21 Wisata Kuliner di Surabaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Surabaya

Salah satu kota di Jawa Timur yang sangat terkenal adalah Surabaya. Baik dari sejarah perjuangan para pahlawan yang berasal dari kota ini. Juga banyak kampus di Surabaya yang sampai hari ini masih menjadi dambaan para calon mahasiswa baru.

Tidak hanya itu berbagai tempat wisata yang ada di Surabaya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Tidak terkecuali dengan wisata kuliner di Surabaya yang pastinya bakal buat Anda betah ada di tempat ini.

Karena setiap makanan di nusantara pasti memiliki cita rasa yang khas sesuai dengan daerahnya masing-masing, hal tersebut tercipta entah dalam proses memasaknya atau bumbu rempah yang digunakan. Tanpa basa-basi lagi, mari simak beberapa wisata kuliner Surabaya yang wajib Anda coba.

1. Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon

Lokasi: Pengampon II No.3, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya. – Image Credit by Diarysivika.com

Siapa bilang makanan enak harus mahal? di warung nasi empal pengampon Anda bisa merasakan makanan enak dengan cita rasa yang khas hanya dengan Rp 30.000 saja, tentunya dengan berbagai varian lauk seperti empal suwir, tumis kacang, lalapan timun, kering tempe dan sambal sebagai pelengkapnya.

Rasa empal yang manis dan gurih pastinya menjadi perpaduan yang pas untuk sebuah cita rasa makanan. Jika Anda tertarik mencobanya maka langsung datang ke warung nasi empal pengampon yang ada pusat kota. Warung ini buka dari jam 9 pagi hingga malam.

2. Nasi Bebek Sayang Anak

Nasi Bebek Sayang Anak

Lokasi: Jl. Kepanjen, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya. – Image Credit by Pergikuliner.com

Rumah makan ini buka pada jam 15.00 sampai dengan 18.00 WIB, walaupun begitu tempat ini selalu ramai pengunjung khususnya masyarakat Surabaya. Banyak pengunjung yang memburu nasi bebek sayang anak milik CakYudi ini lantaran rasa daging yang empuk dan gurih.

Juga ditambah dengan perpaduan sambal pencit (mangga muda) dengan rasanya yang khas. Anda berniat untuk mencobanya? Maka datanglah lebih awal agar tetap kebagian.

3. Lontong Balap Garuda

Lontong Balap Garuda

Lokasi: Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya. – Image Credit by Lontongbalap-aslipakgendut.com

Salah satu kuliner khas di Surabaya yang bisa Anda coba adalah lontong balap. Pada sajian makanan ini terdiri lontong, tauge, bawang goreng, tahu goreng, tentho dan ditambah sambal saus yang segar.

Bumbu ini telah menjadi warisan keluarga sejak dulu sehingga cita rasanya tetap terjamin. Lontong balap Garuda ini seporsinya dijual dengan harga 12 ribu. Sangat murah sekali bukan?

4. Mie Pecun

Mie Pecun

Lokasi: Jl. Kedungsari No.135A, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya. – Image Credit by Ksmtour.com

Mie ini sangat terkenal di Surabaya, mie Pecun jadi rekomendasi buat Anda pecinta makanan pedas. Ada beberapa level tingkat pedas yang ditawarkan bagi pembeli. Maka Anda bisa mengukur sesuai selera.

Tingkat kepedasannya antara lain ada paket Culun alias tidak pedas sama sekali, paket Semriwing yang tingkat kepedasannya sedang, paket galau yang tingkat kepedasannya masih wajar, dan terakhir ada paket Klimax yang rasanya tentu sangat pedas.

5. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kedai ini jadi salah satu tempat yang harus Anda Kunjungi saat ke Surabaya. Kedai yang dulunya didirikan oleh orang Italia sehingga menjadi tempat yang sangat melegenda dikalangan pecinta es krim.

Selain itu, rasa es krim ini dari dulu tidak mengalami perubahan karena pemilik kedai terus menjaga resepnya. Bahkan bangunan kedai ini masih nampak jadul seperti tahun 1960an. Anda bisa merasakan es krim Zangrandi dengan harga 24 ribu saja.

6. Nasi goreng Jancuk

Nasi goreng Jancuk

Lokasi: Jl. Plaza Boulevard No.33-35, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Ksmtour.com

Nama yang unik untuk nasi goreng ini awal mulanya hanya spontan keluar dari mulut para pelanggannya. Penjualnya sengaja membuat nasi goreng dengan bumbu cabai rawit yang sangat banyak.

Namun, disarankan saat Anda ke tempat ini membawa beberapa teman karena porsi yang disajikan cukup banyak, bahkan bisa untuk empat sampai lima orang.

7. Nasi Krawu Sufayah

Nasi Krawu Sufayah

Lokasi: Jl. Kayoon No.33, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kuliner ini sangat terkenal di Surabaya walaupun sebenarnya ini adalah makanan khas Gresik. Nasi Krawu Sufyah memiliki ciri khas dengan sajian berupa nasi putih yang pulen dengan berbungkus daun pisang.

Satu porsi Nasi Krawu Sufyah ini terdapat beberapa lauk seperti semur daging, serundeng, jeroan sapi hingga tak boleh ketinggalan sambal terasinya. Bagaimana Anda tertarik untuk menikmatinya?

8. Rujak Cingur Delta

Rujak Cingur Delta

Lokasi: Jl. Kayoon Jl. Embong Kemiri No.46D, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Pesona.travel

Rujak Cingur telah menjadi makanan khas Surabaya yang tidak bisa dilewatkan. Pada menu ini terdapat kacang panjang, lontong, lauk tahu tempe, kangkung, tauge ada juga irisan nanas dan kedongong kemudian akan disiram dengan bumbu sambel petis.

Rujak Cingur Delta sudah melegenda karena menggunakan resep makanan yang turun temurun. Anda cukup membelinya dengan harga terjangkau yaitu 30 ribu per porsi.

9. Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan

Lokasi: Jl. Ps. Besar Wetan No.5, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. – Image Credit by Pergikuliner.com

Nasi Campur Tampak Bayan dilengkapi berbagai lauk seperti telur, tahu, daging sapi dan lain-lain yang tentunya akan dihidangnya dengan nasi putih yang pulen. Warung ini sudah buka sekitar jam 5 pagi hingga jam 5 sore.

Jika Anda berminat maka Anda bisa membawa seporsi nasi campur ini dengan harga 20 ribu saja dan nasi empal campur seharga 29 ribu. Murah sekali bukan?

10. Sate Karak

Sate Karak

Lokasi: Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya. – Image Credit by Gotravelly.com

Kuliner ini terbilang langka, walaupun begitu tidak ada salahnya mencoba. Sate karak ini atau masyarakat sekitar menyebutnya kerak berbahan dasar usus yang disajikan dengan nasi hitam dengan parutan kelapa diatasnya, penasaran bagaimana rasanya?

Maka tidak ada salahya saat berada di Surabaya mampir di warung sate Karak untuk menikmati kuliner langka dengan rasa yang pastinya khas ini.

11. Tahu Tek

Tahu Tek

Lokasi: Jl. Manyar Rejo No.1, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya. – Image Credit by Pegipegi.com

Tahu Tek adalah sepiring tahu goreng yang dipotong dadu dengan lontong serta kentang yang melengkapinya, bahan tersebut biasanya dipotong dengan gunting bukan diris dengan pisau layaknya makanan yang lain.

Setelah semuanya ada di piring maka penjual akan menambahkan kecambah serta taburan daun seledri, saus petis serta taburan kerupuk yang membuat makanan ini lebih nikmat untuk disantap.

12. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan

Lokasi: Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. – Image Credit by Limakaki.com

Kuliner bebek Tugu Pahlawan ini sudah sangat terkenal bagi masyarakat Surabaya. Walaupun warung dibuka sore hari tetapi tetap saja ramai pengunjung.

Bahkan tak jarang para pembelinya harus rela mengantri panjang untuk mendapatkan nasi bebek dekat tugu pahlawan ini. Nasi bebek yang hangat dengan perpaduan sambal yang mantap akan membuat selera makan Anda meningkat.

13. Warung Nasi Cumi

Warung Nasi Cumi

Lokasi: Jl. Waspada No.28, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya. – Image Credit by Inijie.com

Masyarakat sekitar mengenalnya sebagai warung nasi cumi depan pasar atom. Ada berbagai pilihan yaitu nasi dengan cumi peyek, nasi komplit dan nasi campur.

Hanya dengan uang 15 ribu saja Anda bisa menikmati masakan ini dengan rasa yang pastinya sangat lezat. Harga murah tapi rasa tetap juara.

14. Cafe Ice Cream Amai

Cafe Ice Cream Amai

Lokasi: Jl. sutorejo prima utara II PDD 25, Sutorejo Prima Utara Ii Blok PDD No.28, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya. – Image Credit by Beautynesia.id

Wisata kuliner yang satu ini cocok untuk makanan penutup. Cafe ini menyediakan beraneka macam rasa es krim seperti coklat, macha, vanilla dan lemon. Kemudian akan ditambahkan bubuk untuk ditabur pada atas es krim dengan berbagai macam topping sebelum diberikan pada pengunjung.

Ada berbagai macam topping, seperti koko crunch, honeystar, pocky dan banyak lagi, Anda hanya perlu menyiapkan 15 ribu untuk seporsi es krim ini. Sangat terjangkau bukan?

15. Rawon Setan

Rawon Setan

Lokasi: Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Sintiaastarina.com

Namanya memang cukup menakutkan namun jangan salah, rasanya sudah terjamin enaknya terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang kewarung ini. Pada rawon ini menggunakan daging sapi dengan campuran kikil dan jeroan.

Penyebutan rawon setan karena potongan dagingnya yang besar dan memiliki tekstur yang sangat empuk, bagi Anda pecinta rawon, tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini.

16. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Kuliner yang bisa Anda coba saat ada di Surabaya adalah Soto Lamongan milik cak Har.  Karena salah satu soto terkenal di Surabaya yang dijamin rasanya bikin Anda ketagihan.

Soto Lamongan ini memiliki kuah soto yang khas yaitu dengan kuah santan yang membuat soto berasa gurih dan kental. Ada berbagai daging untuk isiannya misalnya daging ayam, jeroan, ceker ayam dan sebagainya.

17. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, RT.005/RW.06, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Salah satu kuliner fenomenal ini dibuka setiap malam. Sego sambel atau nasi sambel ini berisi nasi dengan berbagai lauk seperti ikan, telur atau hanya tempe goreng. Namun yang menjadi istimewa adalah sambalnya.

Sambel Mak yeye yang pedas ini telah membuat banyak orang menjadi ketagihan, sambal yang disajikan juga sangat melimpah, bahkan bisa menutupi berbagai lauknya. Anda berani mencoba sambel Mak Yeye?

18. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. – Image Credit by Ivacanza.co

Siapa diantara Anda yang menyukai sate?. Maka kuliner wisata yang ada di Surabaya ini wajib Anda kunjungi. Tepatnya berlokasi di Jalan Walikota Mustajab No 36. Sate klopo Ondomohen ini memiliki cita rasa yang sedikit berbeda karena pada proses pengolahannya daging diberikan taburan parutan kelapa.

Ada banyak jenis disini, tidak hanya sate dari daging ayam saja, misalnya sate udang, sate sumsum, sate sapi dan pastinya semua itu akan sajikan dengan saus kacang yang khas.

19. Spesial Belut Surabaya

Spesial Belut Surabaya

Lokasi: Jl. Banyu Urip No.139, Banyu Urip, Kec. Sawahan, Kota Surabaya. – Image Credit by Jalansambiljajan.blogspot.com

Tempat ini selalu menjadi incaran pengunjung dan warga Surabaya khususnya, karena yang pasti rasanya enak. Selain itu belut sendiri juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Spesial Belut Surabaya juga menyediakan berbagai olahan lain seperti pecel Belut, Belut goreng, dan ada juga menu Lele dan burung dara, bagi Anda yang kurang menyukai daging belut. Harganya juga tidak akan menguras kantong hanya sekitar 9000 hingga 13.000 rupiah saja.

20. Warung Leko

Warung Leko

Lokasi: Jl. Manyar Kertoarjo V No.9, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya. – Image Credit by Jakarta100bars.com

Warung ini menyajikan olahan daging iga yang sangat lezat, jadi tidak heran jika banyak pengunjung yang mampir ke tempat ini. Bahkan beberapa juga berasal dari luar Surabaya.

Beberapa menu andalan di warung ini adalah Iga penyet, Iga goreng tepung, Sop Iga dan tidak ketinggalan Babat penyet. Olahan daging yang empuk memang akan membuat semua orang yang menyantapnya pasti ketagihan. Harga yang ditawarkan mulai dari 8 ribu hingga 60 ribu saja.

21. Sate Ayam Lisidu

Sate Ayam Lisidu

Lokasi: Jl. Musi No.48, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya. – Image Credit by Familygoers.com

Tempat ini sangat terkenal dan bisa disebut sangat legendaris juga di Surabaya. Makanan ini tergolong sebagai sate yang unik karena berbeda dengan yang biasanya Anda jumpai.

Jika Anda tidak menyukai bagian daging tertentu di tempat ini bisa memilih sesuai selera, misalnya daging pada bagian kulit, paha, atau jeroan. Dan yang bikin makanan ini enak, juga berasal dari bumbu kacangnya yang mempunyai cita rasa manis.

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang ada di Surabaya. Tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu tempat saat Anda berkunjung ke kota pahlawan ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak