10 Oleh-Oleh Khas Banten Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Banten

Salah satu provinsi di pulau Jawa adalah provinsi Banten yang terletak di ujung barat. Beribu kota Serang, provinsi ini tumbuh dan berkembang terutama di sektor industri dan pariwisata. Perairan Banten cukup produktif menghasilkan hasil laut yang dapat diolah menjadi berbagai macam penganan.

Banten memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata kota dan budaya, hingga wisata religi. Atraksi wisata yang utama adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang sekaligus sebagai konservasi badak bercula satu.

Jika berkunjung ke Banten, tentu wisata kuliner tidak bisa dilewatkan. Berbagai macam makanan khas, termasuk oleh-oleh khas Banten harus Anda coba. Sebagai buah tangan, beberapa oleh-oleh khas Banten ini bisa menjadi pilihan untuk Anda bawa pulang.

1. Gipang

Gipang

Image Credit by Mangtemon.com

Gipang adalah salah satu oleh-oleh khas Banten yang terbuat dari ketan. Makanan ini sejenis makanan ringan yang bertekstur renyah, agak lengket dan memiliki rasa manis. Ketan diolah bersama ar gula sehingga tercipta rasa manis.

Biasanya gipang dikemas dalam plastik atau toples dan banyak dijual di toko oleh-oleh. Kue ini menjadi salah satu buah tangan yang wajib dibawa pulang dari Banten.

2. Sate bandeng

Sate bandeng

Image Credit by Pesonaindonesia.kompas.com

Olahan bandeng memang terkenal menjadi andalan kuliner khas Banten. Salah satu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh adalah sate bandeng.

Ada dua varian sate bandeng yang dapat Anda pilih, yaitu sate bandeng kukus atau sate bandeng asap. Dua-duanya memiliki rasa yang berbeda. Sate dandeng kukus memiliki tekstur yang lebih lembut dan basah, sedangkan yang diasap cenderung lebih kering.

3. Ceplis

Ceplis

Image Credit by Food.detik.com

Ceplis adalah camilan yang terbuat dari bahan utama melinjo. Memang, Banten merupakan daerah penghasil melinjo, maka tidak heran jika buah ini diolah menjadi aneka makanan yang enak.

BACA:  Pantai Karang Nini, Pantai Dengan Pemandangan Eksotis di Pangandaran

Ceplis sendiri adalah buah melinjo yang dipipihkan lalu digoreng. Ukurannya kecil dan biasanya diberi bumbu-bumbu bervariasi, seperti rasa original, pedas dan manis.

4. Emping

Emping

Image Credit by Genpibanten.com

Olahan buah melinjo lainnya adalah emping. Melinjo yang sudah cukup tua lalu dikupas dan digoreng menggunakan pasir. Setelah itu, daging buah melinjo dipukul-pukul hingga pipih.

Kudapan khas ini dapat Anda temui di hampir seluruh toko oleh-oleh. Yang paling terkenal adalah di daerah Pandegelang dengan emping menesnya.

5. Kue balok

Kue balok

Image Credit by Travelblog.id

Seperti namanya, kue ini berbentuk persis seperti balok. Terdapat dua jenis kue balok khas Banten. Yang pertama khas Pandegelang, yang terbuat dari singkong. Biasanya dimakan bersama serundeng sehingga menambah cita rasa gurih dan lezat.

Yang kedua adalah kue balok khas Garut atau Bandung. Kue balok di sini mirip seperti kue brownis dengan rasa manis legit.

6. Bakso ikan

Bakso ikan

Image Credit by Merahputih.com

Karena Banten terkenal dengan dengan hasil lautnya, maka ikan diolah menjadi berbagai penganan. Salah satunya adalah bakso ikan. Bakso ikan ini terbuat dari daging ikan yang dihancurkan dan dicampur dengan bahan lain.

Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat seperti bakso lalu digoreng. Rasanya gurih dan lezat serta unik menjadikan makanan ini cocok sebagai oleh-oleh.

7. Sambel burog

Sambel burog

Image Credit by Senengpiknik.com

Kulit melinjo juga dapat diolah menjadi kuliner istimewa sambel burog. Di samping rasa pedas, sambal ini juga mempunyai rasa unik dan khas yang berbeda dengan sambal-sambal lainnya.

Anda dapat membawa pulang sambal burog ini sebagai oleh-oleh karena dapat dinikmati dengan aneka kuliner lainnya.

8. Pasung merah

Pasung merah

Image Credit by Genpi.co

Kue khas Serang ini termasuk jenis kue basah yang banyak diburu wisatawan. Bahan utamanya adalah tepung sagu yang dicampur tepung beras, gula merah dan santan hingga menjadi adonan, lalu dikukus.

BACA:  15 Wisata Pantai di Cirebon Paling Hits Dikunjungi

Kue ini berbentuk kerucut dan dibungkus daun. Rasanya legit dan manis khas gula merah. Selain itu, bungkus daun yang digunakan juga menambah aroma wangi pada kue ini. Biasanya di dalam kue ini ditambahkan bahan lain untuk menguatkan rasa seperti potongan kelapa atau buah nangka.

9. Kerupuk ikan

Kerupuk ikan

Image Credit by Distributorkerupukikanpayus.wordpress.com

Olahan lain dari ikan yang menjadi oleh-oleh dari Banten adalah kerupuk ikan. Selain untuk camilan, kerupuk ikan juga cocok dijadikan pendamping saat makan nasi.

Teksturnya yang renyah dengan rasa asin dan gurih menjadikan makanan ini digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pasti juga menyukainya.

10. Otak-otak

Otak-otak

Image Credit by Novriyadi7.blogspot.com

Satu lagi olahan ikan dari Pandegelang yang bisa Anda bawa pulang. Otak-otak terbuat dari ikan tengiri yang dicampur dengan tepung tapioka, santan, gula serta bumbu-bumbu lain yaitu bawang putih, garam dan merica.

Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan bercita rasa umami. Ditambah lagi dengan aroma yang keluar dari daun pisang sebagai pembungkusnya, menambah kenikmatan kuliner ini.

5 Toko pusat oleh-oleh di Banten

1. Sate bandeng Hj. Maryam

Sate bandeng

Lokasi: No. 63 Kaujon Tengah, Jl. Ki Uju, Serang, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Serang.wikimapia.org

Jika Anda ingin membawa pulang sate bandeng khas Serang, Banten, Anda dapat mengunjungi tempat makan Hj. Maryam. Selain makan di tempat, sate bandeng di sini dapat dijadikan oleh-oleh karena telah dikemas dalam kotak yang rapi.

Karena diolah dengan cara tradisional, sate bandeng di sini memiliki rasa yang khas. Terdapat dua varian rasa yaitu rasa original dan pedas. Anda dapat mengunjungi tempat ini di daerah Kaujon, Kota Serang.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Enak & Wajib Anda Coba

2. Toko oleh-oleh Citra Gading

Toko oleh-oleh Citra Gading

Lokasi: Jl. Citra Gading, Cipocok Jaya, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by toko-oleh-oleh-khas-banten-citra-gading.business.site

Berbagai makanan khas Banten, seperti emping, labeur jahe, dan ceplis dapat Anda dapatkan di sini. Letaknya di Cipocok jaya, Serang dan buka setiap hari, sehingga berbagai cemilan dan oleh-oleh dengan mudah Anda dapatkan di sini.

Anda tidak perlu kuatir membawa oleh-oleh Anda, karena di sini semua makanan dikemas dengan rapi. Toko juga menyediakan kardus dan akan membantu Anda jika oleh-oleh yang dibeli cukup banyak.

3. Toko Rizkal

Toko Rizkal

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.17, RT.1/RW.1, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by Turisbanten.blogspot.com

Di depan bundaran Ciceri, Serang terdapat toko oleh-oleh yang menjual berbagai penganan khas Banten. Kebanyakan adalah kue kering yang tahan lama dan beraneka ragam cemilan yang dikemas dalam berbagai ukuran.

Harga yang dibandrol di toko ini pun beragam, sesuai dengan jenis dan ukuran kemasan. Namun, tidak perlu khawatir karena kisaran harganya masih terjangkau dengan kualitas yang bagus.

4. Kue Balok Imara

Kue Balok Imara

Lokasi: Ruko Kaujon Mansion No.08, Jl. Ciracas, Kelunjukan, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by SitusKuliner.com

Kue balok yang tersedia di sini adalah kue balok khas Garut. Bentuk dan teksturnya mirip brownis dengan coklat melelehnya yang unik dan menjadi keistimewaan kue balok Imara.

Karena coklatnya yang meleleh, kue balok Imara terkenal dengan sebutan brownis lumer. Anda bisa menemukan toko ini di pusat kota Serang, tepatnya di Jalan Ciwaru Raya.

5. Toko oleh-oleh Zilfi

Toko oleh-oleh Zilfi

Lokasi: Pasar Lama, Jl. Maulana Hasanudin, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Facebook.com @Zilfi.store

Toko oleh-oleh yang terletak di Kotabaru, Kota Serang ini cukup lengkap menjual berbagai oleh-oleh khas Banten. Mulai dari emping, aneka kerupuk ikan, dan gipang dapat Anda dapatkan di sini.

Selain itu, di sini juga menjual gula aren produksi Banten, wajik, dan sate bandeng. Selain harganya relatif murah, di toko ini aneka makanan dikemas dengan baik dan rapi.

Beberapa tempat dan jenis oleh-oleh khas Banten di atas dapat Anda kunjungi dan cicipi saat Anda sedang berkunjung ke Banten.