10 Wisata Pantai di Cilacap Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Cilacap

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Cilacap, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari yang Populer dan Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Liburan.

Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang masih termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Di sepanjang tepi daratan, terdapat bentangan pantai dengan nama yang berbeda-beda. Pantai tersebut merupakan destinasi wisata di area pantai selatan, sebab Cilacap letaknya ada di sebelah selatan dari Pulau Jawa. Pesona pantai selatan ini banyak membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Bahkan di Kabupaten Cilacap juga terdapat pantai yang masih alami dan tampak asri, tepatnya ada di Pulau Nusakambangan. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut belum diketahui oleh banyak orang, sehingga pengunjungnya masih sedikit. Dengan demikian wilayah tersebut masih terbebas dari polusi ataupun pencemaran yang bisa merusak keasrian alam.

Selain pantai, Cilacap memang memiliki destinasi wisata yang lain. Hanya saja pergi ke pantai bisa lebih menghemat biaya, sebab tiket masuknya sangat terjangkau. Dengan biaya yang tidak perlu mahal, Anda sudah bisa menikmati waktu berlibur Anda. Beberapa pantai di bawah ini bisa menjadi pilihan Anda ketika berkunjung ke wilayah Kabupaten Cilacap.

1. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata ini terdapat di wilayah Binangun. Untuk bisa berwisata di tempat ini, Anda cukup merogoh uang sejumlah Rp 3.000 sampai Rp 5.000, bergantung pada hari ketika Anda berkunjung. Pantai ini membentang di tiga buah desa, diantaranya Sidayu, Widarapayung Kulon, dan Widarapayung Wetan. Letak dari pantai ini cukup dekat dengan Kroya dan Gunung Srandil.

Diantara pesona pantai yang bisa Anda nikmati yaitu barisan pepohonan kelapa dan cemara, serta hamparan pasir hitamnya yang bersih dan berkilau. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari Pantai Widarapayung. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan menarik, diantaranya menunggangi kuda, bermain pasir, berburu foto dengan laut yang indah, dan berburu kepiting.

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap.

2. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Image Credit: Facebook.com @cjtindonesia

Pantai ini sering dipilih untuk menjadi obyek wisata karena pemandangannya yang indah. Sebagian besar pengunjung ramai berdatangan di sore hari. Mereka ingin mendapatkan sunset sembari mengabadikannya dalam jepretan kamera. Itulah mengapa pantai Jetis juga termasuk pantai yang instagrammable. Untuk tiket masuk pantainya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung Paling Populer

Akan tetapi, ketika Anda berwisata di pantai ini, Anda harus berhati-hati ketika mendekati laut, sebab ombak di pantai ini cukup besar. Ramainya wisatawan yang berkunjung menyebabkan lahan parkir yang disediakan cukup luas. Hanya saja menyebabkan harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai di lokasi. Wahana yang tersedia juga cukup memadai untuk Anda nikmati.

Lokasi: Desa Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap.

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Image Credit: Instagram.com @nyo_item

Pantai yang satu ini justru lebih cocok dikunjungi ketika pagi hari sembari berburu sunrise. Kebanyakan dari wisatawan memang sengaja datang untuk mendapatkan momen sunrise untuk diabadikan. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi ketika akhir pekan, tepatnya di Minggu pagi. Ombak di sini tidak terlalu besar, sehingga masih cukup aman untuk bermain di sekitar pantai.

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda bisa menjumpai kegiatan yang sering dilakukan oleh warga daerah setempat di akhir pekan, yaitu senam, bersepeda, maupun hanya mencari kudapan untuk sarapan. Berkaitan dengan hal tersebut, di sekitar pantai terdapat banyak orang yang menjual mendoan. Keramaian tersebut hanya dapat Anda dijumpai ketika akhir pekan saja.

Lokasi: Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

4. Pantai Permisan

Pantai Permisan

Image Credit: Detik.com

Pantai Permisan merupakan salah satu pantai hits di wilayah Cilacap. Pemandangannya yang eksotis dan indah menjadi daya tarik dari pantai ini. Tempat wisata ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga lingkungannya dan suasananya masih asri. Air lautnya yang berwarna biru dan jernih, serta pasir putih yang terhampar membuat pantai semakin elok dilihat.

Suara dari deburan ombak di Pantai Permisan lumayan terdengar di telinga. Situasi inilah yang paling tepat untuk dijadikan momen pelepas penat dan istirahat, yaitu dengan mendengarkan suara-suara alami dari alam. Pantai ini letaknya cukup strategis, yaitu berdekatan dengan Pelabuhan Sodong. Sehingga akses untuk sampai di Pantai Permisan juga cukup mudah dilalui.

Lokasi: Permisan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

5. Pantai Logending

Pantai Logending

Image Credit: Instagram.com @kebumenzone

Pantai ini juga sering dikenal dengan sebuatan Pantai Ayah. Hal ini disebabkan karena di pantai ini terdapat banyak nelayan yang pergi melaut untuk mencari nafkah. Di mana mencari nafkah merupakan salah satu kewajiban seorang ayah. Jadi tak heran jika terdapat kapal nelayan di sekitar pantai. Hal ini menunjukkan bahwa mata pencaharian warga setempat sebagai nelayan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Populer

Sedangkan nama Logending juga memiliki filosofi makna sendiri. Nama tersebut merupakan penggabungan dari dua buah kata, yaitu Lo dan Gending. Lo memiliki makna sebagai sebutan untuk sebuah pohon yang digunakan sebagai alat musik. Sedangkan Gending berasal dari istilah Java Gending. Sehingga dari namanya saja, Anda sudah dapat mengetahui ciri khas daerah itu.

Lokasi: Desa Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

6. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana

Image Credit: Facebook.com @cilacapzone.id

Pantai Kali Kencana menjadi semacam surga tersembunyi yang ada di Pulau Nusakambangan, tepatnya ada di bagian selatan pulau. Hal ini disebabkan panoramanya yang memang sangatlah indah dan eksotis. Akan tetapi, rute untuk menuju lokasi pantai cukup sulit untuk dilalui. Hal ini disebabkan karena harus melewati hutan dan medannya cukup berbahaya jika tidak berhati-hati.

Untuk sampai di pantai, Anda harus berjalan kaki sejauh 3 km. Selain melewati hutan, Anda juga harus melalui jalan yang naik turun di gunung, menyeberangi sungai, semak belukar, dan jalan yang cukup licin. Namun pemandangan sewaktu perjalanan dapat membantu mengurangi rasa lelah Anda. Itulah mengapa Pantai Kali Kencana dikenal dengan sebutan Surga Tersembunyi.

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Kab. Cilacap.

7. Sodong Beach

Sodong Beach

Image Credit: Instagram.com @rizkicitox

Berwisata di pantai ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Di sini Anda dapat menikmati kombinasi hamparan pasir hitam dan bebatuan yang ada di sekitar pantai. Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan aneka wahana bermain. Beberapa diantaranya yaitu mobil sport mini, ayunan, dan kolam renang. Di sini juga ada spot foto menarik, jembatan pelangi.

Di samping itu, masih terdapat fasilitas yang lain seperti saung di tepi pantai, kuda, tempat makan, gua, dan beragam wahana yang lain. Untuk bisa menikmati keindahan panorama di Sodong Beach, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sejumlah Rp 15.000. Rute yang harus dilalui untuk sampai di tempat wisata tersebut cukup mudah, yaitu cukup lurus mengikuti jalan.

Lokasi: Jl. Laut, Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap.

8. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu tempatnya yang tampak eksotis dan suasananya yang belum ramai, sehingga sangat sesuai untuk berlibur untuk menikmati suasana yang damai. Inilah salah satu pantai yang lingkungannya masih asri dan alami yang terdapat di Pulau Nusakambangan. Pantai ini berada di sebuah wilayah yang dikenal dengan Tambakreja.

BACA:  16 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Akan tetapi, untuk sampai di Pantai Kalipat Anda harus melalui rute yang cukup melelahkan. Anda bisa memulainya dengan menyeberang lautan menggunakan kapal. Setelah sampai di Pulau Nusakambangan, Anda harus berjalan kaki dengan menempuh jarak yang lumayan bisa menguras tenaga Anda. Namun, dibanding dengan keindahan pantainya, hal itu tak seberapa.

Lokasi: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

9. Karang Pandan Beach

Karang Pandan Beach

Image Credit: Twitter.com @tsel_jatengdiy

Pantai ini juga termasuk salah satu pantai yang terdapat di Pulau Nusakambangan, tepatnya ada di sebelah timur. Selain menikmati keindahan pantai, di sini Anda juga mendatangi situs benteng yang dikenal dengan nama Benteng Karang Bolong. Benteng tersebut merupakan peninggalan dari masa penjajahan Inggris, Portugis, Jepang, dan Belanda yang usianya sudah ratusan tahun.

Rute yang harus ditempuh untuk sampai di pantai ini cukup mudah untuk dilalui. Di destinasi wisata ini juga terdapat spot foto menarik berupa karang yang bentuknya bagus dan cukup unik. Keindahan Pantai Karang Pandang ini semakin lengkap dengan adanya hamparan pasir putih. Karena ombaknya yang cukup besar, maka Anda sebaiknya tidak berenang, sebab berbahaya.

Lokasi: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

10. Pantai Kamulyan

Pantai Kamulyan

Image Credit: Instagram.com @alifah_esti_nur

Pantai ini berada di wilayah yang bernama Tegalkamulyan. Pantai ini sangat cocok untuk Anda pilih sebagai tempat menikmati sunrise. Sembari bersantai, Anda bisa menyesap kopi yang hangat di sekitaran pantai. Pantai ini juga dilengkapi dengan ikon yang merupakan nama dari pantai ini. Di sini juga menjadi spot foto yang banyak dipilih oleh para wisatawan yang berkunjung.

Dari pantai ini, Anda bisa melihat kapal yang sedang berlayar dan Pulau Nusakambangan dari kejauhan. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di sini yaitu jogging. Di sini telah tersedia track yang memang bisa dipakai sebagai jalur berlari. Ditemani suasana yang mendukung dan hangatnya sinar mentari di pagi hari, tentu akan menambah semangat Anda dalam berolahraga.

Lokasi: Tegalkatilayu, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

Itulah beberapa wisata pantai yang hits di Cilacap yang bisa menjadi referensi Anda sebelum berwisata ke Cilacap. Setiap tempat memiliki pesonanya masing-masing dan waktu berkunjung terbaik. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan waktu berlibur Anda. Untuk menemani kegiatan wisata, Anda bisa turut serta mengajak keluarga, sahabat, ataupun pasangan Anda, sehingga juga bisa menjadi quality time.