Telaga Remis Kuningan, Wisata Alam Nan Asri & Cerita Mitosnya

Telaga Remis Kuningan

Lokasi: Cikalahang, Kec. Dukupuntang, Kab. Kuningan.
MapCek Lokasi

Kuningan terkenal dengan lokasi bersejarahnya yaitu tempat diadakannya perjanjian Linggarjati yang begitu fenomenal. Selain itu, potensi wisata alamnya yang begitu banyak membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung di kabupaten ini. Keindahan alam yang sangat luar biasa dapat dengan mudah Anda nikmati.

Kondisi alam di kabupaten Kuningan yang begitu memikat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung domestik maupun mancanegara. Sangat pas bagi Anda yang ingin merefresh otak dan menenangkan diri dari ramainya kota. Ada banyak pilihan objek wisata yang bisa Anda pertimbangkan saat berada di Kabupaten Kuningan. Salah satu objek wisata yang bisa Anda singgahi adalah Telaga Remis.

Telaga Remis adalah salah satu destinasi wisata berupa danau yang terletak di kabupaten Kuningan dan yang pasti sayang untuk dilewatkan. Dibalik keindahan alamnya yang menakjubkan ternyata juga ada legenda dan mitos yang menarik Anda ketahui. Berikut adalah beberapa informasi tentang Telaga Remis.

Mengintip Keindahan Alam Telaga Remis

Mengintip Keindahan Alam Telaga Remis

Image Credit: Arocki.com

Telaga Remis merupakan sebuah danau yang dijadikan sebagai tempat wisata. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang memimpikan lokasi liburan yang tenang dan didukung dengan keadaan alam yang masih asri.

Nama Telaga Remis berasal dari sejenis kerang berwarna kekuningan. Biasanya penduduk sekitar menyebutnya nama remis. Sampai sekarang kerang tersebut banyak hidup di danau ini dan ditangkap warga untuk konsumsi sehari-hari maupun dijual

Lokasi di kawasan wisata ini juga ditumbuhi oleh rimbunnya pohon pinus. Jangan heran jika suhu udara di tempat ini akan terasa dingin seperti di pegunungan. Luas telaga Remis sendiri memiliki luas 3 hektar namun untuk keseluruhan wilayah wisatanya adalah 13.2 hektar.

Anda akan disuguhkan dengan panorama telaga yang menakjubkan dengan kondisi air yang terbilang bersih tanpa sampah. Cocok bagi Anda yang hobi dengan fotografi, bisa menambah koleksi foto unik di galeri Anda.

Legenda dan Mitos Dibalik Keindahan Telaga Remis

Legenda dan Mitos Dibalik Keindahan Telaga Remis

Image Credit: Fauziprima.blogspot.com

Terdapat legenda dan mitos yang sudah terkenal di kalangan masyarakat tentang Telaga Remis. Legenda ini diceritakan secara turun menurun secara lisan dari generasi ke generasi berikutnya. Cerita ini sangat populer sehingga menjadi daya tarik juga bagi pengunjung yang ingin datang ke Telaga Remis.

Cerita bermula pada jaman kerajaan padjajaran yang saat itu dipimpin oleh Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi melakukan perjalanan jauh dan akhirnya singgah di tempat tandus untuk melakukan semedi. Karena sangat tandus, air disana hampir tidak ada.

Akhirnya Prabu Siliwangi memutuskan untuk mengumpulkan air embun dengan daun pisang saat sedang bersemedi. Air terkumpul lumayan banyak dan diminum olehnya kemudian sisanya dibuang begitu saja di tempat tandus tersebut.

Sambil membuang air, Prabu Siliwangi berkata bahwa air embun ini telah menolongnya dan kelak akan menjadi telaga yang bermanfat bagi masyarakat penduduk sini. Dari bahasa sunda, remis juga memiliki arti embun. Ada versi lain yang menceritakan tentang asal mula terbentuknya Telaga Remis ini.

Cerita berawal ketika terjadi perang besar antara pangeran Selingsing dengan Pangeran Purbaya bersama pasukannya yang disebabkan karena masalah pembayaran upeti. Merasa kalah dan terdesak pangeran Selingsingpun memutuskan untuk mundur dan mengirim pesan ke Sultan Matangaji meminta bantuan.

Sultan Matangaji yang pada waktu itu adalah adalah pemimpin di keraton Cirebon mengutus menantunya yang bernama Elang Sutajaya dan pasukannya untuk melawan pangeran Purbaya. Dengan menggunakan kerisnya yang sakti, akhirnya Elang Sutaya berhasil mengalahkan pangeran Purbaya.

Sebelum dibunuh, pangeran Purbaya sempat merengek minta ampun namun tak dihiraukan oleh Elang Sutajaya. Elang Sutajaya sempat berkata kepada pangeran Purbaya bahwa dia bukanlah orang muslim yang baik karena telah melakukan peperangan yang kejam dan membunuh manusia lain.

Konon air yang ada di Telaga Remis terbentuk karena air mata tangisan Pangerang selingsing yang tak pernah henti karena petuah dari Elang Sutajaya yang di berikan kepada pangeran Purbaya. Anda boleh percaya atau tidak namun itulah legenda yang dipercaya masyarakat saat ini.

Kegiatan Menarik yang bisa Dilakukan di Telaga Remis

Kegiatan Menarik yang bisa Dilakukan di Telaga Remis

Image Credit: Triptrus.com

Kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di tempat wisata ini adalah jalan-jalan di area telaga. Disediakan jalur khusus bagi pejalan kaki disana yang ingin olah raga jogging atau sekedar menikmati keindahan alam Telaga Remis dengan santai.

Memancing ikan bisa juga Anda lakukan disini. Bagi yang punya hobi memancing, ini sangat cocok bagi Anda karena di Telaga Remis banyak ikan emas serta ikan mujair yang melimpah. Kedua ikan tersebut memiliki kandungan gizi berupa protein yang tinggi.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengelilingi telaga menggunakan perahu yang disewakan disana. menikmati wahana air ini akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga maupun pasangan Anda.

Fasilitas yang disediakan di Telaga Remis

Fasilitas yang disediakan di Telaga Remis

Image Credit: Perlupiknik.com

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata Telaga Remis cukup lengkap. Tentu saja fasilitas akan sangat memudahkan bagi Anda yang berwisata di tempat ini. Fasilitas wajib yang ada di Telaga Remis adalah tempat parkir yang luas.

Tempat wisata ini juga menyediakan penyewaan perahu motor dan sepeda air untuk Anda yang ingin mengelilingi Telaga Remis. Jangan ragu untuk menyewanya karena tarif sewa perahu motor tersebut terbilang murah jika dibandingkan pengalaman yang akan Anda dapatkan.

Tidak lupa fasilitas warung kecil atau kedai juga ada disana. Masakan yang dihidangkan terkenal lezat apalagi dinikmati sambil menyaksikan pemandangan alam yang mempesona.

Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah pos jaga, saung, pondok kerja, instalasi air bersih, shelter, papan petunjuk, tempat sampah, musholla, dan toilet. Begitu lengkap fasilitas yang ada, ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para wisatawan.

Rute & Harga Tiket Masuk Kawasan Telaga Remis

Rute & Harga Tiket Masuk Kawasan Telaga Remis

Image Credit: Kurio.co.id

Telaga Remis sendiri memiliki jarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Kuningan. Rata-rata jalan menuju tempat wisata ini tergolong baik dan sudah beraspal. Anda dapat mengunjungi Telaga remis menggunakan kendaraan pribadi roda 4 maupun kendaraan roda 2. Anda juga bisa memanfaatkan kendaraan umum.

Untuk Anda yang berasal dari Jakarta, bisa naik bus dengan jurusan Jakarta-Cirebon kemudian turun di daerah Pasar Cilimus. Dari pasar Cilimus Anda bisa naik angkot menuju Kecamatan Mandirancan. Jarak antara Mandirancam menuju tempat wisata Telaga Remis adalah sekitar 10 km yang bisa Anda akses dengan menggunakan ojek ataupun angkutan umum.

Tarif tiket masuk untuk wisata Telaga Remis tergolong murah yaitu sebesar Rp 10.000 untuk hari Senin sampai Jum’at. Sedangkan pada hari Sabtu dan minggu tarifnya menjadi Rp 15.000.

Itulah ulasan dan informasi lengkap tentang wisata Telaga Remis yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang hendak mengunjungi Kabupaten Kuningan, wisata ini sangat disarankan untuk disinggahi. Dengan tarif yang begitu murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.