Parepare merupakan kota yang berada di Sulawesi Selatan. Daerah ini juga terkenal karena merupakan tempat kelahiran presiden ketiga Republik Indonesia, B.J Habibie. Kota Parepare seringkali juga dijuluki sebagai Bandar Madani. Kota ini memiliki beberapa daya tarik yang tentunya banyak mengundang pengunjung untuk datang, terutama untuk menuju ke kawasan wisata Parepare.

Kota Parepare memang bukanlah kawasan wisata yang utama di Sulawesi Selatan. Namun jangan meremehkan kota kecil ini, nyatanya Kota Parepare juga memiliki tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik dari yang lain. Terdapat pula tempat-tempat mengagumkan yang bernuansa alam disini, menjadikan Parepare pantas untuk dikunjungi saat berlibur Anda.

Di kota ini terdapat beberapa kawasan wisata seperti pantai, gua, sungai, area rekreasi keluarga, dan masih banyak lagi. Yang tentunya apabila Anda berkunjung ke Parepare, beberapa destinasi wisata ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Oleh karena itu, tidak perlu bingung harus mengunjungi tempat yang mana, karena Anda dapat menyimak 22 tempat wisata di Parepare sebagai berikut:

1. Pales Teduh

Pales Teduh
Image Credit: Facebook.com @kedai.palesteduh

Pales Teduh adalah sebuah cafe yang berada di daerah Kelapa gading, Bacukiki, Parepare. Sejak awal dibuka banyak sekali pengunjung yang datang dan menyerbu segala fasilitas yang ditawarkan. Desain arsitektur dan interiornya didominasi dengan material kayu, bahkan meja dan kursinya berasal dari ranting pohon.

Fasilitas umum seperti toilet, musholla, dan juga tempat parkir tersedia dengan baik untuk pengunjung. Tempatnya sangat ramah anak, sehingga Anda bisa datang bersama keluarga. Menu yang ditawarkan beragam dengan harga yang ramah di kantong. Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000, tentu semua tidak seberapa jika dibandingkan dengan rasa yang disajikan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bambu Runcing, Bumi Harapan, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Lumpue

Pantai Lumpue
Image Credit: Arsy.co.id

Pantai Lumpue merupakan salah satu pantai yang berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. Pantai satu ini merupakan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Parepare. Pantai Lumpue menawarkan pesona hamparan laut yang sangat jernih, pasir putih yang bersih, dan sekeliling pinggiran pantai yang masih terjaga keasriannya.

Di Pantai Lumpue, Anda dapat memilih berbagai macam aktifitas seperti menyelam, berenang, bermain air, ataupun sekedar bersantai. Anda juga dapat memanfaatkan panorama keindahan Pantai Lumpue untuk berfoto. Sayangnya, di tempat ini masih belum dibangun fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

3. Pantai Mattirotasi

Pantai Mattirotasi
Image Credit: Google Maps (Jati Santoso)

Pantai Mattirotasi tetap ramai pengunjung walau sedang masa pembatasan berskala besar untuk memutus rantai penyebaran Covid19. Sayang sekali banyak pengunjung yang tidak mentaati protokol kesehatan. Untuk itu jika Anda merencanakan liburan di sana, tetap jaga jarak dan patuhi aturan yang berlaku.

Lokasinya berada di area pinggir pantai menjadi ikon dan daya tarik utama di sana. Pihak Wali Kota juga telah melakukan pembenahan fasilitas penunjang yang ada. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana salah satunya yaitu jogging.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bau Massepe, Labukkang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

4. Pantai Tonrangeng

Pantai Tonrangeng
Image Credit: Pareparekotakelahiranku.blogspot.com

Jika Anda berkunjung ke Pantai Lumpue, Anda juga dapat singgah sebentar di Pantai Tonrangeng karena letaknya berdekatan. Tak seperti Pantai Lumpue, Pantai Tonrangeng telah disediakan beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Disini Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan menyelam maupun snorkeling yang pastinya seru.

Pantai Tonrangeng memiliki keistimewaan lain yaitu pantai ini yang juga dijadikan tempat untuk transplantasi terumbu karang. Anda dapat melihat keindahan terumbu karang di bawah laut yang sangat memukau. Selain itu, di malam hari panorama Pantai Tonrangeng lebih cantik karena terdapat lampu warna-warni yang menghiasi pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

5. Pantai Senggol

Pantai Senggol
Image Credit: Facebook.com @wibisono.amran

Pantai Senggol merupakan salah satu wisata bahari dengan daya tarik alam yang masih alami dan jarang tersentuh. Keberadaannya memang belum banyak yang mengetahui, namun pemandangan yang ditawarkan tidak kalah dengan berbagai tempat lainnya. Mulai dari hamparan luas air laut biru, hingga pasir putihnya yang bersih, tentu akan memikat hati Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi lokasi-lokasi wisata alam yang ada di Parepare, tidak ada salahnya untuk memasukannya ke dalam list kunjungan Anda. Akan banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Saat tiba jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

6. Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie
Image Credit: Rekamindonesia.id

Kebun Raya Jompie yang berada di Parepare ini merupakan kawasan hutan kota yang masih terjaga kealamiannya. Cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai bersama sahabat, kekasih, maupun keluarga di waktu senggang atau musim liburan. Anda dapat menghabiskan waktu menikmati udara yang segar dan bersih juga menikmati pemandangan yang asri.

Disini juga terdapat spot-spot foto yang menarik. Anda bisa ber-selfie ria ataupun mengembangkan keahlian fotografi Anda. Kealamian yang disuguhkan ini tentunya juga akan membuat Anda merasa nyaman singgah disini. Di Kebun Raya Jompie ini juga memiliki menara yang dapat Anda gunakan untuk berfoto juga.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jompie, Kec. Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

7. Gunung Nepo

Gunung Nepo
Image Credit: Facebook.com @harmonitourmks

Gunung Nepo menjadi tempat pendakian favorit yang ada di daerah Sulawesi Selatan. Ketinggian yang dimiliki yaitu 1000 meter atau sama dengan 3281 kaki. Bagi Anda yang menyukai akses menantang bisa kemudian menjadikan tempat ini sebagai pilihan.

Persiapkan dengan baik kesehatan fisik dan juga perbekalan yang cukup agar perjalanan lebih aman. Banyak sekali keindahan alam yang bisa dieksplore di sana, dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Namun, untuk memasuki wilayah tersebut dibutuhkan izin dari pihak Pemerintah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nepo, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru, Sulawesi Selatan.

8. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun
Image Credit: Disporapar.pareparekota.go.id

Jika Anda mengunjungi Kota Parepare, tidak lengkap rasanya apabila Anda belum mengunjungi monumen cinta Habibie Ainun. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa bapak presiden Republik Indonesia ketiga ini. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun ini juga dapat menjadi spot foto yang sangat ikonik.

Seperti yang kita tahu bahwa Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie dan dr. Hj. Hasri Ainun Besari merupakan pasangan suami istri yang kisahnya sangat menyentuh hati banyak masyarakat Indonesia. Maka tak sedikit orang yang datang untuk sekedar berfoto di lokasi tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karaeng Burane, Mallusetasi, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

9. Taman Syariah

Taman Syariah
Image Credit: Google Maps (Hoirul Anam)

Taman Syariah Parepare dibangun dengan desain pilihan yang terinspirasi oleh salah satu tempat yang ada di Abu Dhabi. Konsep yang diusung kental dengan nilai dan budaya islami. Terdapat sebuah tugu yang didesain dengan hiasan lafadz Allah.

Pembatas taman dibuat dengan menggunakan pagar bertuliskan hadis. Biasanya tempat ini digunakan untuk beristirahat oleh warga sekitar. Di sekitarnya juga terdapat sebuah masjid yang bisa digunakan untuk beribadah saat waktu sholat telah tiba.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ganggawa, Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

10. Pantai Bibir Parepare

Pantai Bibir Parepare
Image Credit: Aglowmovementfit.blogspot.com

Pantai Bibir Parepare merupakan destinasi wisata yang berada di Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Pantai Bibir Parepare ini patut Anda kunjungi ketika berada di Parepare. Hal ini dikarenakan di pantai ini Anda dapat menikmati romantisme  matahari terbenam ketika sore hari. Keindahan matahari terbenam inilah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Selain menikmati suasana matahari  terbenam, Anda juga bisa berfoto-foto karena terdapat beberapa spot panorama yang sangat menakjubkan. Bersantai bersama rekan, sahabat, maupun keluarga di pantai ini juga dapat menjadikan pengalaman berkesan. Di Pantai Bibir Parepare ini telah tersedia berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Baru, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

11. Air Terjun Tompangnge

Air Terjun Tompangnge
Image Credit: Twitter.com @syahranisaid

Air terjun Tompangne merupakan wisata air yang paling banyak dijadikan pilihan untuk melepas penat. Lokasinya berada di daerah Tompangnge, Bacukiki, Parepare. Memiliki pesona alam yang asri dengan tebing batu yang menjulang tinggi dan kokoh.

Keadaan alamnya masih alami dan sejuk, cocok untuk bermeditasi atau mandi di kucuran airnya. Sedangkan, bagi Anda yang gemar berfoto bisa menjadikan spot terbaik ini sebagai objek yang tepat. Tapi juga perlu dicatat dan diingat bahwa akses jalan yang dilalui cukup terjal, sehingga harus tetap waspada terlebih musim hujan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

12. Waterboom Parepare

Waterboom Parepare
Image Credit: Wisatafera.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menikmati keseruan wahana air, Anda dapat mengunjungi Waterboom Parepare. Disini terdapat berbagai fasilitas dan bermacam-macam permainan yang sangat menyenangkan.

Waterboom Parepare merupakan destinasi yang cocok untuk liburan keluarga. Bermain wahana disini tentunya juga akan menambah kesan menyenangkan ketika berlibur.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Abubakar Lambogo, Ujung Lare, Kec. Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

13. Taman Mattirotasi

Taman Mattirotasi
Image Credit: Google Maps (Dwyto A)

Taman Mattirotasi lokasinya berada tepat di tepian pantai. Tempat ini biasanya akan semakin ramai saat sore tiba, karena banyak yang ingin menjemput senja yang indah. Dari kejauhan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kapal-kapal yang berlayar.

Letaknya berada di kawasan jalan utama sehingga menjadikannya akses untuk menuju ke daerah bagian utara Sulawesi. Aktivitas yang bisa dilakukan dan tidak boleh terlewatkan yaitu berfoto mengabadikan setiap momen yang terjadi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bau Massepe, Labukkang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

14. Goa Tompangnge

Goa Tompangnge
Image Credit: Disporapar.pareparekota.go.id

Goa Tompangnge merupakan kawasan wisata yang memiliki daya tarik sehingga memikat wisatawan. Disini Anda dapat menyaksikan ribuan kelelawar yang hidup didalamnya. Dan sepanjang lorong gua yang terlihat sangat menawan.

Saat mengunjungi Goa Tompangnge ini, Anda juga bisa sekaligus menyaksikan Air Terjun Tompangnge yang menambah keindahan. Air Terjun Tompangnge ini berjarak sekitar 500 meter dari Goa Tompangnge. Pengalaman menyusuri goa disaat liburan tentunya akan menjadikan pengalaman yang sangat berkesan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tompangnge, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

15. Kawasan Hastom

Kawasan Hastom
Image Credit: Facebook.com @parepareupdate

Tahukah Anda bahwa Hastom merupakan kepanjangan dari nama jalan Sultan Hasanuddin dan Baso daeng. Kawasan ini menjadi bagian dari salah satu pusat perekonomian dari wilayah Parepare. Di sekitar lokasi banyak sekali fasilitas publik yang bisa digunakan saat Anda sedang singgah di sana.

Pasar Senggol menjadi spot yang paling terkenal, dengan banyaknya toko yang menjual barang bekas impor. Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan kuliner, terdapat dua restoran besar yang cukup tersohor yaitu chinese food dan restoran seafood.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.43, Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

16. Sungai Ladoma

Sungai Ladoma
Image Credit: Celebesroad.wordpress.com

Sungai Ladoma merupakan kawasan wisata di Parepare yang perlu Anda ketahui. Di Sungai Ladoma ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam yang asri.

Di Sungai Ladoma ini Anda juga dapat melakukan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan. Aktifitas seperti trekking, memancing, bermain ATV, flying fox, dan soft-gun dapat Anda coba untuk menambah keseruan berlibur Anda. Selain itu Anda juga dapat sekedar bersantai karena di kawasan ini juga terdapat fasilitas gazebo-gazebo.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: WT. Bacukiki, Kec. Bacukiki, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

17. Pasar Senggol Parepare

Pasar Senggol Parepare
Image Credit: Google Maps (Andi Kariem)

Pasar Senggol merupakan lokasi pilihan utama bagi Anda yang sedang mencari berbagai jenis barang bekas impor. Terdapat banyak sekali kios-kios yang berdagang di sana. Banyak orang menyebutnya dengan julukan “cakar”.

Segala jenis pakaian, sepatu dan barang fashion dengan kualitas bekas namun bagus tersaji dan diperjualbelikan dengan harga yang ramah di kantong. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke sana, bisa datang saat malam hari. Jam operasional yang berlaku yaitu pukul 5 sore hingga 11 malam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

18. Tonrangeng River Side

Tonrangeng River Side
Image Credit: Pijarnews.com

Tongrangeng River Side merupakan tempat yang terbilang baru di Parepare. Tempat wisata ini merupakan tempat terbuka yang cocok digunakan untuk bersantai bersama teman, saudara, kekasih maupun keluarga. Tongrangeng River Side juga telah didesain amat cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Keindahan Tongrangeng River Side juga dilengkapi dengan gemerlap lampu yang menakjubkan. Disini Anda dapat berfoto dengan gaya kekinian yang tentunya sangat menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

19. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Monumen Korban 40.000 Jiwa
Image Credit: Google Maps (Hayunda Azmi)

Monumen korban 40.000 jiwa yang terletak di daerah Jalan Langgau ini menjadi saksi bisu pembantaian Westerling Medio yang terjadi pada Desember tahun 1946 hingga Maret 1947. Bangunan bersejarah tersebut berdiri di atas sebuah kuburan masal para korban dari operasi yang bernama “anti pemberontak”.

Saat ini selain sebagai situs peringatan peristiwa bersejarah juga dijadikan sebagai lokasi wisata pendidikan yang masih sering mendapat pengunjung. Banyak sekali bagian-bagian estetik yang di ukir pada dinding penopangnya seperti relief raksa yang menggambarkan peristiwa pembantaian terjadi di masa lalu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

20. Monumen Piala Adipura Parepare

Monumen Piala Adipura Parepare
Image Credit: Facebook.com @parepareupdate

Monumen piala Adipura parepare berada di pintu bagian selatan Senggol. Pembangunan dilakukan dengan tujuan utama sebagai simbol penghargaan atas upaya menjaga kebersihan lingkungan yang telah dilakukan Warga dan Pemerintah. Letaknya juga dekat dengan lokasi perpustakaan Kota dan juga pasar Senggol.

Biasanya orang-orang sekitar bersantai di pinggiran pagar yang membatasi area tersebut. Jika Anda berasal dari luar daerah, bisa menjadikan spot ini sebagai lokasi berfoto untuk bukti jika pernah berkunjung. Ini bisa jadi destinasi yang ramah di kantong karena tidak terdapat biaya yang perlu dibayarkan saat ingin singgah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alwi Abdul Djalil Habibie, Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

21. Pantai Paputo

Pantai Paputo
Image Credit: Instagram.com @Dwijulianiksan

Pantai tentunya dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak pengunjung, termasuk juga Pantai Paputo. Di Pantai ini Anda dapat beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Terutama apabila mengajak kerabat maupun keluarga pastinya akan sangat berkesan.

Di Pantai Paputo ini Anda akan disuguhkan panorama alam yang memukau. Anak-anak juga akan senang apabila berkunjung ke pantai ini karena dapat bermain pasir dan juga ombak. Pada musim liburan, biasanya Pantai Paputo akan ramai oleh pengunjung yang berdatangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Latassakka, Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

22. Gunung Asokkang Matoa

Gunung Asokkang Matoa
Image Credit: Facebook.com @rakhmat.hasanuddin

Gunung Assokkang Mato merupakan salah satu penggunungan yang menjadi destinasi wisata hits di daerah Parepare. Pemandangan perbukitan hijau dan hutan yang lebat menjadikannya terlihat asri dan juga menyejukkan. Bagi seorang pendaki menaklukan puncaknya adalah tujuan yang harus di capai agar bisa menikmati segala pesona yang luar biasa dari atas.

Melakukan pendakian ke area pegunungan yang ada di Jawa sudah biasa, tetapi menaklukan puncak pegunungan daerah Sulawesi tentu akan menjadi satu pengalaman yang berbeda. Nikmatilah gambaran cantik yang mengesankan dengan menyeduh secangkir kopi sehingga akan lebih menyenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Itulah 22 tempat wisata di Kota Parepare yang lagi hits dikunjungi wisatawan. Bagi Anda yang ingin bertamasya, jangan ragu lagi untuk mengunjungi kota kelahiran B.J Habibie ini. Terdapat beberapa destinasi yang tentunya akan menjadikan pengalaman berlibur Anda berharga. Semoga bermanfaat!