Sebentar lagi para pelajar akan memasuki libur panjang, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga. Setiap daerah di Indonesia sendiri kaya akan destinasi wisata yang menyimpan sejarah maupun keindahan alam.

Sebut saja salah satu daerahnya adalah Kota Cirebon, Kota yang terletak di Jawa Barat ini pun terkenal menjadi daerah yang disinggahi oleh para pemuka Agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah yang dimilikinya.

Selain bangunan bersejarah, kota tersebut juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan menyejukkan mata. Anda yang tertarik berkunjung ke kota ini? Simak bacaan di bawah untuk mengetahui beragam Tempat Wisata di Cirebon yang dapat Anda kunjungi.

1. Batu Lawang

Batu Lawang
Image Credit: Google Maps (Kaori Chatto)

Batu Lawang merupakan kawasan taman wisata yang akan menyuguhkan Anda dengan pesona tebing berbatu yang mempesona. Batu batu yang berada di taman ini terbentuk dengan sendirinya oleh alam dan tersusun menjadi spot foto yang sangat menarik.

Legenda mengatakan bahwa Batu lawang ini merupakan pintu gerbang menuju dimensi lain, walaupun peneliti mengatakan bahwa batu tersebut terbentuk oleh karena patahan, sehingga menyerupai gerbang yang sangat besar. Selain berjalan jalan, Anda juga dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti bermain ATV hingga wahana flying fox.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cupang, Kec. Gempol, Kota Cirebon, Jawa Barat.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Pinterest @yugaknow

Membahas tempat wisata tidak lengkap rasanya jika tidak mengikut sertakan pantai, Pantai Kejawanan terletak di kelurahan Pegambiran, kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Harga tiket masuk per orangnya pun sangat murah yaitu Rp 2000 saja per orang, harga yang sangat ekonomis ini cocok sekali bila Anda berlbur dengan membawa banyak rombongan. Pantai ini memiliki banyak perahu motor yang siap mengantarkan Anda berkeliling dengan tarif Rp 5.000 per orang.

Terdapat fakta unik mengenai Pantai Kejawanan, pasalnya masyarakat setempat percaya bahwa air pantai ini membawa berkah dan punya kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sehingga ada juga pengunjung yang sengaja datang dari jauh untuk untuk melakukan terapi di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

3. Masjid Merah

Masjid Merah
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Sebagai masjid yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati, tentu masjid ini sangat tersohor di masyarakat. Konon katanya, masjid ini merupakan tempat yang digunakan untuk mengesahkan para wali. bangunannya unik dan arsitektur yang digunakan ialah gabungan dari bangunan hindu dan jawa.

Masjid ini dibangun pada tahun 1480, dengan disangga oleh 17 tiang dimana 16 diantaranya berbentuk silinder dan hanya satu yang berbentuk kotak. Ruang yang dimiliki oleh masjid ini ialah ruang utama dan serambi. Dimana pintu masuk ruang utama dibuat pendek dengan tujuan mengajarkan umat untuk tunduk kepada Sang Pencipta.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panjunan No.43, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

4. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang
Image Credit: Fauzimediacirebon.blogspot.com

Lain halnya dengan Pantai Kejawanan yang punya harga tiket super murah, Pantai Baro Gebang dapat Anda kunjungi tanpa biaya masuk sepeser pun. Tetapi jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, mungkin akan dikenakan biaya lahan parkir yang dikelola warga setempat.

Walaupun gratis namun bukan berarti tempat ini sepi, pantai yang beralamat di Gebang Mekar, Cirebon ini selalu dipadati oleh para wisatawan lokal. Para pedagang pun banyak yang berjualan di tepi pantai, jadi apabila Anda lapar ataupun berniat mencari oleh-oleh Anda dapat menunjungi stan mereka yang buka hingga sore.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gebang Mekar, kec. Gebang, Kota Cirebon, Jawa Barat.

5. Vihara Dewi Welas Asih

Vihara Dewi Welas Asih
Image Credit: Google Maps (Elpino Windy)

Identik dengan wisata religi muslim, Kota Cirebon ternyata memiliki Vihara yang berumur 500 tahun. Vihara ini masih berdiri tegak hingga saat ini dengan nama Vihara Dewi Welas Asih. Bangunan ini telah diresmikan sebagai salah satu cagar budaya di Indonesia.

Anda dapat mengunjungi vihara ini untuk melihat bangunan dan artefak yang ada ataupun melihat latihan barongsai yang berada di studio belakang vihara, namun harus tetap diingat bahwa vihara merupakan tempat ibadah sehingga Anda harus menaati peraturan yang ada ketika berada di dalamnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kantor, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

6.  Wisata Banyu Panas Palimanan

Wisata Banyu Panas Palimanan
Image Credit: Obyekwisata.info

Buka mulai pukul 08.00 – 18.00 pemandian air panas ini tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke Kota Cirebon. Tempat wisata ini terletak di Gunung Kromong tepatnya Jalan raya Palimanan, tiket masuknya juga masih terjangkau yaitu Rp 4.000 saja per orang.

Selain menyajikan air panas yang membuat Anda betah, tempat ini pun juga dibekali pemandangan alam berupa pepohonan dan batuan kapur yang memanjakan mata. Menurut beberapa keterangan, sumber air panas di sini dipercaya selalu berpindah tempat.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

7. Gedung BAT

Gedung BAT
Image Credit: Google Maps (Nadia)

Gedung kolonial selalu menjadi pesona kota tua yang menarik. Salah satunya ialah gedung BAT. Gedung ini merupakan bekas pabrik rokok Brittish American Tobacco yang dibangun pada tahun 1924 dan sejak 2010, gedung ini resmi menutup produksi rokoknya. Gedung ini memiliki luas satu hektar dengan ruangan-ruangan bekas produksi yang telah dikosongkan.

Saat ini gedung BAT telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Cirebon. Tentunya Anda dapat berjalan jalan mengelilingi ruang yang ada di gedung ini, ataupun sekedar berfoto-foto disana.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

8. Setu Sedong

Setu Sedong
Image Credit: Ksmtour.com

Setu Sedong merupakan bendungan atau waduk yang bertempat di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Cirebon. Harga tiket masuknya hanya Rp 3.000 per orang, pada tempat wisata ini terdapat juga wahana yang dapat Anda naiki bersama keluarga Anda untuk mengitari bendungan.

Waduk yang terletak di Desa Sedong ini memiliki banyak pepohonan yang asri, pemandangan bendungan dan alam di sekitarnya akan semakin bagus menjelang matahari terbenam. Anda pun bisa menikmati berbagai macam kuliner yang dijual oleh para pedagang disana.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sedong Lor, Kec. Sedong, Kota Cirebon, Jawa Barat.

9. Masjid Raya At-Taqwa

Masjid Raya At-Taqwa
Image Credit: Google Maps (Video Islami)

Masjid ini merupakan salah satu masjid kuno yang berada di Kota Cirebon. Masjid yang memiliki nama asli Tajug Agung ini didirikan pada tahun 1918 dan telah mengalami pemugaran pada tahun 1963. Gedung masjid ini bertemakan arsitektur tropis dengan atap jurai yang dilengkapi dengan empat menara kecil setinggi 65 meter.

Anda dapat berwisata religi ke masjid ini, ataupun sekedar berjalan jalan mengelilingi area luar masjid yang ditanami oleh pohon kurma. Di kedua sisi masjid ini juga terdapat kolam air mancur yang menambah keindahan dari masjid ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kartini No.2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

10. Setu Patok

Setu Patok
Image Credit: Wisatacirebon.org

Tempat wisata ini merupakan danau terbesar yang ada di Kota Cirebon. Setu Patok sering dikunjungi di sore hari, karena menurut para wisatawan lokal danau ini memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus untuk berfoto.

Danau ini terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu yang jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Cirebon Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berpikinik di tepi danau atau bahkan memancing sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

11. Balai Kota Cirebon

Balai Kota Cirebon
Image Credit: Google Maps (Erie Luther)

Gedung ini didirikan pada tahun 1924 oleh Jeskoot, dibantu dengan dua orang arsitek, yaitu H.P Handl dan C.F.H. Koll. Bangunan ini berbentuk seperti anjugan kapal dengan puncak yang dihiasi dengan empat ekor udang sebagai lambang Kota Cirebon.

Bangunan seluas 1,5 hektar ini telah menjadi saksi pemerintahan sejak tahun 1906 hingga saat ini. Selain itu gedung ini kerap menjadi objek penelitian dan wisata. Oleh karena umur dan sejarahnya yang panjang, Balai Kota Cirebon telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya pada tahun 2001.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Siliwangi No.84, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

12. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang
Image Credit : Ihategreenjello.com

Cirebon memang punya banyak desa wisata salah satunya adalah Cikalahang. Desa ini punya pemandangan alam layaknya pegunungan. Terdapat juga juga sebuah danau yang dapat Anda gunakan untuk memancing atau menaiki sebuah perahu bersama keluarga.

Desa ini juga punya banyak warung yang menyajikan berbagai olahan ikan, hasil memancing Anda pun dapat langsung dimasak disini dan disantap selagi hangat.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

13. Alun-Alun Kejaksan

Alun-Alun Kejaksan
Image Credit: Google Maps (Ari Wibowo)

Jika Anda tidak memiliki waktu luang, ataupun ingin melepas penat sejenak, maka alun-alun merupakan tempat yang tepat. Anda dapat berjalan jalan mengelilingi taman ataupun sekedar beristirahat duduk di bangku-bangku yang telah disediakan.

Di waktu malam, tempat ini menjadi semakin ramai oleh pengunjung yang menjajakan cindera mata, mainan ataupun sekedar jajanan sederhana. Anda dapat menikmati suasana malam yang indah bersama kerabat Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kartini, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

14. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin
Image Credit: Cireboncinnamon.com

Untuk memasuki wanawisata ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja, di sini Anda akan disuguhkan pemandangan segar dari alam. Danau jernih disana pun kerap dijadikan tujuan oleh para pemancing.

Selain dijadikan destinasi oleh para pemancing, tempat ini juga jadi langganan bagi mereka yang gemar berkendara menggunakan motor cross sambil menikmati pemandangan hijau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat.

15. Telaga Remis

Telaga Remis
Image Credit: Google Maps (Rendy Agustian)

Menurut cerita rakyat yang ada, Telaga Remis terwujud dari tangisan Pangeran Selingsingan. Namun saat ini, kawasan telaga seluas 3,25 hektar ini telah disulap menjadi kawasan wisata yang indah. Suasananya sejuk dengan hutan pinus yang hijau dan rindang mengelilingi danau.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di kawasan ini. Selain berjalan jalan mengelilingi danau dan hutan, Anda dapat juga memancing ikan untuk dibawa pulang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

16. Taman Kera Plangon

Taman Kera Plangon
Image Credit: Wisatacirebon.org

Bagi Anda yang pecinta binatang mungkin bisa mampir untuk memberi makan kera-kera yang lucu di Taman Kera Plangon. Tempat wisata bernuansa hutan ini terletak di Kecamatan Babakan, Kota Cirebon, Anda dapat memasuki tempat ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Satu lagi keunikan tempat wisata di kota ini, mitos mengatakan bahwa jumlah kera di Taman Kera Plangon tidak pernah berubah dari dulu. Dalam artian kera-kera tersebut tidak melahirkan, ataupun berkurang karena mati, itupun hanya berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babakan, Kec. Sumber, Kota Cirebon, Jawa Barat.

17. Telaga Nilam

Telaga Nilam
Image Credit: Google Maps (Junaidi Karo Karo)

Berenang di air yang jernih dapat menjadi alternatif liburan yang menyenangkan, apalagi jika berenang diiringi dengan keindahan alam yang spektakuler. Di Telaga Nilam, Anda dapat menikmati berenang dengan air yang bening dan sejuk. Anda dapat melihat dasar dari telaga dengan jelas.

Fasilitas dari kawasan inipun sudah cukup lengkap. Anda dapat membeli snack ataupun minuman pada warung yang tersedia. Anda juga dapat bersantai di gazebo yang berada di sekitar telaga.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

18. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Image Credit: Travelingyuk.com

Bukit yang berada di daerah Patapan, Beber ini memiliki kerap dijadikan tempat nongkrong yang asyik oleh anak-anak muda di Cirebon. Hal ini dikarenakan selain bisa melihat panorama yang mengagumkan terdapat juga cafe dan tempat makan yang berada di atas bukit.

Bagi Anda yang terpukau dengan pemandangannya dan tidak ingin pulang maka tak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada penginapan yang nyaman untuk Anda gunakan bermalam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Patapan, Kec.  Beber, Kota Cirebon, Jawa Barat.

19. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Image Credit: Google Maps (Wisnu Widiyantoro)

Berlibur dengan wisata religi, mengapa tidak? Masjid ini merupakan saksi peninggalan dari Sunan Gunung Jati. Masjid ini digadangkan dibangun pada tahun 1840 sebagai aktualisasi rasa cinta beliau kepada istrinya, Nyi Mas Pakung Wati.

Bangunan masjid terbagi menjadi dua yaitu ruang utama dan serambi. Pintu masuk ruang utama begitu unik karena seakan akan dibuat agar pengunjung menundukkan kepala ketika ingin masuk ke dalamnya. Tiang tiang penyangga masjid terbuat dari kayu yang berukuran besar dan berwarna cokelat yang masih orisinal.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

20. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan
Image Credit: Galamedianews.com

Selain menyimpan banyak keindahan alam, Cirebon juga mempunyai banyak tempat bersejarah, yang pertama adalah Keraton Kasepuhan.

Keraton yang merupakan pusat kesultanan Cirebon ini mempunyai museum dengan berbagai macam pusaka dan lukisan-lukisan milik kerajaan. Jadwal museum sendiri buka dari pukul 08.00 – 18.00, dengan harga tiket Rp 15.000 – Rp 25.000.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

21. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi
Image Credit: Familytravellingblog.com

Jika Anda mencari buah tangan dari kota ini, maka Anda dapat mengunjungi Kampung Batik Trusmi. Kampung ini telah menjadi sentra batik terbesar di Cirebon. Nama dari kampung ini diberikan langsung oleh Sunan Gunung Jati dengan arti terus bersemi.

Disini Anda dapat menemui berbagai jenis dan corak batik yang unik dengan harga yang bervariasi. Jenis pakaian yang ditawarkanpun beragam sehingga Anda dapat membeli pakaian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat.

22. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman
Image Credit: Mediaraja.com

Tempat bersejarah lainnya adalah Keraton Kanoman yang berada di kawasan Lemah Wungkuk. Anda dapat mengunjungi gedung pusaka di kraton ini mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam, dengan tiket Rp 5.000 per orangnya.

Peninggalan kraton ini pun kental dengan nuansa islami, dimana terdapat banyak bukti sejarah berkembangnya islam di Cirebon. Salah satu tradisi unik dari kraton yang dilaksanakan hingga sekarang adalah Grebeg Syawal setelah Idul Fitri serta kunjungan para peziarah ke makam Sultan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kanoman No. 40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

23. Jempol Waterboom

Jempol Waterboom
Image Credit: Google Maps (Difa Manafi)

Berlibur di kolam renang tentu menyenangkan. Jempol Waterboom dapat menjadi alternatif liburan Anda bersama keluarga. Disini Anda dapat menikmati berbagai fasilitas bermain, dari wahana air, taman keluarga hingga spot foto tiga dimensi yang menarik.

Anda dapat menikmati bermain air di istana air, dimana kolam tersebut tidak dalam sehingga aman untuk anak-anak Anda. Selain itu Anda juga dapat mengadu adrenalin di wahana seluncur air yang tidak kalah seru.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka Utara KM 233 (Pintu Keluar Tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat.

24. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati
Image Credit: Fairusmajid.com

Dalam sejarahnya kota Cirebon memang dipenuhi dengan jejak keislaman, hal ini pun tidak luput dari peran para wali songo atau yang lebih akrab dipanggil sunan. Salah satu penyebar agama islam yang menginjakkan kakinya di Cirebon adalah Sunan gunung jati.

Makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Jl Raya Sunan Gunung Jati, Astana, Cirebon ini tak pernah sepi dari para peziarah. Kompleks makam juga kerap dimanfaatkan untuk hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Maulid Nabi, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alun-alun No. 53, Astana, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat.

25. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan
Image Credit: Google Maps (Riswinarno Akmal Irfan)

Destinasi wisata ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, tepatnya didirikan pada tahun 1808 silam. Yang membuat Keraton ini unik yakni bangunannya yang terdiri dari 8 tiang utama dengan warna khas hijau.

Jika Anda berkunjung ke lokasi wisata ini, Anda akan menemui berbagai benda peninggalan sejarah seperti gamelan, wayang, keris dan benda-benda bersejarah lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan Upacara ada yang biasa dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu di bangunan ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

26. Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Wisata Goa Sunyaragi Cirebon
Image Credit: Ksmtour.com

Jangan samakan gua di Cirebon ini dengan di tempat lain, pasalnya Goa Sunyaragi ini memiliki bentuk unik menyerupai sebuah istana.

Objek Wisata di Cirebon ini terletak di daerah Sunyaragi, Kesambi ini buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Dengan membayar 10.000 per orang Anda dapat menikmati keindahan goa ini sambil berfoto ria bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

27. Wisata Kura-Kura Belawa

Wisata Kura-Kura Belawa
Image Credit: Tomiorentalmobilcirebon.com

Sesuai namanya di tempat ini Anda bisa melihat salah satu jenis reptil yang dilindungi yaitu kura-kura. Kura-kura yang terletak di daerah Belawa ini merupakan jenis langka dengan nama latin Tortoise Ortilia Norneensih, dan saat ini sudah terancam punah.

Tempat wisata edukasi ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 dengan harga tiket Rp 5000 saja per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Belawa, Kec. Lemahabang, Kota Cirebon, Jawa Barat.

28. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland
Image Credit: Pegipegi.com

Tempat wisata selanjutnya yaitu Cirebon Waterland yang terletak di Jl Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Dengan harga tiket 65.000 per orang, tempat wisata ini menyajikan berbagai macam wahana dan fasilitas yang terbilang lengkap.

Taman wisata air ini memiliki kolam arus, kolam renang olimpic, waterboom, serta fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Selain itu terdapat juga penginapan nyaman yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat sekaligus bermalam di sini.

Harga Tiket: Rp 65.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

29. Siwalk

Siwalk
Image Credit: Trepelin.com

Ingin pergi ke tempat rekreasi yang murah namun tetap menyenangkan? Anda bisa berkunjung ke Siwalk yang terletak di Setupatok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon. Tiket masuk taman rekreasi ini hanya Rp 3.000 saja dan buka setiap hari.

Di dalamnya terdapat kolam renang yang disertai dengan waterboom, tempat outbound, pemancingan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

30. Kolam Renang Hegar

Kolam Renang Hegar
Image Credit: Youtube Fariz Ghozaly

Tempat wisata ini terletak di Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, kolam renang disini memiliki keunikan tersendiri, dimana airnya bersumber langsung dari pegunungan yang tentunya lebih segar dan sehat.

Kolam Renang Hegar buka mulai pukul 07.00 – 15.00, dengan harga tiket Rp 8.000 per orang, disini terdapat juga kantin untuk Anda beristirahat dan mengisi tenaga.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

31. Kolam Renang Apita

Kolam Renang Apita
Image Credit: Ihategreenjello.com

Tempat wisata selanjutnya yaitu Kolam Renang Apita yang berada di Jl. Tuparev, Kedawung, Cirebon. Harga tiket di sini dibagi menjadi dua macam, untuk dewasa Rp 15.000 dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Walaupun memiliki tiket masuk yang terjangkau namun wahana di sini cukup lengkap, misalnya saja seperti, kolam arus, kolam hujan, kolam prestasi dan juga waterboom.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

32. Kolam Renang Zam-Zam

Kolam Renang Zam-Zam
Image Credit: Kolam-renang-zam-zam.business.site

Kota Cirebon memang punya banyak tempat wisata yang ekonomis, satu lagi kolam renang dengan harga murah yaitu Kolam Renang Zam-Zam.

Kolam renang ini terletak di Jl Palimanan, Cirebon, harga tiketnya sendiri dibanderol Rp 10.000 per orang, tempat wisata ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palimanan – Sumber, Semplo, Kec. Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

33. Water Park Ciperna

Water Park Ciperna
Image Credit: Jejakpiknik.com

Buka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore Waterpark Ciperna memliki kolam renang yang jadi favorit anak-anak, dan terdapat juga danau buatan yang dapat Anda gunakan mendayung perahu sambil bersantai.

Destinasi Wisata di Cirebon ini terletak di perumahan Taman Kota Ciperna ini dilengkapi dengan pepohonan hijau yang rindang dan menghasilkan suasana yang rileks. Harga tiket masuknya juga masih ramah di kantong yaitu Rp 10.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sudirman, Ciperna, Kec. Talun, Cirebon, Jawa Barat.

Seperti itulah tadi beberapa tempat wisata menarik di kota Cirebon. Terlihat jelas bahwa kota ini sangat kaya akan tempat bersejarah dan wisata alam yang indah. Selain itu, terdapat pula pilihan lain seperti mengunjungi tempat rekreasi atau kolam renang dengan harga yang terjangkau.