Butuh Liburan Seru Bersama Keluarga? Periksa List Tempat Wisata Anak yang Hits di Kota Jakarta. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer, Kekinian dan Edukatif yang Layak Anda Kunjungi Bersama Orang Tercinta.

 Daerah ibukota negara ini telah banyak dikenal sebagai Kota terpadat nomor satu di Indonesia. Hal ini tidaklah mengherankan karena gemerlapnya Kota Jakarta seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya dengan mendatangi Kota ini.

Angka pertumbuhan pendatang di sana akhirnya meningkat sehingga ibukota Jakarta terasa makin sesak saja. Dengan bertambahnya angka penduduk menyebabkan permasalahan seperti kemacetan, populasi yang berlebih, hingga bencana alam seperti banjir.

Namun terlepas dari hal-hal yang buruk tersebut, Jakarta ternyata masih menawarkan banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga hits di Jakarta yang bisa Anda pilih.

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Image Credit: Google Maps (Abdul Rahman)

Kebun binatang yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini terbilang sudah sangat melegenda. Di kebun binatang ini tersedia berbagai macam satwa yang berjumlah hingga 2.000 ekor lebih. Anda dan keluarga tercinta dapat menikmati wisata alam ini sambil berjalan-jalan melihat berbagai macam hewan yang tersedia di sana.

Selain terkenal akan koleksi binatangnya yang terbilang banyak, kebun binatang ini juga memiliki koleksi tumbuhan hijau yang berjumlah lebih dari 50.000 jenis. Yang dimana kebun binatang Ragunan terasa sangatlah sejuk dan asri walaupun lokasinya berada di Selatan Kota Jakarta.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

2. Kampoeng Cina Jakarta

Kampoeng Cina Jakarta
Image Credit: Facebook.com @aRieLOPereZa

Daerah pusat perbelanjaan yang terletak di wilayah Jakarta Barat ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat berlibur. Di sana banyak tersedia bermacam toko-toko aksesoris, makanan, baju, dan banyak lainnya.

Pusat perbelanjaan ini juga terbilang unik karena bentuk arsitekturnya yang menggambarkan beraneka ragam negara-negara besar seperi Amerika, Cina, dan Jepang. Sehingga anak-anak juga akan merasa betah saat berkeliling di sana.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata Cibubur, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat.

3. Skyworld Taman Mini

Skyworld Taman Mini
Image Credit: Google Maps (Muhammad Batasa)

Seperti namanya, tempat ini menawarkan pengalaman berwisata yang mengenalkan dunia luar angkasa. Di sana terdapat berbagai macam pajangan yang berbau luar angkasa seperti miniatur pesawat luar angkasa yang besar.

Wisata luar angkasa yang ada di sini dapat Anda jadikan sebagai wahana edukasi untuk anak-anak supaya dapat mempelajari dunia luar angkasa. Akhirnya anak-anak dapat memiliki wawasan baru dan memotivasi untuk dapat bercita-cita.

Harga Tiket: Rp 80.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Mini Raya, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

4. Kidzania

Kidzania
Image Credit: Google Maps (Budiman)

Dari namanya saja sudah dapat diketahui kalau wahana wisata yang satu ini diperuntukkan bagi anak-anak. Di sana anak-anak ditawarkan banyak jenis profesi yang dapat mereka pilih sehingga nampak seperti mereka sedang bekerja sungguhan di dunia nyata.

Di dalamnya terdapat miniatur sebuah kota yang sesuai dengan ukuran anak-anak. Kidzania sendiri terletak di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

5. Pusat Konservasi Mangrove Angke Kapuk

Pusat Konservasi Mangrove Angke Kapuk
Image Credit: Google Maps (Alex Kurniawan)

Bagi Anda yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kepadatan ibukota, wisata alam ini dapat menjadi solusi terbaik untuk menikmati alam dengan udaranya yang sejuk. Seperti namanya, di sana terdapat banyak tumbuhan mangrove yang sengaja ditanam yang berguna sebagai penahan ombak laut.

Wisata alam yang terletak di wilayah Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara ini juga dapat Anda kelilingi dengan menggunakan perahu. Di sana terdapat jasa penyewaan perahu baik yang menggunakan mesin ataupun dengan dayung.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Garden House No.4, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

6. Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary
Image Credit: Jejakpiknik.com

Wisata yang satu ini menawarkan konsep berwisata dengan tema perkebunan dan peternakannya. Wisata Cibubur Garden Diary sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan buah hati. Dikarenakan di sana terdapat banyak kegiatan yang bersinggungan langsung dengan alam.

Aktivitas yang dapat Anda dan buah hati lakukan di sana adalah seperti memandikan hewan, memerah susu, hingga memberi makan hewan ternak. Di sini juga terkenal akan hasil olahan susunya yang leza sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peternakan Raya Blok C No. 12, Kec. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta..

7. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium
Image Credit: Google Maps (Sien Siau Asiu)

Wisata yang bertemakan air dan ikan ini berlokasi di suatu pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Jakarta Barat. Anda dapat mengajak si kecil untuk berkunjung kesana dan berinteraksi dengan salah satu binatang yang lucu yaitu Pinguin.

Wisata yang didesain modern dan futuristik ini dijamin akan membuat Anda dan buah hati merasa betah untuk berlama-lama di sana. Pengelola juga menawarkan teknologi-teknologi yang dipadukan dengan keindahan biota bawah laut.

Harga Tiket: Rp 115.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.Kav. 28, DKI Jakarta.

8. The Wave Waterpark

The Wave Waterpark
Image Credit: Google Maps (Muslim Cybet Army)

Wisata air yang satu ini terletak pada daerah Pondok Indah. Hal yang paling menarik di sini adalah si kecil bisa merasakan sensasi berselancar di ombak buatan yang juga telah diawasi.

Terdapat juga spot wisata air lainnya yang tak kalah menarik. Bahkan tersedia juga replika dari sebuah pantai berpasir putih seperti di Bali.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Metro Pondok Indah, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

9. Kitchen Magic

Kitchen Magic
Image Credit: Aslilokal.pegipegi.com

Hal berbeda ditawarkan oleh pengelola dari Kitchen Magic. Di sana Anda dan buah hati dapat mengikuti kelas memasak yang telah disediakan. Anda akan berkolaborasi dengan si kecil untuk membuat olahan kue ataupun makanan. Wisata memasak ini terletak di salah satu Mall yang ada pada wilayah Jakarta Selatan.

Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Artha Gading Sel. No.1, RT.18/RW.8, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

10. Trans Studio Cibubur

Trans Studio Cibubur
Image Credit: Google Maps (Hari Salahuddin)

Tempat wisata yang memiliki banyak pilihan permainan ini terletak pada suatu ruangan sehingga Anda dan buah hati tidak perlu khawatir akan kehujanan atau kepanasan. Wahana wisata dalam ruangan terbesar di Indonesia ini menawarkan banyak sekali keseruan yang dapat Anda nikmati bersama anggota keluarga.

Yang paling seru di sini adalah wahana snow playground yang bertemakan salju yang dingin. Dinginnya salju ini sudah pasti akan menjadi daya tarik si kecil untuk mengajak berkunjung ke dalam sana.

Harga Tiket: Rp 275.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alternatif Cibubur No.230, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Bara.

11. The Cat Cabin

The Cat Cabin
Image Credit: Google Maps (The Cat Cabain)

The Cat Cabin adalah sebuah cafe yang menawarkan konsep kucing yang ada di dalamnya. Kucing-kucing yang ada di sana sudah jinak dan sehat sehingga aman untuk si kecil bisa bermain bersama hewan berbulu yang satu ini. Cafe unik ini terletak di wilayah Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Raya No.31, Bangka, Kec. Mampang Prpt, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

12. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan)
Image Credit: Google Maps (Reza Wandi)

Dufan termasuk kedalam wahana wisata yang terbilang sangat legendaris di Jakarta. Area wisata ini menawarkan berbagai macam pilihan wahana permainan yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat ini sangat cocok menjadi pilihan destinasi wisata Anda dan si kecil jika ingin berlibur di dalam kota Jakarta.

Si kecil akan merasa betah di sini karena terdapat wahana seperti Bianglala, Istana Boneka, Karavel, dan lain sebagainya. Di sana juga terdapat badut-badut menggunakan kostum yang menggemaskan sehingga si buah hati akan makin terhibur.

Harga Tiket: Rp 250.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta..

13. Ice Skating di Sky Rink

Ice Skating di Sky Rink
Image Credit: Google Maps (Al Khansa Media)

Panasnya cuca di Jakarta dapat membuat Anda enggan keluar rumah untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan. Tetapi terdapat wahana yang berbeda dari biasanya yaitu Sky Rink ice skating. Sesuai dengan namanya, tempat ini akan menyajikan perpaduan olahraga skating dengan dinginnya area es yang membuat liburan Anda makin berkesan.

Anda bisa berkunjung kesana dengan mengajak keluarga untuk belajar olahraga skating di lantai es yang dingin tersebut. Di sana juga terdapat tempat persewaan alat-alat pendukung untuk melakukan Skating seperti sepatu, kaus kaki, dan sarung tangan yang dapat menjaga suhu tubuh Anda tetap hangat.

Harga Tiket: Rp 85.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tj. Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

14. Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur
Image Credit: Google Maps (Angga Meygi Berta)

Wilayah perkemahan yang memiliki luas lahan hingga 210 hektar ini patut Anda masukkan kedalam daftar tempat liburan akhir pekan selanjutnya. Di sana Anda dan keluarga dapat berlibur dengan menikmati alamnya yang masih berudara cukup segar bila dibandingkan wilayah perkotaan di kota Jakarta.

Faslitasnya juga dapat dikatakan cukup lengkap, seperti kawasan hutan, cafetaria, toilet, taman lalu lintas, tempat ibadah, serta kolam renang yang jadi favorit si kecil. Liburan kali ini pasti akan membuat si buah hati akan selalu terkesan.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Flora Indonesia No.5, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

15. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield
Image Credit: Google Maps (Ari Nur Rahman)

Destinasi wisata kali ini bertemakan edukasi terhadap alam dan peternakan. Di sini si kecil dapat memiliki pengalaman spesial seperti menanam tumbuhan dan bermain dengan hewan-hewan yang ada. Terdapat juga sebuah kolam ikan yang dangkal sebagai tempat untuk Anda dan si kecil menangkap ikan sembari bermain air.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teras Hijau Residence, Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

16. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utama)

Si Pitung sendiri adalah seorang jawar dari Betawi yang sudah sangat melegenda karena kisahnya yang berjuang melawan para penjajah dan menolong yang kesusahan. Rumah dari jagoan dari betawi ini terletak di wilayah Cilincing, Jakarta Utara.

Rumah Si Pitung ini cocok untuk Anda jadikan destinasi liburan bersama keluarga sembari mengenalkan sejarah kepada generasi penerus bangsa selanjutnya. Di sana juga terdapat barang-barang kuno peninggalan masa penjajahan yan dapat dijadikan alat untuk mengedukasi si buah hati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

17. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang
Image Credit: Google Maps (Michael Cochran)

Dijaman yang serba canggih ini kebanyakan dari anak-anak akan memilih untuk menghabiskan waktunya di depan alat-alat elektronik. Hal ini akan berdampak negatif kedepannya pada si buah hati karena mereka kehilangan masa-masa indah di waktu kecil yang harusnya diisi dengan bermain bersama kawan-kawannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada si buah hati, karena terdapat museum layang-layang dengan koleksinya yang sangat banyak. Di sana juga disediakan kelas untuk membuat layangan yang hasilnya dapat Anda bawa pulang dan mainkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Kamang No.38, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

18. J-SKY Ferris Wheel

J-SKY Ferris Wheel
Image Credit: Google Maps (Tegar Wibisana)

Ferris Wheel atau yang dikenal sebagai bianglala adalah suatu wahana yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun disini Anda dan keluarga akan ditawarkan sensasi yang sedikit berbeda yaitu tingginya yang mencapai 100 meter lebih.

Wisata kincir angin ini ternyata terletak bagian atas sebuah Mall yang ada di wilayah Cakung, Kota Jakarta Timur. Nilai lebih yang ditawarkan wahana ini adalah para pengunjung dapat melihat keindahan dari wilayah Jakarta melalui ketinggian.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cakung Timur, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

19. Faunaland Ancol

Faunaland Ancol
Image Credit: Google Maps (Aris Setiawan)

Tempat wisata yang kali ini memiliki konsep yang berbeda dari kebun binatang lainnya. Di sini anda dapat duduk bersebelahan dengan Singa yang dibatasi oleh kaca yang bening dan juga tebal. Anda juga dapat memberi makan hewan buas ini dengan sepotong daging melalui sebuah corong, untuk kegiatan memberi makan ini Anda akan diberi biaya tambahan.

Harga Tiket: Rp 65.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

20. Museum of Toys

Museum of Toys
Image Credit: Google Maps (Bernadeth Anggia Rosarie)

Dari namanya saja wisata yang satu ini bagaikan surganya para anak-anak. Hal itu karena di dalamnya terdapat ribuan koleksi dari beraneka ragam mainan yang lucu dan menggemaskan. Dijamin setelah berkunjung kesini Anda dan si kecil langsung ingin membeli banyak mainan untuk dikoleksi di rumah.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketapang, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Itulah beberapa destinasi wisata anak dan keluarga hits yang ada di Kota Jakarta. Tempat-tempat wisata ini dapat dijadikan pilihan yang tepat bagi Anda melepas kepenatan setelah lama bekerja dan ingin menghabiskan masa liburan bersama keluarga tercinta.