Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Tulungagung, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Populer, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Penghasil marmer terbesar di Indonesia ini juga memiliki beberapa tempat wisata alam yang indah. Salah satunya adalah wisata pantai. Wisata bahari di Kabupaten ini merupakan salah satu destinasi favorit para turis lokal maupun mancanegara.

Pantai memang dikenal sebagai destinasi alam yang sangat indah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak agar dapat liburan di tempat tersebut. Beberapa pantai di daerah ini menghadirkan pesona yang tidak mudah ditemukan di tempat wisata alam lainnya sehingga tempat wisata tersebut memiliki nilai lebih.

Pantai di Kabupaten Tulungagung memang menarik perhatian para wisatawan lokal dan pendatang. Berikut beberapa wisata pantai yang hits dan populer yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung.

1. Pantai Sioro

Pantai Sioro
Image Credit: Twitter.com @beldexintravel

Tempat wisata ini dapat Anda temukan di Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Kondisi objek wisata ini sangat asri dan bersih. Jarang ditemukan sampah di hamparan pasir putih indahnya.

Tempat ini memiliki salah satu keunikan yaitu terdapat batu besar yang ukurannya hampir menyerupai pulau. Batu tersebut dapat Anda temukan di bagian tengah pantai.

Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh tebing yang menambah keindahan dari tempat ini. Anda dapat menaiki tebing tersebut. Namun Anda harus berhati-hati karena ombak bisa menyeret Anda jatuh dari tebing tersebut. Hal yang perlu Anda ingat adalah bawa perbekalan selengkap mungkin karena sulit menemukan toko disana.

Disarankan untuk datang di sore hari karena pemandangan terbaik tempat wisata ini ada di waktu tersebut. Anda juga dapat bermalam di pantai ini. Jangan berkemah pada musim hujan karena akan sulit menemukan tempat untuk berlindung dari hujan.

Lokasi: Ngrejo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

2. Pantai Gemah

Pantai Gemah
Image Credit: Instagram.com @dinar_aka

Jika ingin berlibur di tempat wisata alam dengan harga yang murah maka Pantai Gemah adalah jawabannya. Anda cukup mengeluarkan uang tidak lebih dari 10 ribu per orang untuk membeli tiket masuknya. Tempat wisata ini cukup jauh dari pusat kota. Jarak dari lokasi wisata dengan pusat kota sekitar 37 kilometer atau satu jam perjalanan.

Anda juga dapat menemukan beberapa wahana seru seperti motor trail, flying fox, ATV, perahu, banana boat, dan lain-lain. Namun Anda perlu membayar untuk dapat memainkan wahana tersebut. Harga sewanya berkisar antara Rp 10.000,00 – Rp 100.000,00.

Di tempat ini juga terdapat tenda payung atau gazebo untuk tempat bersantai. Selain itu, terdapat wifi gratis sehingga Anda masih bisa menggunakan internet secara gratis di objek wisata alam ini. Banyak warung yang dapat Anda datangi bila sudah merasa lapar. Menu yang disediakan sangat lezat dengan harga yang cukup murah dan wajar.

Lokasi: Desa Keboireng, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

3. Pantai Gerangan

Pantai Gerangan
Image Credit: Facebook.com @eyang.nino

Objek wisata ini dapat Anda temukan di Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini sangat ramai di hari biasa maupun akhir pekan. Alasan para wisatawan sering berlibur ke tempat ini adalah pemandangan yang sangat indah dan suasananya yang nyaman.

Anda dapat menemukan gugusan bukit kapur di bagian kiri pantai. Anda juga dapat melihat ceruk di antara bukit tersebut. Apabila air pasang telah tiba, tempat tersebut akan tergenang air. Tempat ini cukup indah bila dilihat dengan saksama. Anda dapat memotret keindahan tempat ini bila membawa kamera.

Lokasi: Desa Ngrejo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

4. Pantai Popoh

Pantai Popoh
Image Credit: Twitter.com @sultonyachmad

Pantai ini berada di Kelurahan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Tempat wisata ini memiliki panorama yang sangat mempesona. Tidak cukup sehari untuk menikmati pemandangan di tempat ini. Oleh karena itu, para wisatawan biasanya menghabiskan waktu liburan 2 atau 3 hari di objek wisata alam ini.

Harga tiket masuknya juga cukup murah yaitu tidak lebih dari Rp 5.000,00. Tempat wisata ini buka selama 24 jam sehingga Anda bisa menghabiskan waktu dari pagi hari hingga malam hari.

Anda yang hobi dengan wisata kuliner juga bisa merasakannya di tempat ini. Terdapat warung bernama Warung Mak yah yang menawarkan berbagai menu masakan seafood yang lezat seperti udang goreng dan kepiting saus asam manis. Harga menu yang ditawarkan juga cukup murah dan wajar.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

5. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
Image Credit: Detik.com

Objek wisata alam ini berada di Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota. Akses untuk dapat ke lokasi tersebut juga cukup susah karena banyaknya jalan yang rusak dan sempit. Namun, Anda tidak akan kecewa melewati rute sulit tersebut setelah melihat pemandangan Pantai Brumbun.

Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk karena untuk dapat menikmati tempat ini tidak perlu membayar apapun atau gratis. Hal ini disebabkan oleh objek wisata tersebut belum dikelola oleh siapapun.

Hasil laut dari pantai ini juga sangat banyak dan beragam. Para nelayan biasanya bisa membawa ikan kakap, tongkol, lobster, dan lain-lain. Anda juga dapat membeli ikan-ikan tersebut langsung dari nelayan untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasar.

Tempat wisata ini juga memiliki pemandangan yang khas yaitu Tanjung Tadah. Tempat tersebut seolah-olah akan tampak seperti menghalangi ombak yang datang sehingga membuatnya semakin menarik untuk dilihat.

Lokasi: Desa Wonokoyo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

6. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Image Credit: Ksmtour.com

Tempat wisata alam ini berada di daerah Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Anda dapat menikmati pemandangan pantai tersebut secara gratis. Anda hanya perlu membayar tukang parkir yang akan menjaga kendaraan pribadi para wisatawan.

Terdapat beberapa spot yang menarik untuk dilihat. Para pecinta fotografi biasanya akan menuju tebing untuk dapat memotret pantai secara keseluruhan. Anda harus berhati-hati bila menaiki tebing tersebut karena sangat licin sehingga akan mudah membuat para wisatawan tergelincir.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

7. Pantai Coro

Pantai Coro
Image Credit: Instagram.com @miftaxyz

Pantai ini dapat Anda temukan di daerah Besuki, Kabupaten Tulungagung. Harga tiket masuknya tidak terlalu mahal yaitu Rp 5.000,00 saja. Harga tiket ini juga termasuk tiket masuk untuk berlibur ke Pantai Popoh dan Reco Sewu.

Keindahan dari tempat ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan banyak media yang sering mengadakan liputan di tempat ini untuk menggali lebih dalam informasi tentangnya.

Akses untuk menuju ke lokasi wisata ini juga mudah karena didukung oleh pemerintahan setempat. Jaraknya dari pusat kota sekitar 35 kilometer. Anda juga perlu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena tidak ada angkutan umum yang melewati jalur menuju lokasi tersebut.

Lokasi: Jl. Pantai Popoh, Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

8. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Objek wisata alam ini dapat Anda temukan di daerah Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Jarak lokasinya sekitar 30 kilometer dari pusat kota sehingga memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Hamparan pasir putih dan jernihnya air pantai yang biru akan menyambut Anda setelah tiba di lokasi wisata ini. Anda juga dapat melihat berbagai biota laut yang beraneka ragam seperti bulu babi, ikan-ikan kecil, dan lain-lain. Anda juga dapat berkemah bila ingin berlama-lama menikmati pemandangan di pantai ini.

Lokasi: Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

9. Pantai Sidem

Pantai Sidem
Image Credit: Pantainesia.com

Tempat wisata ini berada di daerah Besuki, Kabupaten Tulungagung. Terdapat banyak pohon kelapa yang semakin memperindah lokasi ini. Hawanya yang sangat sejuk akan membuat Anda merasa nyaman.

Tempat ini juga memiliki berbagai ikan sehingga para nelayan masih aktif mencari ikan. Pantai ini juga digunakan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Terdapat banyak batu karang juga yang mengelilingi tempat ini , Terdapat bukit hijau yang tidak jauh dari pantai. Anda dapat menuju ke bukit tersebut untuk melihat pemandangan sekeliling.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Desa Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

10. Pantai Sine

Pantai Sine
Image Credit: Twitter.com @simplem1378523

Objek wisata alam ini berada di Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Jarak lokasi ini dengan pusat kota sekitar 35 kilometer.

Terdapat banyak spot menarik yang dapat Anda potret. Di tempat ini juga sering digelar event tradisional yang sangat menarik untuk dilihat. Event-event tersebut hanya diadakan di tanggal tertentu saja.

Warung di sekitar pantai ini juga cukup banyak. Terdapat banyak menu lezat yang dapat Anda pilih. Selain itu, harganya juga cukup murah sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli sebanyak mungkin.

Lokasi: Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung.

11. Pantai Dlodo

Pantai Dlodo
Image Credit: Instagram.com @whyuprm

Pantai ini termasuk tempat wisata yang baru karena belum lama diresmikan oleh Bupati Tulungagung. Anda akan menemukan banyak pohon kelapa yang sangat tinggi menghiasi tempat ini. Terdapat padang pasir yang akan sulit Anda temukan di tempat lain.

Jarak lokasi ini sekitar 32 kilometer dari pusat kota atau dapat menempuh waktu selama satu jam perjalanan. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju ke lokasi pantai.

Lokasi: Desa Dlodo, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

12. Pantai Molang

Pantai Molang
Image Credit: Facebook.com @plunqme

Destinasi bahari ini berada di daerah Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Tempat wisata ini berdekatan dengan Pantai Pacar dan Pantai Pelang. Tempat ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati karena ombaknya yang besar dapat menyeret Anda jatuh ke pantai.

Salah satu hal yang unik dari objek wisata alam ini adalah pasirnya. Pasir di tempat ini basah walaupun sangat jauh dari lokasi laut. Hal ini masih menjadi misteri. Pemandangan di tempat ini juga sangat indah dengan hawanya yang sejuk.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

13. Pantai Klatak

Pantai Klatak
Image Credit: Twitter.com @sessessaw

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Jaraknya kurang lebih sekitar 35 kilometer dari pusat kota. Posisinya sangat strategis untuk melihat sunrise karena menghadap ke arah timur.

Anda juga akan menemukan banyak keramba budidaya lobster. Oleh karena itu, Anda juga bisa membeli lobster-lobster tersebut di nelayan setempat dengan harga yang murah dari harga pasar.

Lokasi: Jl. Pantai Waru Doyong Klatak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung.

14. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
Image Credit: Instagram.com @rurin_triwahyuni

Pantai ini berada di Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. Anda akan menemukan banyak karang di tempat ini.

Jarang ditemukan sampah karena kebersihan selalu terjaga disini. Suasananya yang sangat tenang dan sepi membuat banyak pengunjung yang berlibur ke tempat ini.

Lokasi: Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung.

15. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Image Credit: Pantainesia.com

Tempat wisata alam ini dapat Anda temukan di Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Sepanjang perjalanan menuju lokasi dihiasi dengan pemandangan alam yang indah.

Anda akan menemukan bibir pantai yang penuh dengan bebatuan. Ombaknya cukup besar sehingga Anda perlu berhati-hati bila ingin berenang. Selain itu, Anda juga dapat menemukan air terjun yang tak jauh dari pantai.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung.

Itulah deretan wisata pantai yang dapat Anda kunjungi ketika ingin berlibur ke Tulungagung. Ajaklah rekan atau keluarga untuk bersenang-senang berlibur disana. Keindahan alam yang ditawarkan Tulungagung dijamin bisa membuat liburan Anda lebih seru dan menyenangkan.