10 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Paling Hits

Wisata Bahari Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara terkenal memiliki wisata bahari paling banyak dan memesona. Objek wisata nan eksotis yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia.

Jika berbicara tentang tempat wisata terutama di tanah air, tentu tidak akan ada habisnya. Mulai dari wisata sejarah, alam, dan juga bahari, semua ada di Indonesia. Dari begitu banyak provinsi, salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata adalah Sulawesi Tenggara. Di sini banyak sekali objek wisata bahari yang sangat memukau.

Mengingat Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut, jadi tidak heran jika destinasi bahari yang dimiliki sangatlah beragam. Sulawesi Tenggara memiliki banyak sekali wisata bahari dengan pemandangan yang sangat indah. Jika tertarik untuk menjelajah tempat wisata di Sultra ini, ada sedikitnya sepuluh tempat yang direkomendasikan.

Tempat wisata yang akan diulas di sini merupakan destinasi yang selalu ramai dan populer di kalangan masyarakat, khususnya para turis. Sultra memang memiliki daya tarik yang kuat dunia bawah lautnya. Hingga tak hanya menarik turis lokal namun juga mancanegara. Yuk langsung saja simak objek wisata bahari Sultra berikut ini.

1. Pulau Bokori

Pulau Bokori

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Objek wisata yang pertama adalah Pulau Bokori. Ini adalah tempat yang memiliki keindahan alam memukau di Sulawesi Tenggara. Pasti yang melewatkan keindahan tempat ini akan menyesal. Agar bisa sampai pulau satu ini harus menggunakan perahu terlebih dahulu. Setelah selesai menyebrang pasti mata akan dimanjakan dengan view yang luar biasa.

Ciri khas dari tempat ini yakni adanya rumah nelayan yang dibangun khusus di atas air laut. Terlihat semakin menarik apalagi ada juga spot untuk berburu di pulau ini. Fasilitas untuk para wisatawan sangat lengkap. Dari tolilet yang bersih, homestay yang nyaman, resto dengan masakan lezat, juga ada gazebo serta fasilitas modern lainnya. Liburan keluarga atau rame-rame dengan teman sekantor cocok kesini.

Lokasi: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe.

2. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Selanjutnya ada Pantai Nirwana yang tidak jauh dari Kota Bau-Bau. Pantai yang satu ini sampai memiliki julukan surga dunia karena memiliki pemandangan yang sangat cantik. Akses ke sini tentu mudah karena memang tidak jauh dari pusat kota. Fasilitasnya pun juga sudah pasti lengkap dan modern. Pengunjung akan semakin betah dan lebih nyaman dengan fasilitas yang sudah disiapkan pihak pantai.

BACA:  15 Hotel Murah di Kendari Dengan Promo Terbaik

Para wisatawan yang datang ke pantai bisa melakukan beragam aktivitas seru. Mulai dari bersantai di pinggiran pantai, berenang, bahkan menikmati dunia bawah laut dengan cara snorkeling. Tentu saja sudah ada peralatan yang disediakan pihak pantai jadi tinggal sewa tanpa repot membawa sendiri.

Lokasi: Bau-bau, Sulaa, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau.

3. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Image Credit: Wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan tempat satu ini. Wakatobi ini sudah banyak dikenal orang, baik dalam maupun luar negeri. Taman nasional yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik dan tiada duanya. Keindahannya sampai terdengar hingga ke seluruh Negara di dunia lho. Banyak wisatawan asing yang berbondong-bondong datang ke sini terutama saat musim panas.

Di bawah laut Wakatobi terdapat beragam spesies ikan yang unik dan cantik. Selain itu, terumbu karang di sini sangat sehat sehingga kelestarian alam bawah lautnya selalu terjaga. Wakatobi sendiri adalah singkatan dari empat pulau yang ada di taman nasional ini. Keempatnya merupakan sasaran para penyelam yang suka menikmati dunia bawah laut.

Lokasi: Lagiwae, Kaledupa, Ambeua, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi.

4. Pulau Labengki

Pulau Labengki

Image Credit: Voinews.id

Kembali lagi ke wisata pulau di Sultra. Pulau Labengki ini sangat eksotis dan disebut-sebut kembaran dari Raja Ampat yang terkenal itu. Pengunjung datang ke tempat ini biasanya selain ingin menikmati keindahan alam, juga ingin ketenangan. Di pulau satu ini suasananya memang sangat damai dan tenang jadi cocok bagi yang ingin menjauhi keramaian kota.

Wisatawan mancanegara yang datang ke sini juga tidak sedikit. Spot yang cantik untuk dijadikan tempat foto dan dinikmati keindahannya yang beragam menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Tentu saja di sini snorkeling adalah aktivitas yang wajib dilakukan, karena memang view bawah lautnya sangat mempesona.

Lokasi: Pulau Labengki, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara.

5. Pulau Batu Atas

Pulau Batu Atas

Image Credit: Liquidkermit.net

Pulau yang memiliki beragam binatang laut yang unik dan cantik ini juga masuk dalam tempat populer di Sulawesi Tenggara. Pengunjung yang datang ke pulau ini bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti berenang atau menyelam. Terumbu karang di bawah lautnya sangat terawat sehingga banyak ikan yang bisa hidup di sini.

BACA:  10 Tempat Wisata di Kolaka Timur Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Disarankan untuk datang ke sini pada bulan-bulan tertentu yakni April, lalu September, dan juga Oktober. Hal ini karena pemandangan yang disuguhkan pada bulan tersebut akan sangat cantik dan indah dibandingkan di bulan lainnya.

Lokasi: Batuatas Liwu, Kec. Batu Atas, Kab. Buton.

6. Pantai Kendari

Pantai Kendari

Image Credit: Detik.com

Pantai di Sultra yang juga menarik banyak wisatawan asing ini memiliki lingkungan yang terjaga kebersihannya. Selain bersih dari segi tempat, udara di sini juga terkenal bebas dari beragam polusi udara. Pemandangan yang diberikan pantai Kendari juga sangat menakjubkan, tidak kalah dengan pantai lainnya.

Jika datang ke sini lebih baik mengajak keluarga atau teman-teman. Akan sangat menyenangkan bisa piknik ramai-ramai di tempat bebas polusi, jauh dari keramaian, juga memiliki view alam yang bagus. Beragam aktivitas seru bisa dilakukan ramai-ramai di pantai ini.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.27, Punggaloba, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari.

7. Pantai Sagori

Pantai Sagori

Image Credit: Detik.com

Masih seputar pantai yang terkenal di Sulawesi Tenggara. Pantai Sagori ini merupakan pantai yang masih asri alamnya. Di sini ada sejarah juga yang tersimpan. Cerita tentang perjuangan. rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda kala itu.

Dengan adanya kisah sejarah tersebut semakin membuat wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini. Tak hanya untuk menikmati pemandangan sekitar dan juga kisah sejarah di tempat ini.

Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti menyelam. Namun untuk itu harus menggunakan jasa penduduk setempat sebagai pemandu. Jadi wisatawan yang datang ke pantai ini bisa menikmati alam sambil mengetahui sejarah tempat ini.

Lokasi: Sikeli, Kec. Kabaena Timur, Kab. Bombana.

8. Pulau Muna

Pulau Muna

Image Credit: Idntimes.com

Destinasi wisata bahari berikutnya adalah pulau Muna. Sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang memiliki luas 2.889 km persegi. Letak pulau cantik ini tepat di ujung provinsi. Meski demikian pemandangan alam yang dimiliki tidak kalah indah dengan objek wisata lainnya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Kendari Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Di pulau paling ujung ini ada sedikitnya Sembilan objek wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Ada danau dengan nama danau Moko, lalu sisanya ada pantai dan juga tanjung yang keindahannya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dari sembilan spot di Pulau Muna ini semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Lokasi: Madampi, Kec. Lawa, Kab. Muna.

9. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi

Image Credit: Virustraveling.com

Pulau selanjutnya ada Liwutongkidi. Tempat ini sudah lama menjadi destinasi wisata para wisatawan baik lokal dan mancanegara. Namun sayangnya dulu fasilitas yang ada di pulau ini belum layak atau belum lengkap. Berbeda dengan kondisi sekarang, fasilitas yang ada di pulau ini sudah sangat memadai untuk menyambut para wisatawan yang datang berkunjung.

Turis yang datang ke tempat ini pun juga bisa melakukan beragam aktivitas terutama yang berhubungan dengan dunia bawah laut. Jadi di sini aktivitas andalannya adalah menyelam. Namun tak hanya itu saja tentunya aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Masih banyak beragam kegiatan seperti berenang, bersantai dan berkeliling pulau bisa menjadikan liburan di pulau ini semakin berkesan.

Lokasi: Pulau Liwutongkidi, Kec. Siompu dan Kadatua, Kab. Buton.

10. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba

Image Credit: Wisato.id

Pantai di Sulawesi Tenggara memang bisa membuat banyak orang terpukau. Salah satunya adalah pantai Lakeba. Di sini lingkungannya masih sangat asri dan juga sangat tenang sekali suasananya. Jadi banyak orang yang berkunjung ke tempat ini sampai lupa waktu. Nyamannya bersantai di pantai satu ini bisa menjadikan liburan tidak akan mudah dilupakan.

Banyak pohon kelapa di pinggir pantai yang bisa dijadikan tempat menikmati indahnya alam di pantai Lakeba ini. Pasir di pantai cantik ini juga terlihat bersih karena memiliki warna putih dan sangat halus. HIdangan olahan seafood di sini juga disediakan pihak pantai untuk memanjakan pengunjung. Jadi selain menikmati keindahan alam bisa sambil kulineran di sini.

Lokasi: Katobengke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau.

Sulawesi Tenggara memang memiliki banyak pulau dan pantai cantik. Semuanya memiliki alam bawah laut yang indah dan mempesona. Apalagi ada Taman Nasional Wakatobi yang namanya sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Nah, kira-kira mau mengunjungi objek wisata bahari yang mana dulu ya?