10 Tempat Wisata di Parepare Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Parepare

Parepare merupakan kota yang berada di Sulawesi Selatan. Daerah ini juga terkenal karena merupakan tempat kelahiran presiden ketiga Republik Indonesia, B.J Habibie. Kota Parepare seringkali juga dijuluki sebagai Bandar Madani. Kota ini memiliki beberapa daya tarik yang tentunya banyak mengundang pengunjung untuk datang, terutama untuk menuju ke kawasan wisata Parepare.

Kota Parepare memang bukanlah kawasan wisata yang utama di Sulawesi Selatan. Namun jangan meremehkan kota kecil ini, nyatanya Kota Parepare juga memiliki tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik dari yang lain. Terdapat pula tempat-tempat mengagumkan yang bernuansa alam disini, menjadikan Parepare pantas untuk dikunjungi saat berlibur Anda.

Di kota ini terdapat beberapa kawasan wisata seperti pantai, gua, sungai, area rekreasi keluarga, dan masih banyak lagi. Yang tentunya apabila Anda berkunjung ke Parepare, beberapa destinasi wisata ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Oleh karena itu, tidak perlu bingung harus mengunjungi tempat yang mana, karena Anda dapat menyimak 10 tempat wisata di Parepare sebagai berikut:

1. Pantai Lumpue

Pantai Lumpue

Image Credit: Arsy.co.id

Pantai Lumpue merupakan salah satu pantai yang berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. Pantai satu ini merupakan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Parepare. Pantai Lumpue menawarkan pesona hamparan laut yang sangat jernih, pasir putih yang bersih, dan sekeliling pinggiran pantai yang masih terjaga keasriannya.

Di Pantai Lumpue, Anda dapat memilih berbagai macam aktifitas seperti menyelam, berenang, bermain air, ataupun sekedar bersantai. Anda juga dapat memanfaatkan panorama keindahan Pantai Lumpue untuk berfoto. Sayangnya, di tempat ini masih belum dibangun fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Lokasi: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare.

2. Pantai Tonrangeng

Pantai Tonrangeng

Image Credit: Pareparekotakelahiranku.blogspot.com

Jika Anda berkunjung ke Pantai Lumpue, Anda juga dapat singgah sebentar di Pantai Tonrangeng karena letaknya berdekatan. Tak seperti Pantai Lumpue, Pantai Tonrangeng telah disediakan beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Disini Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan menyelam maupun snorkeling yang pastinya seru.

Pantai Tonrangeng memiliki keistimewaan lain yaitu pantai ini yang juga dijadikan tempat untuk transplantasi terumbu karang. Anda dapat melihat keindahan terumbu karang di bawah laut yang sangat memukau. Selain itu, di malam hari panorama Pantai Tonrangeng lebih cantik karena terdapat lampu warna-warni yang menghiasi pantai.

Lokasi: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare.

3. Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie

Image Credit: Rekamindonesia.id

Kebun Raya Jompie yang berada di Parepare ini merupakan kawasan hutan kota yang masih terjaga kealamiannya. Cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai bersama sahabat, kekasih, maupun keluarga di waktu senggang atau musim liburan. Anda dapat menghabiskan waktu menikmati udara yang segar dan bersih juga menikmati pemandangan yang asri.

Disini juga terdapat spot-spot foto yang menarik. Anda bisa ber-selfie ria ataupun mengembangkan keahlian fotografi Anda. Kealamian yang disuguhkan ini tentunya juga akan membuat Anda merasa nyaman singgah disini. Di Kebun Raya Jompie ini juga memiliki menara yang dapat Anda gunakan untuk berfoto juga.

Lokasi: Jl. Wisatai, jompie, Kec. Soreang, Kota Pare-Pare.

4. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Image Credit: Disporapar.pareparekota.go.id

Jika Anda mengunjungi Kota Parepare, tidak lengkap rasanya apabila Anda belum mengunjungi monumen cinta Habibie Ainun. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa bapak presiden Republik Indonesia ketiga ini. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun ini juga dapat menjadi spot foto yang sangat ikonik.

Seperti yang kita tahu bahwa Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie dan dr. Hj. Hasri Ainun Besari merupakan pasangan suami istri yang kisahnya sangat menyentuh hati banyak masyarakat Indonesia. Maka tak sedikit orang yang datang untuk sekedar berfoto di lokasi tersebut.

Lokasi: Jl. Karaeng Burane, Mallusetasi, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare.

5. Pantai Bibir Parepare

Pantai Bibir Parepare

Image Credit: Aglowmovementfit.blogspot.com

Pantai Bibir Parepare merupakan destinasi wisata yang berada di Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Pantai Bibir Parepare ini patut Anda kunjungi ketika berada di Parepare. Hal ini dikarenakan di pantai ini Anda dapat menikmati romantisme  matahari terbenam ketika sore hari. Keindahan matahari terbenam inilah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Selain menikmati suasana matahari  terbenam, Anda juga bisa berfoto-foto karena terdapat beberapa spot panorama yang sangat menakjubkan. Bersantai bersama rekan, sahabat, maupun keluarga di pantai ini juga dapat menjadikan pengalaman berkesan. Di Pantai Bibir Parepare ini telah tersedia berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare.

6. Waterboom Parepare

Waterboom Parepare

Image Credit: Wisatafera.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menikmati keseruan wahana air, Anda dapat mengunjungi Waterboom Parepare. Disini terdapat berbagai fasilitas dan bermacam-macam permainan yang sangat menyenangkan.

Waterboom Parepare merupakan destinasi yang cocok untuk liburan keluarga. Bermain wahana disini tentunya juga akan menambah kesan menyenangkan ketika berlibur.

Lokasi: Jl. Abubakar Lambogo, Ujung Lare, Kec. Soreang, Kota Pare-Pare.

7. Goa Tompangnge

Goa Tompangnge

Image Credit: Disporapar.pareparekota.go.id

Goa Tompangnge merupakan kawasan wisata yang memiliki daya tarik sehingga memikat wisatawan. Disini Anda dapat menyaksikan ribuan kelelawar yang hidup didalamnya. Dan sepanjang lorong gua yang terlihat sangat menawan.

Saat mengunjungi Goa Tompangnge ini, Anda juga bisa sekaligus menyaksikan Air Terjun Tompangnge yang menambah keindahan. Air Terjun Tompangnge ini berjarak sekitar 500 meter dari Goa Tompangnge. Pengalaman menyusuri goa disaat liburan tentunya akan menjadikan pengalaman yang sangat berkesan.

Lokasi: Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare.

8. Sungai Ladoma

Sungai Ladoma

Image Credit: Celebesroad.wordpress.com

Sungai Ladoma merupakan kawasan wisata di Parepare yang perlu Anda ketahui. Di Sungai Ladoma ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam yang asri.

Di Sungai Ladoma ini Anda juga dapat melakukan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan. Aktifitas seperti trekking, memancing, bermain ATV, flying fox, dan soft-gun dapat Anda coba untuk menambah keseruan berlibur Anda. Selain itu Anda juga dapat sekedar bersantai karena di kawasan ini juga terdapat fasilitas gazebo-gazebo.

Lokasi: WT. Bacukiki, Kec. Bacukiki, Kota Pare-Pare.

9. Tonrangeng River Side

Tonrangeng River Side

Image Credit: Pijarnews.com

Tongrangeng River Side merupakan tempat yang terbilang baru di Parepare. Tempat wisata ini merupakan tempat terbuka yang cocok digunakan untuk bersantai bersama teman, saudara, kekasih maupun keluarga. Tongrangeng River Side juga telah didesain amat cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Keindahan Tongrangeng River Side juga dilengkapi dengan gemerlap lampu yang menakjubkan. Disini Anda dapat berfoto dengan gaya kekinian yang tentunya sangat menarik.

Lokasi: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare.

10. Pantai Paputo

Pantai Paputo

Image Credit: Instagram.com @Dwijulianiksan

Pantai tentunya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak pengunjung, termasuk juga Pantai Paputo. Di Pantai ini Anda dapat beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Terutama apabila mengajak kerabat maupun keluarga pastinya akan sangat berkesan.

Di Pantai Paputo ini Anda akan disuguhkan panorama alam yang memukau. Anak-anak juga akan senang apabila berkunjung ke pantai ini karena dapat bermain pasir dan juga ombak. Pada musim liburan, biasanya Pantai Paputo akan ramai oleh pengunjung yang berdatangan.

Lokasi: Jl. Latassakka, Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare.

Itulah 10 tempat wisata di Kota Parepare yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Bagi Anda yang ingin bertamasya, jangan ragu lagi untuk mengunjungi kota kelahiran B.J Habibie ini. Terdapat beberapa destinasi yang tentunya akan menjadikan pengalaman berlibur Anda berharga. Semoga bermanfaat!