Sulawesi Tenggara terkenal memiliki wisata bahari paling banyak dan memesona. Objek wisata nan eksotis yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia.

Jika berbicara tentang tempat wisata terutama di tanah air, tentu tidak akan ada habisnya. Mulai dari wisata sejarah, alam, dan juga bahari, semua ada di Indonesia. Dari begitu banyak provinsi, salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata adalah Sulawesi Tenggara. Di sini banyak sekali objek wisata bahari yang sangat memukau.

Mengingat Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut, jadi tidak heran jika destinasi bahari yang dimiliki sangatlah beragam. Sulawesi Tenggara memiliki banyak sekali wisata bahari dengan pemandangan yang sangat indah. Jika tertarik untuk menjelajah tempat wisata di Sultra ini, ada sedikitnya sepuluh tempat yang direkomendasikan.

Tempat wisata yang akan diulas di sini merupakan destinasi yang selalu ramai dan populer di kalangan masyarakat, khususnya para turis. Sultra memang memiliki daya tarik yang kuat dunia bawah lautnya. Hingga tak hanya menarik turis lokal namun juga mancanegara. Yuk langsung saja simak objek wisata bahari Sultra berikut ini.

1. Pulau Bokori

Pulau Bokori
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Objek wisata yang pertama adalah Pulau Bokori. Ini adalah tempat yang memiliki keindahan alam memukau di Sulawesi Tenggara. Pasti yang melewatkan keindahan tempat ini akan menyesal. Agar bisa sampai pulau satu ini harus menggunakan perahu terlebih dahulu. Setelah selesai menyebrang pasti mata akan dimanjakan dengan view yang luar biasa.

Ciri khas dari tempat ini yakni adanya rumah nelayan yang dibangun khusus di atas air laut. Terlihat semakin menarik apalagi ada juga spot untuk berburu di pulau ini. Fasilitas untuk para wisatawan sangat lengkap. Dari tolilet yang bersih, homestay yang nyaman, resto dengan masakan lezat, juga ada gazebo serta fasilitas modern lainnya. Liburan keluarga atau rame-rame dengan teman sekantor cocok kesini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara.

2. Pantai Nambo

Pantai Nambo
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Pantai Nambo merupakan bagian dari keindahan tersembunyi yang dimiliki oleh Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Panorama yang ditawarkan memberikan sentuhan kesan eksotis yang memikat hati.

Hamparan pasir putihnya membentang sepanjang 300 meter di bagian pesisir. Fasilitas pendukung yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap, dengan toilet, lahan parkir, dan juga rumah makan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nambo, Kec. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: IndonesiaKaya.com

Selanjutnya ada Pantai Nirwana yang tidak jauh dari Kota Bau-Bau. Pantai yang satu ini sampai memiliki julukan surga dunia karena memiliki pemandangan yang sangat cantik. Akses ke sini tentu mudah karena memang tidak jauh dari pusat kota. Fasilitasnya pun juga sudah pasti lengkap dan modern. Pengunjung akan semakin betah dan lebih nyaman dengan fasilitas yang sudah disiapkan pihak pantai.

Para wisatawan yang datang ke pantai bisa melakukan beragam aktivitas seru. Mulai dari bersantai di pinggiran pantai, berenang, bahkan menikmati dunia bawah laut dengan cara snorkeling. Tentu saja sudah ada peralatan yang disediakan pihak pantai jadi tinggal sewa tanpa repot membawa sendiri.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bau-bau, Sulaa, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

4. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Toronipa berlokasi di daerah administratif Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam dan terbit. Selain itu hamparan pasir yang membentang sepanjang 4 kilometer juga cocok untuk dijadikan tempat beraktivitas selama liburan.

Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan, seperti berenang saat sedang pasang dan berjalan-jalan di atas pasir putih yang lembut. Wahana pelengkap juga disediakan, seperti contohnya penyewaan banana boat. Untuk menikmati semua pesona yang dimilikinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Toronipa, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara.

5. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Image Credit: Wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan tempat satu ini. Wakatobi ini sudah banyak dikenal orang, baik dalam maupun luar negeri. Taman nasional yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik dan tiada duanya. Keindahannya sampai terdengar hingga ke seluruh Negara di dunia lho. Banyak wisatawan asing yang berbondong-bondong datang ke sini terutama saat musim panas.

Di bawah laut Wakatobi terdapat beragam spesies ikan yang unik dan cantik. Selain itu, terumbu karang di sini sangat sehat sehingga kelestarian alam bawah lautnya selalu terjaga. Wakatobi sendiri adalah singkatan dari empat pulau yang ada di taman nasional ini. Keempatnya merupakan sasaran para penyelam yang suka menikmati dunia bawah laut.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lagiwae, Ambeua, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

6. Wisata Bawah Laut Basilika

Wisata Bawah Laut Basilika
Image Credit: Facebook.com @usumani.usman

Wisata bawah laut Basilika merupakan bagian dari keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Buton. Berbagai kekayaan bahari yang menakjubkan tersaji dengan indah di depan mata setiap orang yang datang berkunjung. Mulai dari karang, ikan, dan jenis-jenis biota lain yang akan Anda temukan di sana.

Aktivitas paling banyak dilakukan ketika berada di tempat ini adalah menyelam atau diving. Bagi pemula, tidak perlu khawatir karena tersedia instruktur yang akan mendampingi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karae, Kec. Siompu, Kab. Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

7. Pulau Labengki

Pulau Labengki
Image Credit: Voinews.id

Kembali lagi ke wisata pulau di Sultra. Pulau Labengki ini sangat eksotis dan disebut-sebut kembaran dari Raja Ampat yang terkenal itu. Pengunjung datang ke tempat ini biasanya selain ingin menikmati keindahan alam, juga ingin ketenangan. Di pulau satu ini suasananya memang sangat damai dan tenang jadi cocok bagi yang ingin menjauhi keramaian kota.

Wisatawan mancanegara yang datang ke sini juga tidak sedikit. Spot yang cantik untuk dijadikan tempat foto dan dinikmati keindahannya yang beragam menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Tentu saja di sini snorkeling adalah aktivitas yang wajib dilakukan, karena memang view bawah lautnya sangat mempesona.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Labengki, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

8. Pantai Kamali

Pantai Kamali
Image Credit: Instagram.com @akhilos

Pantai Kamali memiliki pesona berupa patung Naga yang menjadi ikon Kota Bau-bau. Sendangkan suasana yang ditawarkan sedikit berbeda dengan tempat lain karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota.

Keberadaannya banyak dimanfaatkan untuk pelepas gunda dari hiruk-pikuk kegiatan yang tiada henti. Penentuan harga tiket masuk berbeda-beda tergantung pada hari apa Anda datang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mayjend. Sutoyo, Wale, Kec. Wolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

9. Pulau Batu Atas

Pulau Batu Atas
Image Credit: Liquidkermit.net

Pulau yang memiliki beragam binatang laut yang unik dan cantik ini juga masuk dalam tempat populer di Sulawesi Tenggara. Pengunjung yang datang ke pulau ini bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti berenang atau menyelam. Terumbu karang di bawah lautnya sangat terawat sehingga banyak ikan yang bisa hidup di sini.

Disarankan untuk datang ke sini pada bulan-bulan tertentu yakni April, lalu September, dan juga Oktober. Hal ini karena pemandangan yang disuguhkan pada bulan tersebut akan sangat cantik dan indah dibandingkan di bulan lainnya.

Harga Tiket: Rp 70.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batuatas Liwu, Kec. Batu Atas, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.

10. Pantai Walengkabola

Pantai Walengkabola
Image Credit: Twitter.com @khisinjr

Muna daerah bagian Sulawesi Tenggara yang banyak sekali menyimpan pesona keindahan panorama alam yang menakjubkan. Salah satunya yaitu Pantai Walengkabola, keberadaannya masih tidak banyak diketahui turis luar daerah.

Hal-hal menarik yang dimiliki meliputi, pasir putih, gua alam, air yang jernih, danau Moko, dan bukit-bukit kecil di sekitar lokasi. Ketentuan terkait tarif masuk sering berubah sesuai dengan kebijakan terbaru yang berlaku.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung, Oempu, Kec. Tongkuno, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara.

11. Pantai Kendari

Pantai Kendari
Image Credit: Detik.com

Pantai di Sultra yang juga menarik banyak wisatawan asing ini memiliki lingkungan yang terjaga kebersihannya. Selain bersih dari segi tempat, udara di sini juga terkenal bebas dari beragam polusi udara. Pemandangan yang diberikan pantai Kendari juga sangat menakjubkan, tidak kalah dengan pantai lainnya.

Jika datang ke sini lebih baik mengajak keluarga atau teman-teman. Akan sangat menyenangkan bisa piknik ramai-ramai di tempat bebas polusi, jauh dari keramaian, juga memiliki view alam yang bagus. Beragam aktivitas seru bisa dilakukan ramai-ramai di pantai ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.27, Punggaloba, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

12. Pantai Taipa

Pantai Taipa
Image Credit: Facebook.com @tropisoutdoortourism

Pantai Taipa merupakan gambaran kecantikan alam yang autentik dan eksotis, letaknya berhadapan dengan Laut Banda. Selain pasir putih yang terhampar luas dan indah, di sana Anda bisa bertemu dengan burung endemik Sulawesi yaitu Maleo. Mendapatkan julukan Taipa karena banyaknya buah manga yang tumbuh di sekelilingnya.

Tempat ini sempat menjadi primadona turis pada tahun 1995 hingga 2000 an. Saat ini keberadaannya tergeserkan oleh beberapa wisata bahari yang lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taipa, Kec. Lembo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

13. Pantai Sagori

Pantai Sagori
Image Credit: Detik.com

Masih seputar pantai yang terkenal di Sulawesi Tenggara. Pantai Sagori ini merupakan pantai yang masih asri alamnya. Di sini ada sejarah juga yang tersimpan. Cerita tentang perjuangan. rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda kala itu.

Dengan adanya kisah sejarah tersebut semakin membuat wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini. Tak hanya untuk menikmati pemandangan sekitar dan juga kisah sejarah di tempat ini.

Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti menyelam. Namun untuk itu harus menggunakan jasa penduduk setempat sebagai pemandu. Jadi wisatawan yang datang ke pantai ini bisa menikmati alam sambil mengetahui sejarah tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikeli, Kec. Kabaena Timur, Kab. Bombana, Sulawesi Tenggara.

14. Pantai Huntete

Pantai Huntete
Image Credit: Twitter.com @firda_za

Pantai Huntete merupakan salah satu bagian kekayaan bahari yang berlokasi di Desa Wisata Kulati. Pesona tebing karang dan juga pasir putihnya menjadi daya tarik utama yang memikat pengunjung. Menjadi lokasi terpanjang yang dijadikan sebagai lokasi program peneluran penyu.

Jika Anda adalah seorang penikmat senja dengan pesona matahari terbenam, maka ini adalah pilihan tempat yang tepat. Seburan cahaya yang dibiaskan memberikan refleksi seribu gambar yang banyak diburu oleh seorang fotografer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kulati, Kec. Tomia Timur, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

15. Pulau Muna

Pulau Muna
Image Credit: Idntimes.com

Destinasi wisata bahari berikutnya adalah pulau Muna. Sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang memiliki luas 2.889 km persegi. Letak pulau cantik ini tepat di ujung provinsi. Meski demikian pemandangan alam yang dimiliki tidak kalah indah dengan objek wisata lainnya.

Di pulau paling ujung ini ada sedikitnya Sembilan objek wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Ada danau dengan nama danau Moko, lalu sisanya ada pantai dan juga tanjung yang keindahannya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dari sembilan spot di Pulau Muna ini semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madampi, Kec. Lawa, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara.

16. Pantai Katembe

Pantai Katembe
Image Credit: Instagram.com @alancriziz

Pantai Katembe berada di daerah Madongka, Butong Tengah. Pengelolaan dilakukan oleh pemerintah secara langsung dengan sertifikat wisata yang sah. Selain pesona panorama alam yang dimilikinya, juga beredar mitos yang melekat pada namanya. Pada zama dahulu, ada seorang ibu melompat meninggalkan anaknya dan menjadi duyung.

Hal-hal menarik yang menjadi daya tarik wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini diantaranya, pasir dua warna, air yang jernih, dan sumur yang melegenda. Bagi Anda yang ingin menikmati semua sajian alami dan eksotis tersebut bisa dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5000, karcis parkir tidak masuk ke dalam rincian tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.

17. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi
Image Credit: Virustraveling.com

Pulau selanjutnya ada Liwutongkidi. Tempat ini sudah lama menjadi destinasi wisata para wisatawan baik lokal dan mancanegara. Namun sayangnya dulu fasilitas yang ada di pulau ini belum layak atau belum lengkap. Berbeda dengan kondisi sekarang, fasilitas yang ada di pulau ini sudah sangat memadai untuk menyambut para wisatawan yang datang berkunjung.

Turis yang datang ke tempat ini pun juga bisa melakukan beragam aktivitas terutama yang berhubungan dengan dunia bawah laut. Jadi di sini aktivitas andalannya adalah menyelam. Namun tak hanya itu saja tentunya aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Masih banyak beragam kegiatan seperti berenang, bersantai dan berkeliling pulau bisa menjadikan liburan di pulau ini semakin berkesan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Liwutongkidi, Kec. Siompu dan Kadatua, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.

18. Pulau Sagori

Pulau Sagori
Image Credit: Twitter.com @sahrulgelo80

Pulau sagori merupakan bagian dari formasi pulau kecil yang ada di Sulawesi Tenggara. Sejarah yang membangun namanya berhubungan dengan armada Belanda saat terjadi perang dunia ke II. Tercatat bahwa tempat ini dijadikan tempat peristirahatan saat akan dimulai penyerangan di Kerajaan Buton.

Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan transportasi laut berupa perahu katinting. Di sana selain bisa menikmati pemandangan pegunungan Kabaena juga dapat bercengkerama dengan nelayan yang sedang beraktifitas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikeli, Kec. Kabaena Barat, Kab. Bombana, Sulawesi Tenggara.

19. Pantai Taduno

Pantai Taduno
Image Credit: Facebook.com @wakatobiframe.id

Pantai Taduno berada di wilayah ujung tanjung yang berlokasi di Pulau Keledupa. Garis pantainya memanjang sekitar 0,4 kilometer dengan predikat destinasi bahari terluas di Desa Sombano. Di sana juga tersedia spot untuk dijadikan titik menjemput keindahan matahari tenggelam dan terbit.

Pasir putih yang ada berasal dari serbuk butiran pecahan cangkang kerang dan juga batu koral. Walaupun letaknya berada jauh di pedalaman, namun wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Kebersihan wilayah pesisir yang tidak terjaga menjadi nilai minusnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sombano, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

20. Tanjung Pemali

Tanjung Pemali
Image Credit: Facebook.com @rajab.abdul

Tanjung Pemali memiliki keindahan air laut luar biasa dengan riak ombak yang tenang saat menyapu bagian bibir pantai berbatu. Angin berhembus dengan lembut dan semilir membawa ketenangan pada setiap orang yang merasakannya.

Fasilitas yang disediakan juga tidak lengkap untuk mendukung kegiatan pengunjung. Saat ini Pemerintah daerah yang bersangkutan menjadikannya sebagai wilayah konservasi adat. Sehingga semua ekosistem yang ada di sana masih tetap terjaga dengan baik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burangasi Rumbia, Kec. Lapandewa, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.

21. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba Baubau
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai di Sulawesi Tenggara memang bisa membuat banyak orang terpukau. Salah satunya adalah pantai Lakeba. Di sini lingkungannya masih sangat asri dan juga sangat tenang sekali suasananya. Jadi banyak orang yang berkunjung ke tempat ini sampai lupa waktu. Nyamannya bersantai di pantai satu ini bisa menjadikan liburan tidak akan mudah dilupakan.

Banyak pohon kelapa di pinggir pantai yang bisa dijadikan tempat menikmati indahnya alam di pantai Lakeba ini. Pasir di pantai cantik ini juga terlihat bersih karena memiliki warna putih dan sangat halus. HIdangan olahan seafood di sini juga disediakan pihak pantai untuk memanjakan pengunjung. Jadi selain menikmati keindahan alam bisa sambil kulineran di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Katobengke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

22. Pulau Hari

Pulau Hari
Image Credit: Facebook.com @masgopengallery

Pulau Hari menjadi 1 dari 17.000 pulau di Indonesia yang tidak berpenghuni tapi wajib untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata bahari pilihan. Lokasinya berada di Kendari, dengan suguhan surga air yang eksotis.

Ombak yang tenang memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan di atas air seperti berenang dan juga berbagai kegiatan menarik lainnya. Selain itu juga sangat direkomendasikan untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang dipenuhi oleh beragam jenis ikan, dan juga ekosistem lain.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Konawe Selatan.

23. Pulau Tobea

Pulau Tobea
Image Credit: Instagram.com @ranggamainanda

Pulau Tobea berlokasi di daerah administratif Kecamatan Towea dengan luas wilayah 2.410,95 hektar dan panjang garis pantai sekitar 42,56 kilometer. Mayoritas masyarakat yang tinggal di sana beragama islam. Beberapa etnis yang mendiami daerah tersebut diantaranya adalah Muna, Bugis, Buton, Bajo, dan juga Jawa.

Banyak sekali keragaman budaya dapat ditemukan dari kegiatan masyarakat sekitar yang menetap di sana. Mulai dari bagaimana cara bersosialisasi hingga mencari penghidupan sehari-hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lakarama, Kec. Towea, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara.

24. Pulau Kapota

Pulau Kapota
Image Credit: Twitter.com @indotangguh_

Pulau kapota menjadi bagian dari gugusan kepulauan besi yang berada di wilayah kabupaten Wakatobi, Sulawesi Selatan. Letaknya tepat di bagian timur daerah Wangi-wangi. Banyak orang menyebutnya sebagai surga kecil yang tersembunyi karena keindahan yang tidak banyak diketahui khalayak umum.

Objek wisata yang terdapat di sana diantaranya Gua Kapota, danau dalam gua, dan beberapa keindahan alam yang bisa turut dieksplor. Ada satu fenomena yang tidak boleh terlewat yaitu pohon kelapa dengan batang bercabang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wangi-Wangi Selatan, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

25. Pulau Senja

Pulau Senja
Image Credit: Facebook.com @pulausenjamoramo

Pulau Senja sangat cocok bagi Anda penikmat senja, karena terdapat sebuah titik yang pas untuk melihat keindahan tersebut. Tebing-tebing karang terpecah dengan indah. Garis pantainya membentang sepanjang 200 meter .

Jika Anda merencanakan liburan di Pulau Senja, tentu akan sangat mengesankan jika mengajak anak dan keluarga. Semua keindahan yang tersaji akan lebih mempesona saat dilihat dari atas bukit.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wawatu, Kec. Moramo Utara, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Tenggara memang memiliki banyak pulau dan pantai cantik. Semuanya memiliki alam bawah laut yang indah dan mempesona. Apalagi ada Taman Nasional Wakatobi yang namanya sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Nah, kira-kira mau mengunjungi objek wisata bahari yang mana dulu ya?