25 Tempat Wisata di Tulungagung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tulungagung

Tulungagung adalah salah satu kota yang masuk bagian provinsi Jawa Timur. Kota ini tidak hanya memiliki destinasi wisata kuliner saja, melainkan juga terdapat banyak sekali destinasi wisata baik alam maupun buatan yang bisa dipilih dari kota ini.

Mulai dari pantai, gunung, kawasan hutan, air terjun, hingga berbagai wisata buatan seperti waterpark, taman, dan lain-lainnya bisa dinikmati secara langsung apabila mengunjungi tempat ini. Selain itu, ada banyak juga spot-spot foto yang disediakan untuk memanjakan wisatawan.

Jika masih bingung hendak mengunjungi yang mana, berikut ini diulas 25 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Tulungagung. Kamu bisa pilih spot mana yang terbaik.

1. Kampung Susu Dinasty

Kampung Susu Dinasty

Image Credit: Belajarcuan.com

Sesuai dengan namanya, kampung Dinasty menjadi salah satu kampung di Tulungagung yang memiliki peternakan terbesar. Peternakan tersebut memiliki banyak sekali susu perah yang juga menjadi mata pencaharian utama warga desa di sana.

Fasilitas yang ada di kawasan peternakan tersebut juga cukup lengkap, yakni seperti mushola, toilet, outbond, dan bahkan petugas di sana juga menyediakan fasilitas berupa kuda yang bisa dinaiki untuk mengelilingi Kampung Susu Dinasty.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Gondang, Bakalan, Kec. Sidem, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

2. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun

Image Credit: Detik.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer dikalangan wisatawan. Pantai Brumbun menawarkan daya tarik pemandangan alam yang sangat mempesona.

Pantai ini sangat cocok untuk Anda apabila mencari tempat wisata untuk berlibur dan menghilangkan stress. Pantai Brumbun dikelilingi oleh tebing-tebing yang menambah indah pemandangan.

Pantai Brumbun juga memiliki area foto yang kekinian, yaitu area sangkar burung dan dan gardu. Yang tentunya area ini sangat mendukung aktivitas selfiemu. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 35 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Tulungagung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngrejo, Kec. Gunung Tanggung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

3. Taman Hutan Kota

Taman Hutan Kota

Image Credit: Punyadzikri.blogspot.com

Taman Hutan Kota di Tulungagung ini memberikan pemandangan yang sangat asri dan sejuk, karena kawasan ini dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan. Oleh pemerintah daerah kawasan hutan ini dijadikan sebagai kawasan konservasi.

Jika Anda ingin merilekskan tubuh dan pikiran, mengunjungi hutan ini adalah solusi yang sangat tepat. Udara yang ada di hutan ini masih alami dan tidak tercampur oleh polusi.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Agung No.29, Kedungsingkal, Ketanon, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

4. Jambooland Waterpark

Jambooland Waterpark

Image Credit: Travelingyuk.com

Jambooland Waterpark merupakan salah satu objek wisata air yang populer di Tulungageng. Tempat ini wisata ini menjadi salah satu tujuan wisatawan dari Jawa Timur maupun dari berbagai wilayah Indonesia.

Waterpark ini mempunyai luas sekitar 5 hektar dari total 30 hektar wilayah Jambooland. Tempat ini menawarkan berbagai pilihan wahana air beserta fasilitas. Dengan ornamen dan desain di semua area Jambooland Waterpark, tidak cocok untuk bermain saja tapi juga untuk belajar.

Wisatawan yang membawa buah hatinya ke Jambooland Waterpark dapat belajar untuk mengenal binatang dari beberapa patung disini. Ada juga kolam anak-anak, air mancur, kolam dewasa, body slide, kolam arus, dan tong air atau kolam tumpah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Srabah No. 1, Srabah, Karanganom, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

5. Watu Payung Tulungagung

Watu Payung Tulungagung

Image Credit: Google Maps (nur sapto)

Destinasi yang baru saja dibuka ini sudah banyak menyedot kunjungan dari wisatawan. Hamparan lapangan yang luas dan rumput bergoyang yang indah, ditambah watu payung yang memiliki bentuk unik semakin memberikan kesan eksotis pada tempat wisata tersebut.

Banyak remaja yang mengunjungi tempat ini hanya untuk mendapatkan spot foto yang menarik. Tempat ini sudah cukup menarik dari semua sudut, sehingga banyak area yang bisa dimanfaatkan sebagai spot berfoto.

BACA:  25 Tempat Wisata di Situbondo Terbaru & Terhits Dikujungi
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangak, Pelem, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

6. Kedung Tritis

Kedung Tritis

Image Credit: Inobacktrav.blogspot.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu wisata yang populer dikalangan wisatawan. Kedung Tritis ini sering disebut sebagai Kedung Dawuhan oleh warga merupakan wisata yang berupa kolam alami yang mempunyai warna air biru toska.

Kedalaman air Kedung Tritis mencapai 10 meter. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini seperti bersantai, mandi, atau bahkan berfoto. Akses menuju tempat wisata ini masih sangat sulit karena lokasinya yang tersembunyi, juga masih belum ada petunjuk jalan pada beberapa titik.

Kedung Tritis juga tidak memiliki harga tiket masuk, namun Anda akan dikenakan biaya parkir saja. Dari area parkir menuju lokasi wisata, Anda harus menempuh sekitar 10 menit dengan melewati jalan setapak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukorejowetan, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

7. Danau Ranu Gumbolo

Danau Ranu Gumbolo

Image Credit: Harianpost.co.id

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata Danau Ranu Gumbolo ini? Bahkan setiap orang yang mengunjungi Tulungagung pasti tidak akan melewatkan destinasi wisata satu ini. Danau ini memiliki pesona alam yang amat luar biasa indahnya.

Ada banyak sekali wahana menarik yang bisa kamu nikmati ketika mengunjungi tempat ini, beberapa diantaranya adalah flying fox dan juga perahu kayuh. Flying fox adalah yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan karena lebih menantang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

8. Hutan Pinus Nyawangan Park

Hutan Pinus Nyawangan Park

Image Credit: Heikaku.com

Hutan Pinus Nyawangan Park merupakan salah satu wisata hutan pinus yang populer. Disini Anda akan melihat hutan pinus yang cukup sejuk dan rindang, yang ditambah suasana yang nyaman.

Hutan ini memiliki area foto yang menarik dan keasriannya yang masih alami. Salah satu area foto yang paling digemari pengunjung adalah “Bukit Cinta Nyawangan Park”. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,00 sebagai tiket masuk ke Hutan Pinus Nyawangan Park.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nyawangan, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

9. Air Terjun Alam Kandung

Air Terjun Alam Kandung

Image Credit: Pampimpom.wordpress.com

Tempat wisata di Tulungagung ini memberikan keindahan alam air terjun yang sangat luar biasa. Memiliki ketinggian sekitar 10 meter, debit air yang dimiliki tidak terlalu deras sehingga akan tetap aman meskipun berada dekat dengan pusat air terjun.

Di sekeliling air terjun ini juga terdapat beberapa tumbuhan dengan bunga yang sangat indah, maka tak jarang jika banyak wisatawan yang memanfaatkannya menjadi spot foto. Selain itu, bebatuan besar yang ada bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanen, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

10. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung

Image Credit: Beautifulbeachindonesia.blogspot.com

Pantai Lumbung merupakan salah satu pantai yang masih perawan karena masih terjaga kealamiannya. Hamparan pasir putih yang sangat bersih dan berkilau karena terkena cahaya matahari.

Pengunjung Pantai Lumbung juga masih sangat sedikit menjadikan tempat ini sangat cocok buat Anda yang mencari ketenangan dalam berlibur. Kendaraan yang bisa masuk ke lokasi ini hanya sepeda motor karena jalannya masih belum bagus, masih berupa tanah bergelombang dan sempit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

11. Bukit Jodho Tulungagung

Bukit Jodho Tulungagung

Image Credit: Youtube.com (Fathur r4)

Sebelumnya bukit ini bukan bernama Bukit Jodho, melainkan Bukit Jomblo. Hal tersebut karena banyak pasangan yang menyukai berada di tempat ini sehingga menurut kesepakatan warga tempat ini menjadi berganti nama.

Daya tarik yang membuat bukit ini tidak pernah sepi adalah karena ada spot foto keren yang sengaja difasilitasi oleh pihak pengelola wisata. Beberapa spot foto tersebut diantaranya adalah bulan sabit, sarang burung, lorong asmara, dan juga kupu-kupu raksasa.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pakisrejo, Tanggung Gunung, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

12. Pantai Sine

Pantai Sine

Image Credit: Contohsoaldanmateripelajaran-29.blogspot.com

Objek wisata ini terkenal dengan adanya perkampungan nelayan dan juga memiliki warna pasir yang putih bersih. Tarif masuk Pantai Sine ini sekitar Rp 10.000,00 per orang.

Pantai Sine dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Tulungagung. Ketika sampai di pantai Anda akan disambut pada sisi utara dengan hutan cemara udang, yang diberi nama Cemoro Sewu oleh masyarakat. Area ini sangat menarik karena unik dan teduh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

13. Pantai Pacar

Pantai Pacar

Image Credit: Reezumiku.com

Pantai Pacar memiliki pesona keindahan yang sangat mempesona karena adanya air terjun mini yang letaknya cukup dekat dengan bibir pantai. Air terjun mini tersebut menambah kesan unik dan juga menawan pada pantai ini.

Selain itu, kondisi pantai ini benar-benar bersih. Para petugas juga menyediakan banyak sekali tempat di beberapa tempat yang sering dijadikan untuk bersantai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

14. Kali Jambean

Kali Jambean

Image Credit: Instagram.com @tulungagungtourism

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang sejuk. Air yang dimiliki Kali Jambe ini sangat jernih, sehingga membuat mata anda semakin tenang melihatnya.

Jika Anda ingin berkunjung ke Kali Jambean, Anda harus menempuh jarak sekitar 30 menit dari pusat kota Tulungagung. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini seperti berenang, bermain air atau hanya duduk bersantai menikmati pemandangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambean, Kec. Kras, Kab. Kediri, Jawa Timur.

15. Batu Gedong

Batu Gedong

Image Credit: Ombonejagad.com

Batu Gedong merupakan sungai yang memiliki bebatuan dengan bentuk yang cantik dan juga unik. Ukuran yang beragam dari bebatuan ini serta coraknya yang berbeda-beda, semakin memberikan kesan menawan pada setiap pemandangannya.

Air yang mengalir juga sangat jernih, bahkan banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berenang dan bahkan juga mandi. Akses menuju tempat ini juga sangat mudah karena medan yang dilewati juga sangat mulus.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirah Kandang, Sebalor, Kec. Bandung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

16. Pantai Dlodo

Pantai Dlodo

Image Credit: Instagram.com @idhamanjaya

Pantai Dlodo merupakan salah satu pantai yang populer di Jawa Timur. Bahkan pantai ini juga menjadi salah satu ikon wisata disana. Sebaiknya tidak melewatkan untuk berkunjung ke tempat ini, jika ke Jawa Timur.

Pantai Dlodo merupakan objek wisata yang memiliki pemandangan sangat indah. Ombaknya yang begitu tenang dan deburannya yang begitu mempesona. Ditambah lagi hamparan pasirnya yang tebal dan dingin.

Di sekitar Pantai Dlodo juga terdapat kebun kelapa yang sangat teduh. Sehingga pengunjung bisa bersantai dengan keluarga sembari menikmati indahnya pantai.

Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru. Salah satunya adalah bermain air payu, Karena pada bibir pantai terdapat aliran air payau yang sejuk dan jernih.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dlodo Panggungkalak, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

17. Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing

Image Credit: Belajarcuan.com

Di lokasi ini, kamu bisa lihat proses perawatan buah belimbing hingga bisa tumbuh dan berbuah menjadi buah yang segar. Selain itu, di sana kamu juga bisa membelinya secara langsung kepada orang-orang yang sedang memanen.

Setiap harinya perkampungan tersebut sanggup mengirimkan 2 ton belimbing untuk diedarkan ke pusat maupun luar kota. Tentunya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah apabila mengunjungi tempat ini secara langsung.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Moyoketen, RT.03/RW.04, Kalituri, Waung, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

18. Pantai Molang

Pantai Molang

Image Credit: Reezumiku.com

Daya tarik yang disuguhkan oleh pantai Molang adalah adanya pemandangan berupa hamparan pasir yang amat luas. Maka tak jarang jika banyak pengunjung yang suka bermain pasir di pantai ini.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Malang yang Bikin Betah Nongkrong

Meskipun tidak terlalu memiliki banyak pepohonan, kondisi di sekitar pantai ini tetap terasa teduh. Pasalnya hamparan pantai yang luas memberikan kesan angin sepoi yang semilir serta pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

19. Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok

Image Credit: Asliindonesia.net

Tebing Banyu Mulok bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang cukup populer di Tulungagung. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang, apalagi saat akhir pekan tiba.

Lokasi tebing yang tidak terlalu curam, memberikan akses yang cukup nyaman untuk para pengunjung menikmati keindahan tempat ini dengan leluasa. Keistimewaan yang dimiliki tebing ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya tiket masuknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Popoh, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

20. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Image Credit: Sindopos.com

Keindahan yang ada di Pantai Kedung Tumpang tidak akan bisa kamu dapatkan dari destinasi pantai lainnya di Tulungagung. Selain pemandangan pantai yang mempesona, ada beberapa tempat istirahat yang didesain dengan sangat unik dan bisa dijadikan sebagai spot berfoto para wisatawan.

Ada juga laguna yang di dalamnya berisi air asin yang tentunya memiliki warna air biru langit yang sangat indah.  Di sekitar danau kecil tersebut juga disediakan beberapa tempat duduk dengan warna-warna yang sangat mencolok.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

21. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar

Image Credit: Ilhamridhwan.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Desa Jengglungharjo. Pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini sangat eksotis bahkan terkesan seperti pantai pribadi.

Jika kamu mengunjungi pantai ini pada hari aktif, maka suasananya akan sangat sepi tetapi sangat nyaman. Apalagi, disediakan beberapa tempat duduk yang difungsikan sebagai tempat untuk berjemur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

22. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean

Image Credit: Google Maps (Andi Jo)

Air Terjun Lawean bisa jadi destinasi yang menarik. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter namun debit airnya terbilang kecil. Debit air yang kecil membuat para wisatawan sangat berani untuk berada di kolam air terjun ini.

Bahkan beberapa diantaranya ada yang memilih untuk mandi di kolam tersebut. Pepohonan rindang yang ada di sekeliling air terjun juga membuat tempat ini menjadi lebih asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Geger, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

23. Sungai Niyama

Sungai Niyama

Image Credit: Instagram.com @nin_rrr

Pesona alam yang disuguhkan oleh tempat ini terlihat sangat indah karena terdapat bebatuan yang berbentuk sangat cantik. Air yang ada di sungai ini sangatlah unik karena berwarna biru kehijau-hijauan.

Sangat dianjurkan untuk mengunjungi sungai ini saat musim kemarau. Pada musim kemarau semua pemandangan yang ada di sungai ini akan terlihat sangat jelas dan mempesona.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tumplak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

24. Pantai Coro

Pantai Coro

Image Credit: Putratravel.net

Tulungagung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang berbentuk pantai. Namun, keindahan yang dimiliki oleh pantai ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki gelombang besar yang sangat indah.

Suasana pantai yang sangat bersih memberikan kenyamanan untuk setiap wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Apalagi pada sore hari, kamu bisa melihat pemandangan pantai dengan warna kuning keemasan yang terbiasa matahari senja.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Popoh, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

25. Dokar Dreamland

Dokar Dreamland

Image Credit: Hargawisataterbaru.blogspot.com

Dokar Dreamland merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang banyak dipilih oleh keluarga-keluarga. Hal tersebut karena selain mendapatkan hiburan, ada banyak ilmu yang bisa didapatkan dari tempat ini.

Tempat wisata tersebut benar-benar di desain sedemikian rupa sehingga memberikan kesan warna-warni yang sangat menawan. Ditambah lagi air terjun kecil di samping beberapa wahana menambah kesan estetik tempat wisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Gondang No.54, Srabah, Karanganom, Kec. Kauman, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Tulungagung dan sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Yang terpenting selalu patuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh petugas karena hal itu demi kelestarian tempat wisata.