan di Gudeg Bromo terletak pada kreceknya yang memiliki cita rasa pedas dan gurih beda dari yang lain. Gudeg Bromo buka setiap hari dari jam 23.00 sampai habis.

6. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeng Mbah Lindu Sosrowijayan

Lokasi: Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Gudeng Mbah Lindu merupakan tempat makan gudeng legendaris di Jogja yang sudah berjualan sejak zaman penjajahan.

Saat ini usia Mbah Lindu sendiri sudah mencapai angka 100 tahun. Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 11 siang saja. Harga mulai dari 15 ribu rupiah.

7. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Lokasi: Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Danadesa.id

Masih seputar kuliner gudeg di tempat Gudeng Yu Djum ini buka dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam. Cocok untuk Kamu yang bingung mau sarapan apa, mampir saja di Gudeng Yu Djum.

Gudeng Yu Djum terkenal dengan gudeg keringnya yang memiliki cita rasa gurih dan manis yang mantap di lidah. Menu favorit selain gudeg yaitu sambal goreng krecek yang siap membuat mulut Kamu kepedasan.

8. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini

Lokasi: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pecinta mie wajib coba makan di Mie Ayam Bu Tumini yang sudah ada sejak tahun 1990.  Warung makan mie ayam ini menggunakan mie yang dibuat sendiri.

Sehari warung makan ini bisa menghabiskan 70 Kg dalam pembuatan adonannya. Satu porsi mie ayam biasa dihargai 8 ribu rupiah saja.

9. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Lokasi: Jl. Parangtritis No.KM.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul. – Image Credit by Visitingjogja.com

Dari Mie ayam bergeser ke Bakmi Mbak Mo, yang lokasinya ada di Bantul. Buka setiap hari dari jam 5 sore sampai jam 11 malam.

Cita rasa Bakmi Mbak Mo ini tetap sama, tidak berubah dari pertama buka yaitu 30 tahun yang lalu sampai sekarang. Proses masaknya masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan tungku arang yang memberikan aroma khas pada masakan.

10. Yammie Pangsit Pathuk

Yammie Pangsit Pathuk

Lokasi: Jl. Kemetiran Kidul No.63, Pringgokusuman, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Mie dengan taburan ayam cincang dan pangsit basah dan kering akan membuat pencinta streetfood ketagihan. Rasanya yang gurih dan renyah siap memanjakan lidah Kamu, dijamin ngiler.

Yammie Pangsit Pathuk berada di daerah Pringgokusuman. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

11. Bakmi Pele

Bakmi Pele

Lokasi: JL. Pojok Tenggara, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Bakmi Pele merupakan masakan bakmi Jawa yang memiliki citarasa yang unik berbeda dari yang lain. Kuliner Bakmi Pele ini sudah ada sejak tahun 1983.

Lokasi Bakmi Pele ada di daerah Godean. Buka setiap sore sampai mala, di tempat ini Kamu akan menemukan antrean panjang untuk bisa mendapatkan se porsi bakmi.

12. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas

Lokasi: Jl. Malioboro No.167, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Makanjogja.com

Berbeda dari jam buka warung mie ayam pada umumnya di Mie ayam Grabyas buka setiap hari dari jam 11 malam sampai 4 pagi.

Meskipun buka tengah malam tetapi warung makan tenda ini tidak pernah sepi pengunjung. Mie ayam Grabyas rasanya enak dengan harga terjangkau.

13. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Visitingjogja.com

Tempat makan sate salah satu yang paling terkenal di Jogja. Pernah dijadikan tempat makan yang dikunjungi Cinta dan Rangga di serial AADC 2.

Buka setiap hari dari jam 18.30-01.00 setiap harinya. Satu porsi Sate Klatak Pak Bari bisa segera Kamu nikmati perpaduan kuah yang gurih dan daging sate kambing akan membuat Kamu ketagihan.

14. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Sate Klatak Pak Pong salah satu warung makan sate yang terkenal di Jogja dengan cita rasa satenya yang nikmat. Daging yang empuk dan gurih pada kuahnya menciptakan sensasi rasa yang nikmat.

Di warung makan Sate Pak Pong ini pengunjung harus rela mengantri lama. Untuk menikmati makan di Warung Sate Pak Pong sebaiknya datang di saat warung baru buka.

15. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Sop Kaki Kambing Bang Udin

Lokasi: Jl. Cik Di Tiro No.29, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Makanjogja.com

Menikmati kelezatan sop kaki kambing di tengah kehidupan masyarakat Jogja merupakan sesuatu hal yang nikmat. Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin berlokasi di dekat bundaran UGM.

Dari segi rasa sop kaki kambingnya maknyus, mantap dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa memilih aneka jeroan, kaki sampai torpedo yang bisa direquest untuk isian Sop pesanan mu.

16. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

Lokasi: Jl. Sewon Indah Ngerahan No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul. – Image Credit by Kompas.com

Pencinta olahan lele wajib coba Manggut Lele Mbah Marto. Rasa nikmat yang berbeda dan tidak bisa dijumpai di tempat lain.

Disini lele ditusuk dengan menggunakan pelepah daun kelapa lalu dipanggang diatas tungku api kayu sampai matang baru kemudian dimasak bersama bumbu. Citarasa dari kayu bakar inilah yang memberikan rasa khas.

17. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Kec. Ngampilan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Jogja.kamikamu.co.id

Oseng Mercon Bu Narti merupakan kuliner Jogja yang wajib Kamu coba selanjutnya. Pencinta pedas pasti suka dengan oseng mercon ini.

Campuran dari gajih, kulit, kikil, tulang muda dipadukan dengan kuah berbumbu rempah dan cabai rawit ini menjadi makanan nikmat luar biasa.

18. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Lokasi: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Idntimes.com

Ingin menikmati sensasi minum kopi joss datang saja ke Angkringan Lek Man. Lokasinya berada di sebelah utara dari Stasiun Tugu.

Angkringan Lek Man buka dari jam 14.00-03.00 WIB. Angkringan ini sudah ada sejak tahun 1967. Abadikan moment berharga menikmati segelas kopi di atas tikar dan aneka makanan lain yang disediakan.

19. Angkringan KR

Angkringan KR

Lokasi: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Nama KR diambil dari kata Kedaulatan Rakyat, Angkringan KR lokasinya berada di depan kantor Kedaulatan Rakyat di Jetis. Angkringan ini terkenal sebagai tempat makan murah meriah.

Angkringan di Jogja merupakan sebuah tempat kuliner dalam bentuk gerobak dorong menjual aneka makanan dan minuman streefood. Harga makanan dan minuman di Angkringan KR mulai dari 1000 rupiah.

20. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro

Lokasi: Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Sensasi makan soto dengan wadah tempurung kelapa di saung tengah sawah paket lengkap kuliner wisata nikmat di Jogja. Soto bathok dengan kuah bening dipadukan dengan daging sapi, kecambah dan daun seledri. Buka dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore saja. Satu porsi soto bathok harganya 5000 rupiah.

21. Brongkos Bu Rini

Brongkos Bu Rini

Lokasi: Jl. Polowijan KT1/227, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Tribunnews.com

Berongkos adalah menu makanan yang terdiri dari sayur dan lauk kacang ditambah cabai rawit utuh yang disajikan dalam kuah santan. Sedikit rasa pedas dan segar dari kuah berongkos menciptakan rasa nikmat. Warung Makan Bu Rini sudah ada sejak 1973.

22. Bakso Bethesda 74

Bakso Bethesda 74

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Ksmtour.com

Pencita bakso wajib coba Bakso Bethesda ketika di Jogja. Bakso ini sudah ada sejak tahun 1974 saat ini sudah ada 3 cabang yang ada di Jogja.

Bakso Bethesda 74 terbuat dari bahan alami dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang.

23. House of Raminten

House of Raminten

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Jogjaonstage.com

Tidak punya banyak waktu wisata kuliner di Jogja Kamu tetap bisa merasakan nikmatnya aneka makanan khas Jogja di House of Raminten.

Aneka menu yang ditawarkan merupakan makanan khas Jogja. Arsitektur yang keren ditambah dengan lantunan merdunya gending Jawa siap menemani waktu bersantap Kamu.

24. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir

Lokasi: Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman. – Image Credit by Genpijogja.com

Menu masakan berasal dari entok mungkin kurang familiar di telinga, tetapi setelah mencoba dijamin lidah Kamu akan tersengat atau slenget dengan kenikmatannya.

25. Sego Pecel SGPC Bu Wiryo 1959

Sego Pecel SGPC Bu Wiryo 1959

Lokasi: Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Gudeg.net

Meskipun sego pecel bukan makanan khas Jogja tetapi siapa sangka ada warung makan legendaris dari Jogja yang menghadirkan sego pecel sebagai menu utamanya. Kelezatan masakan SPGC BU Wiryo sudah terkenal sejak 1959.

Sego pecel dipadukan dengan telur ceplok, telur puyuh, sate usus dan aneka gorengan ini semakin nikmat dengan bumbu pecel yang manis, gurih dan sedikit pedas.

26. Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. – Image Credit by Ksmtour.com

Kuliner Jogja memang tidak ada matinya. Dari mulai lele, entok sampai ada warung makan yang menyediakan belut sebagai hidangannya. Belut diolah dengan bumbu kuning ditambah sambal pedas disajikan dengan nasi panas.

Itulah tadi 26 wisata kuliner yang ada di Jogja mulai dari streetfood sampai ke warung makan dan resto yang terkenal di Jogja. Nikmati sensasi berburu wisata kuliner di Jogaj ketika berlibur ke Kota Pelajar ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak