25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Jogja

Membeli oleh-oleh khas daerah tertentu adalah hal yang sayang untuk dilewatkan. Tiap daerah di Indonesia memiliki produk olahan yang khas dan bisa dijadikan barang bawaan ketika kembali ke kampung halaman.

Jogja termasuk kota besar di Indonesia yang terkenal menjadi destinasi wisata bagi para pelancong.  Reputasinya yang kaya akan jajanan ringan dan harganya yang pas di kantong membuat liburan jadi lebih menyenangkan. Buat Anda yang tengah berlibur ke Jogja, ada banyak sekali kuliner yang khas di kota ini. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas dari Jogja yang wajib Anda bawa pulang nanti.

1. Gudeg

Gudeg

Image Credit by Gudeg.net

Gudeg adalah kuliner khas Jogja yang namanya sangat familiar. Gudeg sendiri terdiri dari tiga jenis yakni Gudeg Basah, Gudeg Kering dan Gudeg Manggar.

Buat Anda yang ingin menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh, Anda bisa beli yang kering karena yang kering akan bertahan lama.

2. Yangko

Yangko

Image Credit by Findjogja.wordpress.com

Yangko adalah makanan khas Jogja yang dijual di toko oleh-oleh. Yangko berbentuk seperti kotak, bertekstur lembut serta kenyal.

Untuk rasanya manis dan gurih karena ada taburan tepung di dalamnya. Yangko bisa dijadikan salah satu oleh-oleh saat Anda pulang dari Jogja.

3. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan

Image Credit by Bulaksumurugm.com

Cilok adalah jajanan ringan dengan bahan dasar tepung tapioka. Cilok berasal dari Jawa Barat. Di dalam cilok ada daging cincang yang kental dan gurih.

Peminat jajanan ini sangat banyak. Anda bisa menemukannya dimana saja. Namun, tiap daerah memiliki rasa yang khas sama seperti cilok dari Jogja ini.

4. Kue Geplak

Kue Geplak

Image Credit by Danadesa.id

Kue geplak adalah kue tradisional khas Jogja.  Kue satu ini dibuat dari tepung, kelapa parut, gula dengan cita rasa yang enak dan manis.

Kue geplak bisa dijadikan kuliner khas Jogja untuk dibawa pulang setelah berlibur. Harganya yang murah dan rasanya yang enak tentunya membuat makanan  ini cocok untuk jadi oleh-oleh nanti.

5. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja

Image Credit by Beritagar.id

Bakmi Jogja merupakan bakmi yang dimasak dengan cara direbus dengan bumbu yang khas. Bakmi Jogja ada yang rebus dan ada yang  goreng dengan racikan yang sama.

Untuk Anda yang suka dengan makanan ini, Anda bisa mengunjungi gerai yang ada di Jogja. Karena banyak penjual makanan yang menjualnya sehingga sangat mudah menemukannya.

6. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul

Image Credit by Kulinerversizahra.blogspot.com

Nasi Tiwul adalah makanan khas Jogja yang bahan dasarnya singkong dikeringkan. Nasi Tiwul identik dengan Gunung Kidul dan jadi makanan pokok di daerah tersebut.

Nasi Tiwul dulunya merupakan potret dari sebuah kemiskinan. Tapi sekarang banyak yang mencari kuliner ini sebagai makanan khas ketika berada di Gunung Kidul.

7. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Image Credit by Mamikos.com

Dinamakan peyek tumpuk karena bentuknya yang tak beraturan. Peyek tumpuk hampir bulat karena kacang tanah di dalamnya yang bertumpuk-tumpuk.

Kuliner ini merupakan jajanan khas Jogja yang sering  jadi oleh-oleh. Untuk menemukannya sangat mudah jadi jangan khawatir jika nanti tidak bisa mencicipinya.

8. Kue Adrem

Kue Adrem

Image Credit by Wikipedia.org

Kue adrem adalah makanan unik yang berasal dari Bantul.  Bahan baku utama untuk membuat kue adrum adalah tepung beras serta gula jawa berwarna merah yang digoreng.

Kue Adrem memiliki rasa manis serta gurih.  Makanan ini cocok disantap bersama dengan teh panas atau kopi pahit.

9. Sate Klatak

Sate Klatak

Image Credit by Sahabatufs.com

Sate Klatak adalah kuliner wajib di Jogja. Kuliner ini terbuat dari daging kambing muda yang dipotong dan dibumbui garam kemudian dibakar dengan menggunakan arang.

Sate klatak memiliki cita rasa yang khas serta alat tusuknya menggunakan jeruji sepeda. Dinamakan klatak karena dari bunyinya klatak-klatak saat daging terkena arang.

10. Krecek

Krecek

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Krecek adalah sambal khas Jogja yang memiliki banyak penggemar. Disajikan bersama dengan gudeg yang bercita rasa manis membuat selera makan menjadi bertambah.

Krecek menjadi sambal yang khas karena rasanya yang pedas dan gurih. Siapapun yang sudah mencobanya pasti akan tertarik untuk mencobanya lagi.

11. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok

Image Credit by Bakpiajogja.id

Bakpia merupakan oleh-oleh khas dari jogja. Terbuat dari kacang hijau serta gula kemudian dibalut dengan kulit.

Bakpia Pathuk memiliki tekstur yang lembut di dalam dan krispi dari luar . Ada  banyak sekali pilihan isi bakpia seperti durian, keju, cokelat dan lain-lain.

12. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-Oseng Mercon

Image Credit by Tribunnews.com

Oseng mercon adalah makanan khas jogja yang pedas dan gurih. Jika Anda penyuka makanan pedas wajib mencobanya.

Isi dari mercon ini adalah lemak, kikil, kulit serta tulang muda yang dibalur bumbu pedas sehingga lidah seperti ingin meledak. Jika memakannya nanti harus siap kepedasan karena memang rasanya sangat pedas.

13. Cenil Jogja

Cenil Jogja

Image Credit by Reseponline.info

Cenil menjadi kuliner yang khas dari Pulau Jawa. Beberapa daerah yang ada di Pulau Jawa menjadikan olahan ini untuk dijadikan makanan.

Namun, cenil di Jawa Tengah dengan di Jawa Timur sangat berbeda tak hanya dari \bumbunya tapi juga rasa dan tekstur. Jika Anda ingin mencoba perbedaannya bisa ke Jogja nanti.

14. Coklat Monggo

Coklat Monggo

Image Credit by Bp-guide.id

Oleh-oleh khas Jogja sangat banyak dan hampir semuanya memiliki cita rasa yang unik salah satunya coklat monggo. Makanan ini wajib dibeli saat berlibur ke Jogja.

Jogja sendiri menjadi tempat tujuan wisata karena banyak spot untuk oleh-oleh. Cokelat monggo sendiri adalah spot oleh-oleh yang baru ada di Jogja.

15. Walang

Walang

Image Credit by Yogyakeripik.com

Walang atau belalang goreng adalah makanan khas dari Jogja. Banyak orang yang geli ketika mendengar atau bahkan mencobanya.

Belalang Goreng memiliki gizi yang banyak. Tak hanya itu, belalang kayu juga memiliki protein tinggi sehingga baik untuk proses pertumbuhan.

16. Sego Abang Jirak

Sego Abang Jirak

Image Credit by Carimasakankhas.blogspot.com

Sego Abang Jirak merupakan makanan yang khas dengan Gunung Kidul. Makanan ini tinggi akan gizinya.

Kuliner ini bahan dasarnya adalah beras merah. Beras yang dihasilkan tidak  mengandung bahan kimia jadi sangat sehat untuk dikonsumsi.

17. Sayur lombok Ijo

Sayur lombok Ijo

Image Credit by Negerikuindonesia.com

Sayur Lombok Ijo memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Rasa gurih didapat dari kuah santan ditambah racikan bumbu dari beragam rempah-rempah.

Tak hanya itu, tempe jadi lauk  untuk melengkapi sayur lombok ijo. Dibuat dengan cara yang tradisional yaitu dibungkus daun pisang atau daun jati.

18. Mie Ayam

Mie Ayam

Image Credit by Yogyakarta.panduanwisata.id

Mie ayam adalah salah satu makanan khas Jogja yang sudah familiar. Kuliner legendaris satu ini sangat istimewa karena menggunakan mie yang dibuat sendiri.

Biasanya mie ayam yang ada di Jogja disuguhkan dengan berbagai pilihan toping. Ada mie ayam ceker, mie ayam bakso, mie ayam seafoof dan masih banyak lagi topping lain yang enak dan gurih.

19. Mangut Lele

Mangut Lele

Image Credit by T4resepku.blogspot.com

Di Jogja, ada banyak penjual yang menjajakan mangut lele karena makanan ini sangat khas dengan kota Jogja. Banyak sekali kedai legendaris yang menjual makanan satu ini.

Mangut lele adalah lele yang dimasak dengan cara diasap kemudian ditambah kuah santan berwarna kuning. Biasanya, mangut lele akan disajikan dengan sepiring nasi yang masih hangat.

20. Sambel Welut

Sambel Welut

Image Credit by Gudeg.net

Jika Anda adalah penyuka makanan pedas, Anda harus mencoba makanan ini. Sambel welut adalah sambal yang terbuat dari belut yang durinya dihilangkan sebelum digoreng.

Sambel welut memiliki cita rasa yang enak karena belut goreng tadi diulek dengan garam, cabai serta bawang putih. Tambahan kencur kedalamnya membuat aroma sambel welut jadi lebih nikmat.

21. Brongkos

Brongkos

Image Credit by Youtube.com (Niken indriyati)

Brongkos adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari campuran sayur, lauk kacang dan kuah santan. Cabai rawit utuh ditambahkan kedalamnya agar rasanya sedikit pedas.

Brongkos menjadi salah satu makanan yang populer di Jogja karena rasanya yang populer. Anda bisa datang ke Kedai di Jogja untuk mencicipi masakan satu ini.

22. Geblek

Geblek

Image Credit by Theboxsceneproject.org

Geblek merupakan makanan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung tapioka. Memiliki warna putih serta tekstur kenyal seperti cireng.

Geblek bisa dinikmati dengan saus kacang. Cemilan satu ini sangat cocok menjadi oleh-oleh dari Jogja.

23. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Image Credit by Indonesianfood21.blogspot.com

Jadah Tempe adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari ketan dan dicampur kelapa. Makanan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih.

Untuk Anda yang ingin makan makanan ini, bisa menambahkan tempe bacem yang bercita rasa manis. Paduan yang sederhana membuat makanan satu ini memiliki banyak penggemarnya.

24. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah

Image Credit by Gotravelly.com

Tengkleng Gajah adalah makanan yang terbuat dari daging kambing. Untuk penyajiannya biasanya disajikan dengan porsi besar.

Ada dua tengkleng yang disuguhkan yakni goreng dan tongseng. Jika Anda penyuka tengkleng berkuah bisa memesang tengkleng tongseng.

25. Mie Lethek

Mie Lethek

Image Credit by Travelagent.co.id

Seperti bakmi, mie Lethek pun dibuat dengan cara yang digoreng dan direbus. Mie Lethek adalah mie yang menyerupai bihun tapi warnanya coklat.

Yang membuat mie lethek berwarna coklat karena pembuatannya yang terbuat dari tepung ketela. Mie ini sehat karena diawetkan dengan cara yang alami.

5 Toko Pusat Oleh-Oleh Jogja yang Harus Dikunjungi

1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Lokasi: Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Amazingindonesia.id

Bakpia kekinian satu ini tengah naik daun di Jogja. Toko Bakpia Kukus Tugu Jogja buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam.  Untuk satu kotaknya dihargai sekitar 25 ribu rupiah saja dengan pilihan toping yang beragam.

2. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 5,5 No. 44, Manggung, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Jogjascrummy.com

Jogja jadi kota yang tak ketinggalan tren kue artis kekinian. Harga Jogja Scrummy adalah 45 ribu. Ada banyak rasa yang ditawarkan seperti taro, keju, cokelat dan lain-lain.

3. Tasuba

Tasuba

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto KM.7,6, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by traveloka.com

Tasuba adalah singkatan dari tahu, susu, bakso. Makanan khas ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Tasuba sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan sampai 6 bulan. Harganya sendiri sekitar 32 ribu rupiah untuk isian 5 sampai 10 buah.

4. Mirota Batik

Mirota Batik

Lokasi: Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Toko oleh-oleh satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Letaknya sangat strategis dan ada banyak kerajinan dan juga batik dijajakan di tempat ini. Di Mirota Batik ada musik dan dekorasi yang akan mengingatkan kita seperti di Keraton Jogja.

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Yogyakarta.anyerpedia.com

Pasar satu ini dekat dengan Mirota Batik. Dari dulu, Pasar Beringharjo terkenal karena menjadi pusat ekonomi yang ada di Jogja. Apa saja bisa kita temukan di tempat ini. Mulai dari kain,batik, gadget, hingga jamu ada di tempat ini.

Itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Jogja yang wajib Anda beli ketika di Kota Jogja beserta toko atau tempat untuk memperolehnya. Semoga informasi ini jadi referensi terbaik untuk liburan berkualitas Anda ke Jogja.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak