Apa Saja Tempat Hits di Jepara? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Jepara, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Kaya Pesona, Populer dan Eksotis yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Jalan-jalan ke Jepara memang tidak akan lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk mengeksplor keindahan wisata pantainya. Keindahan pemandangannya menjadi daya tarik utama untuk memikat wisatawan datang. Tentunya banyak sekali deretan Pantai yang wajib Anda kunjungi karena keindahannya yang elok dipandang. Mulai dari daya tarik alamnya, fasilitas penunjangnya serta harga tiket masuknya yang murah meriah.

Banyak juga yang menyediakan tempat kuliner terbaik di sekitar lokasi pantai, sehingga Anda bisa menikmati makanan lezat dengan background pesona laut lepas yang indah. Banyak hal yang akan Anda temukan saat mengeksplorasi wisata bahari Jepara, yang tentunya akan memberikan kesan liburan terbaik. Berbagai aktivitas juga bisa Anda lakukan dengan fasilitas penunjang yang bagus dan juga lengkap. Berikut deretan wisata pantai terhits di Jepara yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Suweru

Pantai Suweru
Image Credit: Pantainesia.com

Wisata Pantai Suweru berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jepara. Warna pasirnya agak kecokelatan, dengan kondisi alami karena masih belum banyak terjamah oleh pengunjung.

Terdapat sebuah bukit kopi yang dari atasnya bisa melihat secara langsung pemandangan hamparan laut lepas. Terdapat pula pemandangan dermaga yang dikelilingi pohon kelapa menjulang tinggi.

Pengelola juga menyediakan wahana khusus anak-anak berupa perosotan, jungkat-jungkit, dan juga ayunan. Fasilitas umumnya lengkap dan bersih seperti toilet, musholla, hingga tempat untuk membilas badan setelah berenang di pantai.

Lokasi: Desa Balong, Kec. Kembang, Kab. Jepara.

2. Pantai Bondo Bangsri

Pantai Bondo Bangsri
Image Credit: Twitter.com @bangsriterkini

Pantai ini tidak banyak dikenal orang banyak, tetapi lokasinya menjadi titik terindah dari pantai Bandengan dan juga Kartini. Terdapat pemandangan yang begitu elok dari pegunungan Muria yang bisa Anda nikmati saat berkunjung.

Pantai ini memiliki pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan. Pasir putihnya membentang luas dari ujung pantai ke ujung lainnya. Saat sore tiba keindahannya mencapai puncak kekaguman setiap pengunjung yang datang.

Fasilitas yang ada juga lengkap mulai dari gazebo hingga warung dan café. Satu hal lagi, koneksi internet di sini juga bagus, terlebih setiap café juga menyediakan akses wifi gratis.

Lokasi: Desa Bondo, Kec. Bangsri, Kab. Jepara.

3. Pantai Blebak

Pantai Blebak
Image Credit: Facebook.com @infoseputarjepara

Pantai Blebak merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola langsung oleh Pemerintah daerahnya. Semua fasilitas dibangun dengan lengkap dan bagus. Terdapat pula wahana air seperti pelampung bebek, becak air, kano, dan juga banana boat.

Memiliki pusat kuliner yang memanjakan lidah. Bagi yang gemar berfoto, terdapat banyak sekali spot foto pilihan yang cocok untuk dijadikan background. Pasir putihnya begitu bersih dengan pecahan karang yang halus. Ombaknya juga tidak terlalu besar, aman untuk berenang dan berendam.

Lokasi: Desa Sekuro, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

4. Pantai Ujung Piring

Pantai Ujung Piring
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai yang masih alami dan tidak banyak mendapatkan eksploitasi dari pengunjung ini bernama Ujung Piring. Berjarak sekitar 15,8 kilometer dari pusat Kota Jepara. Tempatnya sangat tenang dan nyaman. Hamparan pasirnya bersih dari sampah serta air lautnya begitu jernih berwarna biru indah.

Terdapat banyak rawa serta tambak di sekitar pantai dengan pohon bakau sebagai hiasannya. Pemandangan sunrise dan sunsetnya juga menawan. Berfoto dan bermain dengan hamparan luas pasir dengan pantai lepas adalah pilihan yang tepat.

Pantai Ujung Piring menjadi ujung muara sungai yang merupakan tempat untuk mencegah air laut naik. Suasananya sangat tenang cocok untuk bermeditasi dan melepaskan segala penat di kepala.

Lokasi: Jambu, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

5. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika
Image Credit: Instagram.com @najikh94

Melihat Pulau Mandalika dari Benteng Portugis memang menarik. Namun, mengunjunginya secara langsung akan lebih menyenangkan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter saja. Pulau ini merupakan tempat tak berpenghuni yang berbentuk hutan. Air lautnya memiliki waran biru yang menakjubkan.

Pasir putihnya juga indah dan nyaman digunakan untuk berjalan. Kegiatan utama yang bisa dilakukan adalah memancing. Karena di sini banyak sekali jenis ikan kakap, kerapu, juga ikan pari. Pemandangan alamnya masih sangat murni dan asri.

Akan banyak sekali keindahan dan keunikan yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung langsung ke Pulau Mandalika. Dengan menyebrang atau berjalan dari lokasi Benteng Portugis.

Lokasi: Kab. Jepara

6. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Facebook.com @jeparahariini

Pantai Bandengan memiliki nama lain pantai Tirta Samudera. Uniknya tempat ini hanya dibuka untuk pengunjung pada pukul enam pagi hingga enam sore setiap harinya. Namun, jika ingin bermalam bisa menyewa penginapan yang dekat dengan pantai.

Seperti kebanyakan Pantai pada umumnya, di sini juga memiliki pasir putih yang bersih. Pengelola menyediakan fasilitas tambahan yang menarik seperti tenda untuk berteduh. Selain itu juga terdapat penyewaan perahu, serta banana boat.

Di sana juga terdapat warung-warung tempat berjualan makanan yang enak. Kulineran, menjajal olahraga air, dan berbagai hal menarik lainnya akan Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Bandengan.

Lokasi: Desa Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

7. Pantai Mororejo

Pantai Mororejo
Image Credit: Instagram.com @chungphonegraphy

Pantai Mororejo terkenal dengan keindahan malam hari yang sangat romantis. Berjarak sekitar 8,2 kilometer dari pusat kota Jepara. Setiap pengunjung yang datang akan merasakan sensasi seperti berada dalam Private Beach.

Terdapat sebuah Dermaga pribadi yang dapat digunakan untuk melihat panorama dari lautan lepas. Wahana bermain juga tersedia seperti donut boat, banana boat, jet ski, dan juga kapal tradisional. Jogging dan berjemur juga bisa dilakukan di Pantai Mororejo sembari menikmati pemandangan laut saat siang hari yang eksotis.

Lokasi: Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

8. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Je Senpai)

Objek wisata murah meriah yang popular satu ini bernama Pantai Teluk Anwar. Lokasinya menjadi tempat pemberhentian dan lalu lintas kapal. Di sana juga memiliki hutan bakau yang indah untuk dikunjungi.

Terdapat beberapa wahana tambahan seperti banana boat, jet sky, flying fish, dan banyak lagi. Airnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, sehingga tidak heran jika banyak yang menjadikannya tempat berendam.

Lokasi: Jl. Teluk Awur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara.

9. Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Empu Rancak merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata pantai dengan pesona warna gradasi hijau tosca pada laut lepasnya. Ombaknya juga tidak begitu besar, cocok untuk berenang dan bermain air.

Terdapat pemandangan terumbu karang dan tumbuhan pandan yang menjulang tinggi di tepi Pantai, keberadaannya menambah kesan eksotis dari Empu Rancak. Terdapat pula pelabuhan nelayan dan juga tempat khusus untuk jogging.

Banyak sekali warung-warung yang berjualan kuliner khas Jawa. Selain itu, pemandangan sunset dan sunrisenya sangat indah untuk dinikmati.

Lokasi: Desa Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

10. Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini Jepara
Image Credit: Twitter.com @a_p_i_k

Berwisata alam sembari wisata edukasi ada di Pantai Kartini Jepara. Buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Lokasinya berada di daerah Bulu, Jepara. Keberadaannya sudah banyak dikenal publik secara luas.

Memiliki wahana andalan bernama Kura-Kura Ocean Park, dengan bentuk akuarium besar yang menyajikan pemandangan penyu dan juga kura-kura. Untuk menikmatinya Anda dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 17.000 per orang. Terdapat pula tambahan fasilitas berupa taman bermain khusus anak-anak.

Selain itu Anda juga bisa melakukan kegiatan lain di Pantainya seperti menyewa perahu, bermain banana boat, hingga berbagai aktivitas menarik lainnya yang bisa dicoba.

Lokasi: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

11. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk
Image Credit: Wikipedia.org

Bila bosan dengan pantai yang dihiasi oleh pasir putih halus, maka Pantai Pungkruk bisa jadi alternatifnya. Bibir pantainya banyak dihiasi oleh karang dan batuan terjal. Oleh karena itu, pengunjung yang datang dilarang untuk beraktivitas di pinggiran pantai.

Kondisinya memang sedikit tidak ramah, tapi masih layak untuk dikunjungi. Walaupun tidak bisa berjalan-jalan di dekat bibir pantai, tapi pesona dan keindahan alamnya bisa dinikmati dari jauh. Selain itu, fasilitas cukup memadai mulai dari taman bermain untuk anak-anak, serta area khusus untuk pesepeda dan pejalan kaki.

Lokasi: Desa Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara.

12. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati
Image Credit: Twitter.com @wisatafavorit

Pantai Ombak mati memang tidak sepopuler Pantai Kartini dan beberapa pantai lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa di dalamnya juga terdapat keindahan alam yang tidak kalah menakjubkan. Tempatnya bersih dengan pasir putih yang lembut.

Keunikan dari tempat ini adalah ombaknya yang tidak besar bahkan hampir tidak ada sama sekali. Oleh karena itulah kemudian masyarakat mengenalnya dengan pantai ombak mati. Kedalaman air lautnya juga cukup dangkal dibandingkan beberapa tempat lainnya.

Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan, seperti bermain air, berenang, berendam, bermain pasir, dan juga berfoto. Selain itu Anda juga bisa berteduh di bawah pohon Ketapang.

Lokasi: Desa Bondo, Kec. Bangsri, Kab. Jepara.

13. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa
Image Credit: Twitter.com @abrahamwiyoko

Objek wisata hits yang banyak digandrungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara ini bernama Kepulauan Karimunjawa. Berada di daerah Karimunjawa, dengan jarak tempuh dari Jepara sekitar 5 jam perjalanan menggunakan motor cepat. Tempat ini memiliki keistimewaan alam yang memanjakan mata. Hamparan pasir putih yang indah serta air laut yang sangat jernih.

Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti snorkeling, diving, dan juga berenang. Istimewanya di sana Anda bisa melihat sekitar 90 jenis terumbu karang yang langka. Selain itu juga terdapat sekitar 27 pulau kecil, dengan 5 pulau dihuni manusia, sisanya kosong tanpa penghuni.

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.

14. Pulau Panjang

Pulau Panjang
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Pulau panjang merupakan bagian dari keindahan alam Jepara yang dekat dengan Pantai Kartini. Pesonanya alami dan belum tereksploitasi. Paling menarik lagi karena tidak ada tarif untuk pengunjung.

Arus airnya dangkal dan suasananya masih sepi. Banyak sekali terumbu karang yang ada di dalamnya. Semua tertelanjangi dengan airnya yang sangat jernih. Saat sore tiba, pemandangannya semakin menakjubkan dengan semburan cahaya matahari terbenam.

Banyak hal-hal menarik yang bisa dilakukan termasuk diving, snorkeling, dan juga berenang. Akan lebih menarik lagi jika Anda bisa menikmatinya secara langsung.

Lokasi: Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

15. Pantai Gua Manik

Pantai Gua Manik
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Pantai Gua Manik memiliki nama lain yaitu Pantai Pecatu. Lokasinya Berdekatan dengan Benteng Portugis yang dipisahkan oleh aliran sungai kecil. Dinamakan Gua Manik karena menurut mitos terdapat sebuah Goa mistis yang tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Pasir putihnya juga bersih dan tidak terkena polusi. Pemandangan sunset dan sunrise sangat mempesona. Anda juga bisa melihat keindahan jejeran Pulau Mandalika dan Benteng Portugis dari jarak jauh.

Terdapat wahana permainan air tambahan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain itu juga tersedia fasilitas umum berupa toilet, gazebo, arena motor cross, hingga tempat lesehan untuk wisatawan.

Lokasi: Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara.

Itulah pesona alam bahari yang ada di Jepara. Tidak perlu pergi ke luar negeri karena kekayaan wisata dalam negeri juga tidak kalah cantik. Seperti yang ada dalam daftar wisata Pantai di Jepara yang hits & populer di atas.