Brown Canyon salah satu destinasi wisata di Boyolali yang asalnya dari tambang material. Bukit eksotis yang hits dengan spot-spot foto keren dan instagramable.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pernah mengindam-idamkan pergi ke taman nasional Grand Canyon di Amerika Serikat? Mimpi Anda tersebut kini dapat terwujud tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika. Hanya dengan pergi ke daerah Jawa Tengah, Indonesia, Anda dapat menemukan pemandangan yang tak kalah menakjubkan dengan Grand Canyon Amerika.

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, menyimpan keindahan alam perbukitan yang diberi nama Brown Canyon. Dahulu, perbukitan ini merupakan perbukitan bekas pertambangan biasa tapi kini tidak digunakan lagi dan meninggalkan jejak tebing yang justru menjadi lokasi wisata alam. Terlihat asri lengkap dengan pemandangan sawah di sekeliling tebing.

Brown Canyon ini masih belum banyak dikenal sehingga masih sepi wisatawan. Jadi, pas untuk dijadikan destinasi menghilangkan kepenatan dengan pemandangan alami dan jauh dari keramaian. Jika Anda berencana kesini, maka Anda harus menyimak informasi daya tarik, lokasi, rute, dan fasilitas tentang bukit eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Brown Canyon

Daya Tarik Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Eva Sulistyaningsi)

1. Pemandangan Asri dan Alami

Pemandang memanjakan mata dari tebing-tebing tinggi berwarna merah kecoklatan dengan rerumputan dan pohon-pohon hijau di puncaknya. Ditambah lagi pemandangan persawahan di sekitar lokasi Brown Canyon yang melengkapi keasrian wisata alam di Boyolali ini.

Pada saat musim kemarau, tempat ini menjadi lebih indah dengan dihiasi rumput kering kecoklatan. Warna-warna alami tebing juga semakin menonjol dengan lapisan-lapisan berwarna coklat, coklat kemerahan dan hijau rumput. Siap untuk diabadikan dalam galeri foto.

Saat musim hujan, bukit ini diselimuti oleh tumbuhan dan rerumputan hijau yang subur. Semakin terlihat Asri dan alami. Tetapi hal ini menjadikan tanah di Brown Canyon menjadi becek, licin, dan sulit untuk dijadikan pijakan.

Mengunjungi bukit sangat disarankan saat pagi hari atau sore hari. Pada saat itu, matahari sedikit lebih teduh sehingga pemandangan sekitar terlihat lebih luar biasa. Pada siang hari, di daerah ini akan terasa lebih panas karena minimnya pepohonan besar yang membuat suasana teduh.

Selain itu, mengunjungi Brown Canyon pada sore hari juga memberikan Anda kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam. Pengalaman ini tentu menyenangkan karena tanah Grand Canyon yang lebih tinggi dan merupakan perbukitan.

2. Jalan Tanah yang Pas untuk Bersepeda dan Motor Trail

Pecinta sepeda dan motor trail wajib menjajal medan tanah di bukit ini. Tanahnya yang menanjak dan berdebu menjadi medan yang dapat memicu adrenalin Anda. Untuk kegiatan olahraga motor trail, akan lebih baik lagi jika mencoba medannya saat musim hujan saat tanahnya basah dan licin.

3. Dekat dengan Wisata Candi Kragilan

Bukit bekas tambang ini berlokasi dekat dengan candi Kragilan dengan jarak 350m saja. Dengan berjalan kaki selama 5 menit ke arah utara, Anda sudah sampai di tempat wisata candi Kragilan. Jadi Anda bisa menikmati dua destinasi wisata hanya dengan sekali jalan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Brown Canyon

Alamat Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Poeloeng Laksito)

Wisata bukit ini memiliki alamat di Area Sawah/Kebun, Kragilan, Kec. Mojosongo. Untuk menuju lokasi Brown Canyon Anda bisa menggunakan motor, mobil, atau kendaraan darat lain. Daerah ini cukup mudah di akses oleh berbagai kendaraan karena kondisi jalanannya yang sudah baik.

Berikut rute menuju Brown Canyon dari titik nol Boyolali, terminal, bandara, dan pintu gerbang tol terdekat.

  • Dari titik nol kilometer Boyolali atau tugu Adipura, pergi ke arah utara menuju jl. Solo-Semarang, lanjutkan perjalanan sejauh 5,8 km kemudian belok kanan memasuki jl. Pangeran Diponegoro, belok kanan di tiap pertigaan lalu belok kiri ke jl. Searah sejauh 1km, lalu belok kanan ke areal persawahan Kragilan, jalan sepanjang 110 m lalu belok kanan. Anda sudah sampai di Brown Canyon. Perjalanan ini ditempuh dengan waktu 22 menit.
  • Dari gerbang tol Boyolali, Jalan terus ke arah timur sepanjang 1,5 km, lalu belok kanan ke areal persawahan Kragilan, jalan sepanjang 110 m lalu belok kanan. Anda sudah sampai di bukit eksotis ini. Perjalanan ini ditempuh dengan waktu 3 menit.
  • Dari gerbang tol Colomadu, keluar menuju jl. Solo-Semarang, lanjutkan perjalanan sejauh 5,8 km kemudian belok kanan memasuki jl. Pangeran Diponegoro, belok kanan di tiap pertigaan lalu belok kiri ke jl. Searah sejauh 1 km, lalu belok kanan ke areal persawahan Kragilan, jalan sepanjang 110 m lalu belok kanan. Anda sudah sampai di Brown Canyon Boyolali. Perjalanan ini ditempuh dengan waktu 38 menit.
  • Dari Terminal Bus Boyolali menuju ke jl. Padanaran, jalan sepanjang 1,7 km lalu belok kiri ke jl. Merak, lanjut belok kanan ke jl. Prof. Soeharso, di bundaran ambil jalan keluar ke dua, jalan sepanjang 450 m kemudian belok kiri ke areal persawahan Kragilan, jalan sepanjang 110 m lalu belok kanan. Anda sudah sampai di bukit ini. Perjalanan ini ditempuh dengan waktu 48 menit
  • Dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali, masuk ke dalam tol Salatiga-Kertosono sepanjang 17,2 km, lalu keluar di gerbang tol Boyolali, Jalan terus ke arah timur sepanjang 1,5 km, lalu belok kanan ke areal persawahan Kragilan, jalan sepanjang 110 m lalu belok kanan. Anda sudah sampai di Brown Canyon Boyolali. Perjalanan ini ditempuh dengan waktu 16 menit.

Tidak ada penarikan tiket untuk memasuki kawasan Brown Canyon atau gratis. Begitu pula dengan parkir, tidak ada penarikan biaya parkir baik untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Jadi, wisata ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif saat tidak memiliki budget.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Brown Canyon

Kegiatan di Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Kun Hadi Anggraini)

1. Berfoto dan Berburu Spot Foto

Merupakan perbukitan bekas pertambangan, menjadikan Brown Canyon memiliki lekukan-lekukan dan warna warni bukit yang eksotis khas lukisan alam. Tentunya akan banyak spot-spot foto yang dapat menjadi perburuan para fotografer.

Tak hanya profesional fotografer, Anda pun dapat datang kesini dan mengambil foto diri Anda sendiri dengan background yang menakjubkan. Menggunakan kamera handphone pun akan tetap membuat foto Anda bak profesional karena didukung oleh pemandangan tebingnya.

2. Bersepeda Gunung

Olahraga bersepeda akan terasa menyenangkan dengan tujuan akhir di Brown Canyon. Ditambah lagi medan di perbukitan yang memang menantang untuk digunakan bersepeda menggunakan sepeda gunung. Setelah itu Anda bisa merilekskan otot-otot Anda dengan suguhan pemandangan alam yang asri.

Kegiatan bersepeda akhir-akhir ini memang sedang digemari, terlihat pengunjung bersepeda sering datang ke bukit ini untuk mencoba tracknya yang menantang. Kemudian di akhiri dengan mengabadikannya dengan berfoto background tebing-tebing tingginya.

3. Olahraga Motor Trail

Anda menyukai olahraga motor trail dengan medan yang ekstrim? Cobalah ke Brown Canyon. Kondisi alam yang mendukung dan sepi pengunjung, membuat bukit ini digemari pecinta olah raga pemacu adrenalin ini.

Medan akan lebih menantang di saat musim hujan dan setelah hujan, kondisi tanah lebih berlumpur dan licin. Ditambah dengan jalan setapak yang muat untuk satu motor atau satu sepeda saja. Hal ini tentu dapat Anda gunakan untuk menguji keterampilan Anda menggunakan motor trail.

4. Berpiknik

Dimana ada pemandangan indah dan tempat lapang, disanalah tempat yang tepat untuk berpiknik. Menggelar tikar di bawah tebing sambil menikmati makanan dan angin sejuk, tentu jadi pilihan untuk menghilangkan kepenatan.

Jangan lupa untuk membawa makanan sendiri atau makanan dari luar karena tidak ada penjual makanan di dalam area Brown Canyon ini. Setelah berpiknik, pastikan tidak meninggalkan sisa makanan dan sampah di tempat ya. Perbukitan bekas tambang ini belum dikelola sebagai tempat wisata, jadi tidak ada petugas kebersihan yang membersihkannya.

Fasilitas yang Tersedia di Brown Canyon Boyolali

Fasilitas di Brown Canyon Boyolali
Image Credit: Google Maps (Yulianingsi Yuli)

Karena tempat ini belum dikelola sebagai tempat wisata, jadi belum ada fasilitas yang diperuntukkan khusus untuk pengunjung. Oleh karena itu, jika datang kesini Anda harus membawa barang keperluan Anda sendiri terutama makanan, minuman, atau kudapan. Hati-hati dengan kendaraan pribadi Anda karena tidak tersedia lahan parkir disini.

Tetapi jika Anda keluar dari area wisata alam Brown Canyon, Anda dapat menemukan beberapa tempat makan, angkringan, dan tempat ibadah untuk muslim di pemukiman terdekat. Jika ingin ke toilet Anda juga bisa memanfaatkan toilet di dalam tempat ibadah.

Beberapa swalayan dan toko kelontong milik warga juga banyak tersebar jika Anda perlu membeli sesuatu, misalnya alat kebersihan seperti tisu basah, tisu, atau sabun. Begitupun jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Boyolali, Anda harus berkendara lagi sekitar 4 km untuk menuju toko oleh-oleh terdekat.

Demikian informasi lengkap seputar Brown Canyon di Boyolali untuk Anda yang berencana mengunjungi tempat ini. Meskipun belum terawat dan belum deikelola dengan baik, tapi mengunjungi tempat ini tak ada ruginya. Selain jauh dari keramaian, pemandangan disana pun tak ada duanya. Tempat terbaik untuk menghindari hiruk pikuk perkotaan dan melepas kepenatan Anda.