20 Tempat Wisata di Cirebon

Sebentar lagi para pelajar akan memasuki libur panjang, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga. Setiap daerah di Indonesia sendiri kaya akan destinasi wisata yang menyimpan sejarah maupun keindahan alam.

Sebut saja salah satu daerahnya adalah Kota Cirebon, Kota yang terletak di Jawa Barat ini pun terkenal menjadi daerah yang disinggahi oleh para pemuka Agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah yang dimilikinya.

Selain bangunan bersejarah, kota tersebut juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan menyejukkan mata. Anda yang tertarik berkunjung ke kota ini? Simak bacaan di bawah untuk mengetahui beragam Tempat Wisata di Cirebon yang dapat Anda kunjungi.

1. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Pinterest @yugaknow

Membahas tempat wisata tidak lengkap rasanya jika tidak mengikut sertakan pantai, Pantai Kejawanan terletak di kelurahan Pegambiran, kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Harga tiket masuk per orangnya pun sangat murah yaitu Rp 2000 saja per orang, harga yang sangat ekonomis ini cocok sekali bila Anda berlbur dengan membawa banyak rombongan. Pantai ini memiliki banyak perahu motor yang siap mengantarkan Anda berkeliling dengan tarif Rp 5.000 per orang.

Terdapat fakta unik mengenai Pantai Kejawanan, pasalnya masyarakat setempat percaya bahwa air pantai ini membawa berkah dan punya kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sehingga ada juga pengunjung yang sengaja datang dari jauh untuk untuk melakukan terapi di sini.

2. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang

Lokasi: Gebang Mekar, Gebang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Fauzimediacirebon.blogspot.com

Lain halnya dengan Pantai Kejawanan yang punya harga tiket super murah, Pantai Baro Gebang dapat Anda kunjungi tanpa biaya masuk sepeser pun. Tetapi jika Anda menggunakan kendaraan bermotor, mungkin akan dikenakan biaya lahan parkir yang dikelola warga setempat.

Walaupun gratis namun bukan berarti tempat ini sepi, pantai yang beralamat di Gebang Mekar, Cirebon ini selalu dipadati oleh para wisatawan lokal. Para pedagang pun banyak yang berjualan di tepi pantai, jadi apabila Anda lapar ataupun berniat mencari oleh-oleh Anda dapat menunjungi stan mereka yang buka hingga sore.

3. Wisata Banyu Panas Palimanan

Wisata Banyu Panas Palimanan

Lokasi: Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Obyekwisata.info

Buka mulai pukul 08.00 – 18.00 pemandian air panas ini tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke Kota Cirebon. Tempat wisata ini terletak di Gunung Kromong tepatnya Jalan raya Palimanan, tiket masuknya juga masih terjangkau yaitu Rp 4.000 saja per orang.

Selain menyajikan air panas yang membuat Anda betah, tempat ini pun juga dibekali pemandangan alam berupa pepohonan dan batuan kapur yang memanjakan mata. Menurut beberapa keterangan, sumber air panas di sini dipercaya selalu berpindah tempat.

4. Setu Sedong

Setu Sedong

Lokasi: Sedong Lor, Sedong, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Setu Sedong merupakan bendungan atau waduk yang bertempat di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Cirebon. Harga tiket masuknya hanya Rp 3.000 per orang, pada tempat wisata ini terdapat juga wahana yang dapat Anda naiki bersama keluarga Anda untuk mengitari bendungan.

Waduk yang terletak di Desa Sedong ini memiliki banyak pepohonan yang asri, pemandangan bendungan dan alam di sekitarnya akan semakin bagus menjelang matahari terbenam. Anda pun bisa menikmati berbagai macam kuliner yang dijual oleh para pedagang disana.

5. Setu Patok

Setu Patok

Lokasi: Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatacirebon.org

Tempat wisata ini merupakan danau terbesar yang ada di Kota Cirebon. Setu Patok sering dikunjungi di sore hari, karena menurut para wisatawan lokal danau ini memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus untuk berfoto.

Danau ini terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu yang jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Cirebon Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berpikinik di tepi danau atau bahkan memancing sepuasnya.

6. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Lokasi: Kec. Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Cirebon memang punya banyak desa wisata salah satunya adalah Cikalahang. Desa ini punya pemandangan alam layaknya pegunungan. Terdapat juga juga sebuah danau yang dapat Anda gunakan untuk memancing atau menaiki sebuah perahu bersama keluarga.

Desa ini juga punya banyak warung yang menyajikan berbagai olahan ikan, hasil memancing Anda pun dapat langsung dimasak disini dan disantap selagi hangat.

7. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Cireboncinnamon.com

Untuk memasuki wanawisata ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja, di sini Anda akan disuguhkan pemandangan segar dari alam. Danau jernih disana pun kerap dijadikan tujuan oleh para pemancing.

Selain dijadikan destinasi oleh para pemancing, tempat ini juga jadi langganan bagi mereka yang gemar berkendara menggunakan motor cross sambil menikmati pemandangan hijau.

8. Taman Kera Plangon

Taman Kera Plangon

Lokasi: Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatacirebon.org

Bagi Anda yang pecinta binatang mungkin bisa mampir untuk memberi makan kera-kera yang lucu di Taman Kera Plangon. Tempat wisata bernuansa hutan ini terletak di Kecamatan Babakan, Kota Cirebon, Anda dapat memasuki tempat ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Satu lagi keunikan tempat wisata di kota ini, mitos mengatakan bahwa jumlah kera di Taman Kera Plangon tidak pernah berubah dari dulu. Dalam artian kera-kera tersebut tidak melahirkan, ataupun berkurang karena mati, itupun hanya berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat.

9. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bukit yang berada di daerah Patapan, Beber ini memiliki kerap dijadikan tempat nongkrong yang asyik oleh anak-anak muda di Cirebon. Hal ini dikarenakan selain bisa melihat panorama yang mengagumkan terdapat juga cafe dan tempat makan yang berada di atas bukit.

Bagi Anda yang terpukau dengan pemandangannya dan tidak ingin pulang maka tak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada penginapan yang nyaman untuk Anda gunakan bermalam.

10. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Galamedianews.com

Selain menyimpan banyak keindahan alam, Cirebon juga mempunyai banyak tempat bersejarah, yang pertama adalah Keraton Kasepuhan.

Keraton yang merupakan pusat kesultanan Cirebon ini mempunyai museum dengan berbagai macam pusaka dan lukisan-lukisan milik kerajaan. Jadwal museum sendiri buka dari pukul 08.00 – 18.00, dengan harga tiket Rp 15.000 – Rp 25.000.

11. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Lokasi: Jl. Kanoman No. 40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Mediaraja.com

Tempat bersejarah lainnya adalah Keraton Kanoman yang berada di kawasan Lemah Wungkuk. Anda dapat mengunjungi gedung pusaka di kraton ini mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam, dengan tiket Rp 5.000 per orangnya.

Peninggalan kraton ini pun kental dengan nuansa islami, dimana terdapat banyak bukti sejarah berkembangnya islam di Cirebon. Salah satu tradisi unik dari kraton yang dilaksanakan hingga sekarang adalah Grebeg Syawal setelah Idul Fitri serta kunjungan para peziarah ke makam Sultan.

12. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

Lokasi: Jl. Alun-alun No. 53, Astana, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Fairusmajid.com

Dalam sejarahnya kota Cirebon memang dipenuhi dengan jejak keislaman, hal ini pun tidak luput dari peran para wali songo atau yang lebih akrab dipanggil sunan. Salah satu penyebar agama islam yang menginjakkan kakinya di Cirebon adalah Sunan gunung jati.

Makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Jl Raya Sunan Gunung Jati, Astana, Cirebon ini tak pernah sepi dari para peziarah. Kompleks makam juga kerap dimanfaatkan untuk hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Maulid Nabi, dan lain-lain.

13. Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Lokasi: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Jangan samakan gua di Cirebon ini dengan di tempat lain, pasalnya Goa Sunyaragi ini memiliki bentuk unik menyerupai sebuah istana.

Objek Wisata di Cirebon ini terletak di daerah Sunyaragi, Kesambi ini buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Dengan membayar 10.000 per orang Anda dapat menikmati keindahan goa ini sambil berfoto ria bersama keluarga.

14. Wisata Kura-Kura Belawa

Wisata Kura-Kura Belawa

Lokasi: Belawa, Kec. Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Tomiorentalmobilcirebon.com

Sesuai namanya di tempat ini Anda bisa melihat salah satu jenis reptil yang dilindungi yaitu kura-kura. Kura-kura yang terletak di daerah Belawa ini merupakan jenis langka dengan nama latin Tortoise Ortilia Norneensih, dan saat ini sudah terancam punah.

Tempat wisata edukasi ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 dengan harga tiket Rp 5000 saja per orang.

15. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Tempat wisata selanjutnya yaitu Cirebon Waterland yang terletak di Jl Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Dengan harga tiket 65.000 per orang, tempat wisata ini menyajikan berbagai macam wahana dan fasilitas yang terbilang lengkap.

Taman wisata air ini memiliki kolam arus, kolam renang olimpic, waterboom, serta fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati bersama keluarga. Selain itu terdapat juga penginapan nyaman yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat sekaligus bermalam di sini.

16. Siwalk

Siwalk

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Trepelin.com

Ingin pergi ke tempat rekreasi yang murah namun tetap menyenangkan? Anda bisa berkunjung ke Siwalk yang terletak di Setupatok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon. Tiket masuk taman rekreasi ini hanya Rp 3.000 saja dan buka setiap hari.

Di dalamnya terdapat kolam renang yang disertai dengan waterboom, tempat outbound, pemancingan, dan berbagai fasilitas lainnya.

17. Kolam Renang Hegar

Kolam Renang Hegar

Lokasi: Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Youtube Fariz Ghozaly

Tempat wisata ini terletak di Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, kolam renang disini memiliki keunikan tersendiri, dimana airnya bersumber langsung dari pegunungan yang tentunya lebih segar dan sehat.

Kolam Renang Hegar buka mulai pukul 07.00 – 15.00, dengan harga tiket Rp 8.000 per orang, disini terdapat juga kantin untuk Anda beristirahat dan mengisi tenaga.

18. Kolam Renang Apita

Kolam Renang Apita

Lokasi: Jl. Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Tempat wisata selanjutnya yaitu Kolam Renang Apita yang berada di Jl. Tuparev, Kedawung, Cirebon. Harga tiket di sini dibagi menjadi dua macam, untuk dewasa Rp 15.000 dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Walaupun memiliki tiket masuk yang terjangkau namun wahana di sini cukup lengkap, misalnya saja seperti, kolam arus, kolam hujan, kolam prestasi dan juga waterboom.

19. Kolam Renang Zam-Zam

Kolam Renang Zam-Zam

Lokasi: Jl. Palimanan – Sumber, Semplo, Kec. Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Kolam-renang-zam-zam.business.site

Kota Cirebon memang punya banyak tempat wisata yang ekonomis, satu lagi kolam renang dengan harga murah yaitu Kolam Renang Zam-Zam.

Kolam renang ini terletak di Jl Palimanan, Cirebon, harga tiketnya sendiri dibanderol Rp 10.000 per orang, tempat wisata ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

20. Water Park Ciperna

Water Park Ciperna

Lokasi: Perumahan Taman, Jl. Sudirman, Ciperna, Kec. Talun, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Buka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore Waterpark Ciperna memliki kolam renang yang jadi favorit anak-anak, dan terdapat juga danau buatan yang dapat Anda gunakan mendayung perahu sambil bersantai.

Destinasi Wisata di Cirebon ini terletak di perumahan Taman Kota Ciperna ini dilengkapi dengan pepohonan hijau yang rindang dan menghasilkan suasana yang rileks. Harga tiket masuknya juga masih ramah di kantong yaitu Rp 10.000 per orang.

Seperti itulah tadi beberapa tempat wisata menarik di kota Cirebon. Terlihat jelas bahwa kota ini sangat kaya akan tempat bersejarah dan wisata alam yang indah. Selain itu, terdapat pula pilihan lain seperti mengunjungi tempat rekreasi atau kolam renang dengan harga yang terjangkau.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak