Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Widara Payung salah satu wisata bahari favorit warga di Cilacap yang menguguhkan pesona alam yang masih asri dan didukung fasilitas wisata yang cukup memadai.

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap.
Map: Cek Lokasi

Nama pantai ini diambil dari nama desa letak pantai ini berada, yaitu Desa Widara Payung. Jika dibandingkan dengan pantai yang lain, wisata pantai ini memang tidak begitu luas. Namun demikian, keindahan alamnya tak kalah menarik dengan wisata pantai yang lain.

Pantai Widara Payung akan ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat-saat tertentu, yaitu ketika memasuki bulan Ramadhan, akhir pekan, dan ketika hari libur nasional. Sehingga, jika Anda ingin menghindari keramaian, Anda bisa berkunjung di luar waktu tersebut.

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang sangat memikat. Sehingga dengan berlibur di tempat ini, Anda dapat merefresh pikiran Anda sejenak dan beristirahat dari segala rutinitas yang Anda lakukan sebelumnya. Dengan berlibur, maka Anda bisa mendapatkan semangat baru untuk kembali menjalankan rutinitas tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Widara Payung

Daya Tarik Pantai Widara Payung
Image Credit: Facebook.com @pantai-widara-payung

1. Wisata Alam yang Masih Asri

Pantai cantik di Cilapcap ini merupakan wisata bahari yang memiliki banyak pohon kelapa yang berderet di sekitar pantai. Pemandangan ini menjadi sisi keindahan tersendiri dari pantai ini. Selain pohon kelapa, juga masih banyak jenis tanaman hijau yang lain yang tumbuh di sekitar pantai.

Hal itulah yang menyebabkan udara di pantai terasa begitu sejuk. Lokasi wisata ini juga masih tergolong bersih. Masyarakat di sekitar lokasi wisata juga sangat ramah kepada pengunjung yang datang ke Pantai Widara Payung.

2. Tur Pulau Nusakambangan

Di seberang Kawasan pantai terdapat sebuah pulau yang cukup terkenal di daerah ini. Pulau tersebut yaitu Pulau Nusakambangan. Jika Anda ingin berkunjung ke pulau tersebut, Anda dapat menggunakan perahu yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Tarif tur ke Pulau Nusakambangan cukup murah, yakni dengan Rp 10.000 Anda sudah sampai di pulau tersebut. Tarif tersebut merupakan biaya transportasi menggunakan perahu. Perahu-perahu yang akan membawa penumpang menuju Pulau Nusakambangan bahkan dikenai tarif tersendiri ketika parkir di sekitar pantai, yaitu kurang lebih sejumlah Rp 12.000.

3. Acara Sedekah Bumi

Pada bulan Syura, di Pantai Widara Payung diadakan sebuah acara sedekah bumi. Acara ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat desa setempat yang sudah turun temurun. Maksud diadakannya acara tersebut yaitu sebagai cara bersyukur atas limpahan rezeki yang didapatkan selama hidup.

Dalam acara ini juga dipanjatkan doa supaya Tuhan selalu mencurahkan keberkahan. Anda dapat menyaksikan semua prosesi acara sedekah bumi tersebut hanya ketika Anda datang di bulan Syura.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Widara Payung

Harga Tiket Pantai Widara Payung
Image Credit: Google Maps (Zulfahmi)

Wisata pantai ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Binangun. Jika dari pusat Kabupaten Cilacap, pantai ini berjarak 35 kilometer. Untuk sampai di Pantai Widara Payung, Anda dapat menggunakan transportasi jalur darat. Anda bisa menggunakan kereta api, kemudian turun di Kroya, karena letaknya juga tidak jauh dari Kroya.

Dari stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum hingga sampai di lokasi wisata. Jika Anda berangkat dari Purwokerto, Anda dapat melewati Jalan Banyumas, kemudian melalui Pasar Kato. Setelah itu, Anda akan sampai di gerbang Kawasan pantai. Selain menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa memakai kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk yang dipatok untuk dapat memasuki kawasan Pantai Widara Payung sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500 untuk satu orang. Dengan biaya yang murah, Anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam di pantai tersebut.

Akan tetapi, tiket masuknya bisa saja hingga Rp 5.000. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan pintu masuk untuk sampai di lokasi pantai. Perlu Anda ketahui untuk sampai di lokasi pantai, terdapat tiga pintu yang dapat Anda lalui, di mana setiap pintu menerapkan tarif masuk yang tak sama.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Widara Payung

Aktivitas di Pantai Widara Payung
Image Credit: Twitter.com @pasangmata

1. Berselancar

Bagi Anda yang suka dengan aktivitas pantai seperti berselancar, Anda dapat melakukannya di Pantai Widara Payung. Kondisi ombak di pantai ini sangat pas untuk bermain selancar. Apalagi ditambah dengan pemandangannya yang begitu indah, menambah suasana berlibur semakin menyenangkan. Bahkan pantai ini merupakan standar internasional untuk berselancar.

2. Belanja Oleh-Oleh

Di sekitar Kawasan pantai, terdapat beberapa pedagang yang menjual beberapa makanan seperti ikan asin, kerupuk udang, terasi, ataupun ikan yang segar. Anda bisa membelinya dan menjadikannya salah satu oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

Harga yang ditawarkan oleh para pedagang pun tergolong murah, sehingga Anda tak perlu khawatir jika budget Anda tidak mencukupi. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkannya langsung dari nelayan, sehingga bisa menawarkan harga yang masih terjangkau.

3. Naik Andong

Bagi Anda yang ingin berkeliling di sekitar pantai tanpa harus berjalan kaki, Anda bisa menggunakan andong. Dalam bahasa yang lain andong dikenal dengan sebutan delman. Anda dapat menyewanya untuk menjelajahi wilayah pantai dengan lebih leluasa.

4. Naik Kuda

Di sekitar lokasi pantai juga disediakan tempat untuk sewa naik kuda. Anda bisa mengajak anak Anda untuk menaiki kuda tersebut sembari berkeliling di sekitar pantai. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman berlibur tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Widara Payung

Penginapan di Pantai Widara Payung
Image Credit: Tribunnews.com

1. Atrium Premiere Hotel Cilacap

Hotel ini berada di wilayah Cilacap Tengah. Pegawai di sini terkenal sangat ramah, sehingga pengunjung yang datang akan merasa nyaman. Makanan yang disajikan di sini juga terasa sangat lezat.

Sudah banyak pengunjung yang mencobanya dan mereka menyukainya. Hotel ini termasuk baru di daerah Cilacap dan letaknya juga cukup strategis. Tarif menginap satu malamnya juga cukup terjangkau, yaitu Rp 399.000.

2. Mutiara Hotel Cilacap

Letak penginapan ini juga berada di daerah Cilacap Tengah. Hotel ini sangat terkenal dengan kebersihannya yang sangat terjaga. Jika Anda ingin menginap di hotel tersebut, Anda akan dikenai biaya menginap sejumlah Rp 285.000. Tarif tersebut sudah termasuk pajak, sehingga Anda sudah tak perlu lagi menambah biaya pajak tambahan.

Fasilitas di hotel ini juga cukup lengkap, sehingga Anda akan merasa nyaman ketika berada di hotel ini. Setiap kamar yang ada juga dilengkapi dengan AC. Bahkan hotel ini juga menyediakan lift. Sehingga Anda tak perlu lelah-lelah berjalan melewati tangga untuk sampai di kamar Anda, jika kamar Anda berada di lantai atas.

3. Hotel Permata Majenang

Lokasi hotel ini sangat strategis. Letaknya berdekatan dengan alun-alun, sehingga jika Anda keluar untuk keperluan tertentu, Anda tidak akan kesulitan. Harga yang dipatok untuk menginap satu malam yaitu sejumlah Rp 330.000. Di hotel ini sudah tersedia restoran, sehingga Anda tidak perlu pesan di tempat lain hanya untuk makan.

Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti parkir, resepsionis selama 24 jam, dan wifi. Dengan adanya wifi, maka Anda dapat menggunakannya untuk berselancar dengan lancar menggunakan internet tanpa harus memakai kuota internet yang Anda miliki. Sehingga bisa sedikit menghemat kuota internet Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Widara Payung

Fasilitas di Pantai Widara Payung
Image Credit: Instagram.com @explore_cilacap

1. Tempat Parkir

Tempat parkir sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Tidak seperti lokasi wisata yang lain yang mengharuskan Anda membayarkan biaya parkir, di sini Anda sudah tidak diwajibkan untuk membayar biaya parkir.

2. Toilet

Pantai Widara Payung juga dilengkapi dengan fasilitas toilet. Sehingga Anda sudah tak perlu mencari toilet di lokasi yang berjauhan dengan lokasi wisata. Karena sangat mungkin bagi Anda membutuhkan fasilitas ini, baik untuk buang air ataupun mencuci kaki.

3. Tempat Pemandian

Tempat pemandian ini bisa Anda gunakan ketika Anda bermain di pantai hingga Anda bermain air, sehingga pakaian Anda juga ikut basah dan mengharuskan Anda untuk mandi. Selain itu, tempat pemandian ini juga sering dipakai oleh wisatawan yang usai bermain selancar.

4. Tempat Makan

Di sekitar pantai terdapat berbagai rumah makan yang menyajikan menu yang juga cukup bervariasi. Karena lokasinya yang ada di sekitar pantai, maka banyak restoran yang menyajikan menu seafood. Selain itu, juga terdapat beberapa tempat yang menyajikan makanan khas daerah Cilacap. Sehingga jika Anda berasal dari luar Cilacap, Anda bisa mencobanya.

5. Kolam Renang

Tidak semua pantai menyediakan fasilitas kolam renang, hanya beberapa pantai saja yang menyediakan fasilitas ini. biasanya yang senang bermain di kolam renang adalah anak-anak. Setelah mereka bermain di sekitar pantai, anak-anak biasanya tertarik berenang untuk menambah kesegaran pada badan mereka.

Itulah beberapa daya tarik di Pantai Widara Payung. Anda dapat mengunjunginya ketika Anda ingin berlibur ke daerah pantai dan menikmati suasana pantai yang masih asri. Ataupun ketika Anda secara kebetulan mendapatkan tugas pekerjaan di Cilacap, maka Anda juga bisa mampir sejenak untuk merasakan kesegaran wisata bahari di Cilacap sembari mencicipi beberapa sajian makanan di restoran.