13 Wisata Kuliner di Kudus yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Kudus

Kudus menjadi salah satu kota yang cukup dikenal di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang satu ini sangat dikenal sebagai salah satu kota penting dalam sejarah Indonesia.

Namun, Kudus bukan sekedar tentang sejarah dan tempat wisata alam. Selain dua wisata ini, ada banyak hal menarik lainnya yang patut dinikmati oleh para pemburu pengalaman baru. Salah satu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja adalah kuliner. Wisata kuliner di Kudus cukup beragam dan pastinya sangatlah menggiurkan.

Salah satu yang terkenal dari Kudus adalah Soto Kudus, yang bahkan menu makanan ini bisa ditemukan di berbagai daerah lainnya. Tapi, tentu saja rasa yang paling otentik ada di kota ini. Selain soto, masih ada kuliner lain yang patut dinikmati.

1. Soto Bu Jatmi

Soto Bu Jatmi

Lokasi: Jl. Kyai H. Wahid Hasim No.43, Magersari, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Theboxsceneproject.org

Seperti yang dikatakan sebelumnya, yang pertama patut dicoba dari kuliner kota Kudus adalah soto. Ada cukup banyak tempat makan yang menyajikan soto yang nikmat, dan salah satunya adalah Soto Bu Djatmi.

Soto yang satu ini dikenal sebagai salah satu rumah makan yang menawarkan cita rasa legendaris khas Kudus. Yang menarik adalah soto di rumah makan ini menggunakan daging kerbau.

2. Nasi Opor Panggang Sunggingan

Nasi Opor Panggang Sunggingan

Lokasi: Jl. Niti Semito No.9, Ploso, Plosokrajan, Sunggingan, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Myfunfoodiary.com

Menu yang satu ini juga menjadi salah satu kuliner wajib bagi para wisatawan yang berlibur ke kota Kudus. Nasi opor ini menggunakan daging ayam yang disuwir. Daging ayam yang dipilih pun adalah dari bagian dada yang sebelumnya sudah diolah dengan cara dibakar.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba

Yang juga unik dari nasi opor panggang ini adalah cara makannya. Sendok yang digunakan bukanlah sendok pada umumnya. Rumah makan ini menggunakan sendok tradisional yang dibuat dari daun pisang.

3. Sate Kebo Pak Kusrin 57

Sate Kebo Pak Kusrin 57

Lokasi: Jl. Johar, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Travel.kompas.com

Sate biasanya menggunakan daging ayam ataupun daging kambing. Untuk yang satu ini, sate Pak Kusrin menggunakan bahan utama yang cukup berbeda. Daging yang digunakan di sate ini adalah daging kerbau.

Daging ini memberikan cita rasa dan tekstur yang pastinya sangat unik karena sangat jarang sate menggunakan daging dari kerbau. Selain itu, bumbu kacang yang digunakan di sate ini juga tidak kalah nikmat.

4. Sate Kerbau Pak Min Jastro

Sate Kerbau Pak Min Jastro

Lokasi: Jl. Kyai H. Agus Salim, Getas, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Travelingyuk.com

Selain sate kerbau yang disajikan di kedai Pak Kusrin, ada juga sate kerbau Pak Min Jastro. Walau memiliki bahan utama yang sama, namun dua tempat ini memiliki cita rasa yang berbeda dan kekhasan yang ada inilah yang membuat orang wajib mencoba keduanya.

Sate kerbau ini bisa dibilang legendaris karena telah ada sejak 1950. Usia ini membuktikan bahwa cita rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

5. Lentog Tanjung Pak Warsito

Lentog Tanjung Pak Warsito

Lokasi: Jl. Kudus – Purwodadi No.28, Klentengan, Tj. Karang, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Infomakan.com

Bagi orang yang bukan berasal dari Kudus, mendengar nama lentog tentu terasa sangat asing. Lentog adalah perpaduan dari lontong dan sayur tempe serta tahu. Bahan lainnya yang digunakan adalah santan dan juga nangka.

BACA:  16 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Makanan ini terasa sangat tradisional. Apalagi, terdapat bahan nangka yang bisa memberikan cita rasa yang belum tentu bisa didapatkan dari menu lainnya.

6. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus. – Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan khas dari daerah Jawa ini sebenarnya bisa ditemukan di berbagai tempat dan hampir semuanya menggunakan bahan yang sama dan cita rasa yang tidak jauh berbeda.

Namun, pecel yang satu ini tergolong unik. Salah satu yang membuatnya istimewa adalah sayuran pakis yang digunakan. Adanya satu sayuran ini dan juga olahan bumbu pecel yang sangat kental akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati pecel.

7. Nasi Jangkrik Godong Jati

Nasi Jangkrik Godong Jati

Lokasi: Jl. Kutilang No.1-5, Magersari, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus. – Image Credit by Food.detik.com

Nama yang digunakan oleh tempat makan yang satu ini memang tergolong unik, atau bahkan ekstrim. Namun, menu yang ada di warung makan ini sama sekali tidak menggunakan jangkrik sebagai bahan baku dalam makanannya.

Nasi Jangkrik ini menggunakan bumbu utama seperti santan, cabe merah, bawang putih, serta lengkuas. Lalu, makanan ini akan disajikan dengan alas berupa daun pohon jati.

8. Mie Ayam Joyo

Mie Ayam Joyo

Lokasi: Jl. Kyai H. Wahid Hasim, Krajan, Sunggingan, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Traveloka.com

Mie ayam sudah seperti menu sejuta umat. Dari berbagai tempat, selalu ada warung makan yang menyajikan mie ayam. Namun, setiap mie ayam memang selalu memiliki cita rasa tersendiri dan itu pula yang ditawarkan oleh Mie Ayam Joyo.

Orang lokal dari daerah Kudus sudah sangat tahu betapa nikmatnya mie ayam yang satu ini. Mie yang ada pun diolah dan dibuat sendiri sehingga memiliki cita rasa yang spesial. Dalam penyajiannya, mie ayam ini memiliki potongan ayam, sayur bayam, pangsit, serta bakso.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Malang yang Enak & Wajib Anda Coba

9. Pindang Ayam Pak Sulichan

Pindang Ayam Pak Sulichan

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Barongan, Kec. Kota Kudus. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung makan yang satu ini juga tak kalah legendarisnya karena telah ada sejak 1968. Cita rasa yang ditawarkan pun tetap sama dan terus diturunkan ke generasi selanjutnya demi menjaga rasa istimewa dari pindang ayam yang disajikan.

Dalam penyajiannya, menu yang satu ini memiliki nasi serta daging ayam yang disuir. Setelah itu, kuah pindang akan disiramkan. Selain itu, ada juga daun melinjo muda yang barangkali cukup jarang ditemui di masakan pada umumnya.

10. Warung Seni Joglo Sawah Kudus

Warung Seni Joglo Sawah Kudus

Lokasi: Jl. Lkr. Utara Kudus Gg. Ledok, Ledok, Karangmalang, Kec. Gebog, Kab. Kudus. – Image Credit by Jadirakus.blogspot.com

Sesuai namanya, warung makan yang satu ini menjadi sangat unik. Bukan saja cita rasa dan kenikmatan yang ditawarkan di setiap olahan makanannya, tapi ada juga seni, Seolah, makanan yang disajikan juga menjadi suatu karya seni.

Salah satu menu yang banyak disukai adalah nasi goreng patta. Nasi goreng ini disajikan dengan telur dadar yang dibuat seolah sebagai bungkus dari nasi goreng ini. Ini tentu terlihat sangat unik.

11. Soto Pak Ramidjan

Soto Pak Ramidjan

Lokasi: Jl. Kudus – Jepara No.79A, Bakalan, Purwosari, Kec. Kaliwungu, Kab. Kudus. – Image Credit by Tribunnews.com

Kudus memang tidak bisa dilepaskan dari makanan bernama soto. Ada warung soto Pak Ramidjan yang juga tak boleh dilewatkan begitu saja oleh para pecinta kuliner yang berkunjung di kota Kudus.

Sotonya sebenarnya tidak menggunakan bahan yang bisa dibilang istimewa. Namun, cita rasa utamanya ada di dalam kuahnya yang sangat gurih tapi sekaligus terasa sangat ringan, sehingga sangat enak.

12. Omah Mode Kudus

Omah Mode Kudus

Lokasi: Jl. Raya Kudus Colo km 12, 5, Lau, Kec. Dawe, Kab. Kudus. – Image Credit by Openrice.com

Tempat kuliner yang satu ini berbeda dengan warung makan yang sudah disebutkan sebelumnya. Tempat makan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan pastinya sayang untuk dilewatkan.

Dari segi menu, pilihan yang ada cukup lengkap. Makanan tradisional hingga internasional bisa ditemukan di rumah makan yang satu ini, sehingga orang tidak akan pernah kecewa karena sedikitnya menu yang ditawarkan.

13. Pizzeria Chicken

Pizzeria Chicken

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani No.118-119, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus. – Image Credit by Solopos.com

Makanan pizza memang bukanlah makanan yang berasal dari Kudus. Makanan khas dari Italia ini namun bisa dinikmati di Kudus dengan sentuhan cita rasa lokal yang tidak kalah dengan makanan lainnya.

Yang cukup menarik dan membuat orang suka tempat ini adalah perpaduan cita rasa dan harga yang terjangkau. Walau pizza yang ditawarkan nikmat, harganya masih sangat ramah di kantong.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang cukup populer di kota Kudus. Ada banyak tempat dengan beragam menu yang pastinya akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.