20 Wisata Kuliner di Makassar yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Makassar

Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya bila Anda tidak berburu kuliner khas yang enak dan menggugah selera. Makassar mendapat julukan sebagai Kota Anging Mamiri yang terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam dan wisata kuliner.

Berkeliling Kota Makassar akan membuat hati Anda merasa tenang. Tenang karena dijamin Anda tidak akan merasakan kelaparan selama disana, karena ada banyak tempat wisata kuliner yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Jika Kamu menggunakan kendaraan pribadi menjelajah kuliner Kota Makassar menjadi lebih asyik.

Kuliner dari Makassar memiliki citarasa yang khas dengan kuah kental yang kaya akan bumbu dengan rasa yang tentunya sangat enak. Anda wajib mencicip rekomendasi berbagai wisata kuliner di Makassar berikut ini.

1. Sop Konro

Sop Konro

Image Credit by Wikipedia.org

Sop Konro adalah olahan dari iga sapi yang rasanya lezat luar biasa. Rasanya yang sedap merupakan paduan iga sapi yang lembut dan kuah konro yang kaya akan rempah membuat siapa saja yang mencobanya akan langsung jatuh hati. Memakan Sop Konro akan semakin nikmat dengan burasa atau ketupat.

Iga sapi dalam Sop Konro juga bisa dinikmati sampai ke bagian sumsum tulangnya. Cara menikmati sumsum iga sapi dalam Sop Konro dengan menggunakan sedotan. Masukkan sedotan pada bagian tulang iga lalu Anda bisa meminum sumsum tulangnya.

2. Coto Makassar

Coto Makassar

Image Credit by Republika.co.id

Masakan khas dari Makassar ini memiliki ciri khas pada bumbunya. Coto adalah olahan yang berbahan dasar daging sapi yang dipadukan dengan berbagai rempah seperti bumbu dapur, merica, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kayu manis, gula merah, cabai dan bahan lainnya. Coto Makassar menjadi salah satu masakan yang menggunakan banyak rempah.

Dahulu kuah Coto Makassar dibuat dari air beras, namun sekarang sudah banyak pembuat coto yang menggunakan susu atau telur sebagai pengganti beras. Mengingat bahwa sekarang beras banyak mengandung pemutih sehingga bisa membahayakan kesehatan.

3. Pallubasa

Pallubasa

Image Credit by Id.openrice.com

Sekilas bentuk dari Pallubasa mirip dengan Coto Makassar, perbedaannya terletak pada kuah yang dipakai. Pallubasa lebih kental karena diberi tambahan serbuk kelapa yang telah disangrai terlebih dahulu. Ada juga tambahan telur setengah matang yang membedakannya degan Coto Makassar.

Citarasa yang kuat dari bumbu rempah dan segarnya kuah coto membuat siapa saja akan ketagihan. Setiap hari hampir disemua rumah makan yang menyediakan Pallubasa pasti ramai oleh pembeli.

4. Songkolo

Songkolo

Image Credit by Wixsite.com

Songkolo berasal dari beras ketan hitam yang dikukus sampai matang lalu disajikan dengan tambahan lauk pauk seperti parutan kelapa yang digoreng dan ikan asin. Songkolo terlihat sangat sederhana namun rasanya sangat nikmat. Wajib Anda coba ketika berada di Makassar.

Songkolo dahulu hanya dijual pada malam hari namun sekarang Anda sudah bisa menemukan penjual Songkolo 24 jam setiap harinya. Seporsi Songkolo dihargai mulai dari 6 ribu rupiah.

5. Sop Ubi Hj Haniah Datu Museng

Sop Ubi Hj Haniah Datu Museng

Image Credit by Ksmtour.com

Sop Ubi adalah salah satu makanan khas dari Kota Makassar. Bahan masakan ini adalah ubi goreng yang dipotong kecil lalu dicampur dengan bihun, telur, toge, daging, daun bawang dan taburan bawang goreng.

Kaldu dari Sop Ubi Hj Haniah Datu Museng ini memang paling juara. Cita rasa kaldu yang kaya akan rasa dipadukan dengan tambahan kacang goreng, kerupuk udang, dan keripik adalah perpaduan lengkap masakan Sop Ubi nikmat.

6. Sop Saudara

Sop Saudara

Image Credit by Resepkoki.id

Rekomendasi kuliner Kota Makassar selanjutnya adalah Sop Saudara. Nama Sop Saudara diambil dari Coto Parakatte yang dalam bahasa Makassar artinya “sesama kita” dengan makna saudara. Filosofi dari Sop Saudara adalah semua orang yang makan akan merasakan menjadi saudara dari pemiliknya.

Sop Saudara merupakan olahan dari daging sapi yang tidak jauh berbeda dengan Coto Makassar. Bedanya menu masakan sop saudara disajikan dengan tambahan kuah yang terbuat dari susu sehingga menciptakan citarasa yang manis. Sop Saudara nikmat ditambah ikan bandeng bakar dan nasi panas.

7. Mie Kering

Mie Kering

Image Credit by Kumparan.com

Mie kering olahan mie yang dipanggang sampai kering lalu disajikan dengan perpaduan kuah yang kental. Mie kering termasuk kuliner street food yang bisa Anda jumpai hampir di sepanjang jalan Kota Makassar.

Toping mie kering ada sawi, bakso, udang dan daging ayam. Selain mie kering street food ada juga kedai yang menjual olahan mie kering bernama Mie Titi yang merupakan cikal-bakal olahan mie kering saat ini.  Mie kering adalah perpaduan masakan yang diadopsi dari resep tradisional China.

8. Pisang Epe

Pisang Epe

Image Credit by Qraved.com

Jajanan dari Kota Makassar yang sudah legendaris dari tahun 1970-an. Pisang Epe memiliki citarasa makanan yang gurih, manis dan enak. Berbahan dasar dari pisang kepok tua.

Epe memiliki arti dalam bahasa setempat yaitu jepit. Proses pembuatan Pisang Epe dengan cara dijepit menggunakan alat pres tradisional dari kayu. Pisang Epe disajikan dengan kuah berbahan gula jawa, santan, air, dan daun pandan yang direbus secara bersamaan.

9. Barongko

Barongko

Image Credit by Kurio.id

Barongko adalah kuliner Makassar yang menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang yang sudah matang dihaluskan. Setelah halus lalu dicampur dengan telur yang, kemudian ditambah santan, garam, dan gula pasir.

Adonan yang sudah tercampur dengan rata lalu dikukus dengan menggunakan daun pisang. Barongko dijual dalam dua penyajian yaitu saat panas. Panas begitu matang langsung disajikan dan dingin untuk cita rasa yang lebih segar.

10. Jalangkote Lasinrang

Jalangkote Lasinrang

Image Credit by Wowkeren.com

Jalangkote bentuknya mirip dengan kue pastel dengan cita rasa yang lebih enak. Jalangote Lasinrang adalah salah satu tempat terbaik untuk mencari Jalangkote di Kota Makassar.

Anda bisa membeli Jalangkote Lasingrang untuk dimakan sendiri atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Makassar. Khasnya Jalangkote yang ada di Lasinrang adalah sambalnya yang segar dan pedas.

11. Putu Cangkir

Putu Cangkir

Image Credit by Makassarguide.com

Masih seputar jajanan khas dari Makasar, Jajanan selanjutnya yang wajib Anda bawa pulang adalah Putu Cangkir. Kue khas tradisional dari Makasar yang bisa ditemukan di pinggir jalan besar.

Putu Cangkir merupakan olahan dari beras ketan dalam dua varian yaitu gula putih dan gula merah. Bentuk dari Putu Cangkir sesuai dengan namanya berbentuk cangkir yang terbalik.

12. Gogos (Gogoso)

Gogoso

Image Credit by Jejakkulinerindo.wordpress.com

Bentuknya sekilas terlihat seperti lemper namun Gogos berbeda dengan lemper. Gogos adalah jajanan khas Makassar yang terbuat dari ketan diberi isian ayam bumbu pedas.

Ketika Anda merasakan Gogos dijamin akan ketagihan. Ukurannya yang kecil membuat Anda akan merasa tidak cukup hanya makan satu. Citarasa gurih dan pedas akan menjadi kesatu yang nikmat di lidah.

13. Pallu Kacci

Pallu Kacci

Image Credit by Makassarkuliner.com

Makassar letaknya ada di pesisir pulau Sulawesi yang membuat Makassar memiliki banyak olahan yang terbuat dari bahan ikan segar. Salah satu kuliner Makassar yang terbuat dari olahan ikan adalah Pallu Kacci.

Pallu Kacci disajikan bersama dengan kuah asam yang memiliki warna kekuningan. Wangi dari masakan ini dijamin akan menggugah selera makan Anda. Soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi.

14. Burasa

Burasa

Image Credit by Liputan6.com

Burasa sejenis lontong sebagai pelengkap makan Coto dan masakan dari  bahan daging lainnya. Burasa berbeda dengan lotong dari segi bentuk karena Burasa memiliki bentuk yang lebih pilih dengan citarasa yang unik.

Burasa terbuat dari beras dicampur dengan santan yang membuat teksturnya menjadi lebih lembek. Paling enak menikmati Burasa dipadukan dengan Sop Konro.

15. Sarraba

Sarraba

Image Credit by Tribunnews.com

Sarraba merupakan minuman yang terbuat dari jahe, gula aren, merica bubuk dan santan yang disajikan dengan tambahan kuning telur. Penambahan kuning telur ini disesuaikan dengan keinginan dari pembelinya.

Sarraba cocok untuk menghangatkan tubuh. Minuman yang hanya bisa dijumpai di malam hari ini bisa dengan mudah Anda dapatkan ketika berada di Kota Makassar.

16. Konro Bakar

Konro Bakar

Image Credit by Indonesia.go.id

Menu kuliner dari Makassar yang tidak boleh terlewat adalah Konro Bakar. Olahan iga sapi ini berbeda dari Sop Konro karena pada Konro Bakar daging dan tulang iga akan dibakar lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Bentuk dari Konro Bakar ini terinspirasi dari olahan modern yaitu steak. Rasa dari Konro Bakar ini lezat dan nikmat. Cocok dimakan dengan nasi hangat, lontong ataupun Burasan.

17. Mie Hengky

Mie Hengky

Image Credit by Makassarkuliner.com

Mie Hengky adalah salah warung mie kering yang sudah legendaris sejak tahun 1980. Citarasa Mie Hengky dari dulu sampai sekarang tetap sama.

Keunggulan Mie Hengky yaitu terletak pada waktu pembuatannya dimana mie kering akan dimasak saat ada yang pesan. Sehingga rasanya fresh dengan citarasa yang otentik. Warung Makan Mie Hengky ini buka setiap hari selama 24 jam non stop. Harga makanannya mulai dari 30an ribu rupiah saja.

18. Es Pisang Ijo Bravo

Es Pisang Ijo Bravo

Image Credit by Kooliner.com

Ke Makassar belum lengkap rasanya tanpa mencoba segar dan nikmatnya Es Pisang Ijo Bravo. Perpaduan gurih dari bubur sumsum dipadukan dengan segarnya es dan manisnya pisang hijau lumer menjadi satu di dalam mulut.

Satu porsi Es Pisang Ijo Bravo dihargai 20 ribu rupiah. Es Pisang Ijo Bravo ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam setengah 10 malam.

19. Bakso Bonto

Bakso Bonto

Image Credit by Grab.com

Bakso legendaris yang sudah berdiri lebih dari setengah abad lamanya. Bakso Bonto memiliki citarasa khas dari Makassar, satu porsi bakso terdapat tambahan kacang goreng, telur bebek, bakso, dan mie yang disajikan bersama dengan lontong.

Untuk bisa menikmati nikmatnya Bakso Makassar di Bakso Bonto Anda perlu mengeluarkan uang mulai dari 10 ribu untuk satu porsinya. Bakso Bonto buka setiap hari dari jam 7 malam sampai jam 11 malam saja.

20. Sate Mase Masea

Sate Mase Masea

Image Credit by Makassarterkiniaward.blogspot.com

Sate Mase Masea sudah ada sejak tahun 1980. Biasanya orang Makassar mengajikan warung sate ini sebagai tempat untuk bernostagia bersama teman atau keluarga.

Keunggulan Sate Mase Masea adalah bumbu kacangnya yang kental dan disajikan dalam ukuran yang melimpah. Sate Mase Masea menyediakan dua pilihan daging untuk sate yaitu daging ayam dan sapi.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner dari Makassar yang wajib Anda coba ketika berlibur kesana. Citarasa masakan Makassar memiliki ciri yang khas yaitu kuahnya yang kental kaya akan bumbu rempah-rempah. Wisata kuliner yang legendaris karena banyak tempat makan yang sudah berdiri lama.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak