20 Wisata Kuliner di Jakarta yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Jakarta

Salah satu daerah yang terkenal dengan wisata dan kulinernya adalah Jakarta. Selain dikenal sebagai ibukota dari Indonesia, Jakarta juga menyimpan berbagai macam kuliner yang lezat. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut setelah penat berkeliling Jakarta seharian.

Mulai dari wisata kuliner tradisional maupun modern bisa Anda temukan di ibukota. Meskipun terkenal sebagai kota yang besar sekaligus metropolitan, tetapi Jakarta masih menyimpan segudang wisata kuliner tradisional yang merupakan khas Betawi.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jakarta, tentunya tidak akan sah apabila belum mencicipi berbagai macam wisata kuliner yang ada disana. Oleh karena itu, dibawah ini ada rekomendasi 20 wisata kuliner di Jakarta yang populer dan patut Anda kunjungi.

1. Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Barito

Lokasi: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RT.3/RW.4, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Bubur ayam barito adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal di Jakarta. Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur ayam barito ini mempunyai tesktur yang sangat lembut dan juga menawarkan beragam topping.

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan teman saat malam hari. Selain itu, harga dari bubur ayam borito juga tergolong masih cukup murah, sehingga tidak akan menguras dompet.

2. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia

Lokasi: Jl. RP. Soeroso No.36, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Bakmi.club

Mie ayam satu ini sangat ramai akan pengunjung, sehingga Anda harus rela mengantri untuk mencicipinya. Untuk dapat mencicipinya, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 sampai Rp 50.000.

Mie ayam gondangdia sangat cocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas. Selain itu, di tempat ini juga disediakan berbagai macam menu pilihan selain mie ayam.

3. Jalan Sabang

Jalan Sabang

Lokasi: Jl. Sabang No. 29B, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. – Image Credit by Republika.co.id

Jalan sabang adalah salah satu daerah di Jakarta Pusat yang ramai akan wisatawan. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis kuliner Jakarta yang dijajakan dalam bentuk kaki lima.

Mulai dari sate padang, mie ayam, nasi goreng, martabak, aneka jajanan ringan dan berbagai macam makanan lainnya dapat Anda temukan disini. Selain itu, Anda juga bisa menyantap beragam kuliner sembari menikmati suasana kota Jakarta.

Biasanya jalan sabang akan dipenuhi pengunjung saat malam hari, karena juga dijadikan sebagai tempat nongkrong. Tempat ini juga sudah menjadi favorit para wisatawan lokal maupun asing, sehingga banyak turis yang pergi ke jalan sabang untuk sekedar menikmati jajanan khas Jakarta.

4. Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung

Lokasi: Jl. Pecenongan 67 I 3 2, RT.3/RW.2, Kebon Kalapa, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Openrice.com

Bubur Kwang tung adalah salah satu kuliner terkenal di Jakarta karena memiliki keunikan. Bubur yang satu ini menggunakan berbagai macam campuran seafood khas hongkong, sehingga membuat rasanya menjadi sangat unik.

Tentunya bubur ini sangat cocok untuk Anda santap guna menghangatkan perut. Apalagi ditambah dengan adanya berbagai macam varian, mulai dari bubur sapi, bubur ayam, bubur ikan dan juga bubur kepiting.

5. Soto Betawi H.Ma’ruf

Soto Betawi H.Ma’ruf

Lokasi: Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Sotobetawimaruf.com

Soto Betawi H.Ma’ruf adalah salah satu wisata kuliner yang cukup legendaris di ibukota. Soto khas Betawi ini juga menawarkan harga yang relatif murah, sekitar Rp 44.000 saja.

Selain soto Betawi, Anda juga bisa mencicipi beragam menu lain, seperti sate Betawi dan lakse. Untuk waktu operasionalnya sendiri, Soto Betawi H.Ma’ruf buka mulai dari jam 09.00 – 23.00.

6. Pasar Santa

Pasar Santa

Lokasi: Pasar Santa Modern, Lantai Dasar AKS, Jl. Cipaku I No.121, RT.5/RW.4, Petogogan, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Pasar santa adalah salah satu tempat nongkrong favorit anak mudah sekaligus wisata kuliner para wisatawan. Di pasar santa, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan ataupun minuman yang cukup unik.

Salah satunya yang terletak di lantai 1, yaitu es krim warna – warni dan juga hotdog hitam yang menjadi favorit pengunjung. Pasar yang menjadi primadona di Jakarta ini mempunyai pengunjung yang sangat banyak setiap harinya.

Bagi Anda yang ingin kesana, maka lebih baik datang saat malam hari agar suasananya lebih menyenangkan. Disini Anda juga akan menemukan banyak anak muda yang menjadikan tempat tersebut sebagai area untuk berdiskusi bersama.

7. Warteg Warmo

Warteg Warmo

Lokasi: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.1D 8, RT.8/RW.10, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Pingpoint.co.id

Warteg adalah singkatan dari warung tegal. Warteg yang satu ini sangat terkenal di ibukota karena ada banyak artis Indonesia yang pernah datang kesini.

Sesuai dengan namanya, warteg warmo menawarkan harga yang bervariasi dan cukup murah. Menu yang ditawarkan juga beragam. Selain itu, Anda bisa mengunjungi warteg ini kapanpun karena buka selama 24 jam nonstop.

8. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci

Lokasi: Jl. Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bakmi gang kelincin adalah salah satu kuliner yang wajib Anda coba saat ke Jakarta. Pasalnya bakmi ini sudah sangat terkenal, mengingat cabangnya yang sudah mencapai 11 toko dan tersebar di seluruh Jakarta.

Anda bisa menikmati bakmi dengan harga yang sangat terjangkau disini. Salah satu menu favorit para pengunjung adalah bakmi special yang dibandrol dengan harga Rp 27.000.

9. Lenggang Jakarta Monas

Lenggang Jakarta Monas

Lokasi: Jl.medan merdeka selatan gambir, Kec.gambir, Jakarta. – Image Credit by Beritajakarta.id

Wisata kuliner yang tak kalah menarik di Jakarta adalah lenggang Jakarta monas. Tempat yang satu ini menjadi favorit masyarakat Jakarta untuk dijadikan tempat makan sekaligus nongkrong dan menikmati suasana kota.

Meskipun baru diresmikan pada tahun 2015 lalu, tapi saat ini tempat tersebut sudah sangat terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung.

Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai macam makanan, bahkan jumlah pedagangnya diperkirakan mencapai 329 pedagang dengan mengusung konsep foodcourt. Setelah puas makan, Anda juga bisa berfoto ria sembari menikmati suasana Jakarta.

10. Warung Nagih

Warung Nagih

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41 2, RT.2/RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Hondacommunity.net

Seperti namanya, tempat kuliner yang satu ini banyak didatangi oleh semua kalangan masyarakat di Jakarta. Pasalnya warung nagih memberikan harga yang relatif murah dengan menu yang beragam.

Disini Anda bisa mendapatkan berbagai macam makanan, mulai dari roti bakar, olahan mie, beragam minuman dan lain lain. Untuk waktu operasionalnya sendiri warung ini buka mulai dari jam 17.00 – 01.00.

11. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo

Lokasi: Jl. Pemuda No.290, RT.3/RW.1, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. – Image Credit by Kaleyo.com

Sesuai dengan namanya, disini Anda bisa menikmati aneka olahan bebek yang sangat lezat. Sedangkan menu favoritnya sendiri adalah bebek goreng.

Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000, maka Anda sudah dapat menikmati seekor bebek utuh. Untuk Anda yang ingin mecicipinya, maka bisa datang antara hari Senin – Sabtu.

12. Southbox

Southbox

Lokasi: Teras Kuliner, Kalibata City, RT.9/RW.4, Rawajati, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. – Image Credit by Jadiberita.com

Tempat kuliner yang satu ini cukup kekinian, karena mengusung konsep outdoor. Southbox juga dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda di Jakarta karena sangat unik. Terdiri dari 2 lantai dan menggunakan container yang didaur ulang menjadi penyebab mengapa tempat ini selalu menjadi tujuan anak muda di Jakarta dan sekitarnya.

Disini Anda bisa menikmati berbagai macam jenis makanan yang menarik dan lezat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga relatif murah dan terjangkau di kalangan wisatawan.

13. Seafood Ayu

Seafood Ayu

Lokasi: Jl. Boulevard Bar. Raya, RT.15/RW.3, Klp. Gading Barat, Kec. Kelapa. Gading, Kota Jakarta Utara. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Sesuai dengan nama tempatnya, disini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis olahan seafood yang sangat lezat. Meskipun demikian, tetapi makanan di seafood ayu ini tidak akan membuat kantong Anda jebol, karena cukup murah.

Wisata kuliner yang satu ini patut Anda coba saat pergi ke Jakarta. Tetapi Anda juga harus rela mengantre, karena tempat yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung.

14. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy

Lokasi: Jl. Raden Patah No.11, RW.1, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selata. – Image Credit by Pergikuliner.com

Roti bakar eddy adalah salah satu kuliner yang bisa menemani Anda saat sedang menikmati suasana kota Jakarta pada malam hari. Roti bakar eddy juga menjadi tempat nongkrong favorit, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Waktu operasional dari roti bakar eddy sendiri mulai dari jam 06.30 – 02.30. Selain roti bakar, disini Anda juga bisa menemukan menu lainnya, seperti bubur ayam, pisang bakar, nasi goreng dan lain-lain.

15. Food Lab Jakarta

Food Lab Jakarta

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prempatan, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Mylittlecolorbox.blogspot.com

Namanya yang unik menjadi tempat ini sangat menarik bagi masyarakat Jakarta maupun wisatawan. Disini Anda bisa mencicipi berbagai macam jenis makanan yang dikreasikan secara unik dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa menu favorit disini adalah aneka martabak, makanan korea dan cimol saos kacang. Selain itu, ada pula beberapa menu lain yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga saat sedang berkunjung ke Jakarta.

16. Joni Steak

Joni Steak

Lokasi: Jl. Samanhudi No.65, RT.8/RW.6, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Hargamenukuliner.com

Joni steak adalah wisata kuliner yang sangat cocok Anda kunjungi untuk mengisi perut saat malam hari. Joni steak sendiri beroperasi mulai dari jam 18.00 – 01.00.

Untuk harganya sendiri, Anda tidak perlu menguras dompet terlalu dalam. Pasalnya beragam menu yang disediakan disini menawarkan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000.

17. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Lokasi: Jl. Kebon Sirih, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Beritagar.id

Nasi goreng kambing kebon sirih adalah wisata kuliner di Jakarta dan sudah mempunyai banyak cabang karena cukup legendaris. Sesuai dengan namanya, menu favorit disini adalah nasi goreng kambing karena mempunyai rasa yang sangat lezat dan juga tekstur daging yang lembut.

Untuk harga sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena hanya sekitar Rp 27.000 untuk satu porsinya. Waktu operasional dari nasi goreng kambing kebon sirih sendiri mulai dari jam 17.00 – 02.00.

18. Café Siang Malam 18 Palmerah

Café Siang Malam 18 Palmerah

Lokasi: Jl. Tawakal VI No. 9, RT. 010 / RW. 09 Tomang Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat. – Image Credit by Zomato.com

Dengan mengusung konsep café modern, tempat ini sangat favorit bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya disini konsumen bisa menikmati berbagai macam jenis sajian yang memanjakan lidah.

Beberapa diantaranya adalah roti bakar, ayam penyet, sarden dan juga beragam minuman. Untuk harga sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena tempat ini menawarkan kuliner dengan harga yang cukup terjangkau.

19. Food Fighter

Food Fighter

Lokasi: Jl. Melawai IV No.7, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran. Baru, Kota Jakarta Selatan. – Image Credit by Jadiberita.com

Food fighter adalah tempat kuliner favorit para anak mudah di Jakarta dan sekitarnya. Hal tersebut karena tempat ini menawarkan beragam makanan yang cukup unik dengan harga yang murah.

Beberapa menu favorit di tempat ini adalah manohara, judas kitchen, mie chio dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk menyantap berbagai makanan tersebut sekaligus nongkrong bersama tempat atau sahabat sembari menikmati Jakarta.

20. Restoran Trio

Restoran Trio

Lokasi: Jl. RP. Soeroso No.29A, RT.2/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat makanan khas chineese food ini sudah sangat legendaris di Jakarta. Pasalnya, tempat makan ini dikatakan sudah berdiri sejak tahun 1985 dan menawarkan beragam sajian yang nikmat.

Tempat ini juga memiliki beragam menu, dengan rata-rata harga sekitar Rp 50.000. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, maka dapat kesana mulai dari jam 10.000 – 14.00 dan 17.00 – 21.30 setiap harinya.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata kuliner di Jakarta yang sangat populer dan bisa Anda kunjungi untuk menikmati berbagai macam makanan. Mulai dari sajian tradisional hingga modern dapat Anda temui di ibukota walaupun dikenal sebagai kota metropolitan.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak